SS Works CRX, Lalat Kecil Pembunuh Raksasa!


Honda Civic CRX memang banyak diminati oleh para pelaku balapan, baik itu di sirkuit ataupun trek autocross. Namun, apakah CRX memiliki performa yang kompetitif dibanding mobil-mobil lainnya?


Perkenalkan SS Works CRX, mobil kompak dengan kemampuan yang Pedal2theMetal akui sangat menakjubkan!


Mengapa Pedal2theMetal memiliki opini ini? Ini karena setahu Pedal2theMetal, CRX ini adalah salah satu Mobil NA terkencang di Jepang!


Saking kencangnya, bahkan Hot Version berani mengadu CRX ajaib ini dengan Esprit NSX serta ASM S2000, dan tidak disangka-sangka CRX ini mampu memenangkannya!


Apa kelebihan CRX ini? 2 kata : Grip & Bobot. Dengan bobot hanya 720kg, CRX ini bisa dibilang benar-benar seberat bulu, apalagi dikombinasikan dengan penggerak roda depan, membuatnya mudah melumat setiap tikungan


Selain bobot, grip-nya pun benar-benar diperhatikan. Bahkan, saking lengketnya dengan aspal, Shuhei Kawasaki sang pembalap SS Works pun tidak perlu mengurangi tenaga sewaktu menyalip ASM S2000 di tikungan. Benar-benar lengket!


Grip yang luar biasa besarnya itu, didapat dari penggunaan parts-parts yang Pedal2theMetal lihat sangat “hiperbolik”. Coba lihat front-lip & chin spoilernya yang mirip mobil Formula 1, benar-benar jauh lebih besar dibanding spoiler CRX lain yang Pedal2theMetal pernah lihat!


Meskipun CRX merupakan mobil berpenggerak roda depan, daya tekan di belakang juga harus diperhatikan, Untuk itulah SS Works memasang diffuser serta wing ARC raksasa (untuk CRX) yang aslinya dibuat untuk Evo III. Membuat CRX ini benar-benar heboh dalam sektor aerodinamisnya!


SS Works, tidak hanya memperhatikan bobot serta grip, namun juga di sektor mesin. Mesin ZC bawaan CRX meskipun sudah lumayan, namun untuk mendapatkan tenaga yang lebih, dibutuhkan mesin yang lebih ganas. B18C dari Integra Type-R yang di re-built ulang adalah pilihannya, disertai penaruhan mesin yang lebih menjorok ke tengah agar keseimbangan mobil tetap terjaga


Dengan tenaga hanya 230hp, tentulah akselerasi adalah kartu As SS Works, untuk itulah karburator SS Works – FCR dari Keihin yang berkarakteristik mirip karburator motor serta camshaft TODA Racing dipasang agar responsifitas mesin makin menggila. Modifikasi ini juga membuat teknologi VTEC “musnah” di mesin yang sudah naik kapasitasnya menjadi 2000cc ini


Bobot ringan serta grip luar biasa tentunya membutuhkan redaman suspensi yang baik, maka suspensi Ennepetal (Bilstein) serta per dari Swift menjadi pilihan SS Works, agar pengendalian hatchback super ini makin stabil dan siap menyikat tikungan-tikungan tajam di sirkuit Tsukuba


Di bagian kaki-kaki, perangkat rem dari SS Works bersembunyi dibalik velg Advan RG di depan & Volk TE37 di belakang dan dibalut ban Bridgestone Potenza. Meskipun Kawasaki-san berkata dia tidak perlu banyak mengerem, karena daya tekan mobil yang luar biasa!


Bobot yang ringan, tidak hanya didapat dari penggunaan material di eksterior saja, namun di interior juga. Dan SS Works hanya memasang parts-parts yang dibutuhkan saja, sisanya? Buang!


Dengan kemampuan mengitari Sirkuit Tsukuba hanya dengan waktu 59,1 detik, banyak penggemar Honda, terutama Civic beranggapan bahwa SS Works CRX adalah “The Ultimate CRX”! Yep, Pedal2theMetal bersama pihak-pihak lainnya tidak menyangkal itu, termasuk Keiichi Tsuchiya sekalipun!


Tidak percaya akan itu? Coba cek video Hot Version ini yang berjudul “Ultimate VTEC Battle”, CRX SS Works bersaing dengan mobil demo dari tuner-tuner Honda yang disegani di Jepang seperti Esprit NSX, ASM S2000 serta J’s Racing Fit


Saking penasarannya dengan kemampuan CRX ajaib ini, lagi-lagi Hot Version mengadunya dengan mobil lain yang lebih kuat. Tidak tanggung-tanggung, mobil-mobil balap turing Super Taikyu turut diadu, seperti Spoon S2000, Redline Altezza, JUN Auto EK Civic, G-Force City serta Esprit NSX


Maka wajar bukan, Jika Pedal2theMetal menganggap bahwa CRX ini adalah “Lalat kecil” pembantai raksasa? Karena meski bertenaga & berukuran mungil, namun memiliki kemampuan yang sangat-sangat luar biasa!

Sumber : SS Works Japan

5 thoughts on “SS Works CRX, Lalat Kecil Pembunuh Raksasa!

  1. Pingback: SS Works CRX, Lalat Kecil Pembunuh Raksasa! Ngalahin NSX | Berita Indonesia

  2. Pingback: Maret, Bulan Gerak Roda Depan (FF)! « Pedal 2 the Metal

  3. Pingback: Mei, Bulan Gerak Roda Depan (FF)! « Pedal 2 the Metal

  4. Pingback: Honda Accord Eurodeck CA5, JDM? USDM? Kali Ini Giliran EDM! « Pedal 2 the Metal

  5. Pingback: JDM Di Motor Lokal, Kok Bisa & Mengapa? « SRT Motoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s