Tony Angelo Drift Alliance RX-8, Neo Klasikal!

Tony Angelo RX-8

“…My body is burning, it starts to shout
Desire is coming, it breaks out loud!!!”
Scorpions – Rock You Like A Hurricane

Yap, lirik lagu rock legendaris ini cocok untuk menggambarkan bagaimana kedahsyatan dari Mazda RX-8 milik drifter sekaligus juri Formula D, Tony Angelo. Keras, liar & tentunya, menggairahkan baik untuk sang pengemudi maupun penonton yang melihat eksibisi drift baik di Formula D maupun demo-demo dari Drift Alliance!

Tony Angelo RX-8
Tony, yang merupakan presiden dari Drift Alliance, membangun RX-8 yang menggunakan livery ikonik dari Mazda 787B Le Mans ini, karena 2 alasan :

Di arena drift Amerika, masih jarang yang menggunakan RX-8, meskipun memiliki performa yang lumayan serta penggerak RWD

Tony adalah Rotard (maniak mesin Rotary Mazda). Tony sendiri pernah memiliki 5 unit RX-7 FC & 1 unit RX-7 FD!

Tentunya merupakan tantangan bagi Tony, dalam membangun sebuah RX-8 sebagai mesin drift rotary terbaru!


Agar penampilan mobilnya makin sangar, Tony memakai bodykit BN Sports Defend serta kap mesin karbon dari Seibon. Kombinasi bodykit favorit drifter ini dengan livery ikonik, menghasilkan mobil drift yang Pedal2theMetal rasa memiliki penampilan terbaik di arena Formula D! Anda juga setuju kan?

Tony Angelo RX-8
Meski memiliki performa yang lumayan, mesin RENESIS bawaan RX-8 sebenarnya kurang kompetitif di arena drift. Tony lalu memasang mesin legenda 13B-REW dari RX-7 yang ditambah unit turbo S372 dari Bullseye Power serta intercooler Skyline V-Mount dari GReedy. Dengan ECU pintar E8 dari Haltech, RX-8 ini mampu menyalak sampai 374hp@8600rpm dengan torsi 449nm@6800rpm!

Tony Angelo RX-8
Agar tenaga sebesar itu mampu disalurkan dengan lancar, transmisi dari RX-7, LSD Technical-Trax dari Tomei serta kopling ganda dari Exedy turut ditambahkan. Untuk perangkat rem, Tony mempercayakannya pada piringan cakram DBA serta brake pad HP dari Hawk untuk menghentikan tenaga besar dari mesin rotary-nya

Tony Angelo RX-8
Dalam drifting, kontrol yang baik & responsif merupakan hal yang mutlak. Untuk itu, suspensi coilovers Variant 3 dari KW serta arm belakang dari JIC Magic dipasang. Hasilnya, RX-8 dengan velg ringan Enkei RPF-1 berwarna putih yang dibalut ban Maxxis MA-Z1 ini siap dipacu segila mungkin!

Tony Angelo RX-8
Inilah “ruang kerja” Tony. Kabin yang didominasi oleh produk Sparco seperti jok serta setir ini dipasang beberapa indikator dari Auto Gauge serta kontroler tekanan turbocharger SBC i-Color Spec R dari Blitz untuk mengatur tenaga yang dibutuhkan

Tony Angelo RX-8
Bayangkan, mobil dengan bodykit keren & livery ikonik, dikombinasikan dengan mesin rotary kuat yang bersuara nyaring berkat knalpot titanium custom 3″. Hasilnya pasti mengagumkan, baik ketika sedang berhenti maupun sedang dipacu habis-habisan dalam arena drifting!


Sumber : Drift Alliance & Tony Angelo Personal Blog

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

25 thoughts on “Tony Angelo Drift Alliance RX-8, Neo Klasikal!

  1. penasaran nih, mesin RX8 itu bener2 mesin baru apa skedar development dari mesin RX7?

    Trus, knapa malah mesin RX7 lebih bertenaga yah? hehe, jd keinget sama 5K lokal dan 5K Red top JDM

    • Hehe….bantu jawab yee :

      1. “mesin RX8 itu bener2 mesin baru apa skedar development dari mesin RX7?”
      Setahu saya sih, mesin 13B RENESIS itu masih pengembangannya 13B juga kok, meski bentu rotornya berbeda, serta tentu aja N/A alias gak dicantolin keong racun πŸ˜†

      2. “Trus, knapa malah mesin RX7 lebih bertenaga yah?”
      Simpel, ini karena RX-8 lebih didesain sebagai everyday sportscar, dibanding RX-7 yang bener-bener full blown sportscar. Keliatan kok dari jumlah pintu, suspensi serta rigidnya sasis….RX-7 lebih sportif

      Mesin RENESIS sendiri, ya gak segede 13B-REW karena selain N/A, juga lebih mengedepankan efisiensi & bobotnya yang ringan. Jadi wee tenaganya gak segede 13B-REW. Tapi hebat juga sih Mazda, bikin mesin super mungil N/A kayak RENESIS, tapi tenaganya udah 240hp keatas

      Setahu saya sih begitu… πŸ™‚

  2. Hmm, klo gitu napa yah Mazada gak ngeluarin Mazda RX8 pake 13B REW? tapi malah pake Renesis? apa emg Mazda maunya ngeluarin mobil buat sport harian ya, bukan light sport kayak RX7? atau……..atau apa yah

    hmmm rotari emg mesin legenda, kenceng tp gak umum, salah satunya gara2 boroskah?

    BTW:skali2 ulas Mazda Cosmo dong, rotari pertama Mazda, Thx

    • “Hmm, klo gitu napa yah Mazada gak ngeluarin Mazda RX8 pake 13B REW? tapi malah pake Renesis? apa emg Mazda maunya ngeluarin mobil buat sport harian ya, bukan light sport kayak RX7? atau……..atau apa yah”

      Konsep dari RX-8 sendiri kan “Everyday Supercar” mirip NSX…gak usah bertenaga brutal & handling setajam silet…tapi enak dipakai sehari-hari & nyaman πŸ™‚

      “hmmm rotari emg mesin legenda, kenceng tp gak umum, salah satunya gara2 boroskah?”

      Ada banyak alasan sih….

      1. Mesin rotary membutuhkan penanganan khusus, bahkan 3x lebih rajin dicek dibanding mesin konvensional (piston)
      2. Mesin rotary itu, memiliki torsi yang relatif kecil dibanding mesin piston, otomatis gak praktis dipakai sehari-hari (apalagi di perkotaan yang padat)
      3. Mesin rotary, dulu terkenal ringkih & mudah rusak…Meski sekarang sudah gak lagi sih, itu gara-gara NSU R080
      4. Wajib rebuild kalau rusak, tidak seperti piston yang cukup ganti ini-itu,
      5. Suaranya relatif keras, serta berdenging…tidak seperti mesin piston yang berdebam-bam-bam….

      Kalau boros, itu relatif sih, soalnya….Rotary untuk sekarang kan cuman ditemukan di sportcar aja, dikombinasikan dengan bobot yang ringan, bikin kita bawannya ngebut di 5.000rpm terus…Lagipupla, karena torsinya kecil, otomatis kita mesti jaga rpm terus… πŸ™‚

      *masa lalu dilema pakai Rotary hahahahaha πŸ˜†

      “BTW:skali2 ulas Mazda Cosmo dong, rotari pertama Mazda, Thx”

      Oke, tunggu aja nanti…soanya rencana tema bulan depan nanti “Legenda”, sekarang, saya mau nulis monster drift Mazda yang paling ganas, gila & bener-bener nonjok….tunggu aja!
      *hint : 26B

      • “Konsep dari RX-8 sendiri kan β€œEveryday Supercar” mirip NSX…gak usah bertenaga brutal & handling setajam silet…tapi enak dipakai sehari-hari & nyaman ”

        ooh, jd gitu yah. Ngerti2. Tp lebih baik lagi klo Mazda ngeluarin versi racingnya juga :ngotot, hahaha…

        “Ada banyak alasan sih….

        1. Mesin rotary membutuhkan penanganan khusus, bahkan 3x lebih rajin dicek dibanding mesin konvensional (piston)
        2. Mesin rotary itu, memiliki torsi yang relatif kecil dibanding mesin piston, otomatis gak praktis dipakai sehari-hari (apalagi di perkotaan yang padat)
        3. Mesin rotary, dulu terkenal ringkih & mudah rusak…Meski sekarang sudah gak lagi sih, itu gara-gara NSU R080
        4. Wajib rebuild kalau rusak, tidak seperti piston yang cukup ganti ini-itu,
        5. Suaranya relatif keras, serta berdenging…tidak seperti mesin piston yang berdebam-bam-bam….

        Kalau boros, itu relatif sih, soalnya….Rotary untuk sekarang kan cuman ditemukan di sportcar aja, dikombinasikan dengan bobot yang ringan, bikin kita bawannya ngebut di 5.000rpm terus…Lagipupla, karena torsinya kecil, otomatis kita mesti jaga rpm terus…

        *masa lalu dilema pakai Rotary hahahahaha”

        hmm, ternyata repot juga ya pake rotari. Ada banyak variabel yg ngaruh selain borosnya.


        Oke, tunggu aja nanti…soanya rencana tema bulan depan nanti β€œLegenda”, sekarang, saya mau nulis monster drift Mazda yang paling ganas, gila & bener-bener nonjok….tunggu aja!
        *hint : 26B”

        SIIPP

        • “ooh, jd gitu yah. Ngerti2. Tp lebih baik lagi klo Mazda ngeluarin versi racingnya juga :ngotot, hahaha…”

          Coba cek Mazdaspeed RX-8….cuman dibikin 300 unit. Kenceng & sportif….mantap banget πŸ™‚

          hmm, ternyata repot juga ya pake rotari. Ada banyak variabel yg ngaruh selain borosnya.

          Tapi lebih banyak + dibanding –

          Ringan, kompak, sama gak usah pakai oli mahal *full sintetik πŸ˜†

  3. -Mazdaspeed, hehehe, mantap

    -rotari emg keliatan kompak dan ringan, wong cuma 1300 cc tapi tenaga segitu. Klo mesin piston sih, 1300 cc itu buat citycar, hehehe. Oli full synthetic? hehehe

        • Yap, sama kayak V-Twin…Nonjok pistonnya haha πŸ˜€

          Boxer itu sama kayak segaris juga bro (inline), kelebihan dibanding V? Akselerasi lebih cepat, bentuk mesin lebih kompak (untuk 4 silinder), sama kurva tenaganya nyebar….Kekurangannya? Berisik & mudah bergetar, jadi mesti pakai engine balancer yang sedikit rumit….Oh iya, inline juga kekurangannya, kalau untuk 5 silinder lebih, bentuk mesinnya bakal memanjang, jadi geometri sasis & body juga mesti siap dibagi…Contohnya? Liat aja Datsun Fairlady 240Z, Skyline GT-R sama Supra…panjang-panjang idungnya πŸ˜†

  4. jd inget sama Honda S2000 yg panjang idung, padahal 4 slinder

    oh iya, bener sih, 5 slinder ke atas pasti gak kompak mesinnya, pernah liat Holden Special punya kakek gua yg 6 silinder, idungnya panjang. Itu 6 silinder segaris, klo aja konfigurasinya V pasti lebih kompak, tapi mesin jadul pasti gitu sih kebiasaannya. Soalnya Holden Special kakek gua yg taun ’62 itu basis mesinnya masih Grey Motor GM yg dari Holden taun 1948.

  5. Pingback: “Mad” Mike Whidett & Mazda, Selalu Gila & Berisik! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.1 « Pedal 2 the Metal Autoblog

  7. Pingback: NSU Spider, The Unsung Sixties Starlet « Pedal 2 the Metal Autoblog

  8. Pingback: Mazda 787B, The Supersonic Le Mans Crusher Saga Part.1 « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!