Roger Clark Motorsport GC8 Impreza “The Gobstopper”, Impreza Paling Kencang?

RCM GC8 Gobstopper
Jika mendengar kata mobil “Time Attack”, Pedal2theMetal akan tebak, yang ada di pikiran kita pasti HKS CT230R, Cyber Evo, Supernow FC atau mobil-mobil monster buatan tuner Jepang lainnya. Hanya itu saja?


Subaru? Yang teringat pasti Cusco Impreza milik Tarzan Yamada. Padahal, salah satu mobil Time Attack terkencang di dunia, dan Impreza yang bisa dibilang paling ekstrem dan brutal berada dan digunakan di Inggris, dimana kejuaraan Time Attack terketat di dunia diselenggarakan.


Perkenalkan “The Gobstopper”, Subaru Impreza GC8 yang bahkan diakui oleh dewa Time Attack, Tarzan Yamada sebagai Subaru Impreza paling dahsyat, melebihi Cusco Impreza milik timnya!

RCM GC8
Selama pengembangan yang menghabiskan waktu sekitar 3 tahun, akhirnya “Final Form” dari Impreza ini berhasil mencapai puncaknya, dan menjadi salah satu mesin terbaik yang pernah dihasilkan tuner Inggris.

Olly Clark Subaru
Melihat tampilannya, sekilas tidak se-ekstrim mobil Time Attack lain yang benar-benar berbeda dengan mobil jalanan. RCMS (Roger Clark Motorsport) merubah sektor aerodinamika yang standar, seperti memasang body-kit 22b dari STi yang meski memiliki spek WRC, namun tidak intimidatif seperti mobil Time Attack lainnya.

RCM GC8
Yang membuatnya spesial, adalah kombinasi antara ketelitian ala tuner Eropa, serta kebuasan mesin boxer EJ20 Quad Cam yang meski “hanya” berkapasitas 2000cc, namun mampu menghasilkan tenaga fantastis : 850hp!


Ini berkat pemakaian turbocharger raksasa Garret GT40/88 Twin Scroll dengan tekanan lumayan tinggi sekitar 2.1 bar. Belum lagi pemakaian parts-parts internal khusus racikan RCM yang memiliki spek setingkat WRC. Belum cukup? Tinggal nyalakan 2 tembakan nitrogen dari NX yang mampu menambah tenaganya menjadi total 1200hp, EDAN!

Olly Clark Subaru
Berkat tenaga sebesar itu, Olly Clark, pembalap sekaligus anak dari pembalap rally legendari Inggris, (alm) Roger Clark, dengan enteng berakselerasi 0-402km/h hanya dalam 9,84 detik dengan kecepatan 143mph, sangat singkat & pastinya membutuhkan grip total dari 4WD Subaru!

Gobstopper ZEN Impreza
Oh iya, RCM sendiri dengan sedikit mengejek berkata, bahwa kemampuan 100% Gobstopper hanya dikeluarkan pada even bergengsi Ten of The Best, untuk menyaingi sesama Impreza “gila” dari Inggris, Zen Motorsport GC8, Fantastis!

Gobstopper Subaru
Agar kuat menyalurkan tenaga sebesar itu, RCM memasang transmisi STi yang dikustomisasi oleh RCM agar kuat menahan tenaga yang disalurkan ke driveshaft karbon GKN. Metode penggantian gigi-nya? Paddle shifter alias via setir, membuat GC8 ini lebih mirip mobil WRC daripada Time Attack.


Tentunya tenaga yang besar belum cukup untuk mencetak waktu tercepat, maka RCM lagi-lagi mengeluarkan jurus rahasia lainnya, sistem suspensi EXE-TC Fully Adjustable dengan spek WRC yang dikombinasikan dengan parts-parts STi yang lagi-lagi spek WRC. Membuat pengendalian Impreza ini lebih stabil dan presisi, meskipun di kondisi yang ekstrim sekalipun.


Selain suspensi, yang patut diperhatikan adalah pemakaian velg-nya, yang bisa dibilang ciri khas tuner Eropa, yaitu velg Dymag Magnesium – Carbon berukurna 19×8 yang super ringan, berbalut ban jalan raya Toyo Proxes R888. Dibaliknya tersimpan perangkat rem kuat AP Racing berukuran 355mm di depan & 290mm dengan kabel rem baja Goodrich.


Seperti rata-rata mobil Time Attack lainnya, kabin Impreza ini tentunya hanya memakai parts-parts yang penting saja demi mengejar bobot ringan. Oh iya, jika anda penasaran dengan bobot GC8 ini, bobot totalnya hanya 1120kg tergantung spek balapnya, apakah Hill Climb, Road Track atau Drag.


Dengan kemampuan sehebat itu, pantas saja RCM & Olly Clark dengan “enteng” menjuarai kelas-kelas bergengsi di Time Attack Championship Inggris, meskipun tentu saja persaingannya sangat ketat.

New Gobstopper
Oh iya, RCM sendiri berencana menurukan senjata terbarunya nanti, The Gobstopper 2! Ini demi mengejar ketertinggalan mereka dari basis mobilnya sendiri, yang dimana sudah tertinggal 2 generasi Impreza.

New Gobstopper
Meskipun rencana awal RCM hanya memindahkan mesin Gobstopper 1 yang sudah terbukti, Roger berkata mereka memiliki target lain di Gobstopper 2, apa itu? Targetnya adalah mendapatkan tenaga 890hp dari mesin EJ20 2000cc, gila!

Sumber : Roger Clark Motorsport UK

4 thoughts on “Roger Clark Motorsport GC8 Impreza “The Gobstopper”, Impreza Paling Kencang?

  1. Pingback: “Revolutionary-R” Civic FD2 Type-R, Tujuan : Ingin Berbeda! « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Mitsubishi Lancer EX 2000 Turbo, Awal Benih Dari Raja Rally! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.3 « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Fensport Celica GT4 X, Farewell The All-Around Assassinator… | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s