Life Through The Lens : Rob Shaw & Fuji 86 Style 2012

86 Fuji Style 2012
Dari seluruh mobil yang diluncurkan pada tahun 2012, mungkin nama “86” dari Toyota-lah yang paling menyeruak menyebar ke seluruh penjuru dunia otomotif. Kesuksesan ini tentu sudah dapat ditebak, Toyota membangkitkan (atau memanfaatkan?) nostalgia dari legenda…

86 Fuji Style 2012
Pertanyaan-pertanyaan seakan-akan tidak pernah berhenti perihal 86. Apakah dapat kembali menghidupkan romantisme Hachiroku? Dapatkah dimodifikasi sebebas mungkin? Siapkah owner AE86 menganggap 86 sebagai reinkarnasi brand favorit hidup mereka?

86 Fuji Style 2012
Di tanah kelahirannya, respon publik akan 86 sangatlah positif. Hari ini, mobil Jepang mana lagi yang mengisi demand dari lightweight sporty car? Hmm…Bagaimana kalau kita cari tahu dengan sedikit melongoknya melalui jepretan cadas dari Rob Shaw, fotografer & photoblogger dari BackFromLeave?

86 Fuji Style 2012
Event yang dipilih sangatlah tepat : Fuji 86 Style. Event yang sudah berlangsung tiga tahun ini, mengundang para owner & penyuka Hachiroku di sirkuit Fuji International Speedway untuk sejenak tenggelam dalam dunia 86. Dengan tema “Drive“, “Gather” & “Talk“, dibawah langit yang cerah & hawa yang ceria, well…This event is rock!

86 Tein Fuji Style 2012
JDM = Japanese Dominate Modification (World) hihihi…Hmm, okay…Rasa penasaran akan modifikasi 86 memang sudah lama mengendap dalam batin, dan tentu yang pertama kita ingin cari tahu, tentu bagaimana kiprah para modifikator Jepang membangun 86 sesuai keinginan mereka. Let’s roll!

86 ARC Fuji Style 2012
Kebanyakan kustomisasi akan 86, memang masih terbilang moderat. Ubahan-ubahan ringan seperti mengganti set kaki-kaki & pemanis lainnya dirasa sudah cukup menambah daya tarik tampilan 86 yang sudah modis, seperti kreasi dari ARC ini.

86 ARC Fuji Style 2012
Setelah sempat bangkrut dan berganti nama menjadi ARC Brazing, pada event yang dihadiri sekitar 500 unit 86 ini, mereka meluncurkan beberapa parts seperti Intake Box & oil cooler dengan kualitas khas ARC. God bless their product, meski ARC dikenal dengan harga yang “kurang ajar

86 Project-Mu Fuji Style 2012
Memang, para produsen footwork seperti suspensi, velg & rem-lah yang paling awal meluncurkan “racun” bagi 86, mungkin karena yang paling universal & paling diincar untuk memulai proyek modifikasi? Bisa jadi.

86 C-West Fuji Style 2012
Untunglah, berbekal desain-desain konsep 86 yang sudah cukup lama muncul, banyak kreator body-kit seperti C-West sudah siap dengan produk aero untuk disematkan bagi yang kurang puas dengan desain arahan Akihiro “Dezi” Nagaya.

86 VOLK Fuji Style 2012
Hmmm, bicara soal desain bodykit bagi 86, apakah saya tidak sendiri yang berpikiran kalau 86 yang dipajang di stand Rays Engineering ini sekilas mirip dengan edisi terakhir dari Mazda RX-8, Spirit R?

86 ZELE Fuji Style 2012
Zele, dikenal sangat cepat menelurkan kit bagi sportcar-sportcar yang baru diluncurkan, langsung menunjukan kreasi mereka, tentunya dengan warna signature mereka, oranye. Looking good, tapi kemana emblem Toyota-nya? Apakah agar kit ini juga dapat dipakai bagi Subaru BR-Z?

86 Varis Fuji Style 2012
Nama Varis tentu jangan sampai terlewat jika memakai kata kunci “Cool bodykit“, “Garang” & “Carbon porn” dalam search engine hihihi…So aggressive, sayangnya penghargaan itu sudah digondol oleh…

86 GReedy Fuji Style 2012
…GReedy FR-S! Yeah, berbekal koneksi yang sudah mengakar dimana-mana, tuning house yang sempat terserang masalah ekonomi ini memakai basis dari Scion FR-S, nama USDM dari 86. Fender yang lebar itu, memang menunjukan kalau 86…

86 Hibino Fuji Style 2012
…Memang lahir untuk aktivitas motorsport profesional, seperti drifting misalnya. Salah satu aplikasi paling sangar di dunia motorsport, tentu UP garage Droo-P 86 tunggangan Tetsuya Hibino, menggantikan “SR86” yang sudah melekat dengan imej drifter bengal itu.

86 HKS Fuji Style 2012
Cukup banyak pengguna 86 dalam arena D1GP, misalnya HKS. Dengan livery khasnya, monster ini juga menandakan babak baru bagi Taniguchi-san yang kembali ke arena D1GP, setelah sebelumnya sempat memakai HKS IS220-Z. Selain itu, Orido-san dan seorang drifter “brutal” juga turut memakai 86. Siapa drifter brutal itu? Rupanya the great Nomuken!

86 Gazoo Fuji Style 2012
Drifting memang menjadi “medan pertempuran” favorit Hachiroku, karena nama mereka juga (kembali) membludak berkat drift & si tukang Tofu keliling itu. But don’t forget where the “real” racing field, circuit. Thanks to Gazoo Racing yang menjuarai kelas SP3 di Nürburgring 24h, nama 86 tidak hanya identik dengan drift, slide & smoke saja.

86 Rasty Fuji Style 2012
Favorit personal saya dari puluhan demo car 86, adalah dari Car Make Rasty. It-Is-Too-Marvelous. Siap tempur di sirkuit? Tentu saja!

86 Fuji Style 2012
Toyota sendiri sangat mendukung kegiatan trackday menggunakan 86, dan dengan tema penekanan tema “Driving“, tentu aktivitas sirkuit sangat baik untuk mengeksploitasi limit dari 86. Bagaimana dengan 2 tema lain seperti Talk? Silahkan bertanya teknik mengemudi pada…

86 Fuji Style 2012
The King himself.

86 Fuji Style 2012
Never forget the roots. Sekalipun 86 mendominasi event ini, mesin-mesin tua namun tetap perkasa ini masih memancarkan pesonanya sendiri…

86 Car Factory Ai Fuji Style 2012
Ada yang bilang, AE85 & AE86 sudah mencapai limitnya. Ah, sepertinya tidak. These little guys still prove light + robust engine + intense driving = Pure driving experience. Itulah mengapa tuner wanita papan atas, Ai Koizumi dari Car Factory Ai masih memakai Hachiroku sebagai demo car mereka.

86 Tec Art Fuji Style 2012
Seperti legenda di dunia Hachiroku, Tec-Art’s, kreasi mereka sampai detik ini tidak terlihat letih & rapuh. Tetap terlihat siap melumat kompetitornya, bahkan mungkin adiknya sendiri, 86…

86 Run Free Fuji Style 2012
Dan tidak lupa legenda Hachiroku lainnya, Run Free. Ya Tuhan…Apakah ini yang versi mobil dari HYDE? Never aging, just keeping sexier…

86 Panda Fuji Style 2012
Bukan event otomotif Jepang jika tidak ada minimal 1 AE86 “Panda“. Semestinya Toyota menyediakan skema warna ini juga untuk 86, warna ini sudah terlalu ikonik!

86 Fuji Style 2012
Ya, Hachiroku adalah ikon. Bukan lagi sekedar nama & merek, 86 adalah simbol. Sejak tahun 1983 sampai hari ini, sang kilat & petir ini terus menyentak, menyeruak sekalipun diremehkan & dicaci-maki karena spesifikasinya…

86 Fuji Style 2012
Dari arena sirkuit dengan semangat bertarung tanpa gentar lap tiap lap, sirkuit demi sirkuit…

86 Fuji Style 2012
…Sampai jalanan, mencuri perhatian dengan karisma & auranya yang tidak tergantikan. Hachiroku & 86, semoga saja tetap menjadi mobil yang dipilih bukan hanya dari desain & namanya saja, tapi karena menjadi mobil yang dibuat untuk dikemudikan. The driver’s choice car, Hachiroku. That’s Fuji 86 Style.

Sumber : BackFromLeave Photo (Cek juga fanpage FB-nya, penuh dengan fotografi menakjubkan!)

About Tarmac Tezza

25% Femme Fatale. 25% Cry Baby. 25% 7-years old Girl. 25% 21-years old Woman. Mixed without compromise.

14 thoughts on “Life Through The Lens : Rob Shaw & Fuji 86 Style 2012

  1. Padahal kondisi standard hachiroku uda keren banget, begitu dimodif jadinya … speechless..^_^
    so awesome…!!!
    ternyata “the King”-nya masih keichi tsuchiya ya..!? kirain uda ada yang gantiin, emang luar biasa nih orang..

    • Yeah, it’s the joy of customizing…No limit!🙂

      Hmm…Dulu saya sempat berpikir Juichi Wakisaka atau Kamui Kobayashi siap menggantikannya, tapi siapa lagi racer di jalanan & sirkuit, dengan kemampuan membetot mobil sampai limit + unlimited charisma sebesar Tsuchiya?

  2. ngarep shin 86 jg ikut ditampilkan di seri terbaru Initial D Fifth stage, msh blm ad konfirmasi. seru klo old 86 beradu action ama new 86..

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s