Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.2

Cyber EVO Garage
Kemarin, Pedal2theMetal sudah menulis beberapa tuner spesialis pabrikan JDM untuk pabrikan Jepang terkenal seperti Spoon & Fujita Engineering. Nah, kali ini adalah lanjutannya, dengan mengenal tuner-tuner spesialis untuk pabrikan seperti Mitsubishi & Nissan, yang terkenal sudah memiliki varian high-performance dari pabrikannya, seperti LanEvo & GT-R.

Bagaimana kiprah & cerita para tuner ini? Ayo kita mulai!

Mitsubishi
mitsubishi meet
Mitsubishi, adalah salah satu pabrikan mobil Jepang yang selalu mementingkan stabilitas & kecepatan dalam setiap produk-produknya. Dari sedan sport legendaris, Lancer Evo, sampai coupe yang identik dengan mobil “ricer“, Eclipse, semuanya memiliki performa yang hebat! Dengan basis sebaik ini, tentu mudah bagi para tuner membuat Mitsubishi yang sudah kencang, agar makin brutal di jalanan & sirkuit. Inilah beberapa tuner itu :

Ralliart
Ralliart
Didirikan pada tahun : 1984
Motto : “The Spirit of Competition
Situs resmi : Ralliart Japan
Keterangan : Berbeda dengan rumah modifikasi JDM lain, Ralliart didirikan oleh pembalap rally Inggris, Andrew Cowan & Doug Stewart yang awalnya bernama ACMS (Andrew Cowan Motorsports). Setelah menarik perhatian Mitsubishi karena membuat Lancer & Galant menjadi kompetitif di arena rally, akhirnya Mitsubishi menjadikan Ralliart sebagai divisi balap. Sayangnya, pada tahun 1 April 2010, Mitsubishi menghentikan aktifitas balap Ralliart, dan menjadikan Ralliart sebagai merek parts-parts high performance resmi, baik dijual terpisah atau sudah dirakit utuh seperti Lancer EX Ralliart.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Prestasi Ralliart sangatlah cemerlang, terutama di arena off-road. Ralliart pernah mendominasi banyak kompetisi, dari WRC, rally-rally privater, Paris – Dakar & balapan cross-country lainnya, dengan hasil yang spektakuler. Parts-parts dari Ralliart sendiri, terkenal tangguh, karena diriset dari kompetisi balap yang keras & ganas.

Trivia : Nama Ralliart dikenal sebagai “bidan” dari Lancer Evolution sebagai mobil homologasi WRC Grup.A. Namun, karena kapabilitas Lancer Evo yang dianggap masih kurang, Ralliart membangun 2 unit “monster” berbasis Lancer, yaitu Lancer WRC untuk kelas WRC serta Racing Lancer, untuk kejuaraan cross country seperti Rally Dakar!

Kreasi paling legendaris : Mitsubishi Lancer Evolution VIII MR FQ-400
Lancer MR FQ-400
Ralliart bekerja sama dengan tuner-tuner legendaris Eropa seperti Rampage, Owen Developments dan Flow Race Engine untuk membuat LanEvo bertenaga 405hp. Ini berarti rasio tenaga/kapasitas mesin 4G63 berkapasitas 2000cc ini sebesar 203hp/liter, alias lebih tinggi dibanding Ferrari Enzo & Lamborghini Murcielago yang masih dibawah angka 110hp/liter! Akselerasinya sangat dahsyat, 0-100km/h hanya dalam waktu 3,5 detik, dan diraih tanpa merubah banyak tampilan eksterior, yang membuat LanEvo ini adalah sleeper paling “jahanam” di dunia!

Colt-Speed
Colt-speed logo
Didirikan pada tahun : 1970* (*pre Colt-Speed)
Motto : “The Harmony of Racing Technology and the Total Balance
Situs resmi : Colt-Speed Japan
Keterangan : Colt-Speed, awalnya merupakan Mitsubishi Racing Development, yang merupakan divisi balap dari Mitsubishi, sebelum digantikan oleh Ralliart. Meski sudah menjadi tuner independen, Colt-Speed terus membuat parts-parts berkualitas tinggi untuk Mitsubishi. Colt-Speed sendiri selain di Jepang, juga memiliki cabang di Inggris & Kanada, bahkan Cina!

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Colt-Speed merupakan tuner spesialis manufaktur yang tidak pemilih. Buktinya, Colt-Speed membuat banyak parts khusus dari mobil kompak Colt CZ3 sampai SUV seperti Shogun. Semuanya diracik dengan perhitungan yang teliti, dan tentu saja…Berbasis dari mobil kompetisi!

Trivia : Mobil demo pertama Colt-Speed, ternyata adalaha Lancer Evolution CT9W, alias Evo IX versi Station Wagon! Konyolnya, karena memiliki kabin & bagasi yang lega, mobil ini rutin dipakai sehari-hari, meski memiliki status sebagai mobil demo!

Kreasi paling legendaris : Colt-Speed Lancer Evolution X RS
Lancer MR FQ-400
Merupakan salah satu Evo X yang pertama kali dimodifikasi secara penuh. Berbasis dari Evo X RS (Ralli Sport) yang lebih ringan dibanding GSR, Colt-Speed membuktikan bahwa Evo X tidaklah mustahil untuk dimodifikasi, dari mesin sampai eksterior, yang akhirnya mendorong banyak tuner lain untuk memodifikasi “anak baru” ini.

Garage HRS
garage hrs
Didirikan pada tahun : 2000
Motto : “Fast cars are beautiful
Situs resmi : Garage HRS
Keterangan : Garage HRS yang didirikan oleh Yoshihiro Hirayama ini, merupakan builder LanEvo (dan Impreza) terkencang di dunia. Banyak kreasi-kreasinya, merupakan pemegang rekor di beberapa sirkuit, berkat ikut sertanya para kliennya, seperti CyberEvo-Unlimited Works, yang kemarin kembali memenangkan World Time Attack di Australia bersama pembalap legendaris, Eiji “Tarzan” Yamada.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Motto Hirayama-san, yaitu “Mobil yang kencang itu indah” sangatlah pas dengan “kodrat” LanEvo yang merupakan mobil high-performance. Hirayama-san sendiri, dalam membangun mobil, selalu memakai teori “Evolusi”, yaitu performa mobil akan semakin meningkat, jika terus mendapat input dari pengemudi, agar mendapat masukan yang baik untuk modifikasi selanjutnya.

Trivia : Mobil pertama milik Hirayama-san, yaitu Nissan B210 Sunny, merupakan “biang kerok” dari rasa cinta Hirayama-san akan mobil. Karena kurang cocoknya Hirayama-san dalam beberapa bengkel untuk memodifikasi mobilnya, akhirnya Hirayama-san berkeinginan untuk….Membangun bengkel sendiri untuk mobilnya, dan munculah Garage HRS!

Kreasi paling legendaris : HRS Cyber Evo Lancer Evolution VIII
garage HRS Cyber Evo
Pedal2theMetal rasa, Evo ini adalah “saudara” dari Cyber Evo. Selain memakai kit yang sama (Voltex-Cyber Evo), velg AME Tracer, ubahan lainnya sendiri sangatlah mirip. Mobil bertenaga 440hp ini sendiri, sekarang dijual oleh Garage HRS seharga $60.000, harga yang “ekonomis” untuk mobil Time Attack-spec dengan catatan waktu 57 detik di sirkuit Tsukuba!

Nissan
phoenix tuning
Dengan produk-produk sport yang cukup banyak, seperti Z, Silvia & Skyline, Nissan merupakan pabrikan yang paling banyak dimodifikasi oleh tuner-tuner Jepang. Dari yang sekedar memaksimalkan performa Nissan yang sudah bagus, sampai berambisi membantai supercar Amerika & Eropa! Pedal2theMetal memilih tuner-tuner spesialis Nissan terbaik, baik dari kreasi, produk, sampai sejarahnya!

Nismo
nismo logo
Didirikan pada tahun : 1984
Motto : “Creating a machine that embodies the true racing spirit, and built to last
Situs resmi : Nissan Motorsport
Keterangan : Nismo adalah divisi balap & high-performance resmi Nissan. Merupakan hasil merger dari divisi Motorsport & High Performance, Nismo yang pertama kali dipimpin oleh pembalap rally Jepang, Yasuharu Nanba ini, menjadi pusat dari segala aktifitas balap Nissan, dari JGTC, FIA GT1, Le Mans 24 Hours, sampai Paris-Dakar!

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Tak hanya konsen di bidang balap, Nismo juga menyediakan mobil balap lengkap untuk yang berminat merasakan sensasi “Nissan“, seperti GT-R RC, Fairlady 380RS, atau mobil street-legal ekslusif seperti 400R, 270R, Z-Tune, dan varian-varian kelas atas dari sportcar Nissan. Semuanya dibangun berdasarkan pengalaman Nismo yang sudah puluhan tahun mengikuti kompetisi kelas dunia.

Trivia : Nismo, meski merupakan divisi dari Nissan, jarang membuat parts high-performance khusus untuk Infiniti. Untuk mengisi kekosongan inilah, Nissan membentuk divisi baru bernama IPL / Infiniti Performance Line. Apakah IPL akan menjadi rujukan modifikasi pemilik Nissan Skyline 250GT & 370GT (Infiniti G35 & Infiniti G37 versi JDM) di Jepang? Kita lihat saja!

Kreasi paling legendaris : Nismo R34 GT-R Z-Tune
Nismo Z-Tune
Dijuluki sebagai “The Holy Grail of JDM Tuning” memang bukan isapan jempol belaka. Nismo membangun Z-Tune sebagai “Ultimate Skyline” dengan memodifikasi secara total, dari mesin RB, eksterior & interior, sampai sasis. Dengan harga lebih dari $180.000 serta kuantitas sangat langka (20 unit), bisa dibilang Z-Tune adalah mobil sport JDM paling ekstrem, langka & eksotis!

Autech
Autech Logo
Didirikan pada tahun : 1984
Motto : “Being special with no limits
Situs resmi : Autech Japan
Keterangan : Berbeda dengan tuner lainnya yang fokus di kecepatan, Autech lebih menitik-beratkan pada sektor kustomisasi. Tuner khusus yang awalnya dipimpin oleh legenda Nissan, Shinichiro Sakurai ini, banyak memproduksi mobil Nissan khusus, dari varian estate, sampai mobil untuk yang memiliki keterbatasan fisik.

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : Karena Autech merupakan divisi resmi dari Nissan, kualitas pengerjaan Autech sangatlah rapih. Selain itu, Autech juga menjaga hubungan antara konsumen & produsen dengan memiliki program-program khusus, seperti Autech Owner Meeting & Autech Fun, yang membuat para pemilik Nissan Autech juga ikut andil dalam perancangan mobil Autech selanjutnya.

Trivia : Meski bukan divisi high-performance & motorsport, Autech juga mampu membuat & merawat mobil-mobil kencang juga lho! Nismo 370Z sendiri, merupakan kerja sama Nismo & Autech. Masih kurang? Autech adalah divisi yang bertanggung-jawab dari pemeliharaan mobil balap Nismo/Motul GT-R di kelas GT500, hebat kan!

Kreasi paling legendaris : Autech Stagea 260RS
Autech Stagea
Autech, dimata Pedal2theMetal banyak memproduksi mobil unik, dari Zagato Stelvio, varian 4-pintu Skyline, mulai dari R32 sampai R33, semuanya dalam kualitas OEM. Namun, yang paling berkesan adalah Stagea 260RS ini. Menggunakan mesin & penggerak dari R33 GT-R, secara garis besar, Pedal2theMetal katakan : Ini adalah varian Skyline versi Estate resmi dari Nissan. Performanya? 0-96km/h hanya dalam waktu 5.1 detik.

Hoshino IMPUL
Impul Logo
Didirikan pada tahun : 1980
Motto : “Japanese Tuning in the finest tradition
Situs resmi : IMPUL Japan
Keterangan : Rumah modifikasi ini, didirikan oleh pembalap legendaris Nissan & Jepang, Kazuyoshi Hoshino. IMPUL, yang diambil dari kata “Impulse” (Dorongan) ini, memiliki reputasi terkenal di arena balap, mungkin karena didirikan oleh Hoshino-san yang dijuluki “The Fastest Man in Japan

Mengapa dipilih Pedal2theMetal : IMPUL sendiri, banyak memodifikasi mobil Nissan yang jarang disentuh tuner JDM lain, seperti Murano, Elgrand, Bluebird, serta produk Nissan “mainstream” lainnya, baik secara terpisah maupun komplit. Namun jangan remehkan performanya, karena IMPUL sendiri, rutin mengikuti kompetisi JGTC & Super GT, dan sering menggondol piala juara!

Trivia : Ichiro Suzuki, salah satu pemain baseball terbaik Jepang & dunia, yang saat ini bermain di Seattle Mariners, sangat mengidolakan Hoshino-san. Salah satu buktinya? Mengimpor IMPUL Cima & IMPUL March, langsung dari Jepang! Hardcore!

Kreasi paling legendaris : IMPUL 534S
IMPUL 534S
Disaat tuner lain lebih memilih BNR34 GT-R sebagai basis modifikasi, IMPUL malah memakai Skyline GTS-T sebagai salah satu mobil demonya. Namun jangan salah, IMPUL dengan metode “IMPUL TOTAL TUNE-UP SYSTEM”, mampu menyulap Skyline yang “terlupakan” ini, menjadi varian GT-R versi RWD, dengan mesin IMPUL POWER bertenaga 450hp, ECU baru serta set suspensi Ohlins. Bodykit ini juga diminati oleh para pemilik Skyline R34, karena simpel, namun tetap menawan.

Oke, sekian dulu soal tuner-tuner spesialis pabrikan JDM ini, nantikan part.3, yaitu Subaru, Suzuki & tentu saja…Toyota!

7 thoughts on “Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.2

    • JUN Auto? Banyak juga kok…gak cuman Nissan & Mitsu, tapi Honda & Toyota juga ada….buktinya salah satu drag racer tercepat Jepang, yaitu JUN AKIRA, itu basisnya Toyota Supra

      Kuma….Oh, itu sebenarnya lebih dominan peran Koyama-san dari JUN, sekarang keluar dari JUN, bikin power house baru, namanya KRL / Koyama Racing Labo, kerja sama sama K-Style punya Kumakubo…..jadi sebenarnya sudah bukan JUN lagi….

      Garage Saurus? Hebat memang….Terkenal, meski dimata saya gak seedan Revolfe atau Pentroof, yang rutin bikin mesin Wangan, meski gak terkenal di Indonesia, lagipula G-Saurus memang spesialis Drag sih, meski sekarang doyan turun sirkuit juga (kalo gak salah pake Ferrari 550 Maranello)

      Blitz ER34? Mantap memang…mesin asap di D1GP, meski gak total buatan Blitz, soalnya pengerjaan sasis & body-nya racikan URAS, punya Nomuken
      Setahu saya sih begitu, sewaktu diliat di Best Motoring

      Sebenarnya di Jepang ada ribuan tuner lain yang lebih brengsek & liar dibanding nama-nama diatas, kayak Scorch Racing, RE-Wing, RH-9 (gabungan tuner-tuner sinting Jepang)…cuman ya itu, gak terkenal kayak Top Secret misalnya karena memang fokus di arena balap liar & gak suka publikasi

    • Ralliart?

      Masih ada kok (mereknya), cuman fasilitas serta aktivitasnya di arena balap memang lagi dinon-aktifkan dulu….Tapi masalah perawatan mobil balap serta spare-parts (termasuk aksesoris) masih dibuat, soalnya Ralliart masih dijadiin merek dagang Mitsu, jadi yaa…masih ada sebenarnya

      Kalau parts-parts aksesoris sendiri, masih dijual kok, meski memang hanya item-item tertentu yang dijual (itupun yang masih kerja sama ama vendor lain kayak Velg misalnya)

      HKS? Tuner juga….meski lebih universal, mirip Tomei atau JUN

  1. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.3 « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s