Citroën Méhari, The “F” Factor

Citroen Mehari Yellow

Mobil off-roader era 60an, identik dengan simbol “Agraris“, “Desain Kaku“. Tidak salah memang, toh desain Willys CJ & Land Rover Seri-1 haram memenangkan World Car Design of the Year.

Ya, karena mereka dilahirkan bukan untuk bersolek & dikagumi akan lekuk indahnya, namun untuk dikendarai & melayani ke medan apapun. Tapi setidaknya image itu luntur, sewaktu muncul sebuah mobil off-roader yang memiliki faktor “F“…

Citroen 2CV Sahara

Citroën, pada tahun 1958 pernah mengedarkan off-roader eksentrik, 2CV Sahara. Konsepnya menarik, 2CV untuk pemerintahan kolonial Prancis di Afrika Utara, tentunya membutuhkan konfigurasi tangguh.

Citroen Mehari

Namun dengan konfigurasi 2 mesin & 2 tangki, 2CV Sahara masih rumit untuk kebutuhan off-road untuk dipakai dimanapun. Citroën, bekerja-sama dengan Roland de la Poype, veteran pilot pesawat tempur Perang Dunia 2, merancang Méhari. So, where’s the “F“?

Citroen Mehari Toys

Faktor “F” pertama yang P2tM tangkap dari Méhari, adalah “Future” / (Masa Depan). Eh, apa yang terlihat canggih & modern dari mobil yang mirip kotak makanan ini? Jawabannya adalah visi dari insinyur Citroën & de La Poype…

Citroen Mehari Color

Disaat off-roader lain bangga bahwa besi sebagai material body-nya, melihat plastik akan menjadi material masa depan, de La Poype, salah satu tokoh di dunia plastik Prancis, merancang Méhari menggunakan panel-panel ABS (Acrylonitrile butadiene styrene), melindungi frame tubularnya yang berbasis dari Citroën Dyane 6.

Citroen Mehari

And he was right! ABS menjadi material penting dalam mobil modern. Oh, karena menggunakan material ABS, Citroën menyediakan panel pengganti bagi pemilik Méhari yang ingin mengganti panel body yang rusak, namun hanya tersedia warna putih. So? paint your own panel!

Karena itu pula, ada poin “F” lain yang menyeruak di batin P2tM akan mobil berbobot hanya 570kg ini; Fashionista! Eh hem, fashion & off-road? Well, we’re talking about French car! Mau bukti?

Oh yeah, dibanding off-roader lain dengan imej agraris & cadasnya, Citroën juga menunjukan bahwa Méhari juga dapat menjadi partner di sawah & kebun…Dengan gaya khas Prancis tentunya!

Citroen Mehari

Jadi, apa poin “F” lain dari Méhari? Err…Fast? Dibekali mesin Flat-twin 602cc yang juga diambil dari 2CV6…Lupakan poin itu. Tapi Méhari mengandung poin “F” lain. Dengan nama yang diambil dari korps unta tertangguh di padang pasir Sahara…

Citroen Mehari

Fearless!” (Tidak kenal rasa takut). Meski bertenaga rendah, dengan bobot ringan ditambah unit suspensi independen 4-roda khas Citroën dan varian 4×4 pada tahun 1979, Méhari siap menerjang setiap medan!

Citroen Mehari Rally Raid

Poin itu coba dibuktikan dengan dipakainya Méhari dalam beberapa kejuaraan rally, seperti Liége-Dakar-Liège 1969, Paris-Kabul-Paris 1970 dan Paris-Persepolis-Paris 1971. Méhari tidak memenangi satupun…Tapi setidaknya Méhari menjadi mobil medis di Paris-Dakar tahun 1980!

Citroen Mehari

Menuju poin berikutnya…Dengan kaca depan & atap kanvas yang dapat dilipat, kemampuan menjelajah yang dapat diandalkan, as you guess…Méhari got the “Fun” (Menyenangkan) factor! Pantai, gunung…Pasti menyenangkan membawa Méhari untuk menikmati alam bersama teman. (Perhatian : Teman wanita tidak termasuk dalam paket Méhari.)

Citroen Mehari

Yeah, sekalipun wanita tidak termasuk dalam paket, pasti wanita akan tertarik akan Méhari dengan segala poin “F“-nya. Sebuah mobil, yang meletakan fondasi off-roader dinamis yang kelak akan ditiru SUV modern seperti ini.

Citroen Mehari

Jadi, apa poin “F” terakhir dari P2tM untuk Méhari? Hmmm…Untuk sebuah mobil pemberani & menyenangkan yang lahir dari visioner negara Fashion…Bagaimana kalau “Fresh“? (Menyegarkan). Tidak jelek untuk mobil yang awalnya disiapkan untuk keperluan perang!

About Tarmac Tezza

25% Femme Fatale. 25% Cry Baby. 25% 7-years old Girl. 25% 21-years old Woman. Mixed without compromise.

6 thoughts on “Citroën Méhari, The “F” Factor

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s