FEED RX-7 FD3S “AFFLUX Version V”, Buas & Eksotik


FEED (Fujita Engineering Evolutional Development) adalah salah satu tuner Mazda terbaik dari Jepang selain RE-Amemiya. Dengan pengalaman lebih dari 29 tahun membangun sportscar-sportscar Mazda, tentunya FEED selalu berinovasi dalam kreasi-kreasinya.


Seperti di RX-7 FD3S yang menjadi mobil demo Performance Partners International, distributor FEED di Amerika ini yang pertama kali diperkenalkan pada SEMA 2008. Konsep FEED sendiri untuk RX-7 ini bukanlah sebagai mobil dengan tenaga terbesar, namun murni ingin membuat “Ultimate RX-7” yang selain kencang, juga unik & enak dipandang.


Modifikasi paling jelas-jelas terlihat & merupakan andalan di RX-7 ini adalah bodykit terbaru dari FEED, yang diberi nama AFFLUX Version V (V disini menunjuk pada “Victory” /Kemenangan, bukanlah V angka 5 dalam Romawi). Dengan desain yang bisa dibilang terinspirasi TVR Sagaris, FEED membuat RX-7 ini terlihat lebih eksotis & berbeda dengan kit-kit dari tuner Mazda lainnya.


FEED berkeinginan membuat RX-7 ini masih nyaman untuk dipakai di jalan raya (street legal), membut ubahan mesin 13B-REW ini tidak terlalu gila-gilaan, dan hanya ditingkatkan kemampuannya di setiap RPM namun siap dipacu habis-habisan di sirkuit ataupun jalanan tol.


Dengan nama kode “FEED Nurburgring-spec motor”, FEED mengganti turbocharger bawaan RX-7 dengan yang berukuran lebih besar yaitu FEED GT3540 hasil kerjasaman FEED & HKS. Untuk mengurangi suhu mesin, intercooler 3 lapisan yang juga dari FEED membuat RX-7 ini kuat dipacu lama di jalan raya. Menambah kemampuan merubah kurva tenaganya, kontroler Power FC & EVC V dari HKS juga dipasang di kabinnya.


Untuk mengatasi kekuatan tenaga yang sudah mencapai 460hp, kopling karbon dari Exedy & LSD dari FEED siap menahan serta menyalurkan tenaga yang cukup besar itu, dan akhirnya dikeluarkan via exhaust set FEED SONIC AS-W yang masih mempertahankan dua katalis agar masih memenuhi syarat emisi di jalan raya.


Tenaga besar tentunya membutuhkan kontrol yang baik. FEED yang berpartner dengan Yokohama lalu memasang velg Advan RZ berukuran 19″ yang dibalut ban Yokohama ADVAN Neova. Menambah stabilitas, suspensi FEED Pro-F05 adjustable yang diriset dari mobil Time Attack FEED siap menanggung ayunan-ayunan ekstrem.


Untuk remnya, berhubung ini hanya mobil Demo, FEED hanya memasang perangkat rem bawaan Mazda, meskipun di Jepang, FEED biasanya memasang perangkat rem kuat dari Endless dengan rotor berukuran 17″ serta kaliper 4 piston.


Lagi-lagi, karena RX-7 ini merupakan mobil street legal, tentunya kenyamanan pengendara mutlak diperhatikan, menyebabkan ubahan-ubahan di kabinnya tidak terlalu berbeda jauh dengan bawaan Mazda. Hanya jok Recaro yang diganti pembungkusnya, indikator dari GReedy serta setir & tuas perseneling dari FEED yang diganti.


Dengan ubahan-ubahan yang tidak terlalu ekstrem, FEED berhasil mewujudkan “Ultimate RX-7”, yang selain lebih kencang dari RX-7 standar, namun tetap mempertahankan kenyamanan & menaati peraturan. Patut ditiru!

Sumber : Fujita Engineering USA

9 thoughts on “FEED RX-7 FD3S “AFFLUX Version V”, Buas & Eksotik

  1. Pingback: Sexy Knights Mazda RX-7 FC3S, Ksatria Seksi Yang Mencolok! « Pedal 2 the Metal

  2. Pingback: Tony Angelo Drift Alliance RX-8, Neo Klasikal! « Pedal 2 the Metal

    • Cuman RX-7 gak enak buat bawa mertua & anak-anak….udah atapnya rendah, kabinnya sempit pula

      Mesin? harus dirawat…Sasis & suspensi? keras….🙄

      Cuman gak ada yang ngalahin handling RX-7….sama desainnya yang abadi (dah 11 taon masih futuristis!)

      • Iye bro, gak tau dikasih apa sama mazda, modelnya timeless, gak termakan zaman😀
        Dan tentu lebih keren dari RX8😀

  3. Pingback: “Mad” Mike Whidett & Mazda, Selalu Gila & Berisik! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Orion’s Mazda Savanna RX-7 GT, Sang Mutiara Sedan Sport Jepang « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Mengenal Tuner JDM Spesialis Manufaktur Part.1 « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Scoot Sports 4RE RX-7 FD3S, Street Quad Stunner « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s