Badass People #2 : Eiji “Tarzan” Yamada, Si Gila Dari Nara!

Tarzan Yamada
Biasanya, jika kita mendengar nama pembalap profesional, bayangan yang muncul dalam pikiran Pedal2theMetal adalah sesosok pria atletis, berkepribadian tenang, serta terlihat serius & fokus. Banyak contohnya, coba lihat para pembalap Formula 1, impresi yang kita dapat rata-rata adalah sifat-sifat diatas.

Namun, di Jepang, ada rupanya seorang pembalap legendaris, yang sangat-sangat jauh dari opini kita akan seorang pembalap profesional. Dia gila, sinting, namun jenaka!

Tarzan Yamada
Tarzan Yamada (山田 英二), yang lahir 25 April 1962 di prefektur Nara, Kansai ini, bisa jadi adalah salah satu pembalap superstar paling top dari Jepang, bersama Keiichi Tsuchiya. Namanya terkenal, karena selain memiliki segudang prestasi membanggakan, juga rutin tampil di media-media cetak ataupun video.

Namun, berbeda dengan Dorikin yang dikenal karena kemampuan drifting & mengemudi yang tiada duanya, Tarzan dikenal karena tingkahnya yang konyol & suka seenaknya.

Sumpah, jika anda pernah menyaksikan aksi Tarzan di beragam Video Option atau Hot Version, pasti bakal geleng-geleng kepala melihat tingkah laku pria yang sebentar lagi berusia setengah abad ini! Terkesan sembarangan & acak-acakan!

Tarzan Yamada
Nama “Tarzan”, muncul dari ide editor Option Magazine, tempat dimana Eiji muda bekerja sebagai wartawan. Sang editor, mengatakan bahwa nama Eiji Yamada terlihat datar & membosankan, dan melihat rambut Eiji yang acak-acakan, ia berpikir kalau nama “Tarzan” cocok untuk menambah daya tariknya. Dan sampai sekarang, melekatlah julukan “Tarzan” pada Eiji.

Tarzan Yamada
Banyak aksi stunt & kegiatan-kegiatan lucu namun berbahaya yang Tarzan lakukan. Mulai dari mengetes airbag, dibakar hidup-hidup (!) untuk mengetes racing suit, sampai mandi telanjang bulat sambil disirami air radiator racikan Yashio Factory, dalam kondisi mesin hidup. GILA!

Tarzan Yamada
Namun, jangan remehkan skill mengemudinya. Julukan “Time Attack Wizard“, muncul dari kemampuan Tarzan untuk mengeluarkan 110% kemampuan mobil, untuk mencetak waktu secepat-cepatnya. Banyak rekor catatan waktu sirkuit, dihancurkan oleh Tarzan & beragam mobil yang ia kemudikan.

Cyber Evo
Cyber Evo, adalah salah satu mobil yang dipercayakan oleh pemiliknya, Takizawa-san, untuk dikemudikan oleh Tarzan. Hasilnya? Mobil yang mampu mencetak waktu 54.925 detik di Tsukuba ini, rutin menggondol piala juara di kejuaraan Time Attack. Salah satunya ya WTAC (World Time Attack Challenge) kemarin di Australia, dengan catatan waktu 1:28.8510, dan menjadi nomor 1.

Tarzan Yamada
Kemampuan mengemudi sekelas dewa itu, didapat dari segudang pengalaman Eiji dalam mengemudi. Pria yang memulai karir balap profesional di tahun 1981, sudah mengantongi ratusan piala, dari Super Taikyu, sampai JTCC & Formula 3000 Japan. Belum lagi ditambah dulu bekerja sebagai wartawan otomotif, membuat Tarzan hapal dengan beragam karakter mobil.


Ia sendiri memiliki tim balap, yang khusus untuk mengikuti kelas Unlimited Time Attack. Bersenjatakan Tomei / Cusco Impreza dengan aerodinamika yang diracik oleh VOLTEX, mobil keren ini mampu mencetak waktu 56″667 detik di Tsukuba. Angka yang sangat singkat, mengingat tenaga mobil ini tidak sebesar Cyber Evo atau Revolution RX-7.

Tarzan Yamada
Tarzan sendiri, sekarang menjabat sebagai salah satu juri di D1GP 2011, bersama Ryusuke Kawasaki dan lain-lain. Jangan anggap Tarzan tidak punya pengalaman dalam drifting! Tarzan, dulu pernah menunjukan skill driftingnya dengan Dodge Viper ini, serta menjadi juri di Formula D sejak tahun 2004 sampai 2007, serta di WDS (World Drifting Series) China, selama 3 tahun.

Tarzan Yamada
Selain menjadi juri, Tarzan juga menjadi penghibur di sela-sela acara D1GP, dengan aksi-aksi konyol & mengundang tawa. Yang paling berkesan dari pria penunggang Chrysler PT Cruiser ini, adalah dimana ia menjadi penumpang beberapa mobil drift musim 2011 seperti Toyota Mark X milik Kuniaki “Kunny’z” Takahashi ini, dan terombang-ambing karena aksi drifting yang dahsyat!

Tarzan Yamada
Salah satu hal favorit Tarzan selain mengemudi adalah…Wanita. Ia sendiri sering berkata kalau dalam pameran mobil, ia lebih fokus menggoda wanita-wanita SPG dibanding mobil-mobilnya! Jangan tanya “kiprah” lelaki yang memiliki logo “Vaka-Mon” (Monyet Bodoh) ini di pitstop atau sirkuit. Semua Grid Girls, ia sikat!

Tarzan Yamada
Yeah, Pedal2theMetal akui, jika anda adalah seorang pembalap papan atas, dengan kemampuan mengemudi yang badass & berprestasi, wanita pasti akan lengket pada anda. Dan Tarzan, adalah bukti dari “doktrin” ini, anda setuju?

Tarzan Yamada
Tapi, tetaplah kemampuan mengemudi super akurat & kencang, serta mampu memberikan input berharga bagi tim, yang merupakan senjata utama Tarzan. Deretan piala & penghargaan dari berbagai kompetisi, sudah cukup untuk menjadi bukti kalau seorang Tarzan, adalah pembalap yang dihormati banyak pihak, serta tentunya…Menjadi pembalap yang 100% badass!

Sumber : Tarzan Yamada World

10 thoughts on “Badass People #2 : Eiji “Tarzan” Yamada, Si Gila Dari Nara!

  1. palig suka klo ngeliat pembalap jepang itu mereka berani beda dan bersahabat .. ga ada jaim2nya…
    dlu katanya alm. norick abe juga orgnya ramah dan ga jaim… gondrong lg:mrgreen:
    keiici tsuchiya juga kocak tuh… ngomong ama bule dibantai aja pake bahasa jepang.. bingung2 dah bule.nya😆

    • Norrick Abe, orangnya baik bener….pas ke Indonesia aja keliatan kayak turis, bukan tamu penting Yamaha, jadi enak diajak ngobrol & hangout, belum keinginannya beli rumah di Indonesia…Intinya mah ramah🙂

      Dorikin mah konyol, dia juga sering pakai bahasa Inggris di Best Motoring, tapi spelling-nya kacau kayak : “The king is here” atau “I am people”😆

  2. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.2 | Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.3 | Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Roger Clark Motorsport GC8 Impreza “The Gobstopper”, Impreza Paling Kencang? | Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: ALL JAPAN TUNER | FreakIndy

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s