“…My body is burning, it starts to shout
Desire is coming, it breaks out loud!!!”
Scorpions – Rock You Like A Hurricane
Yap, lirik lagu rock legendaris ini cocok untuk menggambarkan bagaimana kedahsyatan dari Mazda RX-8 milik drifter sekaligus juri Formula D, Tony Angelo. Keras, liar & tentunya, menggairahkan baik untuk sang pengemudi maupun penonton yang melihat eksibisi drift baik di Formula D maupun demo-demo dari Drift Alliance!
Tony, yang merupakan presiden dari Drift Alliance, membangun RX-8 yang menggunakan livery ikonik dari Mazda 787B Le Mans ini, karena 2 alasan :
– Di arena drift Amerika, masih jarang yang menggunakan RX-8, meskipun memiliki performa yang lumayan serta penggerak RWD
– Tony adalah Rotard (maniak mesin Rotary Mazda). Tony sendiri pernah memiliki 5 unit RX-7 FC & 1 unit RX-7 FD!
Tentunya merupakan tantangan bagi Tony, dalam membangun sebuah RX-8 sebagai mesin drift rotary terbaru!
Agar penampilan mobilnya makin sangar, Tony memakai bodykit BN Sports Defend serta kap mesin karbon dari Seibon. Kombinasi bodykit favorit drifter ini dengan livery ikonik, menghasilkan mobil drift yang Pedal2theMetal rasa memiliki penampilan terbaik di arena Formula D! Anda juga setuju kan?
Meski memiliki performa yang lumayan, mesin RENESIS bawaan RX-8 sebenarnya kurang kompetitif di arena drift. Tony lalu memasang mesin legenda 13B-REW dari RX-7 yang ditambah unit turbo S372 dari Bullseye Power serta intercooler Skyline V-Mount dari GReedy. Dengan ECU pintar E8 dari Haltech, RX-8 ini mampu menyalak sampai 374hp@8600rpm dengan torsi 449nm@6800rpm!
Agar tenaga sebesar itu mampu disalurkan dengan lancar, transmisi dari RX-7, LSD Technical-Trax dari Tomei serta kopling ganda dari Exedy turut ditambahkan. Untuk perangkat rem, Tony mempercayakannya pada piringan cakram DBA serta brake pad HP dari Hawk untuk menghentikan tenaga besar dari mesin rotary-nya
Dalam drifting, kontrol yang baik & responsif merupakan hal yang mutlak. Untuk itu, suspensi coilovers Variant 3 dari KW serta arm belakang dari JIC Magic dipasang. Hasilnya, RX-8 dengan velg ringan Enkei RPF-1 berwarna putih yang dibalut ban Maxxis MA-Z1 ini siap dipacu segila mungkin!
Inilah “ruang kerja” Tony. Kabin yang didominasi oleh produk Sparco seperti jok serta setir ini dipasang beberapa indikator dari Auto Gauge serta kontroler tekanan turbocharger SBC i-Color Spec R dari Blitz untuk mengatur tenaga yang dibutuhkan
Bayangkan, mobil dengan bodykit keren & livery ikonik, dikombinasikan dengan mesin rotary kuat yang bersuara nyaring berkat knalpot titanium custom 3″. Hasilnya pasti mengagumkan, baik ketika sedang berhenti maupun sedang dipacu habis-habisan dalam arena drifting!
Sumber : Drift Alliance & Tony Angelo Personal Blog
penasaran nih, mesin RX8 itu bener2 mesin baru apa skedar development dari mesin RX7?
Trus, knapa malah mesin RX7 lebih bertenaga yah? hehe, jd keinget sama 5K lokal dan 5K Red top JDM
Hehe….bantu jawab yee :
1. “mesin RX8 itu bener2 mesin baru apa skedar development dari mesin RX7?”
Setahu saya sih, mesin 13B RENESIS itu masih pengembangannya 13B juga kok, meski bentu rotornya berbeda, serta tentu aja N/A alias gak dicantolin keong racun π
2. “Trus, knapa malah mesin RX7 lebih bertenaga yah?”
Simpel, ini karena RX-8 lebih didesain sebagai everyday sportscar, dibanding RX-7 yang bener-bener full blown sportscar. Keliatan kok dari jumlah pintu, suspensi serta rigidnya sasis….RX-7 lebih sportif
Mesin RENESIS sendiri, ya gak segede 13B-REW karena selain N/A, juga lebih mengedepankan efisiensi & bobotnya yang ringan. Jadi wee tenaganya gak segede 13B-REW. Tapi hebat juga sih Mazda, bikin mesin super mungil N/A kayak RENESIS, tapi tenaganya udah 240hp keatas
Setahu saya sih begitu… π
ooh, udah dapet gambaran nih gua skrg, thx abis…
BTW displacement 2 mesin rotari ini sama ato beda?
Sama kok…1300cc
Cuman beda ukuran portingannya, kalau 13B-REW itu lebih gede dibanding RENESIS
Klo gitu Renesis lbh diperuntukkan buat harian yah….
BTW, 1300 cc itu klo gak salah 2 motor/mesin yah? masing2 650 cc, bener gak sih?
Iya, RENESIS memang lebih efisien, sama powerband-nya lebih “sopan” dibanding 13B-REW…
Bener banget…1 rotor 650cc…
BTW N/A itu naturally aspirated yah? maklum awam soal otomotif
klo keong racun nih ngaerti, pasti turbo kan, hehehe
Yap….
Keong Hitachi yang dipake RX-7 FD3S tuh termasuk paten, karena aktifnya gak bersamaan…tapi aktif berdasarkan RPM….cadas & efisien π
jadi turbonya aktif berdasarkan putaran mesin ya?
Yep!
Gara-gara ini pula, kalo yang demen powerband brutal dari rpm 6000, biasanya pakai opsi singel turbin…
Hmm, klo gitu napa yah Mazada gak ngeluarin Mazda RX8 pake 13B REW? tapi malah pake Renesis? apa emg Mazda maunya ngeluarin mobil buat sport harian ya, bukan light sport kayak RX7? atau……..atau apa yah
hmmm rotari emg mesin legenda, kenceng tp gak umum, salah satunya gara2 boroskah?
BTW:skali2 ulas Mazda Cosmo dong, rotari pertama Mazda, Thx
Konsep dari RX-8 sendiri kan “Everyday Supercar” mirip NSX…gak usah bertenaga brutal & handling setajam silet…tapi enak dipakai sehari-hari & nyaman π
Ada banyak alasan sih….
1. Mesin rotary membutuhkan penanganan khusus, bahkan 3x lebih rajin dicek dibanding mesin konvensional (piston)
2. Mesin rotary itu, memiliki torsi yang relatif kecil dibanding mesin piston, otomatis gak praktis dipakai sehari-hari (apalagi di perkotaan yang padat)
3. Mesin rotary, dulu terkenal ringkih & mudah rusak…Meski sekarang sudah gak lagi sih, itu gara-gara NSU R080
4. Wajib rebuild kalau rusak, tidak seperti piston yang cukup ganti ini-itu,
5. Suaranya relatif keras, serta berdenging…tidak seperti mesin piston yang berdebam-bam-bam….
Kalau boros, itu relatif sih, soalnya….Rotary untuk sekarang kan cuman ditemukan di sportcar aja, dikombinasikan dengan bobot yang ringan, bikin kita bawannya ngebut di 5.000rpm terus…Lagipupla, karena torsinya kecil, otomatis kita mesti jaga rpm terus… π
*masa lalu dilema pakai Rotary hahahahaha π
Oke, tunggu aja nanti…soanya rencana tema bulan depan nanti “Legenda”, sekarang, saya mau nulis monster drift Mazda yang paling ganas, gila & bener-bener nonjok….tunggu aja!
*hint : 26B
“Konsep dari RX-8 sendiri kan βEveryday Supercarβ mirip NSXβ¦gak usah bertenaga brutal & handling setajam siletβ¦tapi enak dipakai sehari-hari & nyaman ”
ooh, jd gitu yah. Ngerti2. Tp lebih baik lagi klo Mazda ngeluarin versi racingnya juga :ngotot, hahaha…
“Ada banyak alasan sihβ¦.
1. Mesin rotary membutuhkan penanganan khusus, bahkan 3x lebih rajin dicek dibanding mesin konvensional (piston)
2. Mesin rotary itu, memiliki torsi yang relatif kecil dibanding mesin piston, otomatis gak praktis dipakai sehari-hari (apalagi di perkotaan yang padat)
3. Mesin rotary, dulu terkenal ringkih & mudah rusakβ¦Meski sekarang sudah gak lagi sih, itu gara-gara NSU R080
4. Wajib rebuild kalau rusak, tidak seperti piston yang cukup ganti ini-itu,
5. Suaranya relatif keras, serta berdengingβ¦tidak seperti mesin piston yang berdebam-bam-bamβ¦.
Kalau boros, itu relatif sih, soalnyaβ¦.Rotary untuk sekarang kan cuman ditemukan di sportcar aja, dikombinasikan dengan bobot yang ringan, bikin kita bawannya ngebut di 5.000rpm terusβ¦Lagipupla, karena torsinya kecil, otomatis kita mesti jaga rpm terusβ¦
*masa lalu dilema pakai Rotary hahahahaha”
hmm, ternyata repot juga ya pake rotari. Ada banyak variabel yg ngaruh selain borosnya.
”
Oke, tunggu aja nantiβ¦soanya rencana tema bulan depan nanti βLegendaβ, sekarang, saya mau nulis monster drift Mazda yang paling ganas, gila & bener-bener nonjokβ¦.tunggu aja!
*hint : 26B”
SIIPP
Coba cek Mazdaspeed RX-8….cuman dibikin 300 unit. Kenceng & sportif….mantap banget π
Tapi lebih banyak + dibanding –
Ringan, kompak, sama gak usah pakai oli mahal *full sintetik π
BTW, dsini gak bisa quote yah, xixixixi
postingan aye brantakan kayak gitu
Hehe, gapapa bro…yang penting kebaca baik tulisan maupun maksudnya π
-Mazdaspeed, hehehe, mantap
-rotari emg keliatan kompak dan ringan, wong cuma 1300 cc tapi tenaga segitu. Klo mesin piston sih, 1300 cc itu buat citycar, hehehe. Oli full synthetic? hehehe
Sebenarnya ada mesin lain yang najong juga…Boxer
Lebih kompak dari piston, kurva tenaga cukup luas…pantes dipakai untuk rally & offroad ringan
boxer itu klo gak salah mirip2 sama konfigurasi V kan cara kerjanya? tapi posisi piston horizontal. Keunggulannya apa tuh dibanding inline ato V?
Yap, sama kayak V-Twin…Nonjok pistonnya haha π
Boxer itu sama kayak segaris juga bro (inline), kelebihan dibanding V? Akselerasi lebih cepat, bentuk mesin lebih kompak (untuk 4 silinder), sama kurva tenaganya nyebar….Kekurangannya? Berisik & mudah bergetar, jadi mesti pakai engine balancer yang sedikit rumit….Oh iya, inline juga kekurangannya, kalau untuk 5 silinder lebih, bentuk mesinnya bakal memanjang, jadi geometri sasis & body juga mesti siap dibagi…Contohnya? Liat aja Datsun Fairlady 240Z, Skyline GT-R sama Supra…panjang-panjang idungnya π
jd inget sama Honda S2000 yg panjang idung, padahal 4 slinder
oh iya, bener sih, 5 slinder ke atas pasti gak kompak mesinnya, pernah liat Holden Special punya kakek gua yg 6 silinder, idungnya panjang. Itu 6 silinder segaris, klo aja konfigurasinya V pasti lebih kompak, tapi mesin jadul pasti gitu sih kebiasaannya. Soalnya Holden Special kakek gua yg taun ’62 itu basis mesinnya masih Grey Motor GM yg dari Holden taun 1948.
Pingback: “Mad” Mike Whidett & Mazda, Selalu Gila & Berisik! « Pedal 2 the Metal Autoblog
Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.1 « Pedal 2 the Metal Autoblog
Pingback: NSU Spider, The Unsung Sixties Starlet « Pedal 2 the Metal Autoblog
Pingback: Mazda 787B, The Supersonic Le Mans Crusher Saga Part.1 « Pedal 2 the Metal Autoblog