Ford Mustang 1965 Station Wagon, Antar-Jemput-Angkut Dengan Otot Amerika!

Mustang Wagon
Para pembaca Pedal2theMetal, apakah ada yang sudah berkeluarga? Tentu saja ada ya! Nah, pasti jika sudah berkeluarga, dalam memilih mobil untuk kebutuhan sehari-hari, pasti akan mencari yang luas, lega & memiliki bagasi yang besar (apalagi di Indonesia, dengan tradisi mudiknya). Dan tentu saja, sedan sport, apalagi muscle car coupe, bukanlah pilihan yang bijak

Benarkah?

Mustang Wagon
Muscle car dari era keemasannya (60an-70an), meskipun dibuat oleh Amerika (serta Australia) yang memiliki kabin cukup luas, memang rata-rata hanya memiliki 4 kursi, serta ruang bagasi yang tentu saja kurang pas untuk membawa barang yang banyak seperti belanjaan. Adakah solusinya?

Mustang Wagon
Joe Ramp, salah satu builder & spesialis restorasi muscle car ini punya solusinya. Buat konstruksi baru, dengan konfigurasi station wagon / estate! Namun, melihat jumlah pintu & desainnya, Pedal2theMetal rasa Mustang dengan warna ala Shelby G.T. 350 ini masuk kategori Shooting Brake, sama seperti Chevrolet Corvette ini & tentu saja Ferrari FF

Mustang Wagon
Mengapa masuk kategori Shooting Brake? Tentu saja karena desainnya mirip dengan hatchback, namun memakai 3-unit pintu, tapi memiliki siluet yang sama dengan station wagon. Joe Ramp sendiri menggunakan basis Mustang hardtop generasi pertama, dengan desain yang mirip dengan salah satu Mustang Wagon “resmi”, Intermeccanica Station Wagon

Mustang Wagon
Tentu saja, meski terlihat sebagai mobil yang cocok untuk kebutuhan sehari-hari, mesin buas & bertenaga besar khas muscle car haruslah tetap dipertahankan. Namun, agar lebih nyaman & mudah dirawat, mesin V8 “Windsor” bawaan Mustang ini diganti dengan…

Mustang Wagon
…Mesin Ford V8 5000cc injeksi baru! Mesin ini menggunakan sistem manajemen mesin Ford EEC-IV, serta sistem mass-air induction, yang membuat cita-rasa Mustang lama tetap dipertahankan, seperti suara knalpot ganda & torsi yang lembut namun menyodok, ciri khas muscle car dari periode keemasannya

Mustang Wagon
Sistem suspensinya sendiri masih menggunakan yang asli agar tetap terasa seperti Mustang 60an, namun karena tenaganya lebih besar, Joe memasang control arm custom di axle belakang serta suspensi baru agar lebih stabil. Remnya sendiri menggunakan Power Disc Brake modern, yang bersembunyi dibalik velg orisinil Mustang yang dibalut ban BFGoodrich T/A berukuran 215/70/15

Mustang Wagon
Tapi tetap saja, interior Mustang ini yang menjadi sorotan. Dilapisi vinyl berwarna coklat & putih yang pas dengan strip berwarna emas di eksteriornya, interiornya benar-benar cantik & mengagumkan! Coba anda bayangkan, mengemudikan mobil yang sudah memakai konsol tengah baru ini, saat sore hari, di jalanan yang mulus & indah sambil mendengarkan alunan suara V8 khas Amerika…Ahhh…

Mustang Wagon
Lupakan Honda Jazz, Kijang Innova, Xenia-Avanza, APV atau mobil khas Indonesia lainnya. Kita sedang berbicara tentang Mustang generasi pertama, salah satu legenda otomotif dunia yang terkenal dengan kegarangannya! Dan dengan versi station wagon, tentu akan terasa lebih spesial karena kita bisa berkendara bersama keluarga dengan nyaman

Mustang Wagon
Dengan mesin baru yang lebih modern, tentu beberapa perangkat kenyamanan baru bisa dipasang dengan lancar, misalnya A/C baru yang dipasang di beberapa sektor, serta head-unit baru agar bisa memutar CD yang berada di konsol bawah, dibelakang transmisi manual Borg-Warner T5 5-speed dengan tuas dari Hurst

Mustang Wagon
Bicara soal jok belakang, memang kursinya kurang muat untuk membawa banyak penumpang sampai 10 orang seperti mobil khas Indonesia. Namun, tentu saja cukup untuk membawa anak anda yang sudah dewasa, yang biasanya malu terlihat berada di mobil khas Indonesia bersama keluarganya, karena ia bisa bangga, berada dalam mobil muscle car legenda!

Mustang Wagon
Dan inilah faktor paling penting dari estate, station wagon atau shooting brake : ruang bagasi atau kargo yang besar & luas. Kegiatan berbelanja bulanan yang sebelumnya terasa mustahil dengan Mustang coupe, sekarang bisa terlaksana dengan baik, dan tentu saja…In a Badass Way!

Mustang Wagon
Apakah Mustang ini masih masuk dalam kategori “Mustang” orisinil? Bisa ya bisa tidak. Tapi menurut Pedal2theMetal, melihat kreasi Joe Ramp yang sangat rapih, bahkan mirip OEM, tentu saja banyak orang akan menganggap Mustang ini benar-benar lahir dari FoMoCo (Ford Motor Company)

Mustang Wagon
Sekarang yang jadi masalahnya, mobil ini kemarin dilelang oleh RK Motors seharga $59,990, tentunya harga yang cukup mahal mengingat kita bisa mendapat Mustang generasi terbaru. Tapi, tidak ada yang bisa mengalahkan sensasi Mustang generasi pertama, dengan mesin modern, dalam bentuk station wagon yang tidak ada duanya

Mobil yang sangat Badass, namun tetap praktikal? Hell yeah!


Sumber : RK Motors Charlotte

13 thoughts on “Ford Mustang 1965 Station Wagon, Antar-Jemput-Angkut Dengan Otot Amerika!

    • Yah…melihat usia dah sama kayak nomor Rossi (46), paling-paling dah jadi bangkai….susah rebuilt mesin jadul kayak gitu, paling2 pakai parts kompetisi atau hot-rod….

      Tapi sayang juga sih, melihat mesin Windsor tuh sangat berkarakter (keras & boros)😈

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s