Honda S800, Kecil Namun “Berbahaya”


Jauh sebelum NSX, S2000 atau sportcar Honda lainnya, Honda pernah memproduksi sportcar, yang meskipun berukuran kecil, namun memiliki performa yang lumayan hebat di zamannya dengan nama S800


Ketika Honda pertama memproduksi mobil, produk-produknya masih beraroma motor, bahkan menggunakan mekanisme mesin motor dengan kapasitas 360cc & 500cc seperti Honda S600 yang ditujukan untuk pasar Jepang / JDM saja


Nah, untuk penerusnya, S800 yang seperti di artikel ini, dirancang untuk memenuhi keinginan pasar Amerika & Eropa, makanya ganti menggunakan penggerak gardan yang konvensional, tidak seperti S600 yang menggunakan rantai, mungkin agar perawatannya lebih mudah dilakukan oleh para mekanik di Amerika?


Oh iya, S600 & S800 sendiri dijuluki “Japanese Screamer” di zamannya. Mengapa? ini karena mesin twincam 800cc yang menggunakan 4 karburator (ya, four barrel!) yang mampu digeber sampai 9000rpm (!), karakteristik sama yang dipertahankan penerusnya, S2000


Saking berkesannya, kolektor mobil sekaligus pembawa acara talkshow terkenal, Jay Leno mengatakan bahwa S600 miliknya, merupakan mobil dengan suara yang paling ia sukai kedua setelah Mclaren F1 miliknya. Hebat!


Berhubung berukuran kecil, tentunya ukuran interior S800 sendiri bisa dibilang pas-pasan. Meski Honda sudah habis-habisan mengatur letak posisi interiornya, tetap saja pasar Amerika yang menyenangi mobil dengan interior lega kurang senang dengan S800, menyebabkan S800 lebih sedikit sukses di Asia & Eropa


Selain coupe, Honda sendiri menyediakan varian S800 Roadster, demi menyaingi saingan senegaranya, Datsun Roadster (dimana Datsun sendiri lebih sukses di Amerika dibanding Honda pada saat itu). Ah, tetap saja S800 Roadster terlihat lebih manis!


Untuk varian roadsternya sendiri, banyak dipakai oleh para penyuka balap vintage di sirkuit, mungkin karena tanpa atap, membuat pembalapnya merasa lebih lega & memiliki pandangan lebih luas (makanya kaca depannya diganti visor)


Meskipun begitu, tetap saja pada saat itu S800 tidak membawa kesuksesan untuk Honda, namun berkat kerja keras Honda, akhirnya beberapa periode kemudian, Honda mampu menembus pasar Amerika dengan sukses

3 thoughts on “Honda S800, Kecil Namun “Berbahaya”

  1. Pingback: Honda Heritage, Solusi Cerdas & Elegan Meningkatkan Loyalitas Konsumen « Pedal 2 the Metal Autoblog

  2. Pingback: (Alm) Hiromu Naruse, The Meister of Toyota « Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: Pops Yoshimura, Tidak Ada Kata Tidak Mungkin « SRT Motoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s