Alfa Romeo Road to Goodwood 2012, The Tour Of Red Lucky Clover

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012

“The World is a book, and those who do not travel read only a page. ”
Saint Augustine

Menjelajahi dunia, adalah salah satu sifat dasar dari manusia. Rasa ingin tahu, penasaran, seeking something beautiful & inspiring. Dan satu-satunya cara mengetahui “Apakah kita sudah hidup?” adalah dengan melihat kehidupan, yaitu dunia.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Merayakan ulang-tahun ke-50 dari tipe legendaris mereka, Giulia, Alfa Romeo mengadakan sebuah tur 7 negara di Eropa dengan tujuan-tujuan yang historis bagi sejarah Alfa seperti Circuito di Balocco, tempat pengetesan mobil balap Autodelta (Divisi motorsport Alfa), kota-kota indah, serta tentunya bertemu dengan klub Alfisti. Untuk apa?

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Mungkin bagi Pedal2theMetal, tujuan tur itu salah satunya adalah mengingat bahwa Alfa memiliki sejarah. Sejak didirikan pada 24 Juni 1910 di Milan dengan nama A.L.F.A, mereka sudah membuat statement; Automobile is art, and driving is passion.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Ya, Alfa Romeo bukanlah mobil yang sempurna. Banyak masalah seperti karat & kelistrikan menghantui para Alfista, tapi itu tidak mengurangi rasa cinta mereka pada kendaraan mereka. Saat tur ini pula, ditemukan banyak Alfista yang sudah puluhan tahun memiliki produk Alfa Romeo. Dan saat ingin membeli mobil baru? Their heads still point to the “Cuore Sportivo“.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Tujuan akhir dari tur ini, adalah Goodwood Festival Of Speed. Well, one of any car lover dreams is breathing the air of that event, at least once in his lifetime right? Dan sebagai pengingat sejarah Alfa Romeo, banyak legenda Alfa diperlihatkan pada pengunjung, salah satunya 6C 3000 CM tunggangan Juan Manuel Fangio, pemenang “Gran Premio Supercortemmaggiore” di Merano, Italia tahun 1953.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Tagline “Racing since 1911” bukan hanya koar-koar marketing Alfa saja, karena mereka sudah mengoleksi ribuan trophy dari banyak kejuaraan motorsport. Satu dari mobil balap tersukses Alfa, adalah Tipo B ‘P3’ yang dikendarai Tazio Nuvolari untuk menguasai Grand Prix musim 1932. Ferarista pasti ingat mobil ini, karena inilah andalan Scuderia Ferrari pada Grand Prix musim 1933!

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Alfa Romeo juga memiliki sejarah manis dalam kejuaraan Sports Car seperti WSC. Sebut nama Tipo 33 pada penggemar balap, maka kisah-kisah kemenangan pasukan merah di WSC, atau kecantikan versi jalan rayanya, 33 Stradale yang sampai sekarang masih membius jutaan gearhead dunia.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Favorit personal Pedal2theMetal dari mobil balap Alfa, adalah 155 V6 TI yang dikendarai Nicola Larini dan sampai sekarang masih memegang rekor dominasi terbesar dalam sejarah DTM; 11 kemenangan dari 22 balapan. Their secret weapon behind this square-ish monster?

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Tentu saja kecerdikan Alfa Corse membangun 155 TI spesial dalam keterbatasan Kelas 1 yang membatasi mesin maksimal hanya 6-silinder dengan kapasitas 2500cc. Maka fokus mereka adalah penyalur daya / drivetrain, dan membuat 155 TI sebagai mobil balap AWD pertama Alfa!

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Aerodinamika dari 155 TI juga termasuk masif dibandingkan kompetitornya, membuat eksterior 155 TI memang tidak terlalu cantik. Tapi yang pernah mencoba performanya dalam game Gran Turismo pasti kagum, bagaimana bisa tenaga 444hp dapat tersalur sangat sempurna? That’s the effect of its AWD & Aero…

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Karena selalu mempertimbangkan sisi “Driving Experience“, Alfa always be the driven car. Mobil yang tidak hanya enak dipandang, namun juga enak ditunggangi. Pedal2theMetal pernah hanya sekedar duduk dalam kabin Giulia 1300, dan sial, this thing urge me to start the engine and just drive the hell of it!

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Back to the tour. Pengunjung Goodwood pasti kagum, bagaimana bisa mobil-mobil balap antik ini masih terawat dengan apik dengan parts-parts original-nya, sekalipun kita semua tahu, bahwa banyak mobil balap, biasanya memiliki kondisi menyedihkan karena hidupnya selalu terus dipacu dalam limit maksimal?

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Thanks to Il Museo Storico dell’Alfa Romeo (Museum Alfa Romeo) squadra, yang sepenuh hati merawat & merenovasi Alfa-Alfa legendaris, tidak hanya dalam kondisi baik, namun juga siap jalan, dan kembali meneriakan lengkingan khas Italia yang merdu & menggetarkan hati pendengarnya.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Sejarah Alfa, tidak hanya dalam dunia balap saja bukan? Their concepts & road cars also awesome. Alfa sengaja mendirikan booth khusus di Goodwood, untuk memperlihatkan kreasi mereka secara intim bagi pengunjung : Welcome to Alfa Romeo world.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Karena 2012 adalah tahun perayaan 50 tahun dari Giulia, Alfa memperlihatkan konsep Giulia SS 1965 yang didesain oleh Nuccio Bertone untuk menggantikan Giulia Sprint Speciale. Meskipun tidak masuk jalur produksi, desain SS merupakan tonggak awal dari desain “Gran Turismo” khas Italia. It’s too gorgeous!

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Ada idiom, sekali kau mencoba mengendarai Alfa, maka kau akan dihantui mimpi “Aku harus membeli Alfa!“, dan jika tidak siap akan mobilnya, bagaimana jika miniaturnya saja dulu? Mungkin ini langkah awal untuk menjadi seorang Alfista…

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Alfa is driven car. So best driver drive Alfa. Farina, Nuvolari, Chiron, Fangio, Larini, Tarquini. il Rosso Squadra. “The car you drive to work is a champion“, dan dengan nama-nama diatas, siapa yang tidak ingin berangkat ke tempat kerja mengendarai Alfa?

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Bagi yang tidak menyelami dunia Alfa, pasti bingung akan arti daun semanggi Alfa. Quadrifoglio / Quad Cloverleaf, adalah simbol keberuntungan yang pertama kali dipakai oleh salah satu pembalap Alfa, Ugo Sivocci di RL-nya pada kejuaraan Targa Florio 1923. Sebelumnya, Sivocci selalu berada dalam posisi ke-2, dan setelah memakai emblem Quadrifoglio? Dia akhirnya menang! Sayangnya, saat ia mengetes P1 (yang tidak memakai logo Quadrifoglio), dia terkena kecelakaan dan meninggal…

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Sejak itulah, Alfa selalu menyematkan logo keberuntungan ini, baik dalam setiap mobil balapnya, atau mobil-mobil kelas tertingginya, seperti contohnya 8C Spider. Is that myth is real? Mungkin saja. Meski tidak mengikuti kompetisi, 8C Spider memenangkan kontes lain : The best sounding car oleh majalah Evo pada tahun 2011.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
The sexiest cabriolet. Wolfgang Egger mendesain 8C dengan aura yang sama dengan pendahulunya, 8C 2900B Mille Miglia Roadster. And God, saking terpesonanya akan lekuk moleknya, kita lupa bahwa ini adalah penerus dari “il MostroSZ, yang meski dibantu oleh Zagato, namun memiliki desain yang…

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Dari keluarga Tipo F136 Fiat, bisa dibilang 8C Spider-lah primadonanya. Ya, GranCabrio & F430 Spider didesain Pininfarina, serta selera setiap orang pasti berbeda-beda. Sayangnya, hampir semua orang di Goodwood mengatakan hal yang serupa : 8C Spider is sexiest Alfa today, sekalipun dibandingkan dengan TZ3 bermesin V10 dari Dodge Viper didepannya.

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
Roar of the greatest Italian modern V8 engine, AR8C, cabriolet, 8C. The perfect recipe for attention stealer. Dan Pedal2theMetal rasa, anak ini seperti menemukan cinta pertamanya dalam dunia otomotif…

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012

“Travel is more than the seeing of sights; it is a change that goes on, deep and permanent, in the ideas of living.”
Miriam Beard

Setelah mengakhiri tur Road to Goodwood sepanjang 2000km, apa saja yang didapat Alfa Romeo? Pujian akan desain Giulietta QV? Performa cemerlang dari mesin 1750 TBi? Tidak. Mereka mencari akan apa yang membuat Alfa Romeo bisa menjadi sebesar sekarang…

Alfa Romeo Road To Goodwood 2012
…And the answers is heritage. Yang dibangun oleh Alfista, kemenangan Autodelta & Alfa Corse didunia balap, serta puluhan mobil legendaris yang meskipun tidak sempurna, tapi memiliki 1 hal yang akhirnya menjadi tagline dari Giulietta :

Without heart, we would be mere machines

Jiwa. Soul. That’s how Alfa Romeo still makes every gearheads like Pedal2theMetal dreaming about them. Happy birthday 50th Giulia, the cars that “designed by the wind“!

Sumber : Alfa Romeo Road to Goodwood

12 thoughts on “Alfa Romeo Road to Goodwood 2012, The Tour Of Red Lucky Clover

  1. benar benar karya seni om rey,
    mungkin hanya orang yang mengerti seni lah yg akan membeli mobil ini.
    ada gak ATPM nya di indonesia?

    • Kalau zaman duuluuuuuuu banget (era 40an), pas pabrik mobil pertama di Indonesia (Fiat), mereka sempat assembling Alfa kalau tidak salah.

      Lanjut, beberapa model Alfa juga sempat dibuat & dijual (sebagian) di Indonesia, misalnya GTV & Giulia yang sedan.

      Menurut AROC (Alfa Romeo Club Indonesia), Alfetta juga sempat dirakit & dijual disini juga…

  2. Pingback: Why Pedal2theMetal Eligible To Get Ticket and Watch F1 LIVE in Singapore | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s