Kazuhiko “Smoky” Nagata, Indiana Jones of Speed

Smoky Nagata
Banyak orang, mencintai mobil karena beragam alasan. Namun yang paling diakui sebagai “virus” mencintai mobil, adalah karena kecepatannya. Ada ratusan cara kita menikmati kecepatan mobil, mulai dari memacunya di jalan tol, sirkuit, atau jalanan lainnya seperti Touge. Bagaimana jika kita tidak, atau lebih tepatnya belum memiliki mobil yang kencang? Tentu saja lakukan modifikasi!

Figur yang akan Pedal2theMetal ulas kali ini, adalah seorang jenius yang sangat menyukai kecepatan, memodifikasi mobil, dan melakukannya dengan metodenya sendiri. Yeah, itulah dia, Kazuhiko “Smoky” Nagata.

Smoky Nagata

“What I look for is total balance of a car, not just horse power. At top speeds when you brake, and maybe to avoid some objects, the car should still be safe in those conditions. A stock car is very unstable and unsafe during high speeds. So I tune cars to be safer. That’s my philosophy with car tuning.”
Kazuhiko Nagata

Smoky Nagata
Kultur JDM, memang sudah merasuk kemana-mana. Di Indonesia sendiri, sudah banyak orang mengetahui akan modifikator-modifikator terkenal Jepang. Mereka mengenalnya bisa dari media-media seperti koran, majalah, atau situs & blog otomotif seperti Pedal2theMetal ini.

Namun itu berbeda dengan banyak orang mengenal seorang Smoky Nagata. Banyak kita tahu sosok legendaris ini, bukan dari media cetak atau situs yang mengulas dirinya, namun karena video-video sinting yang dilakukan Smoky, dalam mengumbar kecepatan mobil-mobil kreasinya!

Pria kelahiran 25 Februari 1963 di Hokkaido ini, memang dikenal suka melawan hukum, dalam membuktikan performa mobilnya. Coba anda cari di Youtube, dengan kata kunci “Smoky Nagata Top Secret“. Maka akan muncul banyak video mengebut di jalanan yang bahkan seorang Sebastian Vettel sendiri juga takut untuk melakukannya!

Smoky Nagata
Sebelum mendirikan Top Secret, Smoky dulu bekerja dibawah arahan Masamitsu Hayakawa, pemilik perusahaan tuning parts terkenal, GReedy / Trust. Sewaktu bekerja disini, rupanya Smoky sering membuat parts-parts desainnya sendiri, yang dilakukan secara diam-diam dan penuh rahasia.

Smoky Nagata
Rupanya hal ini diketahui oleh pihak direksi, dan Smoky awalnya akan keluar, karena merasa dirinya membuat masalah. Namun karena parts buatannya sangat berkualitas, akhirnya Smoky tidak jadi keluar. Dan ketika ia mendirikan perusahaan tuning miliknya, ia menamakannya Top Secret, karena dimulai dari kegiatan rahasianya di GReedy.

Smoky Nagata
Oh iya, pasti anda akan bertanya-tanya, mengapa lelaki berkacamata ini dipanggil Smoky? Pedal2theMetal lihat-lihat, mungkin ini karena Smokey adalah seorang perokok Marlboro berat. Dimanapun ada waktu, pasti ia akan menyalakan rokoknya.

Namun ada juga yang mengatakan, kalau nama ini muncul karena Smoky suka melakukan burn-out sampai mengepulkan asap ban yang tebal sebelum melakukan aksi kebut-kebutan, tak peduli ia berada, dan menggunakan mobil apa. Masuk akal juga!

Bicara soal hobi membejek pedalnya, Smoky sering terkena masalah. Jangan tanya soal Wangan. Mungkin bagi Smoky Nagata, jalur Bayshore Route adalah tempat bermain-main untuk mengetes kecepatan mobilnya. Sudah puluhan video merekam aksi berbahaya Smoky dalam mencoba mobil-mobil demo Top Secret.


Aksi Smoky yang paling legendaris adalah ketika ia melakukan tes kecepatan maksimum Supra 0-300 yang ia lakukan di jalan tol A1 di Inggris. Rupanya setelah berhasil mencetak angka 318km/h, ia ditangkap oleh polisi setempat, dan sempat divonis penjara serta dilarang mengemudi di Inggris. Sinting!

Top Secret DC5 Super Taikyu
Meski begitu, Smoky juga menyukai kegiatan balap profesional, yang Pedal2theMetal kupas dalam artikel ini. Dari arena drift sampai rally Pikes Peak, semuanya dijajal oleh Smoky beserta banyak mobil-mobil kreasinya yang rata-rata memakai warna emas. Prestasi & piala? Rutin digondol!

Smoky Nagata
Pedal2theMetal dulu sempat bertanya-tanya, mengapa Smoky mau bermain-main dengan hukum & mempertaruhkan nyawa dengan membejek gas dalam-dalam di jalan raya. Ternyata setelah tahu kisah & filosofi hidupnya, jawabannya simpel : Smoky mencintai kecepatan, lebih lengkapnya ia mencintai mobil. Pas kan dengan tema Pedal2theMetal bulan ini?

Smoky Nagata
Meski terlihat sebagai orang yang sinting, Smoky tetaplah seorang pria dari Jepang yang sopan, ramah & tertib. Ini terlihat dari ketika ia dikejar oleh polisi di Inggris. Ia sebenarnya mampu kabur dengan mudah bersama Supra miliknya, namun itu tidak ia lakukan. Ia berhenti, tanpa perlawanan & paksaan. Benar-benar tipikal orang Jepang.

Smoky Nagata
Sekarang, Smoky sibuk dalam mengerjakan banyak proyek. Mulai dari mobil Hybrid seperti Insight & Prius, GT-R emas yang diharapkan mampu menggantikan peran BNR34 Fusion RR, sampai rencana 400km/h dengan Supra V12 Nardo yang sempat tertunda karena Tsunami. Kita tunggu saja aksi spektakuler Smoky di tahun 2011 – 2012!

Sumber : Top Secret Japan
Sumber foto : Project Mothra

12 thoughts on “Kazuhiko “Smoky” Nagata, Indiana Jones of Speed

  1. Pingback: Toyota Supra Mark IV, Mobil Terfavorit Pedal 2 The Metal! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  2. Pingback: Toyota & Yamaha, Duet Maut Penghasil Mesin Sempurna « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s