Tommy Kaira ZZ-II, Supercar Jepang Yang Misterius

Tommy Kaira ZZ-II
Jika kita berpikir akan supercar Jepang, apa yang ada di pikiran anda? Skyline GT-R, Supra, RX-7, NSX serta mobil-mobil “mainstream” lainnya. Apakah mereka eksotis? Belum tentu, mungkin karena jumlah mereka yang rata-rata banyak serta diproduksi massal. Lexus LFA? Bisa saja, karena selain memiliki desain yang eksotis, jumlah pembuatannya pun dibatasi. Apakah hanya LFA saja supercar Jepang?

Tommy Kaira ZZ-II
Ternyata, ada supercar Jepang lainnya, yang meski memiliki desain serta kemampuan yang mengagumkan, gara-gara kesalahan perencanaan serta ekonomi, membuatnya tidak mampu bersinar. Pedal2theMetal perkenalkan Tommy Kaira ZZ-II!


Yang sering memainkan game simulator balap, pasti tahu dengan mobil keren ini. Ya, ZZ-II yang diproduksi oleh Tommy Kaira ini pernah masuk dalam game Gran Turismo dalam 2 versi. Versi balap serta versi jalanan yang dua-duanya sama-sama unik!

Tommy Kaira ZZ-II
ZZ-II, berbasis dari produk Tommy Kaira populer sebelumnya, ZZ yang memakai sasis alumunium yang ringan. Tomita Yoshikazu, sosok dibalik Tommy Kaira mendesain ZZ-II sebagai penerus ZZ yang meskipun memiliki basis yang bagus, karena pemasaran yang buruk, membuatnya hanya terjual sedikit

Tommy Kaira ZZ-II
Dengan desain yang agresif dan menawan, ZZ-II tentunya menarik perhatian banyak pihak, terutama Autobacs, waralaba asesoris mobil terbesar di Jepang. Desain ZZ-II sendiri akhirnya dibeli oleh Autobacs menjadi ASL RS-01 Garaiya

Tommy Kaira ZZ-II
Tommy Kaira, sejak membuat ZZ, selalu menggunakan mesin buatan Nissan. Sehingga, untuk ZZ-II, Tomita memilih mesin perkasa RB26DETT dari Skyline GT-R yang dimodifikasi agar lebih bertenaga, menghasilkan tenaga maksiumum sebesar 542hp@5900rpm dan peletakan mesinnya berada di tengah

Tommy Kaira ZZ-II
Terasa kecil? bayangkan jika tenaga sebesar itu, dikombinasikan dengan bobot ringan ZZ-II, hanya 1 ton! Membuat ZZ-II mampu berakselerasi 0-96km/h hanya dalam waktu 3,3 detik, serta kecepatan maksimum sampai 210mph. Performa yang mengagumkan mengingat Tommy Kaira bukanlah perusahaan besar!

Tommy Kaira ZZ-II
Dengan performa impresif itu, dibutuhkan kontrol yang baik. Tommy Kaira dengan cerdik, memasang penggerak empat roda dari Skyline GT-R serta teknologi kontrol traksi ATTESA yang canggih. Untuk pengeremannya sendiri, seperti terlihat di gambar, menggunakan perangkat rem cakram dengan kaliper 6 piston di depan dan 4 piston di belakang

Tommy Kaira ZZ-II
Interior ZZ-II sendiri bisa dibilang unik untuk ukuran mobil buatan Jepang. LHD! Tommy Kaira memang mendesain ZZ-II dengan basis dari Lotus Elise, dan ditujukan untuk pasar Eropa. Sayangnya nasib berkata lain…Oh iya, lihat posisi penempatan rem tangannya, tinggi sekali!

Tommy Kaira ZZ-II
ZZ-II yang mulai dibuat pada tahun 2001 ini, rencananya akan dijual seharga $90.000, termasuk murah untuk supercar sekaliber ini, serta menunjukan bahwa Jepang juga mampu membuat supercar yang hebat, meski tanpa dukungan dari pabrikan besar

Sumber : Tommy Kaira Japan

4 thoughts on “Tommy Kaira ZZ-II, Supercar Jepang Yang Misterius

  1. Pingback: Tommy Kaira 25R, Keunikan Dari Skyline R34 Yang “Terkucilkan” « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Autobacs ASL Garaiya RS-01, Jika Autobacs Membuat Sportscar! « Pedal 2 the Metal

  3. Pingback: ProtoMotors Spirra, Supercar Rasa Ginseng! « Pedal 2 the Metal

  4. Pingback: Mesin Nissan RB, Jantung Mekanis JDM Paling Ikonik Part.1 « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s