Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.1

Spoon Sports
Salah satu penyebab kultur JDM mewabah di dunia, selain berkat mobil-mobil JDM yang legendaris, tentu juga tidak lepas dari campur tangan para modifikator-modifikator yang terampil mengolah modifikasi pada mobil Jepang. Alasannya? Para modifikator tertantang membuat mobil Jepang yang awalnya inferior dibanding mobil buatan Amerika & Eropa dari sektor desain & performa, menjadi sejajar, bahkan mungkin melebihinya!

Nah, kali ini Pedal2theMetal akan mengulas beberapa tuner spesialis, baik resmi atau tidak, yang Pedal2theMetal rasa merupakan yang terbaik di manufaktur yang mereka jadikan spesialisasi, jadi untuk tuner-tuner universal seperti HKS & Amuse, tidak akan Pedal2theMetal ulas, mungkin dilain waktu!

Oke, ayo kita mulai!

Honda
Mugen
VTEC, Type-R & Kencang. 3 Kata yang mungkin tepat menggambarkan pabrikan dengan logo “H” ini. Meskipun begitu, masih banyak yang meremehkan beberapa mobil yang diproduksi Honda, mungkin karena sistem penggeraknya yang kurang identik dengan mobil kencang (FWD), meski sudah memiliki model Euro-R (untuk pasar JDM) & Type-R, yang merupakan versi paling kencang…

Untunglah, banyak tuner-tuner spesialis yang mampu menyulap produk Honda dari Beat sampai Odyssey, berubah menjadi monster sirkuit! Inilah beberapa tuner yang Pedal2theMetal anggap terbaik!

Mugen Power
Mugen Power
Didirikan pada tahun : 1973
Motto : “Unlimited (arti dari nama Mugen) Power
Situs resmi : Mugen-Power
Keterangan : Mugen Power/M-TEC Co., Ltd, merupakan tuner resmi dari Honda, dengan spesialisasi di banyak sektor, namun cenderung fokus pada performa & faktor-faktor pendukungnya. Berkat pengalaman-pengalaman yang sudah banyak dirasakan Mugen di arena balap dari Super Taikyu sampai Formula 1, Mugen mampu membuat parts-parts terbaik untuk meningkatkan kemampuan mobil Honda sampai tingkat maksimum!

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Tentu saja, merupakan tuner spesialis Honda resmi, yang membuktikan bahwa Honda percaya akan kualitas Mugen, sampai memakai jasa Mugen untuk beberapa modelnya, dari CR-Z sampai Civic Type-R dengan kualitas papan atas

Trivia : Salah satu pendiri Mugen, Hirotoshi Honda…Ya, seperti anda tebak, Hirotoshi-san merupakan anak dari Soichiro Honda! Nama M-TEC Company sendiri, merupakan perusahaan baru yang memegang kendali Mugen, setelah Hirotoshi-san ditahan karena…Korupsi akan pajak! Meskipun pada tahun 2006, Hirotoshi-san dianggap tidak bersalah oleh Pengadilan

Kreasi paling legendaris : Mugen NSX RR Concept
Mugen NSX RR Concept
Merupakan versi “jalan raya” dari salah satu mobil balap kebanggaan Honda, NSX JGTC. Meski hanya konsep & belum dites di jalan raya, apalagi dijual, namun publik sudah terpesona akan kreasi Mugen yang benar-benar membuat nama NSX menjadi naik kembali, terutama berkat pemasangan mesin dengan penempatan longitudinal-nya!

Spoon Sports
Spoon Sports Logo
Didirikan pada tahun : 1988
Motto : “Total technology & Real Comfort
Situs resmi : Spoon Sports Japan
Keterangan : Didirikan oleh Tatsuru Ichishima, nama Spoon diambil dari salah satu tikungan di sirkuit Suzuka. Identik dengan warna mobil demo berwarna kombinasi Biru-Kuning-Putih, Spoon yang merupakan organizer dari event “I ♥ Honda” ini juga sudah membuktikan kreasi-kreasi mereka di banyak arena balap, dari All Japan GT Championship sampai lomba ketahanan legendaris, 24 Hours Nürburgring!

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Spoon memiliki dealer khusus bernama “Speed Shop Type-One” yang memiliki visi : Tidak ingin sekadar membuat mobil modifikasi, namun juga sebuah harmonisasi dari seluruh parts-parts mobil, yang menghasilkan kemampuan terbaik mobil. Selain itu, Type-One juga memberikan pembelajaran pada kustomernya, mengenai parts-parts Spoon, serta kegunaanya. Keren!

Trivia : Ichisima-san merupakan manusia dengan banyak pekerjaan! Selain memegang kendali akan Spoon & Type-One, Ichisima-san juga memiliki produk Rigid Collar, manufaktur kit washer di sub-frame untuk menambah kenyamanan mobil. Selain itu, lelaki yang juga merupakan penasihat di VTEC Club ini memiliki prestasi abadi : Dijadikan salah satu figur NPC di game balap Gran Turismo 5, lengkap dengan setelan jas abu-abu khasnya!

Kreasi paling legendaris : Spoon Sports Fit
Spoon Sports Fit
Banyak kreasi keren Spoon sebenarnya seperti S2000 ini, namun yang paling menggebrak adalah Fit ini. Meski terlihat simpel, namun jangan tanya performanya! Mobil yang merupakan bukti dari pendapat Ichisima-san bahwa “Fit merupakan mobil sport, terutama di konstruksinya” ini mampu membuat Naoki Hattori & Dorikin jatuh cinta pada peformanya! Prestasi lain? Memenangkan kompetisi ketahanan 25-jam Thunderhill, dengan posisi pertama di kelasnya!

J’s Racing
J's Racing Logo
Didirikan pada tahun : 1988
Motto : “Feel. Reveal. Skill. Energy. Satisfaction
Situs resmi : J’s Racing Japan
Keterangan : Nama J’s Racing, awalnya memang kurang begitu terdengar sebelum trend JDM mulai mewabah. Namun, berkat usaha Junichi Umemoto & para staff J’s Racing yang selalu membuat terobosan pada mobil Honda, akhirnya nama J’s Racing menjulang tinggi, bersaing dengan tuner-tuner Honda lainnya, seperti nama-nama diatas

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Salah satu tagline J’s Racing, yaitu “The Xtreme Honda Ride” memang bukan isapan jempol semata! Semua kreasinya benar-benar gila-gilaan, mulai dari Fit Time Attack bermesin K20, sampai Civic FD2. Semuanya dimodifikasi dengan spek kelas berat, mulai dari mesin, eksterior sampai interior. Uniknya, meski fungsional, J’s Racing tidak pernah melupakan unsur “style” dari mobil-mobilnya, terutama mobil demonya yang sangat ekstravagan!

Trivia : J’s Racing, selain menjual berbagai macam parts-parts untuk Honda, mereka juga menjadi dealer resmi untuk perlengkapan balap dari Puma Motorsport, juga menjadi dealer carrier bag merek Protex

Kreasi paling legendaris : J’s Racing S2000 GT

J's Racing S2000 GT

Image Courtessy of VJ Photography

Monster Touge ini, adalah salah satu kreasi yang paling monumental bagi dunia modifikasi Honda, terutama S2000. Siapa yang menyangka, S2000 yang lebih mirip mobil showoff ini, ternyata mampu menumbangkan MCR R34 GT-R & Amuse S2000 GT-1? Kombinasi dari widebody garang, vinyl wrap sangar & warna yang mencolok, membuat kita akan berpikir : “Makhluk apa ini?

Mazda
RX7 VS RX8
Mesin rotary sangat identik dengan Mazda. Mungkin gara-gara nama legendaris RX yang membuat banyak orang jatuh cinta akan performanya yang hebat, bobot ringan & handlingnya yang setajam pisau. Padahal banyak Mazda lain yang tidak memakai mesin rotary, namun memiliki performa yang mengagumkan, seperti Miata, AZ-1, atau MX-6. Dan ditangan tuner-tuner inilah, kemampuan mobil Mazda yang sudah baik, makin naik sampai titik teratas!

MazdaSpeed
MazdaSpeed Logo
Didirikan pada tahun : 1967
Motto : “Always the Soul of a Sport Car
Situs resmi : MazdaSpeed
Keterangan : Tuner resmi dari Mazda. Awalnya merupakan tim independen bernama “Mazda Sports Corner”, namun berkat kreasinya seperti Cosmo 110S, membuat Mazda Auto Tokyo, dealer terbesar Mazda di Jepang, menjadikan MazdaSpeed sebagai divisi tuning & balap Mazda

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Sama seperti Mugen, Mazda juga membuat mobil-mobil komplit yang memakai parts & modifikasi yang tak hanya dijual di Jepang, namun juga Amerika & benua lain. Selain itu, MazdaSpeed seperti Pedal2theMetal sebut diatas, merupakan divisi balap Mazda, dan salah satu aktifitasnya adalah menyediakan MX-5, RX-8 & CX-9 kepada sekolah balap terkenal, Skip Barber Racing School

Trivia : MazdaSpeed pernah membangun 787B, yang merupakan mobil balap ketahanan Le Mans 24 Jam. Dengan mesin Quad-Rotor, pengemudi seperti Bertrand Gachot, Volker Weidler & Johnny Herbert, 787B menjuarai kompetisi Le Mans pada tahun 1991, mengalahkan Michael Schumacher & Mercedes-Benz C11. Ini membuat Mazda satu-satunya tim Jepang yang pernah memenangkan Le Mans sampai hari ini!

Kreasi paling legendaris : MazdaSpeed RX-7 FD3S R-Spec
MazdaSpeed RX-7 R-Spec
Merupakan paket khusus untuk RX-7, dengan list modifikasi yang sangat lengkap. Mulai dari bodykit spesial, velg Rays/MazdaSpeed MS-01 berukuran 18″, perangkat rem Endless, suspensi, sampai parts-parts mesin yang membuat kemampuan RX-7 makin dahsyat. Kelebihan lainnya? Tentu saja kualitas & garansi ala OEM!

RE Amemiya
RE Amemiya Logo
Didirikan pada tahun : 1974
Motto : “Curtain of the New Rotary era has been raised. Days of spoken Legend has come to an end
Situs resmi : RE Amemiya
Keterangan : Bisa dibilang tuner paling agresif dari mesin rotary. Didirikan oleh Isami Amemiya, RE Amemiya merupakan salah satu tuner terbaik & paling berprestasi di Jepang. Banyak kreasi-kreasinya yang unik & menggebrak, mulai dari beragam bodykit yang membuat wajah RX-7 menjadi bertransformasi, sampai Furin Kazan, mobil berbasis Westfield dengan mesin rotary 13B

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Ama-san benar-benar membuat RE Amemiya tak hanya sebagai rumah modifikasi, namun juga sebagai salah satu figur sentral dari kultur “Rotary” di Jepang & dunia. Selain itu, RE Amemiya juga selalu menurunkan Mazda dalam berbagai kompetisi, dari D1GP sampai JGTC, dengan hasil yang sangat memuaskan

Trivia : RE Amemiya sejak tahun 1995 mengikuti kejuaraan Super GT kelas GT300 dengan RX-7. Meski jarang ada, bahkan satu-satunya yang memakai mesin rotary di kompetisi ini, RE Amemiya akhirnya mampu memenangkannya pada tahun 2006! Dan uniknya…Salah satu pembalapnya, Shinji Yamaji, sekarang menjabat sebagai salah satu juri di D1GP, dimana RE Amemiya juga menjadi salah satu pesertanya!

Kreasi paling legendaris : RE-Amemiya RX-7 Time Attack mu-7 SPL
RE Amemiya TA SPL
Ama-san, membangun mobil ini dengan tujuan yang cukup gila : RX7 street-legal terkecang di Jepang. Apakah berhasil? Ya, dengan mencetak waktu 56,8 detik di sirkuit Tsukuba, yang menjadikannya menjadi salah satu mobil RWD street-legal terkencang di Jepang! Oh iya, salah satu Hillclimb Ace dari Project.D, Keisuke Takahashi, mengemudikan RX-7 yang mayoritas menggunakan parts RE Amemiya, bahkan sangat mirip dengan mu-7 SPL!

Fujita Engineering / FEED
FEED Logo
Didirikan pada tahun : 1982
Motto : “Creating distinctive tuning cars
Situs resmi : FEED
Keterangan : Fujita Engineering, yang dikenal dengan nama FEED (Fujita Engineering Evolutional Development), adalah salah satu rival RE Amemiya dalam dunia modifikasi Mazda, terutama untuk rotary. Identik dengan warna mobil demo berwarna abu-abu dengan aksen hitam & merah, Yoshihara Fujita selalu memilih aliran simpel & fungsional dalam produk-produknya yang lebih konsen mencetak waktu tercepat di sirkuit dibanding memenangkan kontes modifikasi, meski tetap terlihat mantap dipandang

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Sebenarnya FEED merupakan tuner rotary yang kurang begitu dikenal diluar lingkup pemilik Mazda. Untungnya, berkat mobil-mobil demo yang mendominasi di beberapa kompetisi balapan non-profesional, nama FEED kian menjulang, apalagi berkat kehadirannya di media-media seperti Hot Version & Option. Salah satu hot item dari FEED adalah bodykit AFFLUX V yang membuat RX-7 menjadi mirip TVR Sagaris!

Trivia : FEED yang bermarkas di Osaka ini, menjual berbagai macam pernak-pernik keren, salah satunya adalah asbak berbahan duralium. Bagaimana bentuknya? Tentu saja berbentuk rotary! Harganya? $115

Kreasi paling legendaris : FEED FD3S RX-7
FEED RX-7
Seperti RE Amemiya TA mu-7 SPL, FEED FD3S ini dibuat untuk menjadi RX-7 street legal tercepat di sirkuit maupun Touge. Speknya dahsyat, terutama di mesin Twin-Rotor Nürburgring Spec yang sangat efektif. Pernah tejadi kejadian konyol, sewaktu dilakukan pengetesan oleh Dorikin di arena Touge, ternyata RX-7 ini masih memakai settingan di sirkuit Tsukuba. Bagaimana performanya? Tetap mencetak waktu tercepat, meski suspensinya sangat keras!

Oke, sekian dulu ya ulasan Pedal2theMetal akan tuner spesialisasi manufaktur JDM, jika anda ingin melihat tuner JDM spesialis Nissan, Mitsubishi, Suzuki, silahkan klik Part.2 disini

24 thoughts on “Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.1

    • Kualitasnya kelas atas sih….belum lagi soal pajak yang relatif tinggi

      Project µ sebenarnya murah sih dibanding Endless yang sesama JDM, yang dibilang orang sih “Lexus-nya rem Jepang”, kalau mau murah mah WP Pro, Altezza di rumah dah pake…kualitasnya mantap, meski bukan buatan Jepang….Masih lebih reasonable & ringan dibanding Stoptech atau Wilwood lah🙂

      Cuman jangan dibandingin ama Brembo, Alcon atau AP Racing, bisa lebih dari 50 juta untuk varian kelas balap😦

  1. gubrakk brakk.. wp pro.pun sangat mahal buat pemegang prinsip modif pelit seperti saya:mrgreen:

    ane sih kalo rem masih ngandalin stock…
    lebih nitik beratin ke shock breaker aja… itupun paling banter Koni… yang penting stabil ampe lari 200😆

    sayang masa2 alay buat kebut2an udah lewat😦

    • Kaliper gak usah mahal-mahal…yang penting kanvasnya bagus🙂
      Lagipula rata-rata kaliper mobil jepang tuh mantep, belon kalo dah diinfus ABS….

      Yah, kalau saya sih ganti gara-gara memang harus ganti aja….Maklum, dulu yang punya tuh Tezza anak alay, seenaknya pake velg gede😦

      • kalo emang harus ganti emang mendingan langsung modif kali yah.. soalnya part slow moving OEM kyk kaliper kadang harganya saingan ama part aftermarket🙄

        btw bikin postingan soal ngerawat altezza dong, bokap ane penasaran tuh ama altezza.. tumben naksir mobil keren:mrgreen:

        • Iya, apalagi kalau mobilnya CBU…Slow moving dah langka, impor pula…mending ganti aftermarket sekalian

          Ngerawat Altezza? Sama aja kok….gimana tipe yang punya aja :

          IS200 / Altezza: mesin sama kayak Crown yang dipake Taxi di Singapura (di Batam pasti bejibun tuh spareparts kampakannya)
          IS300 / Lexus : Yang ini kayaknya jarang deh di Asia, soalnya rata-rata USDM-spec atawa EDM-spec yang 4-musim….Mesinnya sama kayak Aristo, jadi sparepartsnya lumayan lah
          RS200 : Nah, ini yang banyak ditemui….Bini aye pake ini, mesinnya irit sih, spareparts mirip sama Celica 6-gen, girboks 6-percepatan

          Altezza tuh kayak Audi, gerak roda belakang, torsi gak gitu gede, tapi traksinya lumayan….Transmisinya lumayan kuat, terutama yang matic, cuman mesti dicek diferensialnya, maklum RWD

          Cuman kalau dipake di perkotaan, kayaknya mending Accord Euro-R atu SiR, soalnya lebih irit sama handlingnya cocok buat perkotaan…

          Ngerawatnya mirip Camry sih, cuman jangan maen-maen sama elektroniknya, aye aja mau pake Head Unit aja gak disaranin pake yang universal, malah disuruh pakai Addzest (merek JDM Clarion)….aneh emang, entah kalau yang Lexus tuh

      • 😯 bnran tuh mesinnya sama ama crown yg taksi itu? tunggu-tunggu itu crown taksi diesel apa bensin ya ?🙄

        kayaknya paling keren RS 200 nih:mrgreen:
        spare part.nya gampang dan mahal2 ga yah…?🙄 sama altis mahalan mana?:mrgreen:

        Accord SiR jauh lebih langka.. dikit sih di batam… banyakan prelude… klo Euro-R cuma satu malah.. itupun plat merah😆😆

        ane sukanya altezza itu timeless, ga keliatan tua.. stop lamp.nya aja ampe jadi inspirasi buat stoplamp variasi mobil lain.. “altezza look”😆

        btw dlu d game GT2 ada Altezza TRD 280T.. keluaran TRD klo ga salah…

        wah.. thanks banget ni info.nya🙂

        • bnran tuh mesinnya sama ama crown yg taksi itu? tunggu-tunggu itu crown taksi diesel apa bensin ya ?

          Yang peminum bengsin

          kayaknya paling keren RS 200 nih:mrgreen:
          spare part.nya gampang dan mahal2 ga yah…?🙄 sama altis mahalan mana?

          Keren sih iya….Spareparts ya rada mahal lah….cuman lebih awet, asal jangan rutin digeber aja

          Sama Altis? mahalan Altezza

          Accord SiR jauh lebih langka.. dikit sih di batam… banyakan prelude… klo Euro-R cuma satu malah.. itupun plat merah

          Padahal di Singapur lumayan rutin tuh liat Euro-R atau SiR….mungkin kebanyakan jadi kampakan Junkyard kali ya?

          ane sukanya altezza itu timeless, ga keliatan tua.. stop lamp.nya aja ampe jadi inspirasi buat stoplamp variasi mobil lain.. “altezza look”

          Heheheh…Altezza Stoplamp, ciri-ciri ricer

          Yang aye aja di smoke rada item biar punya harkat & martabat😆

  2. wah.. kalau nissan yang terkenal nissan motorsport (Nismo), mitsubishi itu relliart kalau suzuki ya suzuki sport miliknya “Monster” Tajima, kalau Toyota pasti TRD

    Daihatsu, Subaru, apa ya?

    • Daihatsu kurang tahu tuh…Suzuki Sport itu bukan punya Nobuhiro Tajima, soalnya Tajima-san punya sendiri…namanya ya itu, Monster Motorsport

      Kalau Subaru itu STi / Subaru Technica International….nanti ditulis🙂

  3. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.2 « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.3 « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Mugen CB1100 Cafè Racer, Badass Modern UJM! « SRT Motoblog

  6. Pingback: Keisuke Takahashi, The Yellow Uphill Striker « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s