Nissan Sileighty, merupakan kombinasi dari 2 versi dari Silvia S13, yaitu Nissan 180SX yang memakai front-end dari S13. Modifikasi ini dilakukan oleh para drifter karena biaya penggantian front-end depan dari S13 jauh lebih murah daripada 180SX. Salah satu drifter terkenal Eropa, Anthony Scott, membangun sebuah Sileighty dengan spek drift profesional
Yang menjadi perhatiannya adalah karena Skylinepart.com (builder mobil ini) memasang set bodykit idola para pemakai S-chassis, T.R.A Kyoto Rocket Bunny 6666. Konon, Sileighty milik Anthony Scott ini adalah Silvia S13 pertama yang memakai bodykit ini di Eropa. Dengan desain simpel & terkesan penuh, Pedal2theMetal mengakui bahwa Miura-san berhasil mendesain bodykit dengan tampilan terbaik untuk Silvia, bersama Instant Gentleman dari SuperMade & Origin!
Karena ini adalah mobil drift profesional, maka bobotnya haruslah ringan. Penggantian pintu & kap bagasi dengan bahan FRP serta kaca dengan Plexiglass dari Plastics4performance diharapkan mampu mengurangi bobot Sileighy ini yang sudah termasuk ringan
Skylineparts.com untuk arena drift Eropa seperti EDC, telah disponsori oleh produsen velg terkenal Ultralite, maka velg alumunium model Nurbugring berukuran 18×9 siap menemani suspensi coilover dari Driftworks. Dibalik velg keren buatan Inggris ini, tersimpan rem Brembo dari Nissan GT-R & piringan cakram dari Skylinepart.com
Agar mampu melakukan drift dengan enteng & spektakuler, mesin yang kuat adalah prioritas utamanya. Maka, dipasanglah blok mesin RB30 dari Holden Commodore, camshaft 260 derajat & injektor bensin 720cc dari HKS, ECU Power FC dari Apex`i dan piston CP serta yang paling berpengaruh : turbocharger Garret GT35 dari ACT dengan tekanan 1,6 bar
Untuk makin menajamkan performanya, transmisi dari Skyline R32 + gear dari PPG serta kopling ganda dari Nismo siap menyalurkan tenaga raksasa yang dites di dyno sebesar 535hp. Dan, untuk mengurangi suhu sewaktu dipacu gila-gilaan, radiator custom dari Japspeed dengan penempatan didepan siap menahan panas berlebih
Supaya tenaga tidak terbuang dengan percuma, diferensial dari Cusco 2 jalur dari Nissan GT-R & anti roll bar dari Whiteline dipasang agar membantu menyalurkan & menstabilkan tenaga secara penuh ke roda
Berhubung ini adalah mobil drift kompetisi, tentunya keamanan haruslah didahulukan dibanding tampilan & kenyamanan. Maka, roll bar & indikator-indikator siap memberikan informasi & kesan aman pada Scotty sewaktu memacu Sileighty hitam-emas ini
Memang, mobil kompetisi itu haruslah mendahulukan performa dibanding tampilan. Namun, berhubung di arena drift, style adalah salah satu poin penting, dan Skylinepart.com & Anthony Scott berhasil membangun mobil kompetisi dengan tampilan keren & sangar, tanpa melupakan utilitas sebagai mobil drift kompetisi!
Sumber : SkylinePart.com
Pingback: Guild N One Toyota Supra D1/MSC, Konversi Toyota Terkeren! « Pedal 2 the Metal Autoblog
Pingback: Nissan Silvia, Tolak Ukur Sedan FR Jepang « Pedal 2 the Metal Autoblog