Auto Legend 2012, An Open Mind Motoring Event Part.2 : Modern JDM

Auto Legend Nagoya 2012 NSX Honda
Setelah sebelumnya sedikit mengupas dunia ol’ skool JDM dalam event Auto Legend 2012 Nagoya, mungkin ada yang penasaran, apakah ada mobil-mobil modern yang masuk dalam klasifikasi “Auto Legend“? Well, let’s peel it up in this post!

Auto Legend Nagoya 2012 Z-Tune BNR34 GT-R
Untuk menjadi legenda, sejarah yang besar & mengagumkan mutlak dimiliki. And what’s Japan car that got marvelous history than Skyline GT-R? Sampai hari ini, siapapun, bahkan yang tidak tertarik akan dunia otomotif, pasti kenal dengan sosok intimidatif Skyline seperti Z-Tune ini.

Amuse GT-R
Salah satu pelindung nama hebat Skyline GT-R, tentu saja R35 GT-R. Canggih & digdaya, R35 tetap memancarkan aura “GT-R“. Dan dari seluruh GT-R di dunia, mungkin Amuse GT-R Phantom yang pertama kali menghentak dunia, karena aksi time-attack Tsukuba dibawah 1 menit oleh Dorikin. Tunggu ulasan Pedal2theMetal akan kreasi (Alm) Tanabe-san ini nanti!

Auto Legend Nagoya 2012 Zeroyon BNR32 GT-R
Ah, BNR32. Dengan figur yang lebih ramping & aerodinamis, tidak heran banyak tuner sampai hari ini masih memakai platform “The original Godzilla” untuk dipacu dalam arena Zero-Yon. Membuat Nissan & beragam pihak ketiga masih menyediakan parts-parts pengganti & pendukungnya.

Auto Legend Nagoya 2012 Z34 Blue
Apakah Fairlady family juga termasuk legenda? Hmm…Meskipun sedikit dikritisi oleh kreatornya, Pedal2theMetal rasa Z34 / 370Z cukup punya kans untuk menjadi modern legend. Setidaknya, mobil ini berserakan dalam beragam game seperti Need For Speed franchise hehehe….

Auto Legend Nagoya 2012 Zenki S14 Fuchsia
And don’t forget another Nissan Sportcar = Silvia. Drift, drag, touring, you name it, semua area dijelajah oleh mobil yang konon akan kembali dibangkitkan lagi ini. And thanks to 326Power, meskipun sudah dihentikan produksinya, kustomisasi Silvia terus berkembang sampai tahap terekstrim sekalipun. In short : This Zenki S14 is sick!

Sorcery NSX
Secara pribadi…Dari seluruh mobil Jepang yang beredar, nama NSX-lah yang paling dikenang sebagai salah satu tonggak kemajuan otomotif Jepang. Tetap mempesona dengan teknologi yang dikandungnya, performa yang dicintai seluruh pengemudi, dan desain yang…Damn. Fucking gorgeous.

Auto Legend Nagoya 2012 Flat Black NSX
Seorang teman pernah berkata pada Pedal2theMetal : Mobil Honda tidak ada yang segarang Muscle Car. I think he’s wrong. Totally wrong…

Mitsuoka Orochi
Bagaimana dengan Mitsuoka Orochi? Secara komposisi, this isn’t that “bad“. Basis dari NSX, mesin dari…Toyota Harrier. Okay, mungkin yang bermasalah bagi sebagian orang adalah desainnya, namun jika dieksekusi dengan tepat, klaim Orochi sebagai “Fashion Supercar” dapat terengkuh, meski fashion yang dimaksud mungkin adalah Harajuku yang liar & bebas…

Auto Legend Nagoya 2012 Kid & Rim
Yup, untuk dikenal (tahap pertama untuk menjadi legenda) tentulah being stand-out. Berbeda, menarik, kalau perlu kontras dengan yang lain. Mungkin akan dianggap freak, sinting. But hey, dengan passion yang teguh, pasti akan ada apresiasi dari orang lain bukan?

Toyota HiAce Custom
Seperti kultur Vanning yang sudah mengakar lama di Jepang. Siapa sangka, keinginan memiliki van-van besar Amerika seperti Chevrolet Astro & Dodge Ram Van menghasilkan puluhan model van beragam ukuran, yang cukup unik untuk negara penghasil Kei-car & efisiensi. Dan tren modifikasinya? Keep growing & spreading, termasuk di Indonesia.

Toyota AE86 GT86
Itulah yang membuat Toyota mendapatkan respek dari Pedal2theMetal. Di masa resesi saat ini, siapa yang membutuhkan sportscar ringan & kompak? And here comes the Hachiroku revival…Apakah siap menjadi legenda kembali seperti suksesornya?

Auto Legend Nagoya Black Edition AE86
Mungkin…Mungkin. Kemungkinan itu tetap ada, meskipun secara konsep sudah cukup berbeda. Dibandingkan model terbarunya yang stylish & dinamis, pendahulunya cenderung simpel, mudah & all-around untuk semua kalangan, baik street oriented driver sampai kebutuhan motorsport.

Lexus LFA
Now we’re talking the heavy hitter : Lexus LFA. Obsesi Toyota memang cukup “muluk-muluk” : Penantang sejati Ferrari, Porsche & Lamborghini. Dengan harga lebih mahal & kuantitas lebih sedikit, LFA memang terasa kontradiktif jika dibandingkan dengan idiom publik akan mobil dari Jepang. But who cares? Being standout is important!

Auto Legend Nagoya 2012 Lexus LFA Nurburgring
The mighty Nürburgring…Embel-embel “Green Hell” memang bukan hanya bluffing atau riasan saja. Dengan catatan waktu dibawah 7:20 tanpa ban superslick, tentu membuat pabrikan-pabrikan supercar yang mapan terguncang. Sama seperti momen NSX & GT-R, LFA memang pantas masuk dalam liga legenda JDM.

Mazda RX-7 FC3S Ryosuke Takahashi
Last but not least, tentu saja : Mazda RX-7. Bahkan kalau jujur, semua formula menjadi legenda dalam dunia otomotif ada dalam RX-7. Berbeda (Come one, that Rotary magic!), performa yang dahsyat, stylish, dan legenda dalam dunia motorsport. Jangan lupa akan hal ini

RX-7 FC3S Cabriolet
Memang, peluang munculnya penerus legenda-legenda ini terasa cukup sulit, terutama jika melihat dari sudut pandang ekonomi. Semoga saja para Zaibatsu (Konglomerat bisnis) otomotif Jepang kembali mengingat, apa yang membuat industri otomotif Jepang terus membara…

Nissan Silvia Ichigo 86 Hachiroku
…That’s the passion to show the world, what Japanese made of. Telaten, siap akan segala kondisi, teguh & dapat diandalkan. Untuk post akan Auto Legend 2012 berikutnya, saatnya melihat sisi lain dari kultur otomotif Jepang. Stay tune at Pedal2theMetal!

14 thoughts on “Auto Legend 2012, An Open Mind Motoring Event Part.2 : Modern JDM

  1. kapan ya ada small ,light, and cheap sports car masuk indonesia…
    nglihat harganya sports car di indo bikin sakit hati mx-5 yang di inggris 220jtan masuk sini jadi 600jtan , 86/BRZ juga jadi mahal amit2 …..

    • Hehehe…Yah, mungkin karena sportscar bukanlah mobil yang “umum” di Indonesia, makanya dianggap lebih mewah.

      Padahal pintu & jok-nya lebih sedikit😆

  2. pernah baca majalah top gear mas reyhan, kalau designer mobil amerika terkagum kagum dengan desain dan builtquality mobil lexus.
    sang editor JC pun menulis kalau lexus adalah mobil masal paling awet,
    honda nsx ?? denger-denger mau di reborn ya mas??

  3. pengembangan NSX diserahin ke Mugen/M-tec ato langsung dibwh HMC y..
    elegan bgt desainny. hero’s car pny suzuki & mitsubishi kmn neh..

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s