Autech Zagato Stelvio, Mobil Jepang Modis Rancangan Butik Italia

Autech Zagato Stelvio
Pedal2theMetal rasa, agar menjadi mobil Jepang yang legendaris, tidak cukup haruslah memiliki performa yang tangguh, atau penjualan yang sangatlah sukses. Contoh saja Galant GTO atau Yamaha OX99-11, yang meski hanyalah mobil konsep, namun karena keunikan & desainnya yang beda dengan mobil Jepang lainnya, 2 mobil ini sukses menjadi legenda di dunia otomotif Jepang & dunia.

Autech Zagato Stelvio
Nah, Pedal2theMetal ingin berbagi cerita soal salah satu mobil Jepang, yang selain memiliki desain yang unik, juga mempunyai sejarah yang cukup menarik. Perkenalkan, Autech Zagato Stelvio!

Autech Zagato Stelvio
Hey, memangnya apa hebatnya mobil ini? Jawabannya, karena seperti Pedal2theMetal beri sedikit petunjuk di judul, Stelvio yang dibuat oleh Autech, spesialis mobil Nissan ini dirancang oleh desainer kenamaan Italia, Carrozzeria Zagato, yang banyak memberi sentuhan pada sportcar Eropa seperti Lancia, Alfa Romeo & Maserati.

Autech Zagato Stelvio
Apa alasan Autech memakai jasa Zagato? Tentu saja, nilai prestise dari nama desainer kondang Italia. Lalu, mengapa memilih Zagato? Ini karena rumah desain lain seperti Bertone & Pininfarina, mengharuskan pihak kustomer (dalam hal ini produsen) harus mengikuti kontrak ekslusif mereka, baik dalam penjualan produk, proses produksi & marketing.

Autech Zagato Stelvio
Sedangkan Zagato masih relatif “bebas” dalam kontrak, tak peduli siapa kustomernya, yang penting tidak bermasalah dalam pembayaran! Autech sendiri juga, meski di-backup Nissan, bukanlah sebuah perusahaan yang kaya akan materi.

Autech Zagato Stelvio
Akhirnya, pada tahun 1989, dimulailah proyek Stelvio. Rencananya, Autech akan mengirimkan sasis Nissan Leopard Y31 Coupe (versi JDM dari Infiniti M30, yang merupakan salah satu sedan coupe termewah Nissan) ke pihak Zagato di Milan, Italia, dan dipasangkan body & interior yang didesain oleh tangan-tangan terampil Zagato.

Sebenarnya konstruksinya cukup menjanjikan, sasis tangguh Leopard Y31, dipasangkan body berbahan alumunium, dengan kap mesin dari serat karbon. Ini termasuk terobosan untuk dunia otomotif Jepang, sayangnya, muncul masalah lain di pihak Zagato, yaitu soal desain…

Autech Zagato Stelvio
Desain Zagato sendiri, jujur saja ya, Pedal2theMetal rasa terlalu berani, namun dalam konteks negatif…Mungkin pada era 90an, desain mobil yang gemuk & menyudut memang menjadi trend, namun jika terlalu melebar & kotak seperti Stelvio? Ugh…

Autech Zagato Stelvio
Zagato & Autech benar-benar melakukan banyak eksperimen desain di Stelvio. Salah satunya adalah penempatan spionnya. Bagi yang teliti, pasti akan bertanya, dimana spionnya? Jawabannya adalah dibalik 2 punuk dekat kap mesinnya! Ide dari Shinichiro Sakurai, Presiden Autech ini, sebenarnya inovatif, sayang hasilnya tidak terlalu cantik…

Autech Zagato Stelvio
Karena alasan estetika serta regulasi jalan raya di luar Jepang yang tidak terbiasa dengan spion di dekat fender, Zagato melakukan beberapa modifikasi di mobil yang diberi nama oleh Ryoichi Nakagawa, presiden Prince Motor (salah satu bagian dari Nissan Prince motor sebelum menjadi Nissan) yang sama dengan salah satu puncak di pegunungan Alpen, Swiss.

Autech Zagato Stelvio
Modifikasi itu, tentu saja di sektor spionnya. Zagato mengganti spion “canggih” Zagato dengan model konvensional, yang otomatis juga merombak sektor punuk di kap mesinnya. Sayang, ubahan ini kurang diminati semua pemilik Stelvio, karena mengurangi nilai eksklusifitas.

Aston Martin V8 Zagato
Konyolnya, Zagato di tahun yang sama juga mendesain Alfa Romeo SZ & Aston Martin V8 Zagato, yang untuk V8 Zagato, Pedal2theMetal rasa mirip dengan Stelvio, namun tanpa sudut-sudut gemuk & spion di fender, yang membuat V8 Zagato lebih cantik. Rowan Atkinson, pemeran Mr.Bean dulu pernah memiliki mobil yang hanya dibuat 52 unit untuk versi coupe & 37 unit untuk versi kabrio lho!

Autech Zagato Stelvio
Bicara soal eksklusifitas, Pedal2theMetal lihat mesin Stelvio kurang begitu unik. Autech sebenarnya memasang mesin V6 VG30DET DOHC yang juga dipakai Nissan Leopard F31. Mesin yang terkenal tangguh & mudah dimodifikasi ini dipasangkan dengan transmisi automatik 4-percepatan elektronis.

Autech Zagato Stelvio
Namun, agar berbeda dengan unit mesin yang juga bersarang di 300ZX Fairlady Z31, Autech melakukan modifikasi, yang membuat tenaga maksimum mesin ini naik menjadi 276hp@6000rpm serta torsi maksimum yang cukup besar, 402nm@2800rpm, lumayan besar!

Autech Zagato Stelvio
Di sektor kaki-kakinya, Autech memakai sistem suspensi Independent struts di depan, dan Semi-trailing arms di belakang. Dan pemilihan velg yang dibalut ban 225/50R16 92V? Cukup unik, namun tentu tidak efektif untuk mendinginkan perangkat rem cakram di ke-empat rodanya…

Autech Zagato Stelvio
Untunglah, Zagato mendesain kabin yang cantik & memiliki kualitas yang tinggi. Sebenarnya, kabin Stelvio sama dengan Leopard, namun Zagato memakai lapisan kulit kelas atas, Velour dan panel kayu Motoki di beberapa sudut kabin, serta perangkat CD Player yang cukup canggih di zamannya.

Autech Zagato Stelvio
Mau tahu harga yang ditawarkan Autech untuk Stelvio? 18,7 juta Yen! Harga yang sangat-sangat tinggi, apalagi di tahun 1989, dimana Mercedes-Benz 560SEL yang merupakan mobil termahal di Jepang saja, masih lebih “murah” dibanding Stelvio. Bahkan dibandingkan dengan NSX, Stelvio lebih mahal 5xlipat!

Autech Zagato Stelvio
Mungkin, harga mahal ini diakibatkan jumlah produksi Stelvio yang terbatas, hanya 200 unit serta 3 unit prototip, yang rata-rata hanya dibeli oleh pasar domestik Jepang, karena nama Zagato serta eksklusifitas & harga sangat tingginya yang mampu memberikan status “Elit” bagi pemiliknya.

Autech Zagato Stelvio
Disaat tren mobil Jepang klasik sedang naik daun, nama Stelvio kembali mencuat di pasar. Bayangkan, kapan lagi mobil Jepang yang memakai jasa perakitan oleh rumah desain kondang Italia (bukan sekedar didesain!), memiliki harga yang “edan” serta eksklusifitasnya yang melebihi Mazda Cosmo Sport atau Toyota 2000GT?

Autech Zagato Stelvio
Namun, Pedal2theMetal kembali bertanya-tanya, oke untuk masalah desain itu tergantung sudut pandang & selera yang memandangnya, namun, mengapa nama besar Zagato yang banyak mendesain mobil-mobil cantik pernah mendesain mobil aneh ini? Yah, Pedal2theMetal rasa karena keanehan, keunikan & nilai prestise yang ekslusif inilah, yang membuat Stelvio menjadi mobil JDM legendaris!

Autech Zagato Gavia
Oh iya, Zagato sendiri “menebus dosa” dengan mendesain mobil Autech Zagato Gavia secara terbatas, yang juga sama dengan Stelvio, berbasis dari Leopard, namun tanpa desain yang aneh & gemuk. Zagato juga mendesain mobil konsep keren untuk Nissan seperti Bambu & Sera yang sayangnya tidak seperti Stelvio & Gavia, tidak dimasukan ke jalur produksi.

Sumber :

Autech Japan
Zagato-Cars

5 thoughts on “Autech Zagato Stelvio, Mobil Jepang Modis Rancangan Butik Italia

  1. menurut ane ni mobil disainnya cacat.. pengen radikal, tp malah aneh😆

    kyknya ga selamanya disain yang dibangun atas seni itu menarik.. mobil2 italia kyk alfa, lancia, fiat banyak tuh yang modelnya juga cacat bin aneh:mrgreen:

    tp untuk 50 tahun lg gtau deh.. bisa jd malah dianggap masterpiece😀

  2. Pingback: ALL JAPAN TUNER | FreakIndy

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s