NSU Spider, The Unsung Sixties Starlet

NSU Spider Jay Leno
Spyder / Spider, Drop-top, Cabriolet, Targa, Landaulet. Ah…Mereka merupakan tipe-tipe mobil yang terindah! Apalagi jika melihat contoh dari era 60an & 70an seperti Lancia Aurelia, Jaguar E-Type. Indah sekali, dan kecantikan mereka abadi!

Nah, untuk memulai bulan “Wankel-Rotary” di bulan Januari ini, Pedal2theMetal akan mengulas tentang mobil pertama yang memakai mesin ajaib itu, sekaligus menjadi salah satu mobil Spyder / Cabriolet tercantik di dunia : NSU Motorenwerke Wankelspider.

NSU Spider Jay Leno
NSU Motorenweke AG. Sebuah nama yang terasa asing bukan? Mungkin, satu-satunya produk dari mereka yang dikenal adalah Ro80, sedan dengan mesin Wankel-Rotary pertama di dunia. Lalu, mobil pertama apa yang memakai mesin itu? That’s Walkenspider.

NSU Spider Jay Leno
Sekilas bagi penggemar mobil klasik Eropa, Spider tidak terlihat asing ya? Itu karena NSU memakai body cantik rancangan Bertone dari Sport-Prinz Coupe tahun 1959, yang disempurnakan desainnya oleh desainer internal NSU, Claus Luthe.

NSU Spider Jay Leno
Desain Italia & Jerman ditambah dengan konsep Spyder? Well…Ramuan yang klasik & sering dipakai memang, namun tentu saja…

NSU Spider Jay Leno
…Menghasilkan hasil yang epik! Memang, terasa aura VW Karmann Ghia, bahkan sesama roadster kecil lainnya, Datsun Sports/. Ah, meskipun mirip, namun Spider masih punya keunikan-keunikan desainnya, yang mampu menyihir Jay Leno sekalipun untuk mengoleksinya!

NSU Spider Jay Leno
Small & Cute huh? Eh, tapi mengapa bagian belakangnya terasa lebih panjang dibanding bagian depannya? Sudah dapat anda tebak bukan, kalau Walkenspider menggunakan layout yang sama dengan rekan senegaranya, Porsche 356.

NSU Spider Jay Leno
Yep, RR Layout! Ini karena basisnya, Sport-Prinz juga memakai layout itu, sehingga mesin KKM Single-Rotor berkapasitas 500cc-nya dengan tenaga maksimum 50-54bhp@5500rpm/6000rpm ini bersarang di bagian bagasinya bersama transmisi Synchro baru, khusus untuk mesin Wankel-Rotary.

NSU Spider Jay Leno
Sayang, meski kompak & berkapasitas kecil, mesin dengan karburator Solex Flachstrom 18/32 HHD ini membutuhkan perlakuan istimewa : Dibutuhkan 3 radiator untuk mendinginkannya, sehingga ruang bagasi didepan terpaksa diambil jatahnya untuk ruang radiator…

NSU Spider
Namun, handling Spider sendiri cukup memuaskan. Berkat pemakaian suspensi dari Prinz 1000 yang lebih baik dibanding Sport-Prinz, mobil seharga $2,979 pada saat peluncurannya ini memiliki handling yang mantap untuk jalanan pedesaan. Apalagi mesinnya memiliki suara yang rendah, sehingga makin nyaman dikendarai.

NSU Spider
Dengan bobot hanya 700kg serta pemakaian cakram di roda depannya, Spider siap merepotkan mobil lain yang lebih besar, meski dengan akselerasi 0-96km/h butuh waktu 14,5 detik serta topspeed 150km/h, jangan harap Spider mampu menyaingi Mazda Cosmo Sport, sportcar lain dengan mesin Wankel-Rotary.

NSU Spider Jay Leno
Pada saat itu, mesin Wankel-Rotary dikenal memiliki torsi yang buruk pada putaran dibawah 3000rpm, yang membuat pemakai Spider mesti menjaga putaran mesinnya secara konstan, terutama dalam perkotaan. Memang sulit, namun itulah seni mengendarai mobil tua : Repot, namun menantang.

NSU Spider Jay Leno
Cantik & nyaman (meski kadang merepotkan). Berpotensi memang, namun publik masih belum terbiasa dengan mesin Wankel-Rotary, sehingga sama seperti Cosmo Sport, NSU sang pabrikan hanya membuat 2.375 unit Wankelspider selama masa pembuatannya, 1964–1967.

NSU Spider Jay Leno
Yah, itulah resiko menjadi pelopor. Jika beruntung, kesuksesan dipastikan dapat direguk, namun jika sial? Ya, hanya menjadi noda sejarah. Meskipun Spider sendiri sebenarnya pernah membuktikan kemampuannya, dengan membantai mobil balap lain yang lebih kuat di kejuaraan SCCA kelas H Modified di Amerika!

NSU Spider Jay Leno
Nasib Wankel-Rotary sendiri sekarang terancam, karena Mazda sudah menghentikan ummat Wankel terakhir, RX-8. Semoga nanti, entah tahun depan atau selanjutnya, ada pabrikan lain (semoga Mazda!) mencoba menghidupkan legenda Wankelspider, misalnya menggabungkan body & sasis Miata, dengan mesin hybrid Rotary, pasti menggebrak!

Sumber :
NSU Motor
Wankel-Spider Club Germany

Sumber Foto :
Jay Leno Garage
misseeuw nico@Flickr

10 thoughts on “NSU Spider, The Unsung Sixties Starlet

  1. Pingback: Mazda Cosmo Sport, Legendaris Namun Bernasib Tragis | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s