Top Secret – Performance Engineering Service, Speed, Smoke & Gold

Top Secret
Top Secret. Meski memiliki nama “Rahasia“, namun nama rumah modifikasi yang bermarkas di Chiba, Jepang ini, jauh dari rahasia, tersembunyi atau kurang dikenal, karena mereka merupakan salah satu subjek yang sering dibicarakan di dunia modifikasi mobil, terutama di kultur JDM.

Apa alasannya, dan mengapa mereka bisa berada di puncak dalam dunia modifikasi? Pedal2theMetal akan menulis sedikit soal tuner legendaris & tentu saja Badass ini!

Top Secret

“The faster you go, the safer the car has to be. The car’s body kit, suspension and braking all have to work together to create a safe car.”
Kazuhiko “Smoky” Nagata

Top Secret yang didirikan pada tahun 1990 ini, adalah salah satu tuner yang identik dengan mobil sport Jepang bertenaga sangat besar, sangat kencang, dengan topspeed yang sangat tinggi. Mobil demo mereka rutin menjadi bahan perbincangan, yang selalu menggebrak dunia modifikasi, berkat kecepatan & inovasi-inovasinya.

Smoky Nagata
Biang keroknya, tentu sang pendiri, tuner, pemilik sekaligus Big Boss, Kazuhiko “Smoky” Nagata, yang memiliki visi ingin membuat mobil terbaik, entah itu di Wangan, Drift, Drag, Rally, Modifikasi, Sirkuit, serta seluruh lini dari motorsport.

Top Secret Fusion R34
Salah satu ciri khas dari kreasi Top Secret, terutama mobil demonya, adalah penggunaan warna emas. Awalnya warna mobil demo Top Secret adalag hijau, namun warna emas dipilih, setelah Olimpiade 98 di Nagano Jepang. Mengapa? Ini karena emas identik dengan juara pertama dalam Olimpiade, yang memotivasi Smoky agar Top Secret menjadi tuner terbaik di dunia.

Top Secret
Ada pula mobil demo Top Secret lain yang berwarna selain emas. Ternyata itu ada maknanya lho! Top Secret awalnya membangun mobil demo mereka dengan warna putih, dan setelah mampu membuktikan kemampuannya sesuai target, maka Top Secret akan mengganti warnanya dengan emas, yang menjadi warna tertinggi…Keren!

Top Secret
Bagaimana kalau kita langsung mengenal beberapa kreasi-kreasi Top Secret, yang memiliki kehebatan & keunikan masing-masing, serta menjadi favorit Pedal2theMetal? Ayo kita mulai dari…

Top Secret GT300 Supra
Top Secret GT300
Smoky Nagata membangun Supra ini dengan konsep sebagai mobil balap JGTC namun street legal. Menggunakan mesin yang lebih ringan, 3SGTE dengan stroker-kit dari Garage Fukui yang membuat kapasitasnya naik menjadi 2200cc & turbo GReedy T88 34D, Supra ini memiliki bobot yang lebih ringan, hanya 1250kg. Namun jangan tanya tenaganya, 720hp@8500rpm, dengan topspeed mencapai 300km/h! Penasaran melihat aksinya? Klik saja ini
.

Top Secret 0-300 Supra
Top Secret
Salah satu kreasi kontroversial Top Secret, karena berani mengganti mesin tangguh 2JZ, dengan mesin RB dari Nissan! Meski dianggap aneh, Nagata-san membuktikan kegilaan mobil ini dengan mencoba topspeed-nya di Inggris, yang berbuntut akan penangkapan legendarisnya oleh polisi serta aksi gila-gilaanya dalam video ini.

Top Secret TS8012V Nardo 400
Top Secret
Monster dengan bodykit G-Force ini dibangun dengan 1 tujuan : Memiliki topspeed mencapai 400km/h lebih. Untuk itu, Nagata-san memasang mesin 1GZ-FE V12 dari Toyota Century serta turbo ganda HKS GT2835 yang siap memuntahkan tenaga mencapai 930hp@5500rpm! Sayang, topspeed yang diukur Supra ini masih sekitar 358km/h. Namun Nagata-san akan kembali dengan modifikasi baru yang lebih gila nanti!

Top Secret II Celica 2000GT LB 1975
Top Secret
Top Secret II, yang merupakan divisi Body Shop khusus Top Secret yang juga untuk mobil-mobil JDM klasik, menampilkan Celica LB keren ini, yang beraura modern. Mesin yang dipakai tidak aneh-aneh, cukup 18RG, namun dipasang modul injeksi serta manajemen mesin HKS F-CON V Pro serta ITB, membuatnya mampu berlari sampai 210km/h.

Top Secret Fusion RX-1 Skyline V35 “GTR”
Top Secret
Idenya simpel : Nagata-san bosan menunggu varian Skyline GTR terbaru, membuatnya ingin membuat Skyline GTR versinya sendiri. Dengan mesin V8 VK45 dari Nissan Cima, dilengkapi unit Twin Turbo HKS GT2835. Dengan tenaga sebesar 720hp@7000rpm serta transmisi dari Supra, mobil ini mampu berlari sampai 341km/h di Autobahn!

Top Secret Fusion Silvia S15 D1GP & ORC Z33 D1GP
Top Secret
Dikendarai oleh Ryuji Miki, Silvia dengan mesin SR20 + HKS stroker-kit 2.200cc serta turbo HKS 3037PRO-s yang menghasilkan tenaga hampir 550hp. Mobil yang juga dibuat replikanya ini merupakan juara D1GP musim 2004, dan langsung pensiun, karena akan digantikan oleh ORC (Ogura Racing Clutch) Z33 Fairlady, yang meski memakai mesin VQ30 + Stroker Kit 2200cc dari JUN dengan tenaga 600hp@7200rpm, tidak mampu menggantikan singgasana sang Silvia…

Top Secret Z33 Fairlady Pikes Peak
Top Secret
Meski kurang berhasil di arena D1GP dengan 350Z, Nagata-san mengukir prestasi lain di arena hillclimb Pikes Peak pada tahun 2004. Dengan penggerak AWD, mesin RB26DETT serta transmisi Getrag 6-Percepatan, 2 unit 350Z yang dibawa Top Secret, mampu menggondol posisi ke-2 & ke-3 di kelasnya, mantap!

Top Secret N/A “VQ32” Skyline BNR32 GT-R
Top Secret
Ini adalah mobil demo Top Secret yang Pedal2theMetal paling sukai. Mengapa? Ini karena R32 GT-R yang sudah di-nonaktifkan ATTESA AWD-nya ini…Ya, sesuai namanya, menggunakan mesin VQ35DE bertenaga 355hp dengan konfigurasi N/A serta ITB. Bayangkan betapa responsifnya setiap sentuhan pedal gas, pasti menantang untuk dikemudikan!

Top Secret Drag R II Skyline BNR33 GT-R
Top Secret
Salah satu mobil demo Top Secret serta member RH9 Club yang paling terkenal, karena diliput oleh majalah MAX Power Inggris dalam segmen “Beasts from the East” dan dikendarai oleh Nagata-san sendiri, untuk mencetak topspeed 330km/h yang dibuktikan oleh video ini, bahkan sekarang mobil yang berada di tangan TR Racing ini mampu mencetak topspeed lebih tinggi lagi, 344km/h! Topspeed itu didapat berkat mesin NISMO N1 RB26DETT + turbo HKS GT3040 custom, dengan ledakan tenaga sebesar 1200hp. Gila!

Top Secret Fusion RR Skyline BNR34 GT-R
Top Secret Fusion R34
Kali ini Nagata-san beralih ke Time Attack, mengandalkan Fusion RR, mobil berbasis Nismo N1 Super Taikyu GT-R yang memakai mesin RB26DETT dengan turbo TRUST T78-33D, sehingga siap mengeluarkan tenaga sebesar 845hp! Dibantu transmisi Dog-box HKS, Fusion RR memiliki topspeed 338km/h serta catatan waktu mencapai 57 detik di sirkuit Tsukuba. Kurang? Akselerasi 0-96km/h hanya 3,1 detik…

Top Secret Super R35 GT-R
Top Secret R35
Salah satu mobil demo andalan Top Secret saat ini. Pengembangannya cukup banyak, salah satunya adalah pemakaian turbo Top Secret BB900, serta parts-parts lainnya dari JUN, HKS & Kansai Service. Dengan tenaga brutal sebesar 900hp@7.000rpm, Yasushi Kikuchi mampu mencetak waktu 1 menit 47 detik di sirkuit Fuji Speedway!

Top Secret Super 996
Top Secret
Tak hanya puas mengobrak-abrik mobil Jepang, Nagata-san juga mulai merambah dunia supercar, melalui Porsche 911 ini. Bekerja sama bersama tuner legenda Porsche, Gemballa, Nagata-san membuat Porsche ini seunik, beda & tentu saja…Kencang. Salah satu pemilik mobil ini, adalah Daijiro Inada, dengan warna silver.

Top Secret
Sebenarnya masih banyak kreasi-kreasi lain Top Secret, mulai dari S2000 Gymkhana, Integra DC5 Super Taikyu (Yang dikendarai oleh duet pembalap wanita, Miho & Izumi Taniguchi), S14 Silvia Drag, sampai Nissan Micra! Jika anda ingin melihatnya, silahkan buka halaman resmi Top Secret di Facebook, ada banyak foto & mobil-mobil yang menarik, baik secara konstruksi, modifikasi, sampai sejarahnya…

Top Secret
Jadi, apakah anda setuju jika Pedal2theMetal menganggap Top Secret merupakan salah satu tuner paling Badass dari Jepang jika melihat kreasi-kreasi mereka yang benar-benar bukan rahasia lagi karena kemasyurannya?

Sumber : Top Secret Japan

37 thoughts on “Top Secret – Performance Engineering Service, Speed, Smoke & Gold

  1. Super taikyu integra DC5nya ketinggalan gan😀
    sama bantu jawab buat kenapa smoky ganti 2JZ sama RB26, karena RB26 menang di tenaga beda sama 2jz dimana dia menang torsi karena mesinnya bertipe square alias bore sama dengan stroke
    jadi alasan si smoky ganti RB26 karena dia ngejar top speed dimana butuh Hp besar , setahu saya sih gitu maaf kalo salah

    • Ada tuh men DC5 Super Taikyu, dah aye tulis…tapi cuman tulisan & link doang, kurang terkenal & gak selegendaris jawara Super Taikyu & kreasi Top Secret lainnya sih🙂

      BTW, makasih keterangannya yah mas RB…Aye akui, RB dengan Overbore emang lebih ganas di putaran tinggi….Cuman bener-bener bikin piss-off aja nih si Smoky, mesin 2JZ yang sakti mandraguna, sekuat tank baja & legenda….diganti ama RB, argghh….hanya karena tidak butuh torsi besar😦

      Nagata-san jeblosin RB, soalnya lebih dengan batas revving lebih gede (angka 9 ribuan yah? CMIIW), untuk mencapai 0-300 km/h bisa lebih kenceng (makanya nih JZA80 dikasi nama 0-300), cuman buat topspeed? 2JZ FTW (JUN Akira buktinya)

      TTD : Pemilik Toyota🙂

      • tapi jangan berkecil hati , toh akirnya si om smoky kurang puas juga dengan RB dan kembali ke toyota hahaha
        dia masukin 1GZ-FE dengan kapasitas 5L dari limonya toyota ditambah turbo dan lahirlah 1GZ-FTE di JZA80 nardo
        sama kalo ga salah RB26 ada yg bisa digeber sampe 10k rpmnya
        sama JUN super lemon udah dibahas belum? itu salah satu mobil badass juga kalo menurut aye😄
        anyway ni blog keren abis dah 5 jempol

        • Yeah…Sayang Nardo kemarin tidak jadi dibawa ke Amerika, padahal kalau datang, lumayan tuh bisa diadu sama AMS GT-R🙂

          RB26 sampai 10.000rpm? Banyak kayaknya…Aye paling inget tentu Tomei GENESIS, dahsyat & kuat, meski favorit aye sih mending Mine’s Super Response, lebih enak dipakai di indonesia😆

          JUN Super Lemon? Yang mana dulu nih? Super Lemon kan banyak….Ada Impreza, ada R33, ada Prelude…..Atau semuanya aja?

          BTW, makasih ya pujiannya, sering-sering berkunjung ya Mas RB🙂

      • semuanya aja😄
        BTW scion tcnya tanner masuk badass ga ya? kan keren tuh mobil, satu satunya scion tc RWD dengan mesin V8 cabutan NASCAR

        • Menurut aye….Rockstar AEM Scion tuh cukup dahsyat juga…Cuman ya, bikin rusak kompetisi aja….

          Aye lebih suka versi barunya, NFS-Papadakis Scion tC yang lebih “moderat”, gak pake mesin V8🙂

          Itu menurut aye ye…

      • D1gp sekarang sudah beralih sih , jadi kuat2an duit buat bangun mobil monster
        dan emang iye sih yang baru lebih “moderat”
        BTW alasan smoky pasang 3sgte d supranya apaan ? (selain berat tentunya)

        • Weight transfer lebih baik kalo aye baca…

          Coba lihat enjin bay-nya :

          Top Secret GT300

          Karena didorong lebih kedalam, otomatis keseimbangannya lebih center, gak berat kedepan…..lagipula rata-rata Supra JGTC juga pakai 3S-GTE kan? Sekalipun ganti, itupun pake UZ, gak pernah pake 2JZ….lagipula Nagata-san kan emang pengen bikin Supra GT300 semirip mungkin ama TRD Supra JGTC

        • RB tuh bukan rewel….cuman ketahanan mesinnya (versi bawaanya lho ya) tuh gak segila JZ, yang bener-bener hardcore….kuat muntahin 1000hp pake internal standar…edan kan? JZ tuh bener-bener lahir untuk jadi power house…terutama untuk dyno & drag

          Kalo RB menurut aye ya baik untuk sirkuit, meski berat tapi efektif

          Ekonomis? Bah……😦

        • Wah….kalo bicara N1, itu kayak suruh orang miskin kayak saya, beli Ferrari….gak mampu aye….

          Oke, kekuatannya memang super dahsyat, jeroannya dah Nismo punya…cuman harga & kuantitasnya? bah…..

          Kalau soal gede-gedean tenaga, aye pikir 2JZ & RB tuh sama…..cuman kalau 2JZ-GTE, itungannya lebih murah karena bisa pakai internal standar..yah, aye sendiri bukan pakar mesin….mobil di rumah juga tenaganya gak nyampe 200an….

      • yah memang harganya mesin N1 bisa bikin jual ginjal haha
        and FYI blok dkknya dari N1 masih bisa di beli dari nismo lo cuman ya itu tadi harganya selangit
        masa sih 3SGE beams ga sampe 200 aye rasa 200 lebih deh😀

        • Yee….blok N1 baru aja bisa di Omori Factory bisa 20an belom biaya transport & pajak….nambah 5 juta dah dapet kampakan 2JZ + Wiring + ECU (minus transmisi monster Getrag V160)

          Beneran mas….mobil jadul saya gak sampe 200an….dulu yang punya tes dyno, gak sampe segitu….mungkin karena belum re-flash…..

      • haha.. sejak nyobain CRX bermesin ZC punya tmn rasanya takjub ama itu mesiin… tangguh dan ekonomis…
        digeber tiap hari ga rusak, begitu juga ama balap liar… sentuhan dikit aja tenaga udah melonjak banyak… mesin jadul, tp bisa main ampe 220kpj….
        konsumsi bensin masih bs 1:10… balapan pake premium pula:mrgreen:

        ane cuma bs terkagum-kagum ama itu mesin… jd patokan mesin hebat di kepala ane selalu ketangguhan dan keekonomisan ala ZC … cocok bua org miskin dan pelit, tp pengen ngerasain sensasi lebih kyk ane😆

        *curcol nih:mrgreen:

  2. wah kebayang tuh bikin mesin yg diatas 1000 hp mesti buang energi seberapa banyak….
    mesin internal combustion kan efisiensi nya kecil , ga nyampe 10% jadi klo bikin usable 1000 hp on wheels yang kebuang jadi panas bisa 10000 hp kali yak..

    btw ane sebenernya udah mayan lama nguikutin nih blog tapi baru komen skrg, keren asli blognya! banyak info yang susah di cari kemana-mana ada disini. te o pe dehhhh
    lanjut gan hehe…

    • Pastinya….mungkin gak sampai 10.000hp, karena kayaknya rata-rata mesin full tuned dengan tekanan turbo setinggi Top Secret R II (sekitar 2,2 bar) dengan bahan bakar balap kayak Ethanol, ya nyampe 30-35% efisiensi panasnya (CMIIW)🙄

      Wah, makasih ya Gan atas pujiannya….sering-sering mampir ya😀

  3. Pingback: Rauh Welt Begriff, Raw, Rough and Rock & Roll « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Mengenal Velg-velg JDM Bagian 3 : Modern! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Kazuhiko “Smoky” Nagata, Indiana Jones of Speed « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Toyota Supra Mark IV, Mobil Terfavorit Pedal 2 The Metal! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  7. ada yang punya spekX D1 top secret s15 gak…??? gw lagi ada proyek bikin replikaX nih…
    yang punya, tlong bantu ya….😀

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s