Rauh Welt Begriff, Raw, Rough and Rock & Roll

RWB Porsche 911
Porsche 911, bukan sekedar tipe mobil sport. Tapi sudah menjadi legenda, bahkan ikon dari sejarah otomotif dunia. Seluruh sentimeter mobil buatan Jerman ini, dijadikan patokan untuk membuat sportcar yang baik oleh seluruh pabrikan mobil. Imej-nya sendiri dikenal sebagai mobil sport yang simpel, ringan & memiliki handling yang hebat.

Namun, apakah 911 dapat menjadi mobil yang rock & roll serta cadas? Itulah tugas Welt Begriff!

RWB Porsche 911

“I am thinking only of the moment, I do not think about the future. I leave the car here and smoke about a thousand cigarettes, then i get inspired.”
Akira Nakai

Bagi yang suka berkelana ke situs-situs & blog bertema otomotif di luar negeri, pasti akrab dengan tuner dari Kashiwa-shi, prefektur Chiba, Tokyo ini. Puluhan Porsche yang memiliki desain yang garang, warna-warna mencolok, velg deep-dish, serta memiliki nama panggilan masing-masing, adalah ciri khas dari kreasi RWB.

RWB Porsche 911
Otak dibalik salah satu tuner paling badass di dunia ini, adalah Akira Nakai. Lelaki berusia 42 tahun ini, mungkin Pedal2theMetal rasa memiliki status sebagai “The Baddest Badass in Japan Automotive“, bersama Kazuhiro “Smoky” Nagata dari Top Secret & Masahiko Takemura dari Scorch Racing. Tidak banyak kata-kata, dan berbicara lewat kreasi-kreasi monster mereka.

RWB Porsche 911
Bicara soal Nakai-san, publik AE86 & drifting sudah tahu reputasi pria ini. Lelaki ini dulu adalah pimpinan dari tim AE86 paling gangster se-dunia : Rough World. Hachiroku dari tim ini memiliki ciri khas, yaitu memakai Oni-kyan / Demon Camber (camber negatif), serta memakai zipties sebagai pengikat parts-parts body. Tahukah anda, kalau 2 trend yang khas dari dunia drifting itu, dimulai dari Nakai-san! Cadas!

RWB Porsche 911
Meski memiliki reputasi legendaris di dunia drifting, Nakai-san sebenarnya mencintai Porsche. Karena itulah, ia bekerja di bengkel Porsche di Hachiōji, Tokyo. Berkat pengalaman membongkar, memperbaiki & memodifikasi Porsche siang & malam, Nakai-san bertekad untuk memiliki workshop sendiri, yang akan membuat Porsche sesuai keinginannya : Rough World Style.

RWB Porsche 911
Gaya Rough World, sebenarnya mudah dideskripsikan oleh Pedal2theMetal. Yang pertama adalah penggunaan bodykit super lebar, yang terinspirasi oleh mobil-mobil balap Porsche era 80an & 90an seperti RSR. Selain itu, Nakai-san juga suka memakai spoiler “Whale-tail” ala mobil balap Porsche, yang serasi dengan bodykit handmade buatannya.

RWB Porsche 911
Yang kedua adalah pemakaian velg-nya. Work Meister S1, SSR Professor SP1 & Work Brombacher, adalah velg favorit Nakai-san. Dipadukan dengan suspensi RWB/Aragosta & adapter/spacer, membuat Porsche racikan RWB menjadi terlihat stylish, sangat “JDM-ish“, namun tetap garang. Ya kan?

RWB Porsche 911
Dan yang terakhir adalah warna-warna mencolok, hasil pekerjaan dari Nojima-san, spesialis cat RWB. “Tsuyakeshi Kuro” atau flat black, adalah warna khas RWB yang terinspirasi dari Hot-Rod. Meski begitu, Nakai-san sering memakai warna apapun sesuai keinginannya, tanpa memberitahukan kustomernya, seperti…

RWB Porsche 911
…Porsche 930 ini! Meski terkesan se-enaknya dalam memilih warna, para kustomer RWB tidak mempermasalahkannya, karena mereka menyerahkan sepenuhnya modifikasi pada Nakai-san. Bukan pilihan yang salah, karena rata-rata Nakai-san berhasil membuat setiap mobil RWB memiliki ciri khas masing-masing, sesuai dengan karakter pemilik mobil.

RWB Porsche 911
Meski stylish, jangan kira para pemilik mobil RWB hanyalah poser & show queen. Tidak, mobil-mobil yang rata-rata soal modifikasi mesinnya diserahkan pada Komine-san dari Promodet, tuner spesialis Porsche Jepang, semuanya fungsional, baik untuk dipakai di arena sirkuit, wangan, sampai drift.


Para pemilik mobil RWB sendiri, rata-rata memacu mobil mereka dalam event yang diselenggarakan oleh Idlers Club. Ketatnya balapannya sendiri tidak kalah dengan kompetisi profesional, yang anda bisa lihat di video diatas. Intens sekali bukan!

RWB Porsche 911
Bicara soal kreasi terkenal RWB, akan muncul beragam nama yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Namun yang paling legendaris adalah Porsche 930 milik Nakai-san ini. Dinamai “Stella Artois” sesuai nama bir favorit Nakai-san, mobil yang sudah dimiliki Nakai-san selama 13 tahun lebih ini mampu mencetak waktu sekitar 57 detik di Tsukuba.

RWB Porsche 911
Meski identik dengan Porsche 911 klasik, Nakai-san juga tidak alergi menyentuh Porsche 911 generasi modern seperti 993 bernama “Royal Montegobay / Tunerhaus” ini. Mobil yang sekarang menjadi senjata terbaru Nakai-san ini, sangat mirip dengan varian RS, namun memiliki fender jauh lebih lebar.

RWB Porsche 911
Ubahan mesinnya masih belum banyak, namun melihat Nakai-san mulai aktif memakai mobil ini dalam kegiatan balap, sepertinya nanti akan muncul monster baru RWB, yang meski memiliki warna silver metalik, namun memiliki kadar garang yang sama dengan Stella Artois!

RWB Porsche 911
Tak hanya mengacak-ngacak Porsche, RWB juga tidak alpa dalam produk domestik. 2 kreasi paling terkenalnya jelas Silvia S15 & AE85 milik Nojima-san ini. Selain 2 mobil itu, Nakai-san juga pernah memainkan sulapnya dalam memodifikasi Skyline R32, BMW 318i Coupe, sampai VW Polo. Semuanya sama garangnya!

RWB Porsche 911
Namun, tetap Porsche 911-lah “hidangan utama” dari RWB. Membuat banyak orang ingin memiliki satu kreasi racikan Nakai-san dari beberapa cabangnya, seperti RWB Kansai dan menyusul Amerika & Inggris. Oh iya, RWB juga memiliki cabang di Thailand lho! Membuat pemilik Porsche di Asia Tenggara, sudah tidak mustahil lagi memiliki parts RWB.

RWB Porsche 911
Garang, keras & kencang. Kombinasi yang 100% mantap, yang membuat Pedal2theMetal menganggap Rauh Welt Begriff sebagai tuner Porsche paling badass di dunia! Bagaimana dengan anda? Apa opini anda soal RWB? Tulis saja di pojok komentar dibawah!

Sumber : Rauh Welt Begriff Japan

9 thoughts on “Rauh Welt Begriff, Raw, Rough and Rock & Roll

  1. Pingback: Mengenal Velg-velg JDM Bagian 3 : Modern! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  2. Gw sering bgt liat foto2 mobil RWB dan suka bgt sama mobil eropa dgn jdm parts,dan akhirnya tau asal usul nya dan builder nya emang jepang keren bgt klo modif mobil!!!

  3. Pingback: AZ’Max RE-Amemiya FD3S AC 037, Orange Punch! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Rauh-Welt Begriff, Rough World Style Porsche Tuner from Japan | my.JOI

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s