Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.3

Garage Yamamoto
Yo! Akhirnya, setelah beberapa minggu blog ini vakum karena Lebaran & libur yang cukup panjang, saatnya kita kembali menginjak pedal gas dalam-dalam! Untuk menyambut bulan September, Pedal2theMetal akan menggunakan tema baru, namun berhubung tema “JDM Legends” masih “menagih hutang“, mungkin untuk beberapa posting kedepan, Pedal2theMetal akan tetap menulis dengan tema itu.

Untuk hari ini, bagaimana kalau kita kembali menyelami dunia tuning house spesialis manufaktur JDM, yang sudah mencapai part 1 & 2, ayo!

Subaru
STi
Subaru, adalah salah satu produsen mobil papan atas Jepang, yang merupakan salah satu bagian dari Fuji Heavy Industries. Terkenal dengan sedan-sedan kencang dengan mesin boxer serta grip yang luar biasa berkat pemakaian penggerak 4WD, Subaru dengan merek-merek legendarisnya seperti Forester, Legacy & Impreza, siap memberikan sensasi mengemudi maksimum untuk pemakainya!

Subaru Technica International
STI Logo
Didirikan pada tahun : 1988
Motto : “Pushing Performance to The Limit
Situs resmi : STi Japan
Keterangan : STi, yang didirikan oleh Fuji Heavy Industries untuk membangun mobil-mobil high perfomance Subaru beserta parts pendukungnya. Alasannya? Tentu saja karena STi adalah divisi motorsport dari Subaru. STi sendiri sering bekerja sama dengan spesialis balap legendaris Inggris, Prodrive, dalam membangun mobil balap, terutama untuk kejuaraan WRC.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : STi adalah salah satu tuning house resmi yang selalu memiliki varian dalam setiap produk Subaru, dan selalu menjadi varian top-of-the-line. Mengapa? Tentu saja karena STi mampu membuat setiap mobil Subaru yang mereka sentuh, siap mengerahkan seluruh potensi yang dimilikinya, terutama di sektor handling & performa, yang sangat-sangat fantastis!

Trivia : Logo STi yang sekarang dipimpin oleh Hiroyuki Karamatsu ini, mungkin anda anggap sedikit kurang jantan karena memiliki logo berwarna pink. Namun tahukah anda, kalau warna dengan kode “Cherry Blossom Red” atau “Rubine Red” ini, sebenarnya adalah warna maskulin di kultur Jepang. Ha!

Kreasi paling legendaris : Subaru Impreza GC8E 22B STi
STi
Sekilas, Impreza varian GC8 (1st gen) ini cuman dilebarkan. Namun ternyata mobil yang hanya dibuat sekitar 400 unit untuk merayakan ulang-tahun Subaru ke-40 serta kemenangan 3x berturut-turut di WRC ini, sebenarnya adalah varian street legal dari mobil WRC Subaru! Dengan tenaga sebesar 280hp@6000rpm & torsi 363nm@3200rpm serta paket kaki-kaki spesial dari Bilstein, BBS & Pirelli, pantas saja banyak fans Subaru mencari-cari mobil yang juga dimiliki oleh Colin McRae ini.

Zero/Sports
Zero Sports logo
Didirikan pada tahun : 1994
Motto : “Everything Starts From Zero
Situs resmi : Zero/Sports
Keterangan : Zero/Sports, adalah salah satu tuner spesialis yang memiliki reputasi yang membanggakan. Tidak hanya membuat parts serta merakit mobil Subaru secara utuh dengan kualitas tinggi, namun juga mampu mewujudkan impian yang keren : Mampu membuat mobil elektrik paling kencang di dunia, wow!

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Zero/Sports banyak memiliki mobil demo, tentunya dengan memakai hampir seluruh line-up Subaru. Kedahsyatan mobilnya cukup mengkhawatirkan kompetitornya, karena mampu mencetak waktu sangat singkat, bahkan salah satu yang terkencang di dunia.

Trivia : Sudah Pedal2theMetal katakan, Zero/Sports pernah membuat mobil elektrik, namun karena itu pula (serta faktor lainnya), Zero/Sports pernah bangkrut! Untunglah, Zero/Sports kembali beroperasi, meski harus mematikan usaha pembangunan mobil elektriknya…Jika ingin melihat mobil elektrik Zero/Sports paling dahsyat, klik saja ini

Kreasi paling legendaris : Zero/Sports BTZ601R
BTZ601R
Monster Time-Attack ini, adalah salah satu Impreza terkencang di Jepang, bahkan dunia! Berkat modifikasi yang cukup ekstensif, Impreza GDA ini mampu mencetak waktu 57,8 detik di sirkuit Tsukuba, yang dikemudikan oleh “Time Attack Wizard“, Eiji “Tarzan” Yamada. Waktu yang cukup solid bukan?

SYMS
SYMS Logo
Didirikan pada tahun : 1993
Motto : “Combining Wisdom & Power To Create Ultimate Machine
Situs resmi : SYMS
Keterangan : SYMS, yang memiliki kepanjangan yaitu Specialist Yajima Motor Sports, didirikan oleh Hiroshi Yokoyama sebagai divisi motorsport dari perusahaan Yajima Industry Co. Ltd. SYMS memiliki visi untuk membuat parts-parts balap atau harian, mengandalkan teknologi & riset yang didapat dari mengikuti arena balap atau riset khusus.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : SYMS adalah salah satu tuner yang diakui oleh Subaru & STi dalam membangun mobil rally Grup N. Ini adalah testamen dari kualitas dari SYMS, yang memang diakui oleh banyak publik, terutama publik Rally. Khusus untuk rally, SYMS adalah salah satu kompetitor terkuat serta rutin menang, berkat mobil yang tangguh serta pembalap-pembalap papan atas seperti Toshi Arai.

Trivia : SYMS yang pernah mengantarkan Toshi Arai & Niall McShea sebagai salah satu kampiun di FIA WRC Production Cars ini, ternyata juga mengikuti kejuaraan rally X-Games. Tebak siapa pembalapnya? Ternyata Tanner Foust!

Kreasi paling legendaris : SYMS GF8 Subaru Impreza Wagon JTCC
SYMS GF8
Meski terkenal di dunia rally, Pedal2theMetal memilih Impreza Station Wagon ini sebagai kreasi SYMS sebagai yang paling legendaris. Mengapa? Tentu, selain unik & beda, SYMS membuktikan bahwa estate juga mampu mengikuti dunia balap (sama seperti Volvo 850). Namun, meski memiliki tenaga besar (300hp dari mesin NA) & konstruksi garang, SYMS tidak mampu menghalang dominasi Corona EXIV di arena JTCC…

Suzuki
Suzuki Swift
Jangan hanya beropini bahwa Suzuki cuma membuat mobil-mobil ekonomis seperti Carry atau APV saja, karena salah satu produsen Kei Car terbesar di dunia ini, juga rutin membuat mobil-mobil kompak dengan performa yang menakjubkan seperti Swift, Capucinno, serta tentu saja…Wagon-R. Lalu, apakah ada tuner-tuner yang khusus memodifikasi Suzuki? Kita lihat yuk dibawah!

Suzuki Sport
Suzuki Sport
Didirikan pada tahun : 1986
Motto : “The Spirit of Challenge
Situs resmi : Suzuki Sport Japan
Keterangan : Seperti kita ketahui, Suzuki Sport adalah divisi khusus motorsport milik Suzuki, yang awalnya hanya untuk mendukung program balap Suzuki. Namun berkat namanya yang makin terkenal, akhirnya Suzuki Sport juga membuat parts-parts yang tidak cuma untuk kebutuhan balap, namun juga untuk pemakaian sehari-hari, baik di sisi eksterior maupun interior dan juga mesin.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Suzuki, meski terkenal tangguh & ringan, sebenarnya kurang efektif di arena balap. Namun berkat kerja keras divisi ini, nama Suzuki makin terkenal di arena balap, yang tentu saja juga membantu promosi serta informasi-informasi penting demi kemajuan Suzuki.

Trivia : Suzuki Sport pernah bereksperimen yang Pedal2theMetal rasa cukup menarik : Memasang mesin “jahat” GSX-1300R Hayabusa dalam sasis mobil sportcar di tahun 2002. Bagaimana wujud & kelanjutannya? Klik saja ini!

Kreasi paling legendaris : Suzuki Sport Swift Super 1600 JWRC
Swift JWRC
Salah satu mobil favorit di arena JWRC kelas Super 1600. Mengapa? Selain kompetitif, biaya pemeliharaanya serta pembeliannya lebih murah dibanding saingannya, misalnya Citroen C2. Apakah nanti Suzuki Sport akan meluncurkan Swift JWRC terbaru untuk menandingi monster baru seperti Fiesta? Kita tunggu saja!

Monster Sport
Monster Sport
Didirikan pada tahun : 1983
Motto : “Delivering High Quality Products and Help You to Enjoy Your Car
Situs resmi : Monster Sport Japan
Keterangan : Monster Sport, adalah salah satu tuner pertama Suzuki, bahkan mungkin pihak pertama yang menurunkan Suzuki dalam arena balap mobil (secara profesional). Pedal2theMetal menemukan hal yang menarik, karena Monster Sport yang didirikan oleh Nobuhiro “Monster” Tajima yang juga menjadi presiden Suzuki Sport ini juga ternyata menjual parts aftermarket untuk Mitsubishi & Subaru!

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Untuk parts-parts aftermarket, Monster Sport dikenal tidak terlalu ekstentrik & gila-gilaan. Namun jangan tanya untuk urusan membangun mobil balap, karena Monster Sport mampu mengubah image Suzuki yang datar & efisien, menjadi monster buas bertenaga raksasa!

Trivia : Menara Design, salah satu spesialis bodywork Indonesia, pernah mendesain & membangun bodywork untuk Suzuki Baleno yang dikemudikan oleh Tajima-san lho! Suzuki Sport & Monster Sport mengirimkan unit Baleno ke Indonesia, dibangun disini, lalu dikirimkan kembali untuk dipakai di area balap rally, hebat kan?

Kreasi paling legendaris : Monster Sport Escudo Pikes Peak
Escudo Monster
Pedal2theMetal tidak bisa berkomentar banyak soal mobil legendaris bertenaga mengerikan ini. Mobil yang dikenal publik berkat game Gran Turismo ini, bisa jadi adalah mobil balap paling buas yang pernah lahir dari Jepang, yang mungkin hanya kreator-nya sajalah yang bisa mengemudikannya dengan baik, Monster Tajima.

Tryforce
Tryforce
Didirikan pada tahun : 1999
Motto : “Power to the future and the earth to the future
Situs resmi : Tryforce Japan
Keterangan : Tryforce, yang didirikan oleh Shizuo Moriizumi ini, adalah salah satu spesialis Suzuki serta Kei Car lainnya, seperti Daihatsu Copen. Memiliki konsep modifikasi “Power & Eco”, Tryforce berusaha membuat parts-parts berkualitas tinggi, namun tetap bisa dikonsumsi publik tanpa melawan aturan baik lalu-lintas maupun emisi.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Konsep “Power & Eco” dari Tryforce, sangatlah tepat dalam memodifikasi mobil-mobil Kei Car, karena memang kodrat Kei Car adalah sebagai mobil perkotaan, meski Tryforce yakin kreasi mereka juga dapat kompetitif di sirkuit.

Trivia : Nama Tryforce kondang di Jepang, dimulai dari memodifikasi SUV mini legendaris Suzuki, Jimny. Konsepnya sendiri cukup nyeleneh : Menjadikan Jimny sebagai mobil kompetisi Freestyle, yang mengharuskan mobilnya mampu memanjat batu, trek terjal serta objek-objek yang sulit lainnya. Penasaran bagaimana wujudnya? Klik saja ini

Kreasi paling legendaris : Tryforce ZC31 NAGANO
Tryforce Swift
Predikatnya tidak main-main : Merupakan salah satu Suzuki Swift street-legal terkencang di Jepang! Prestasi ini didapat karena Swift ini merupakan pemenang dari Swift Battle Royale, kompetisi balap antar Swift di Hyper Meeting tahun 2009, dengan catatan waktu 1,06.941 detik di sirkuit Tsukuba dengan pengemudi Mitsuhiro Kinoshita.

Toyota
Toyota Supra Black
Dengan gelar sebagai salah satu pabrikan mobil terbesar & terkuat di dunia, Toyota jelas memiliki banyak produk sport yang legendaris. Supra, Corolla, MR, Chaser dan lainnya. Meski begitu, banyak yang merasa performa mobil-mobil tersebut masih bisa ditingkatkan, dan itulah tugas tuner-tuner spesialis Toyota berikut yang Pedal2theMetal pilih sebagai yang terbaik.

TRD
TRD Logo
Didirikan pada tahun : 1954
Motto : “Unparalled Engineering
Situs resmi : TRD Japan
Keterangan : Salah satu divisi tuning dari Toyota, TRD bisa dibilang salah satu tuning house terbesar di dunia. TRD sendiri memiliki banyak cabang di dunia, mulai dari Jepang (dikenal dengan nama Toyota Technocraft), Amerika, hingga Asia, yang bermarkas di Thailand.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Prestasi TRD yang awalnya dikenal dengan nama TOSCO (Toyota Sport Corner, yang juga menjadi nama velg ikonik TRD) ini sangat-sangatlah banyak, mengapa? Tentu karena TRD rutin mengikuti banyak kejuaraan balap. Namun tentu saja, TRD juga membuat parts-parts berkualitas untuk model-model Toyota, yang Pedal2theMetal akui sangat bagus namun…memiliki harga yang tinggi juga…

Trivia : Dulu, Toyota Technocraft pernah menyelenggarakan kompetisi N2, dengan mobil balap berupa AE86. Pembalap yang mengikuti kompetisi ini dipilih & diseleksi oleh TRD secara ketat, dan anehnya…Keiichi Tsuchiya yang kondang dengan AE86, ternyata tidak pernah terpilih! Aneh ya?

Kreasi paling legendaris : TRD 3000GT
TRD 3000GT
Pada tahun 1994 di Tokyo Auto Salon, TRD memperkenalkan sebuah Supra JZA80 yang sudah dimodifikasi total. Jika STi 22B adalah varian WRC jalanan, maka 3000GT merupakan varian JGTC untuk jalanan. Kit yang menjadi incaran seluruh pemilik Supra karena kualitasnya ini, terkenal memiliki harga yang sangat “brutal“, 1.321.250 yen, alias mencapai 150 juta rupiah, pada tahun 1994. Sekarang? Mungkin cukup untuk membeli 1 unit Supra!

Modellista
Modellista Logo
Didirikan pada tahun : 1997
Motto : “Something Different
Situs resmi : Modellista Japan
Keterangan : Toyota Modellista International, merupakan divisi lain dari TRD Jepang / Toyota Technocraft, yang lebih condong ke sisi fashion, karena TRD lebih fokus pada sisi performa & balap. Modellista sendiri banyak bekerja sama dengan tuner lain dalam mendesain & memproduksi bodykit, seperti DAMD, Gialla, Kenstyle, WALD, serta JAOS.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Mungkin, Modellista adalah tuner resmi Toyota yang kurang dikenal publik. Mengapa? Ini karena rata-rata produk Modellista memang hanya ditujukan untuk pasar Jepang saja. Desain dari Modellista sendiri, kebanyakan menyasar ke arah elegan.

Trivia : Meskipun hanya dijual di Jepang, ternyata ada 1 kreasi Modellista yang masuk ke Indonesia. Tebak apa? Yap! Daihatsu Gran Max! Modellista memodifikasi Toyota Town Ace ini, dengan desain yang tidak terlihat seperti mobil niaga. Eh…Ternyata malah diganti emblemnya dengan Daihatsu di Indonesia! (meski ada perbedaan di detail serta fasilitas).

Kreasi paling legendaris : Modellista – MODI Caserta
Modellista Caserta
Didesain oleh biro desain MODI (Multiplex Organic Design Institute) dengan basis Toyota MR-S dan mengambil bentuk laba-laba, dan diperkenalkan pada tahun 2000 di Tokyo Auto Salon. Tak hanya eksteriornya yang berubah drastis, interiornya pun turut dibenahi, bekerja sama dengan Sony Mobile. Dibuat hanya 100 unit, Modellista ingin menunjukan dengan Caserta, kalau MR-S mampu dibuat menjadi “The Real Sportcar” (meski minim ubahan di mesin).

Tom’s
Tom's Logo
Didirikan pada tahun : 1974
Motto : “To Grow Into the Racing Team Representing Japan and Become the True Toyota Tuner
Situs resmi : Tom’s Japan
Keterangan : Banyak orang yang mengira, Tom’s merupakan kepanjangan dari Toyota Motorsport. Padahal, Tom’s merupakan gabungan dari 2 pendirinya, yaitu Nobuhide Tachi & Kiyoshi Oiwa Motorsport. Merupakan salah satu tuner legendaris Toyota, karena aktif di dunia balap, bahkan mampu sejajar dengan TRD karena prestasinya.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Tom’s, memiliki line-up lengkap untuk Toyota. Mulai dari mesin, turbo, suspensi ADVOX yang terkenal, sampai aksesoris seperti jaket, korek api, hingga tas golf! Namun, Pedal2theMetal akui, rata-rata parts Tom’s memang sangat fokus untuk performa. Tom’s juga memiliki divisi khusus, seperti Tom’s Design & Tom’s Spirit, yang masih fokus pada tuning Toyota.

Trivia : Tom’s pernah membuat 1 unit mobil sportcar unik & beraroma Eropa bernama T01 Angel, yang dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-20 Tom’s. Bermesin 4A-GE serta didesain oleh desainer legendaris Lotus, Martin Ogilvie. Sayang, T01 tidak diproduksi untuk umum, meski memiliki potensi yang sama dengan ASL Garaiya.

Kreasi paling legendaris : Tom’s 280T
Tom's 280T
Bayangkan Altezza RS200 yang sudah memiliki potensi tinggi, tambahkan unit turbo & bodykit keren, maka jadilah sedan FR mantap yang bertenaga cukup tinggi, 280hp. Agar tenaga tersalur dengan baik, Tom’s memasang kaki-kaki ADVOX yang diriset dari kejuaraan turing Toyota NETZ Cup. Mobil yang hanya dibuat 100 unit ini, menjadi Altezza favorit Pedal2theMetal, dibandingkan dengan TRD Altezza (yang hanya dijual pada tim yang mengikuti Netz Cup saja)

Sebagai bonus, Pedal2theMetal akan menambah 1 ulasan pendek soal tuner Toyota favorit Pedal2theMetal, yaitu…

SARD
SARD Logo
Didirikan pada tahun : 1985
Situs resmi : SARD
Keterangan : SARD, yang memiliki kepanjangan yaitu Sigma Advanced Racing Development, awalnya merupakan divisi balap dari perusahaan otomotif, Sigma Auto, yang didirikan oleh Shin Kato. Produk SARD sendiri beragam, meski mayoritas fokus pada Toyota.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : SARD yang terkenal dengan produk injektor & radiator ini, memiliki banyak sekali produk, baik yang khusus untuk Toyota, sampai Mazda & Nissan. SARD juga merupakan tim yang pertama kali membawa Toyota Supra dalam arena Le Mans, yang kelak juga menjadi tim pertama yang menjuarai Super GT dengan mobil hybrid, HV-R.

Trivia : SARD yang didirikan oleh Shin Kato ini, tidak cuman membuat parts untuk mobil saja lho, namun juga membuat kapal speedboat! Proyek bernama SARD Marine ini, dikatakan akan menggunakan mesin Toyota sebagai penggeraknya, menarik!

Kreasi paling legendaris : SARD MC8-R
SARD MC8R
SARD pada tahun 1995, membuat mobil homologasi untuk Le Mans dengan basis Toyota MR2 SW20. Menggunakan mesin V8 1UZ-FE Twin-Turbo bertenaga 600hp, sebenarnya MC8-R punya kans untuk menjadi juara Le Mans. Sayang, karena dinilai kurang efektif & ekonomis dibanding sesama kreasi SARD untuk Le Mans, Supra, mobil yang konon hanya dibuat 1 unit ini, sekarang tinggal sejarah & sulit dilacak keberadaanya.

Yah, sekian dulu ulasan Pedal2theMetal soal tuner-tuner JDM spesialis manufaktur, semoga bermanfaat untuk anda!

NB : tulisan ini juga akan menjadi akhir dari tema “JDM Legends“, dan saatnya masuk tema baru : BADASS!

9 thoughts on “Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.3

  1. Escudo di GT mobil paling gilaaa… bisa seenaknya ng.poor org, bisa seenaknya juga overlap…:lol:lol:
    klo ga salah 985hp, toyota GT-one ampe empot2an juga ga bisa ngejar:mrgreen:

    • Bahahahaha….anjing bener tuh mobil

      GT One bisa kok ngejar, di trek yang bener-bener pas buat dia, Midfield Raceway..itupun mesti GT-One Road Version (yang warna merah doang) + turbo Stage-1 biar nyampe 900an tenaganya + settingan super akseleratif

      Cuman sisanya? Dibantai Escudo dan adeknya si Cultus terkutuk😈

      • oh iya Escudo ini saking kencengnya susah belok patah di aspal.. udah AWD, tenaga monster pula… hehe
        jd bs kekejar tuh ama Gt-one d tikungan.. asal ga oversteer aja… bs hancur semua kerja keras😆

        sirkuit yg kayak kapsul itu namanya apa yah? lupa… lurus doanhg tuh.. escudo depannya ampe ngangkat2 mau terbang😈

  2. Yo! Akhirnya, setelah beberapa minggu blog ini vakum karena Lebaran & libur yang cukup panjang, saatnya kita kembali menginjak pedal gas dalam-dalam!

    asikkkkk …. welcome back ! met idul fitri, maaf lahir dan batin.

  3. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.2 | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s