Mengenang Uwe Gemballa, Kreasi-Kreasi Monumental Sang Inovator

Uwe Gemballa
Sang inovator, inspirator & pelopor. Uwe Gemballa sudah makan asam garam dunia memodifikasi Porsche sejak tahun 1981. Unik, kencang & berkarakter adalah kata kuncinya

Uwe Gemballa
Detail yang mengagumkan serta kemampuan akan mentransformasi Porsche agar menjadi lebih spesial, adalah salah satu kelebihan Gemballa, yang sejak dulu selalu bertarung dengan TechArt & tuner-tuner Porsche lainnya demi memperebutkan nama “The Best Porsche Tuner

Berikut adalah kreasi-kreasi monumental hasil buah pikir Uwe Gemballa & Porsche, check it out!

Gemballa Flatnose Type 3 Conversion
Gemballa Flatnose Type-3
Konversi pertama Gemballa. Berbasis dari Porsche 930, Gemballa membuat 911 ini berubah menjadi seperti varian 935, namun dengan gaya berkarakter ala Gemballa.

Gemballa Flatnose Type-3
Dari Targa, kabriolet sampai coupe, Gemballa siap mewujudkan konversi ini, sesuai dengan pesanan konsumen. Membuat nama Gemballa mulai mendapat perhatian dari publik karena inovasinya.

Gemballa Avalanche
Gemballa Avalanche
Merupakan kreasi pertama Gemballa, yang menjadikan Porsche 930 menjadi “makhluk” baru, lengkap dengan surat-surat & nama model baru. Avalanche generasi pertama ini menggabungkan desain khas 80an dari Ferrari TR (Testarossa) dengan Porsche 911, hasilnya? Menggemparkan!

Gemballa Cyrus
Gemballa Cyrus
Selain Avalanche, Cyrus merupakan konversi besar-besaran 930 oleh Gemballa. Bedanya, Cyrus berbasis dari 930 Convertible. Inovasi Gemballa pada Cyrus adalah sebagai mobil dengan kamera sebagai spion belakang yang ditampilkan di layar TV di dashboardnya.

Gemballa Flatnose Type 4
Gemballa Flatnose Type 4
Evolusi terbaru dari Flatnose generasi sebelumnya. Meskipun tidak terlalu berubah jauh, namun teknologi baru dari Cyrus turut dipasang. Selain kamera belakang, prosesor canggih yang dapat dikontrol via suara dipasang agar sang pengemudi dapat melihat kondisi mesin & lampu utamanya. Hebat kan?

Gemballa BiTurbo 500
Gemballa BiTurbo 500
Jika sebelumnya Gemballa hanya bermain di eksterior, kali ini giliran mesin yang turut dijajah. Berbasis Porsche 930 varian turbo, Gemballa menyematkan 2 unit turbocharger. Membuat tenaganya sesuai dengan namanya, 500hp. Selain itu, desain bodynya juga terlihat lebih futuristis & memiliki aura yang agresif.

Gemballa Avalanche 2
Gemballa Avalanche 2
Generasi kedua dari Avalanche. Desain yang terinspirasi dari mobil balap Porsche 935 ini, terlihat sangat “ekspresif” berkat sayap belakang raksasa, yang dijuluki “Sayap Paus” karena ukurannya yang (cukup) besar dibanding spoiler bawaan Porsche.

Gemballa Mirage
Gemballa Mirage
Selain merupakan generasi Mirage pertama, konversi yang berbasis dari Porsche 911 terbaru (964) ini juga mendapat sentuhan di mesinnya. Sama seperti BiTurbo, Gemballa memasang 2 unit turbocharger yang menghasilkan tenaga besar, 600hp!

Gemballa Flatnose Type 5
Gemballa Flatnose Type 5
Kit Flatnose terbaru kali ini, didesain lebih aerodinamis serta modern, karena berbasis dari Porsche 965 (964 varian turbo). Desainnya yang orisinil, membuat publik terpukau dengan kreasi Uwe Gemballa ini, dan cabang-cabang Gemballa mulai bermunculan di Jepang & negara-negara lainnya.

Gemballa Flatnose Type 5
Bagi pemilik varian 964, Gemballa juga menyediakan kit Flatnose yang untuk model ini, membuat 911 terlihat seperti varian turbo (965.)

Gemballa 993
Gemballa 993
Untuk tahun 1993, Gemballa mulai mencoba gaya simpel seperti bodykit tambahan dibanding desain konversi yang masih mempertahankan desain 911 yang berbasis model 993.

Gemballa 993
Selain coupe, varian kabriolet pun turut dibenahi oleh Gemballa. Banyak modifikator benar-benar terinspirasi pada desain ini, dan banyak ditiru rumah modifikasi lain.

Gemballa LeMans BiTurbo
Gemballa LeMans BiTurbo
Salah satu kreasi “sinting” Gemballa. Dirancang untuk melalap sirkuit kebanggaan & patokan modifikator Jerman, Nürburgring-Norschleife. Berbasis Porsche 993 Turbo yang dipasang 2 unit turbo, LeMans BiTurbo mampu menyelesaikan sirkuit berbahaya itu hanya dalam waktu 7:55,2 detik dan mencetak rekor kecepatan untuk mobil street-legal (versi jalan raya.)

Gemballa GTR-600
Gemballa GTR-600
Melihat kesuksesan LeMans BiTurbo, Uwe Gemballa kembali mendobrak dunia modifikasi Porsche dengan GTR-600. Dengan desain agresif & GT Wing ala mobil Grup C, GTR-600 benar-benar terlihat siap dipacu habis-habisan, kapanpun & dimanapun!

Gemballa GTR-600
Untuk yang berminat akan kit ini namun tidak terlalu menyukai desain “Flatnose“, Gemballa juga menyediakan kit tanpa unit lampunya, hasilnya sama-sama keren kok, meski tidak se-eksentrik GTR-600 versi Flatnose yang merupakan ciri khas Gemballa.

Gemballa Extremo
Gemballa Extremo
Mobil yang dapat dirubah menjadi roadster, speedster & coupe ini selain fleksibel, juga kencang berkat basis dari Porsche 993 Turbo serta kit BiTurbo bertenaga 600hp. Merupakan salah satu kreasi Gemballa yang paling dicari karena keunikannya.

Gemballa GTR-550
Gemballa GTR-550
Memasuki era 996, Gemballa menyediakan kit ini untuk para pemilik 911 GT3. Desain yang simpel serta mudah diterima publik ini mendapat sambutan cukup baik, meski tidak seheboh Flatnose yang menjadi buah bibir para pencinta supercar di seluruh dunia.

Gemballa GTR-600
Gemballa GTR-600
Untuk GTR-600 versi terbaru ini, Gemballa kembali ke sirkuit Nürburgring-Nordschleife untuk membuktikan kemampuannya. Hasilnya? Waktu 7:44,7 detik. Jauh lebih cepat dibanding LeMans BiTurbo meski memiliki tenaga yang sama!

Gemballa GTR-600
Selain mesin, eksteriornya sendiri juga dimodifikasi agar terlihat lebih spesial. Penggunaan pintu model gunting pada saat itu memang masih dianggap keren, berbeda dengan sekarang yang mulai dijauhi karena tidak praktis serta dianggap “Ricer“.

Gemballa GTR-600 R
Gemballa GTR-600 R
Untuk GTR-600 versi R (Racing) ini, Gemballa sengaja membangunnya untuk mengikuti kejuaraan bergengsi, GT-Tuner Grand Prix yang membuat pemenangnya dianggap sebagai tuner terbaik Eropa. Berkat catatan waktu 7:32,5 di sirkuit Nürburgring-Nordschleife, Gemballa memenangkan kejuaraan ini & menjadi tuner terbaik Porsche pada saat itu.

Gemballa AERO-3
Gemballa Aero-3
Sewaktu Porsche membuat SUV kontroversial, Cayenne, Gemballa membuat kit “edan” ini. Dengan tenaga sebesar 750hp & torsi raksasa 1150nm, AERO-3 sempat menjadi SUV terkencang pada saat itu, mengalahkan BMW X5 LeMans yang legendaris!

Gemballa GTR-650 EVO
Gemballa GTR-650 EVO
Berbasis dari 996 Turbo, Gemballa secara ekslusif hanya menyediakan mobil ini dengan warna silver. Uniknya, banyak pemiliknya yang merubah warnanya menjadi warna lain, tanpa sepengetahuan Gemballa! Akhirnya, Gemballa menyediakan opsi memilih warna lain.

Gemballa Avalanche GTR-600
Gemballa Avalanche GTR-600
Kombinasi antara Avalanche & GTR-600? Pasti mantap! Mobil yang berbasis Porsche 997 terbaru ini akhirnya mampu mengangkat nama Gemballa yang sempat tenggelam karena kalah pamor oleh Hamman & TechArt

Uwe Gemballa
Sebenarnya masih ada kreasi Gemballa yang keren lainnya, seperti Mirage GT yang berbasis Carrera GT atau MIG-U1 yang uniknya berbasis dari Ferrari Enzo. Sayangnya, kedua-duanya sendiri tidak sefenomenal kreasi Uwe Gemballa lainnya, terutama MIG-U1 yang belum selesai diriset karena Uwe meninggal tertembak di Afrika…

Uwe Gemballa
Uwe Gemballa, beristirahatlah dengan tenang…karena legenda Gemballa akan terus melaju, secepat kreasi-kreasimu!

Sumber : Gemballa International

3 thoughts on “Mengenang Uwe Gemballa, Kreasi-Kreasi Monumental Sang Inovator

  1. Pingback: edo Competition CCR, Menambah Kesaktian Sang Jagoan “Tua” « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Top Secret – Performance Engineering Service, Speed, Smoke & Gold « Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: McLaren MP4-12C & Dunia Modifikasi, Bisakah? | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s