The Dirtiest Spaceship, Lancia Stratos HF Part.2, Orbiting

Lancia Stratos HF Rallye

Bagaikan pesawat ulang-alik OV-103 Discovery yang berhasil menyelesaikan misi mengorbitkan teleskop Hubble, Lancia Stratos mendapuk harapan-harapan tinggi dari banyak pihak. Apakah konsepnya sesuai dengan kebutuhan rally seperti di part-1? Ataukah hanya bukti pahit dari mimpi yang terlalu tinggi? Well, let’s we find it out in this second chapter…

Lancia Stratos HF Rallye Alitalia

Pada WRC musim 1974, meski sebelumnya kemampuan Stratos sudah cukup memuaskan, Lancia masih mempercayakan sang “leluhur“, Fulvia sebagai andalan mereka, sehingga kompetitor lainnya seperti Ford Escort, Porsche 911, bahkan Lancer 1600 GSR bergantian menggerogoti podium…

Lancia Stratos HF Rallye Alitalia

Dan tibalah sang pesawat ulang-alik menunjukan bahwa era baru dunia rally sudah tiba. Di Rallye Internazionale di Sanremo, Lancia & Sandro Munari sebagai tuan rumah menghabisi kompetitor-kompetitornya dengan enteng, bahkan rekan senegaranya, Fiat 124 Rallye. Embrace the new King of Dirt!

Lancia Stratos HF Rallye Alitalia

Sekilas, membenamkan sportcar homologasi berkonfigurasi MR kedalam lautan lumpur memang bukanlah ide yang rasional. Liar, aneh & mencekam, seperti alien. Namun alien ini lahir untuk mendominasi, dan invasi Lancia berhasil : Mahkota WRC 1974 berhasil direngkuh.

Lancia Stratos HF Rallye Alitalia

Dominasi berkat inovasi & teknologi dari Lancia kembali terulang pada WRC musim 1975. Saking hebatnya, justru posisi ke-2 yang lebih menarik diperhatikan, karena Fiat & Alpine-Renault yang berjuang sampai hanya berbeda tipis 1 poin di klasmen akhir!

Lancia Stratos HF Rallye Alitalia

Sebenarnya, Stratos tidaklah sempurna. Dan kelemahannya justru berasal dari salah satu kelebihannya, V6 Dino 206. Ya, mesin ini memang cocok untuk beberapa etape yang didominasi tarmak & gravel dengan suhu moderat, namun untuk kebutuhan ekstrem seperti rally Safari? Stratos belum pernah menjuarainya…

Lancia Stratos HF Rallye Alitalia

Alas, this spaceship still orbiting till it mission finished. Setelah musim 1976 yang sangat sukses (total poin klasmen akhir 2 x lipat dibanding Opel, yang menempati posisi ke-2), tibalah alarm misi selesai : Fiat menginginkan Lancia menghentikan kegiatan rally-nya, karena mereka menginginkan Abarth 131 yang dijadikan senjata utama Fiat Group dalam arena WRC.

Lancia Stratos HF Rallycross

Jadi, inilah akhir dari misi Stratos? Not yet. Sekalipun Lancia mengundurkan diri dari WRC, beberapa privateer tertarik akan kemampuan Stratos, misalnya Andy Bentza, yang memakai Stratos untuk arena rallycross, dan menjuarai divisi GT di ERC pada tahun 1976 & 1978.

Lancia Stratos HF Group 5 Alitalia

Bagaimana dengan Lancia sendiri? Melihat basis Stratos yang (sepertinya) cocok untuk kebutuhan sirkuit aspal, mencoba turun di kelas FIA Group 5 yang khas dengan bodywork “Silhouette“. Sekalipun mampu menjuarai beberapa turnamen, Stratos “raksasa” ini harus mengakui kebuasan monster legendaris Jerman, the mighty Porsche 935…

Lancia Stratos HF Rallye Alitalia

Well, sejarah manis Lancia & WRC sendiri memang kembali terulang, berkat sang kalajengking Group.B, 037, serta tentunya salah satu hatchback terbaik di dunia, Delta. Sayang, setelah Delta Intergrale, Lancia seperti hilang dari arena rally, mungkin karena masalah finansial….

Lancia Stratos HF Rallye Alitalia

Seperti pesawat ulang-alik, Stratos memang bukan proyek untuk mencari keuntungan finansial. Well, mungkin membantu promosi, ya. Tapi tujuan Lancia bersusah-payah membangun Stratos, murni muncul karena misi yang sama dengan NASA membangun pesawat ulang-alik : Discover the new world & experience.

With the Stratos, we had made a tremendous car, frightening other manufacturers, so that some dropped out.
Cesare Fiorio

Semangat mulia ini, sampai hari ini masih tertancap teguh bagi para pemilik Stratos, serta penggemarnya yang mengingkan sportcar unik ini kembali hidup & terbang tinggi ke jagat otomotif. Bagaimana kiprah pembawa obor semangat Stratos ini? Kita lanjutkan ke chapter ke-3 nanti ya di Pedal2theMetal!

6 thoughts on “The Dirtiest Spaceship, Lancia Stratos HF Part.2, Orbiting

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s