Toyota Supra Mark IV, Mobil Terfavorit Pedal 2 The Metal!

Toyota Supra
Yo pembaca Pedal2theMetal! Maaf untuk beberapa hari ini blog P2tM tidak ada artikel & aktifitas terbaru, karena Pedal2theMetal sedang sibuk dalam berbagai kegiatan & pekerjaan. Untuk kali ini, Pedal2theMetal akan menulis artikel pendek, yang masih bertema “I Love Cars” juga, namun lebih pribadi, karena akan mengulas sebuah mobil yang Pedal2theMetal idolakan dari dulu : Toyota Supra Mk IV.


Supra. Siapa yang tidak pernah mendengar nama terkenal ini? Menjadi mobil “pahlawan” di franchise Fast & Furious pertama, menjadi juara di beragam kompetisi internasional seperti turing & drifting, serta melesat kencang di berbagai jalanan di ratusan negara. Supra adalah legenda.

Toyota Supra
Oke, mungkin bagi fans mobil JDM atau mobil Jepang, nama Nissan Skyline lebih dianggap lebih “sakral” & menduduki peringkat paling puncak dibanding Supra. Mungkin ini karena sejarah Skyline yang lebih lama & banyak dibanding Supra.

Toyota Supra
Bisa dilihat dari usia 2 nama ini. Skyline sudah ada sejak 1957 sampai hari ini (baik varian Skyline maupun GT-R), sedangkan Supra? Baru muncul pada tahun 1978 (itupun masih menggotong emblem Celica), dan berakhir pada tahun 2002 pada generasi ke-4 ini. Namun, ini bukan berarti Supra kalah set dibanding Skyline!

Toyota Supra
Coba kita lihat desainnya : Siapa yang tidak terintimidasi jika melihat sosok ini muncul di kaca spion mobil anda? Sejak Mk 1 sampai generasi terakhir (MK IV) yang menjadi subjek utama tulisan ini, Supra tidak pernah terlihat datar, tidak garang, atau “culun”. Supra selalu terlihat sangar!

Toyota Supra
Dibuat sebagai penerus supercar legenda Jepang, 2000GT, Toyota memang tidak main-main dalam mendesain Supra Mk IV. Setelah di generasi ke-3, Supra terlihat sangat “Eropa” dengan lampu retractable, desain menyudut & tajam, Mark IV kembali ke akar dari desain sportcar Toyota : Mengalir & halus, namun tetap agresif, sama seperti 2000GT. Hasilnya? Lihat sendiri…

Toyota Supra
Supra, meski terlihat tambun, namun sangat aerodinamis lho! Pengetesan yang cukup intensif di terowongan angin memang sukses menghasilkan koefisien drag hanya .31 & .32, yang membuat Supra cocok untuk dipakai di kecepatan tinggi. Smoky Nagata sendiri, memakai platform Supra dalam berbagai kreasinya yang berfokus pada topspeed, yang anda bisa lihat contohnya disini.

Toyota Supra
Kelebihan lain dari Supra yang berbasis dari Soarer / Lexus SC ini, adalah tersedia dalam banyak varian. Mau varian n/a? Ada SZ. Mau yang elegan & nyaman dipakai dengan transmisi otomatik? Ambil GZ. Butuh performa brutal & responsif? Silahkan pilih RZ. Dan yang kerennya? Tersedia dalam atap Targa ala mobil Eropa!

Toyota Supra
Mesin…Ah, inline-6 Toyota. Dari M sampai penggantinya, JZ, mesin segaris ini sudah terkenal kuat seperti tank baja, membuatnya siap memuntahkan tenaga sangat besar, tanpa harus mengganti banyak komponen internal. Banyak rekor tenaga dyno dicetak oleh mesin ini, seperti “Big Red” racikan Amir Bakhta, yang memiliki tenaga maksimum : 1.732hp. Hell yeah!

Toyota Supra
Senjata utama Supra MK IV lainnya adalah transmisi super cadas V160 dari Getrag. Transmisi 6-percepatan yang hanya tersedia dalam varian RZ & SZ-R ini, diakui sangat bandel & kuat. Banyak pemilik Supra, tidak mengganti transmisinya meski sudah memiliki mesin bertenaga sangat besar. Itulah salah satu contoh hardcore-nya Toyota pada masa lalu!

Toyota Supra
Meski berbobot cukup berat (1.550 kg untuk varian turbo) Supra memiliki pengendalian yang baik. Selain karena pembagian bobot yang mantap (53:47), Supra RZ juga dilengkapi sistem rem ABS dengan sensor gravitasi ala Formula 1, yang menyesuaikan kecepatan, arah & sudut tikungan. Keren kan?

Toyota Supra
Kabin Supra MK IV, dirancang dengan orientasi untuk pengemudi. Membuat dashboardnya dibuat mengarah kepada pengemudi agar mudah mengontrol & memantaunya. Ukurannya juga cukup lega dan nyaman. Terbukti, banyak media mengatakan kalau Supra nikmat dikemudikan dalam perjalanan jauh.

Toyota Supra
Arena balap, rutin dijadikan tempat Supra untuk membuktikan kemampuannya. Dari kelas turing seperti JGTC / Super GT sampai Le Mans, TRD dan beberapa tim lain seperti SARD & Tom’s sudah pernah memakai Supra untuk menggondol puluhan piala di kejuaraan bergengsi tersebut.

Toyota Supra
Namun, arena kecepatan di trek lurus seperti drag & highspeed run adalah “habitat” utama Supra. Mulai dari yang hanya dimodifikasi sedikit (karena parts bawaan Supra yang bagus), sampai yang secara ekstensif seperti HKS Drag Supra tunggangan Tetsuya “Dry hopp” Kawasaki ini, yang sayangnya tidak aktif lagi karena kelas “Pro V8” ditutup oleh NHRA…

JUN Akira Supra
Jangan lupa monster kuning racikan Koyama-san dari JUN ini, AKIRA Supra. Mampu mencetak topspeed lebih dari 400km/h di trek garam Bonneville, membuatnya menjadi salah satu mobil Toyota terkencang di dunia, dengan basis mobil jalanan.

Mark Luney Supra
Sama seperti sedan FR Jepang lainnya, Supra juga sering dipakai di arena drifting. Meskipun jarang, namun banyak juara memakai Supra sebagai senjata andalan mereka. Contohnya seoerti adalah Mark Luney, Fredric Aasbo, dan tentu saja…Manabu Orido.

Toyota Supra
Sayang, meski terhitung sukses jika dibandingkan rival terberatnya, Skyline GT-R, kedigdayaan Supra bersama sportcar Jepang lain harus berakhir pada tahun 2002, dan total sudah diproduksi 11.239 unit Supra MK IV.

Lexus LFA Red
Banyak spekulasi akan kelahiran kembali Supra. Mulai dari yang hanya konsep, sampai yang sudah dilakukan tesnya oleh Toyota. LFA sendiri sebenarnya meneruskan tongkat baton 2000GT – Supra, namun dengan harga & jumlah yang eksotis, sepertinya legenda Supra telah berakhir pada Mark IV…

Toyota Supra
Ah, semoga saja nanti Toyota kembali membuat varian terbaru Supra, yang sama-sama berkarisma seperti Mark IV, untuk menandingi R35 GT-R yang sukses merajai kelas sportcar Jepang. Namun untuk sementara, saatnya menabung (yang lama!) untuk meminang Supra Mark IV, yang makin kesini makin ekonomis harganya, jika dibandingkan R34 GT-R yang stagnan harganya (tetap tinggi maksudnya!)

Sumber : Mark IV Supra Site

21 thoughts on “Toyota Supra Mark IV, Mobil Terfavorit Pedal 2 The Metal!

  1. mesin badak (2JZ GTE) + transmisi kaya tank (getrag v160) kombinasi stock car yg maut.
    cuman kalo mobilnya sampe 1732hp single turbo , apa ngga ngilangin ciri khas supra “the torque monster” tu?
    btw om admin tolong bahas enzo ferrari dong , dia mendirikan ferrari atas dasar cinta jg…..
    sesuai tema p2tm hehehe

    • Mmmm….Coba dibaca dulu bro artikel “Big Red” nya baik-baik, berbeda dengan modifikator Supra lain yang suka konfigurasi single turbin, Autobahn milih turbo ganda. Peak powernya memang gak sebuas single turbo, tapi lebih cocok untuk pemakaian dalam kota, karena lebih responsif & tidak brutal turbo lag-nya.

      Torsi? Coba lihat kurva dyno-nya : http://i255.photobucket.com/albums/hh129/v12supratt/AmitSTD.jpg

      Sepertinya ciri khas torque monster memang sedikit pudar, karena memang dibuat untuk putaran atas / 1-mile run. Meski begitu, ya…1k nm cukup lah buat bikin Smoky Nagata kaget😀

      Enzo? Tunggu aja bro, pasti diulas sosok maniak mobil & kecepatan, arogan & pecinta wanita ini🙂

      • wah iya ga baca twin turbo ternyata hehehe
        btw supra ada edisi khususnya ngga? kaya skyline nur spec,z-tune ato 400R
        oke2 ditunggu ya om admin

        • Mmmm….Kagak ada sih yang full complete kayak Z-Tune atau 400R

          Tapi….Ada varian spesial Supra, yang bisa dipesan ke TRD Technocraft, dengan memakai 1 unit JZA80 : TRD 3000GT. Sumpah…lebih rare dibanding Z-Tune atau 400R😈
          Liat aja disini bro : http://wp.me/p1lNym-1Dd
          Trus liat kolom TRD dibawah, ada kok wujudnya🙂

      • istimewanya si supra 3000gt apa ya?
        kalo si z tune kan terkenal krn RB26DETT-Z2,SACH suspension, sama hand made buildnya, dan ngga lupa jumlah 20 unitnya , kalo si 3000gt supra apaan? jumlahnya juga lebih banyak dari z-tune…

        • Istimewanya 3000GT? SANGAT ISTIMEWAHHHH…..Inget, dulu JZA80 pernah dipakai SARD untuk mengikuti Le Mans tahun 1995, tebak bodykit apa yang dipakai?

          SARD Supra LM-GT

          Yeah, TRD 3000GT Widebody kit! Artinya? Nih bodykit didesain oleh TRD Technocraft berbasis Supra JGTC / Group 5 Touring, yang bener-bener profesional untuk balapan. Keunikan 3000GT lain? Harga yang tidak masuk akal. Kap mesin Nismo Z-Tune asli berbahan CFRP harganya ¥ 90,552.00. TRD Hood? ¥210,000,00….Sinting!

          Jumlah? Sangat-sangat rare….Hanya ada 25 unit TRD 3000GT yang dirakit langsung oleh Sakurai-san dari TRD Technocraft, sisanya adalah rakitan luar, alias hanya membeli parts-parts dari TRD, bukan dirakit oleh TRD…

          Soal performa sih, sebenarnya TRD 3000GT tidak terlalu spesial dibanding Supra RZ, karena jujur aja, hanya sisi kosmetik saja yang dimodifikasi….Namun entahlah 3 unit TRD racikan Sakurai-san, karena belum pernah dites oleh media, soalnya ya itu….lebih langka dibanding gigi ayam

  2. dari tampang standarnya aja uda ketauan ni mobil tipe bengis… apalagi buritan semok.nya .. IMHO kalo diliat dr buritan Supra lebih seksi dan gahar dari R34…

    tapi tampang Supra biasanya bakal terlupakan klo uda ngeliat 3000GT, klo orang katrok ampe bilang itu Ferrari:mrgreen:

    • Damn….GTO! Tuh mobil emang dahsyat desainnya, sayang bobotnya bener-bener najis….1,8 ton!😡

      Untung mesinnya lumayan (untuk varian VR-4)

      Yah, cuman itu…calon-calon mobil cult legend duank, bukan “folklore” macam Skyline & Supra, karena tidak terlalu sukses di arena balapan & penjualan😦

  3. iya kesannya berat banget dan benar2 lebar… tapi dalamnya sempit dan sesak😦

    sampe sekarang heran kenapa tu mobil ga laku, padahal uda bela2in iklan di film Thunderbold😆

      • yg punya tmn ane lupa deh VR4 ato bukan.. kyknya bukan… perbedaan GTO ama 3000GT apaan sih? apa marketnya yg beda ya?

        uda gtu lawannya klo ga salah R32 yg RWD..
        maklumlah JC kan icon.nya mitsu.. semua mobil di film dia pasti berbau mitsu..😆

        • GTO = JDM
          3000GT = Export

          Iya tuh, si JC bener-bener Mitsu minded, ampe dibikinin Evo SE Jackie Chan Edition yang aneh (kecuali yang ver.2 yang keren) sama jadi direktur honorer Ralliart China, dan dibikinin kompetisi balapnya.

          Bener-bener cadas🙂

  4. Pingback: Fensport Celica GT4 X, Farewell The All-Around Assassinator… | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s