The Dirtiest Spaceship, Lancia Stratos HF Part.1, Countdown & Liftoff

Lancia Stratos HF
Salah satu kebiasaan manusia, adalah selalu memandang keatas. Mencari jawaban dari Tuhan, menyadari kelemahan, kekurangan & mungilnya kita dibanding luasnya langit. Mungkin itulah banyak yang berambisi mengelilingi angkasa, dengan menggunakan pesawat luar-angkasa…

Lancia Stratos HF
Untuk apa? Tentu saja, mencoba mencari jawaban. Dengan mencapai titik atmosfir, kita akan sadar bahwa tidak ada batasan bagi manusia yang memiliki mimpi & ambisi.

Reach & find the new horizon.
Seeking more & greater answers & question.

Hmm, enough with that philosophical bullshit. Then let’s talk about one of our favorite “spaceship“, The legendary Lancia Stratos!

Lancia Stratos HF
Lancia, mungkin manufaktur mobil Italia yang ambigu. Karismanya tidak semegah Ferrari & Maserati, tanpa tradisi sekuat Alfa Romeo, dan produk-produknya tidak semenarik Fiat. Tapi ada 1 sisi yang mengkokohkan nama mereka dalam sejarah dunia otomotif : Rally.

Lancia Stratos HF
Sejak rally International Championship for Manufacturers diperkenalkan, Lancia menunjukan apa kekuatan terbaik mereka : Mobil sport kompak nan dinamis. Itu dibuktikan dengan ketangguhan Fulvia Coupe HF yang pada tahun 1972, berhasil menjuarai IMC, sebelum berganti menjadi WRC.

Lancia Stratos HF
Dalam dunia kompetisi seketat rally, selalu berkembang meningkatkan limit kemampuan adalah wajib hukumnya. Melihat kapabilitas Fulvia Coupe HF yang sudah tidak kompetitif lagi, direktur tim Lancia, Cesare Fiorio, menginginkan pengganti kupe era 60an itu…

Lancia Stratos HF
Konsep sang suksesor, diawali dari munculnya Stratos Zero. Melihat respon publik yang terkesima akan desain Marcello Gandini dari Bertone yang mendobrak pakem desain otomotif pada saat itu, Fiorio lalu membentuk tim untuk mewujudkan Stratos kedalam dunia nyata.

Lancia Stratos HF
Dikepalai oleh Ing. Tonti & Mike Parkes, insinyur & pembalap yang sebelumnya berkiprah bersama Ferrari, input dari pembalap andalan Lancia, Sandro Munari, dengan desain yang diarahkan lagi oleh Gandini & Gianpaolo Dallara. Well, no doubt the result will be amazing!

Lancia Stratos HF
Setelah diperkenalkan tahun 1971 di Turin Motor Show serta pengetesan pada kompetisi Grup.5 tahun 1972 & 1973, muncul peraturan dari WRC : Homologasi untuk kelas Grup.4. Karena awalnya memang dibuat untuk WRC, Lancia & Bertone bersusah-payah memproduksi Stratos untuk mencapai batas minimal homologasi, 400 unit.

Lancia Stratos HF
And they did…Sekitar 492 unit Stratos Stradale (Street Version) selesai dibuat dalam waktu 12 bulan, membuat Stratos menjadi mobil pertama yang dibuat untuk homologasi di dunia. Beresiko memang, tapi ini menunjukan betapa niatnya Lancia kembali merajai arena rally…

Lancia Stratos HF
Dilihat dari konstruksinya saja, Stratos sama mutakhirnya dengan desainnya. Melihat performa Alpine A110 & Porsche 911 yang mengaplikasi konfigurasi RR, Lancia merancang konfigurasi yang lebih ampuh, stabil & efektif, MR.

Lancia Stratos HF
Melengkapi desain yang hampir sempurna itu (sebelum AWD populer oleh Audi Quattro ), Pierre Ugo Gobatto, direktur Lancia, yang sebelumnya berada dalam manajemen Ferrari, memilih mesin paling tepat untuk Stratos, apa lagi kalau bukan V6 65° milik Ferrari Dino 206!

Lancia Stratos HF
Dengan mesin 2400cc N/A bertenaga 280hp yang berteriak bengis dibelakang kabin, tentu hanya perally dengan kemampuan mengemudi tingkat tinggi yang mampu beradaptasi & mengeluarkan kemampuan penuh dari Stratos. Tugas itu tentu berada dalam tangan…

Lancia Stratos HF
…Salah satu pemberi input terbesar Stratos, Sandro Munari. Dari kesuksesannya di kejuaraan Firestone Rally, Targa-Florio & Tour de France di tahun 1973, Munari sudah “memegang” karakter terbaik Stratos untuk menguasai medan pertempuran sengit rally.

Lancia Stratos HF
Countdown sudah selesai dihitung, dan peluncuran sang spesies baru Stratos terbilang sukses. Apakah Stratos berhasil mengorbit dalam galaksi tarmak & gravel dengan sukses? Ataukah gagal dan menyisakan duka seperti Space Shuttle Challenger? Tunggu saja kisah selanjutnya dari Stratos nanti di Pedal2theMetal, stay tune!

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

7 thoughts on “The Dirtiest Spaceship, Lancia Stratos HF Part.1, Countdown & Liftoff

  1. Pingback: The Dirtiest Spaceship, Lancia Stratos HF Part.2, Orbiting | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s