Mengenal Velg-velg JDM Bagian 3 : Modern!

JDM Wheels
Akhirnya…kita masuk ke bagian ketiga (semoga bukan yang terakhir) dari pengenalan velg-velg JDM. Saya akan coba memperlihatkan beberapa velg Jepang yang ikonik, dan membuat setiap orang yang melihatnya pasti teringat akan kultur modifikasi JDM!

Setelah retro 70an, 80an & 90an, untuk bagian ketiga ini, saya akan memperlihatkan velg JDM yang modern, yang dinilai baik dari segi teknologi pembuatan, desain, dan tentunya ukurannya.

Yuk kita mulai!

Volk Racing TE37
TE37 BMW
Selain RS Watanabe RS8, Volk Racing TE37 buatan Ray’s Engineering adalah velg yang paling identik dengan Jepang, dan paling populer dibanding velg-velg JDM lainnya. Mungkin karena TE37 adalah salah satu velg dengan desain tertua di kelasnya, dan terus ditingkatkan kemampuan serta variannya. Dengan bobot super ringan, konstruksi forged yang kuat dan desain enam bilahnya yang abadi, membuat popularitas TE37 terus menanjak, terutama di dunia balap & modifikasi.

Rays Volk TE37X
Dengan berbagai macam model, TE37 mampu menyusup ke berbagai model mobil. Dari minicar, sportcar retro, sampai SUV!

Volk Racing CE28N
Volk Racing CE28N
Selain TE37, Volk Racing juga memiliki produk terkenal lainnya, CE28N. Seperti TE37, CE28N muncul dengan berbagai ukuran serta warna. Hasilnya? sama seperti TE37, CE28N dapat dipakai di berbagai macam jenis mobil, terutama bagi yang ingin terlihat lebih sporty. Oh iya, Powerhouse Amuse, Spoon & J’s Racing biasanya memakai CE28N di jajaran mobil demo mereka, yang menandakan kualitas dari CE28N!

Volk Racing GT/SF Series
Volk Racing GT/SF
Biasanya kita mengenal jajaran produk dari Volk Racing, memiliki konstruksi one-piece. Namun, Volk Racing juga mengeluarkan seri GT & SF yang berkonstruksi three-piece. Meskipun secara teknis, GT & SF lebih berat dibanding TE37 & CE28N, namun untuk kualitasnya tentu nomor satu, khas Volk Racing!

Top Secret Supra
Smoky Nagata biasanya memasang velg GT di jajaran mobil demo-demo dari Top Secret, menandakan bahwa GT & SF bukan velg untuk pesolek, namun juga siap dibawa kencang!

Volk Racing RE30
Volk Racing RE30
RE30 adalah salah satu produk terbaru di jajaran velg balap dari Volk Racing. Dengan desain garang & warna-warna yang (rata-rata) gelap, membuat mobil yang memakai velg RE30 pasti akan terlihat agresif, seperti Nissan S13 yang dipakai Dai Yoshihara di Formula D!

Gram Lights 57
Gram Lights 57
Gram Lights merupakan side brand dari Ray’s Engineering. Dengan desain yang keren serta warna-warna yang liar, Gram Lights seri 57 digemari oleh banyak drifter atau pembalap. Alasannya? meskipun murah, namun kualitas serta kekuatannya tidak kalah dengan produk-produk Ray’s yang mahal, Volk Racing misalnya…

Nismo LMGT4
Nismo LMGT4
Pasti anda heran, mengapa velg dari Nismo bisa dianggap velg JDM modern yang ikonik? Ini karena velg yang dibuat oleh Ray’s Engineering ini diberi merek lain oleh Mazdaspeed, URAS serta Bee*R. Desainnya yang keren, sporty serta tentunya ringan, membuat velg yang mirip TE37 namun 5 bilah ini banyak digemari, terutama oleh pemakai Nissan.

Enkei RPF1
Enkei RPF1
Bisa dibilang, RPF1 merupakan produk paling terkenal dari Enkei. Dengan bobot karena proses mencetaknya yang spesial serta harganya yang murah, membuat RPF1 banyak dipakai oleh para pembalap, terutama yang amatir. Meskipun murah, bukan berarti kualitasnya dipertanyakan, buktinya Team Orange Jepang & Rhys Millen Racing banyak memakai velg keren ini di mobil-mobil balap mereka.

Enkei NT-03+M
Enkei NT03
Desain NT-03+M, merupakan inovasi Enkei untuk menambah kekuatan redaman velg. Desainnya banyak orang bilang aneh, namun Pedal2theMetal lihat, asal dipasang dengan mobil yang cocok, pasti hasilnya keren!

Advan RG Series
Yokohama Advan RG-D
Advan RG adalah salah satu andalan Yokohama di kelas velg racing bersaing dengan Volk TE37, mungkin karena sama-sama memiliki bentuk 6 bilah. Advan sendiri mengeluarkan varian RGII yang memiliki bentuk, warna & ukuran yang agresif.

Advan RS Series
Advan RS
Sekilas, RS terlihat seperti velg dengan banyak spokes / mesh. Padahal, RS sebenarnya aslinya adalah 5-bilah yang terbelah menjadi 10 bilah. Cocok untuk diaplikasikan pada mobil-mobil sport modern seperti Nissan GT-R!

SSR Type-C
SSR Type-C
Bosan dengan TE37 yang banyak pemakainya & replikanya? Kenapa tidak memakai SSR Competition Type-C? Desain 6-bilah yang lebih tipis, pasti cocok untuk dipasangkan pada mobil anda. Jangan tanya konstruksi & bobotnya, Speed StaR wheels merupakan salah satu produsen velg tertua di Jepang, membuat pengalaman fabrikasi mereka sangatlah berpengalaman.

SSR Type-F
SSR Type-F
Type-F, adalah varian dengan bilah lebih banyak dari SSR. Meski terlihat simpel, sebenarnya velg ini ditujukan untuk pasar high-end, yang membuat banyak sportcar memakainya seperti Ferrari & Mercedes-Benz, keren kan?

Work Meister
Work Meister
Velg dengan lima bilah ini, mungkin adalah velg JDM modern paling ikonik ke-2 setelah TE37. Desain cantik & mantap, sangat cocok dengan mobil-mobil berwarna gelap & memiliki garis-garis body yang tegas. Nakai-san dari RWB, sangat menggemari velg ini lho!

Work Emotion CR-Kai
Work CR Kai
Bagi yang menginginkan produk Work, namun dengan harga ekonomis, CR-Kai adalah pilihan yang tepat. Meski terhitung murah (Pedal2theMetal pernah memakai velg ini!), namun kualitas papan atas ala Work tetaplah ada & terjaga .

Weds Sport SA-90
Weds Sport SA-90
Weds Sport, merupakan merek dari Weds Japan untuk varian sport & balap. SA-90 sendiri merupakan varian paling terkenalnya, karena memiliki bobot & kekuatan yang mampu diandalkan.

Weds Sport TC
Weds Sport TC
Bisa jadi varian paling sportif dari Weds Sport. Mengapa? Ini karena velg keren ini dipakai oleh tim Weds Sport dalam Celica mereka, di arena Super GT. Alasannya? Jelas karena konstruksi yang ringan & kuat!

Oke, sekian dulu perkenalan kita akan velg-velg JDM. Memang terasa sangat-sangat kurang, karena post ini kemarin kena hapus WordPress.com. Nanti akan Pedal2theMetal update, menyesuaikan trend modifikasi! Jadi stay tuned@Pedal2theMetal ya!

11 thoughts on “Mengenal Velg-velg JDM Bagian 3 : Modern!

  1. Pingback: Mengenal Velg-velg JDM Bagian 2 : Retro 80′s & 90′s! « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: 10 Hal Tentang Yang Mesti Diajarkan Oleh Seorang Ayah Pada Anaknya « Pedal 2 the Metal

  3. Pingback: Velg Fluorescent Color-coded? Bisa Ngetren Lagi Kok… « SRT Motoblog

  4. Pingback: “BBS Merupakan Produk Jerman & Hanya Untuk Mobil Eropa” « Pedal 2 the Metal

  5. all new city 2009 kalo mau di racingin keren nya pake velg appaa yaa? coba bro kasih daftar yang kira” cocok buat mobil ane .

  6. saya sedang berniat untuk membeli velg volk racing pabrikan rays,
    gimana cara membedakan velg ori dengan replika?
    untuk volk rays 17″ harganya kisaran berapa ya yang ori?

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s