Auto Legend 2012, An Open Mind Motoring Event Part.1 : Old School JDM

Nissan L Engine
Klasifikasi. Aturan. Ketentuan. Entah mengapa dunia penuh dengan itu, termasuk dalam dunia mobil. “JDM itu harus…” atau “Retro JDM tidak boleh…” or whatsoever. Intinya, apa yang kita dambakan & inginkan, dapat terjengkang karena ketentuan dari pihak lain…

Nissan Legend Vintage
Mungkin, aturan-aturan tersebut muncul untuk membatasi akan “poser” atau yang hanya ingin bergaya saja. Untuk sebuah kultur yang memiliki komunitas terbatas, munculnya pelaku yang asal-asalan tentu dapat mengganggu nama baik dari kultur itu, seperti misalnya dalam dunia restorasi legenda otomotif Jepang.

Nissan Prince Pagani Zonda
But hey, sekalipun para JDM legends berasal dari masa lampau, apakah kebangkitan mereka harus juga mengikuti tradisi, seperti kembali memakai parts-parts & gaya dari era tersebut? Entahlah. Itu yang Pedal2theMetal lihat di dunia belakangan ini. Bagaimana dengan tanah kelahirannya, Land of Rising Sun?

Nissan Legend Vintage
Untuk melihat realita-nya, pameran otomotif tentu dapat menjadi bukti yang akurat. Beruntung, baru beberapa bulan belakangan diselenggarakan event “Auto Legends” di Nagoya, dengan partisipan yang luar biasa beragam. Cocok. Ayo kita mulai menikmati & menafsirkannya bersama!

Nissan Hakosuka Four Doors Sedan
Contoh klasik dari restorasi JDM legends. Sebuah Hakosuka versi sedan yang dihidupkan kembali dengan sempurna oleh Autoshop TAKEEY’S. Clean & stock-looking, dipadu velg “wajib“, Watanabe. Nice!

Nissan Kenmeri Ken Mary Shell
Aliran restorasi seperti itu memang sudah mengakar dalam nadi otomotif Jepang (eh, because they were the creator!). Banyak spesialis bahkan menyediakan body-shell mulus & siap rakit, jika ada yang kesulitan dalam memperbaiki kondisi shell mobil antik yang bukan pekerjaan mudah.

Isuzu 117 Coupe
Pedal2theMetal sendiri sadar misi dari restorasi-restorasi itu. Jika tidak dikembalikan dalam kondisi seperti awal, mungkin tidak semua dari kita dapat menikmati lekuk elok mobil-mobil antik Jepang, apalagi yang masuk kategori langka seperti Isuzu 117 Coupe ini. They aren’t just cars, but also history.

Yatabe 2000GT
Memang, jarang aksi kustomisasi dalam kultur Old School JDM. Bagaimana tidak, dulu saja mungkin tidak ada parts-parts aftermarket, dan membuatny sendiri tidak semudah sekarang. Untunglah, sejak dimulai kegiatan motorsport legendaris seperti Shelby/TRD Yatabe 2000GT ini, banyak yang terinspirasi untuk melakukan modifikasi demi meningkatkan performa atau tampilan mobil Jepangnya.

Stealth S30Z Fairlady
Modifikasi pada masa lampau, memang lebih menyasar pada performa, karena yang menjadi tolak ukur & sumber inspirasi adalah mobil-mobil balap. Wide fender flare, hooded lamps, tentu saja S30Z ini seperti menjadi replika mobil-mobil turing Japanese Grand Prix atau justru Trans-Am dari Amerika.

Bosozoku Kenmeri
Trans-Am? Ya. Dengan desain yang mengacu pada garis-garis macho dari muscle-car, tentu membuat para member Bosozoku “menghias” tunggangan mereka seperti Skyline “Kenmeri” ini agar segarang monster-monster V8 Paman Sam. Shark-nose agar terlihat cadas, hyper long silencer agar suaranya “merdu“. Kick ass.

Hasemi Motorsport R30
Ditambah lagi, dunia motorsport Jepang juga mulai diakui oleh dunia luar dan saling menginspirasi. Kompetisi turing, tidak lagi dengan mobil yang dimodifikasi, tapi sudah menjadi total mobil balap sejak lahir. Hasilnya? Tampilan yang menakutkan ala Hasemi Motorsport R30 diatas.

Garuchan Soarer
And well, the style again infused into street. Outlandish aero is becoming cool for some people. Ada yang menyebutnya aneh, keterlaluan, buang-buang material. Namun, apakah owner dari Soarer itu peduli? Dengan mengecat mobilnya dengan warna pink, tentu kita sudah tahu jawabannya…

SA Drag Race RX-7
Ilham akan membangun mobil, memang (semestinya) datang dari mana saja. Apakah touring-style atau track-racing saja yang dianggap mobil balap yang keren? Tentu tidak bukan? Drag-race, sekalipun lebih kental dari Amerika, juga tumbuh subur di Jepang!

Zero Yon Fairlady
Pedal2theMetal temukan banyak contoh mesin Zero-Yon yang total dalam Auto Legends. Take a look to this diabolic S30Z. Sekalipun bodyworknya tidak terlalu banyak diubah…I can’t mess with this one. Terlihat siap menerkam!

Barramundi S30Z
Yeah, Jepang memang negara dengan keanekaragaman dalam kultur otomotifnya. Tidak ada aturan yang mengikat dalam membangun “My Car“. Lihat saja Fairlady yang menjadi demo-car dari produsen velg Barramundi, sangat modern! “Little” fact : Mesinnya memakai triple-rotor!

Pro-Touring Hakosuka
Dengan passion yang luas itu, tentulah banyak proyek-proyek yang menarik & berkarakter. Apakah haram memakai parts karbon untuk Hakosuka? Kalau terlihat keren & cocok, why not?

Tidy JDM Engine Rail
Not just form follow function, but also fun follow function. Bahkan dengan memakai parts-parts “asing” dan modern, mungkin performa yang kita inginkan dapat terwujud. Jika dapat ditingkatkan, mengapa harus terbelenggu akan idiom publik?

Shakotan Corona RT20
Dari ratusan mobil JDM Old School yang dipajang, favorit Pedal2theMetal adalah Corona RT20 ini. Cadas, bengal & kontroversial. Me likey! Toh meskipun tidak sesuai dengan selera semua orang & sudah langka, masih ada Corona-Corona lama lainnya yang direstorasi secara “wajar“.

Nissan 610 Bluebird Shakotan
Yeah, yang membuat kultur otomotif Jepang selalu menginspirasi, adalah keterbukaan pemikiran mereka. Indikasinya dapat dilihat dari mobil-mobil kustomnya, semua menjadi representasi dari pemilik serta buildernya.

Touring Hakosuka PMCS
Seperti sudah-sudah Pedal2theMetal berkata, mobil memiliki karakter & jiwa. Bukan hanya dari kondisi awalnya, 2 hal itu dapat direngkuh melalui proses modifikasi juga. Tidak peduli tipe apa, siapa pembuat & era berapa mobil itu lahir.

Auto Legends Nagoya
Ah iya, post ini baru part pertama dari event Auto Legends 2012. Bagaimana dengan generasi-generasi & tipe-tipe mobil lainnya? Tunggu saja di Pedal2theMetal, semoga dapat membuka wawasan & inspiratif bagi kita!

Special thanks for Tom-san from Reforma Vintage Gear for those awesome pics. Much gratitude for you man!

Auto Legend

14 thoughts on “Auto Legend 2012, An Open Mind Motoring Event Part.1 : Old School JDM

  1. kang salut sama ente, blog motor dan blog mobilnya sama2 apik, enak dibaca dan anti mainstream… saya jadi rajin berkunjung kemari.. walau artikelnya ga rajin dipublish…
    nice kang…

  2. Wah GAN! this is the best of the best article n my entire life DAH!! parah lu gan?.. dapet darimana nih gan poto2nya??.. lu moto ke jepang apa download soalnya aku posting2 di page aku gan JDM ‘advanced’ di facebook hehe like dong bangg.. :(( need likers nihh

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s