Nissan Silvia, Tolak Ukur Sedan FR Jepang


Jika berbicara soal sportcar Jepang, nama Silvia bisa dibilang tidak pernah terlewat. Nissan sendiri sangat beruntung memiliki 3 nama legendaris dalam produk-produknya, yaitu Silvia, Skyline & Z, karena meski pernah berhenti produksi, 3 mobil ini tetaplah membuat Nissan bangga karena pernah membuatnya. Nah, untuk permulaan, bagaimana kalau kita berbicara soal Silvia? Ayo!

“A hero is born among a hundred, a wise man is found among a thousand, but an accomplished one might not be found even among a hundred thousand men”
Plato

Nissan Silvia Timeline
Pedal2theMetal tebak, pasti jika anda mendengar nama “Silvia“, maka akan muncul dalam pikiran, sebuah Silvia S13 atau S15 sedang asyik drifting atau menyikat tikungan-tikungan di Touge ataupun sirkuit. Padahal, nama Silvia sendiri sudah ada sejak 47 tahun yang lalu lho!

CSP311
Nissan Silvia Timeline
CSP311 adalah seri Silvia pertama, yang dikenalkan pada tahun 1964 di Tokyo Motor Show. Sama seperti coupe Nissan lainnya, CSP311 berbasis dari Fairlady 1600 Roadster. Silvia CSP311 sendiri, desainnya diberi sentuhan oleh Albrecht Goertz, serta dirakit oleh tangan. Diproduksi secara terbatas sampai tahun 1968, CSP311 hari ini sudah masuk kategori langka & memiliki harga yang mahal.

S10
Nissan Silvia Timeline
Nama Silvia setelah 7 tahun vakum, muncul kembali pada tahun 1975 dengan seri S10. Desain S10 sendiri sangat terinspirasi desain-desain mobil sport pada era 70an seperti hidung yang panjang. Mobil yang masuk ke pasar Amerika dengan nama Datsun 200SX ini termasuk kurang laku meskipun diproduksi massal, sehingga banyak orang lupa akan mobil yang terakhir diproduksi pada tahun 1979 ini.

S110
Nissan Silvia Timeline
Silvia selanjutnya adalah seri S110, yang langsung menggantikan S10. S110 adalah Silvia pertama yang mendapat opsi turbocharger, serta model coupe atau hatchback. Awalnya, Nissan pernah memasangkan mesin rotary rotor ganda dengan kode S11, namun ternyata terlihat kurang ekonomis karena teknologi rotary yang masih belum semaju sekarang.


S110 sendiri Pedal2theMetal lihat memiliki varian yang menarik lho, bernama RS. Dibuat untuk homologasi rally grup B, Nismo memasang mesin FJ24 bertenaga 236hp serta hanya diproduksi 200 unit. Prestasinya? Mendapat posisi ke-2 di rally Selandia Baru pada tahun 1983, lumayan!

S12
Nissan Silvia Timeline
Generasi ke-4 Silvia adalah S12 yang diluncurkan pada tahun 1983. S12 dirancang secara global oleh Nissan, jadi hampir setiap negara memiliki varian mesin & sasis yang berbeda. S12 juga memiliki nama lain di Jepang, yaitu Gazelle, serta memiliki varian mesin FJ20 DOHC atau mesin CA. Varian paling dahsyat justru berada di Amerika Utara, karena varian 200SX mendapat mesin V6 VG30E dari 300ZX Z31.

AE86 VS S12
Uniknya, untuk varian hatchback-nya, bentuk S12 & AE86 sangatlah mirip, bahkan S12 terlihat seperti “kakak” AE86 karena berukuran lebih besar! Pedal2theMetal yakin, anda pasti akan terkecoh saat pertama melihatnya bukan?

S13
Nissan Silvia Timeline
Akhirnya di tahun 1988, Nissan memperkenalkan S13, seri paling terkenal & sukses dari semua Silvia. Sama seperti S12, S13 juga memiliki tipe mesin yang berbeda tiap benua. Jika versi JDM & 200SX EDM mendapat mesin CA18DE & CA18DET Turbo bertenaga 172hp, versi USDM “hanya” mendapat mesin KA24, yang meski tangguh & memiliki torsi lumayan besar, namun tidak memiliki performa yang sama dengan CA.


Di model S13 juga, Nissan memperkenalkan nama baru untuk varian fastback-nya, yaitu 180SX. Dengan desain futuristis serta lampu pop-up, RPS13 sangatlah sukses baik di Jepang maupun Amerika, bahkan sampai varian S14 sudah masuk jalur produksi. Fans drift & JDM pasti tahu “Sileighty“. Yep, itu adalah kombinasi antara body 180SX & front-end dari S13!

S14
Nissan Silvia Timeline
Setelah 4 tahun mereguk kesuksesan dari S13, Nissan pada tahun 1993 memperkenalkan S14 yang memiliki desain lebih membulat. Sama seperti S13, varian JDM mendapatkan mesin keren SR20 yang 217hp, sedangkan 240SX USDM “cukup” mendapat mesin KA24DE yang sama dengan mesin SUV & Truk Nissan.

Nissan Silvia Timeline
Mobil yang juga dijual di Taiwan dengan nama AREX Elite 901 ini juga memiliki 2 varian spesial lho! Yang pertama adalah Autech K’s MF-T. Modifikasinya cukup signifikan khas Autech, dari suspensi, eksterior, mesin sampai interior. Dengan harga $26,875 serta kualitas Autech yang 1 perusahaan dengan Nissan, tentunya K’s MF-T sekarang menjadi collector item.

Nissan Silvia Timeline
Varian spesial S14 ke-2 adalah Nismo 270R. Nama 270 berasal dari tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mobil yang cuma diproduksi 50 unit ini. Warna hitam, bodykit Nismo “Edge“, LSD 2-jalur serta kopling ganda heavy duty, tentunya menunjukan bahwa 270R adalah varian S14 paling kencang & serius!

S15
Nissan Silvia Timeline
Di tahun 1999, Nissan memperkenalkan seri terbaru sekaligus terakhir dari Silvia, S15. Berbeda dengan S-Chassis sebelumnya, S15 hanya dijual di Jepang, Australia, Selandia Baru & Taiwan (dengan nama AREX Elite 951). Nissan juga menjejalkan mesin SR20 yang mampu menyemburkan tenaga sampai 250hp serta transmisi 6-percepatan.

Nissan Silvia Timeline
Autech juga membuat varian spesial S15 yang memiliki desain elegan serta memiliki mesin spesial bertenaga 200hp. Sayang, pada tahun 2002, Nissan akhirnya menyetop produksi Silvia “Strawberry” (Ichi=1, Go=5, Ichigo = Strawberry). Alasannya banyak, dari tidak terlalu menguntungkan bagi Nissan, sampai takut ada perebutan pasar dengan saudaranya, 350Z & Infiniti G37.

Nissan Silvia Timeline
Banyak pihak termasuk Pedal2theMetal menantikan kelahiran kembali Silvia serta sportcar legenda JDM seperti RX-7, S2000, Supra & NSX. Rumor-rumor sering beredar, dari menggunakan mesin hybrid sampai motor elektris. Ah, tidak masalah mesin apa yang dipakai, yang penting kejayaan akan “Street & Sport FR” Silvia kembali menguasai jalanan!

11 thoughts on “Nissan Silvia, Tolak Ukur Sedan FR Jepang

    • Kalau S15 sih masih mending, asal bukan bekas siksaan drifter sih bodyshell sama sasisnya pasti masih bagus

      Kalau S13 & S14 ya entahlah…..banyak jadi pig drift diluar juga😦

      • haha klo disini sih sampe S14 masih sekedar jd poser.. didandani keren-keren… tp cuma dibejek sesekali.. dan transmisinya juga banyakan matic…

        mau disiksa banyakan pake SiR ato Del Sol..hehe

        • Wekekekeke…..setahu saya S-Chassis emang yang dicari itu pake matic, alesannya karena mobil matic biasanya jarang dipakai kebut-kebutan, drift & kegiatan berbahaya lainnya…jadi wee masih utuh & bagus

          Pinginnya mah ambil Integra Type-R DC2 sih…lumayan buat dipakai slalom…cuman blom ada yang mau ngurus lagi nih di Bandung, ijin-ijin makin ketaaaaat😦

  1. Integra? om aye swap enjin Civic Genio pake enjin Integra eks Singapore:mrgreen:

    BTW:dari semua generasi, S15 itu yg paling cantik IMHO, trus jg salah satu mobil Nissan yg paling cantik🙂

  2. Pingback: Datsun 200SX 1st Gen, Upaya Nissan Memperkenalkan Silvia Ke Dunia « Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: Life Through the Lens : Old Japanese Cars by Sū-San | Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Auto Legend 2012, An Open Mind Motoring Event Part.2 : Modern JDM | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s