Januari, Welcome To Wankel-Rotary World!

Mazda RX-7 Meet Russia

Image courtessy of bigTHE

Yo pembaca setia blog Pedal2theMetal! Akhirnya kita menuju tema baru dari awal tahun 2012. Apakah itu? Yep, kali ini Pedal2theMetal akan mengulas the most infamous, notorious, dangerous, engine in automotive world : Wankel-Rotary!

Mazda Rotary Rotor

Image courtessy of John Renna

“I have a dream : My car has a new type of engine: a half-turbine half-reciprocated engine. I invented it!”
Felix Wankel

Rotary Engine Work
Wankel-Rotary. Mengapa Pedal2theMetal menyebut satu-satunya mesin baru di abad ke-20 ini sebagai mesin paling berbahaya & terkenal di dunia otomotif (selain piston tentunya)? Tentu karena keunikan-keunikan buah pemikiran Felix Wankel sejak tahun 1951, yang tidak ditemukan pada tipe mesin manapun!

Lebih ringan, lebih simple & kecil, lebih efisien. Itulah kata kunci dari Wankel-Rotary. Memang, mesin Rotary terlihat lebih sulit dirawat dibanding mesin piston, belum lagi konsumsi bensin serta torsi yang tidak sebaik mesin piston.

Namun jika sudah terkena gigitan virus Rotary, phew…Anda akan jatuh cinta akan kebrutalan mesin ini, dan siap-siaplah menjadi seorang Rotard / Penggemar mesin Rotary!

Hamilton Walker Rotary Engine
Dalam bulan Januari (tidak tertutup kemungkinan sampai Februari!) ini, Pedal2theMetal akan mengulas banyak soal Wankel-Rotary. Mulai dari tokoh-tokoh penting dibaliknya, mulai dari sang kreator, Hamilton Walker, Kenichi Yamamoto, sampai Isami Amemiya. Siapakah mereka? Tunggu saja nanti!

NSU Spider
Namun, tentu ulasan-ulasan akan mobil-mobil yang menjadi sarang Wankel-Rotary lah yang anda tunggu-tunggu bukan? Pedal2theMetal jelas akan menyajikan banyak ulasan mobil-mobilnya, mulai dari mobil pertama dengan Wankel-Rotary, NSU Spider, sampai…

Mazda RX Meet
…Biang kerok akan menyebarnya Wankel-Rotary, Mazda! Mulai dari Cosmo Sport yang bisa anda baca ulasannya disini, si kecil namun “laknat” RX-3 Savanna, the three rotors Eunos Cosmo, sampai generasi-generasi masa kini seperti RX-7 & RX-8!

Mazda 787B Lemans

Image courtessy of straßenversion

Bagi penggemar mobil balap, tentu saja nama-nama legenda sirkuit seperti Mazda 787B yang menjadi satu-satunya pemenang balap ketahanan 24 Heuers Le Mans dari Jepang wajib untuk dikupas sejarahnya bukan?

Mazda RX-7 Drag Fire

Image courtessy of broadview

Menemani kejutan-kejutan manis di tahun 2012 di dunia otomotif seperti FT-86 & NSX terbaru, saatnya kita buka tahun ini dengan gasingan kencang & berisik dari Wankel-Rotary, yang tentunya ready to rock your world!

Stay tune!

16 thoughts on “Januari, Welcome To Wankel-Rotary World!

  1. Pingback: NSU Spider, The Unsung Sixties Starlet « Pedal 2 the Metal Autoblog

    • Memang, efisiensinya lebih kearah kompak ukuran & bahan baku, sedangkan soal konsumsi bahan bakar, itu kelemahan Wankel-Rotary (dulu)

      Asepnya masih banyak bensinnya😀

      Namun, jika meningkatkan kualitas bahan baku rotor, kompresi, serta teknologi pembakaran…Wankel-Rotary sebenarnya punya potensi.

      Yah…Tidak fair membandingkan teknologi mesin berpiston yang sudah diriset JUTAAN pihak selama puluhan tahun, dengan Wankel-Rotary yang hanya diriset puluhan pihak, dan hanya Mazda yang memproduksinya.

      MB, Chevrolet & Citroen dah kapok belajar ilmu Wankel, gak nguntungin😆

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s