NSX, Apakah Hanya Sampai Tahun 2005?


NSX, merupakan legenda sportcar Jepang…Bahkan kalau perlu Pedal2theMetal katakan bahwa NSX adalah sportcar terbaik yang pernah diciptakan oleh Jepang! Mengapa? Bagaimana caranya?


Ini tidak mengada-ada. Bahkan seorang Ayrton Senna & Gordon Murray, desainer Mclaren F1 yang fenomenal itupun pernah memiliki NSX. Gordon Murray sendiri mengaku kalau dia mengambil elemen-elemen dari NSX sewaktu merancang Mclaren F1, yang sampai sekarang masih dianggap mobil supercar N/A terbaik.


Pertama, dari desain. Siapa yang tidak terpikat dengan desain NSX? Bahkan generasi pertamanya, yang masih menggunakan lampu model pop-up yang sudah berusia 22 tahun masih terlihat modern & dinamis, jika dibandingkan dengan sportcar Jepang lainnya. Nicholas Zander & Shigeru Uehara, mengaku desain NSX terinspirasi dengan Ferrari 328, namun tetap memiliki ciri khas, yang membuat NSX tetap unik & enak dipandang.


Kedua, konfigurasi penempatan mesin. NSX adalah salah satu sportcar produksi massal Jepang pertama menggunakan konfigurasi penempatan mesin di tengah (MR). Ini bukan cuman gaya-gayaan agar mirip supercar Eropa, namun agar pembagian bobot mobil menjadi di tengah dan efisien. Tentunya berdampak besar terhadap handling NSX.


Honda tentu tidak main-main dalam urusan handling. Selain penempatan mesin, bagian suspensinya pun sangat diperhatikan. Tidak tanggung-tanggung, bahkan seorang Ayrton Senna serta Alex Zanardi pun turut andil dalam memberi input suspensi serta redaman yang sempurna untuk NSX. Membuat handling NSX serta Mazda RX-7 dianggap sebagai salah satu mobil sportcar Jepang yang memiliki handling terbaik, sampai saat ini!


Mesin? Jangan tanya. NSX adalah mobil pertama Honda yang menggunakan teknologi VTEC di mesinnya. Dan mesin V6 C30A berkapasitas 3000cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 266hp.


Kurang? Tidak juga! Ini karena bobot NSX yang ringan karena penggunaan body alumunium monokok (pertama di dunia!), hanya 1350kg!. Kombinasikan dengan mesin VTEC yang mampu meraung sampai 8000rpm serta handling yang Pedal2theMetal akui sempurna. Hasilnya? The Real Sportcar.


NSX yang berjuluk “Everyday Supercar” serta “The Gentleman Supercar” karena kekuatan, keawetan dan kemudahan untuk dipakai sehari-hari, telah membius jutaan orang. Apakah Honda berencana akan menghidupkan kembali NSX? Semoga saja!


Ingin mengingat kedahsyatan dari NSX? Saksikan video tribute dari Format.67 yang mengharukan ini…dan siap-siap saja menitikan air-mata!

Dan legenda NSX akan kembali bangkit, dengan handling sempurna & mesin kokoh bertenaga…Mungkin menggunakan teknologi Hybrid atau Elektrik…

Sumber Foto : SIXFIVEOH Flickr Page