Bagaimana Mini Mengubah Dunia Motorsport Part.1

Mini Cooper Motorsports
Mini, berasal dari bahasa Latin minimus yang berarti kecil. Biasa digunakan dalam menggambarkan sesuatu yang mungil, seperti rok mini misalnya hehehe…Yah, jika kita mendengar kata itu, maka yang akan muncul dalam pikiran kita adalah (selain rok mini) adalah sesosok mobil kompak, gesit & lincah dari Inggris, Mini.

Mini Cooper Motorsports

“The public don’t know what they want; it’s my job to tell them”
Sir Alec Issigonis

Bagaimana bisa, mobil yang pertama kali muncul pada tahun 1959 ini bisa mengguncang dunia dengan tingkah & polah menggemaskannya? Mungkin dari desainnya yang tidak lekang dimakan zaman. Mungkin dari kegesitannya yang dikenal dari cerita-cerita & film seperti Italian Job. Tapi yang paling dikenal, mungkin karena Mini tercatat sebagai salah satu “aktor” tersukses dalam dunia motorsport.

Mini Cooper Motorsports
Pedal2theMetal tidak begitu paham, bagaimana mobil yang didesain sebagai transportasi murah & ekonomis seperti VW Beetle ini bisa terjun dalam dunia balap. Yang pasti, nama John Cooper, konstruktor mobil balap legendaris Inggris pasti akan terucap. Tanpa dia, dunia pasti tidak sadar potensi tersembunyi dari mobil rancangan Sir Alec Issigonis ini.

Mini Cooper Motorsports
Terbukanya mata publik akan kelihaian Mini & balap, diawali dari kesuksesan John Love dalam mendominasi British Saloon Car Championship (dikenal sekarang dengan nama BTCC) pada tahun 1962, mengalahkan kompetitor yang lebih besar seperti Austin Westminster & Ford Anglia.

Mini + John Cooper Works = Mini Cooper = Kemenangan. Sebuah resep ampuh untuk mendongkrak nama Mini di dunia.

Mini Cooper Motorsports
Namun, kiprah Mini & motorsport yang paling heroik, adalah dalam dunia rally. Sebenarnya terdengar nekat & dungu. Oke, mungkin di aspal, Mini Cooper masih bisa beraksi. Namun di tanah, salju & alam liar? Kokohkah performa Mini Cooper? Bukankah itu mobil ringkih? Itulah pertanyaan yang bergejolak saat mendengar Mini berencana membuat versi homologasi untuk kebutuhan rally Grup.2.

Mini Cooper Motorsports
Kemenangan pertama Mini di dunia rally, diawali dari kemenangan sang ratu rally, Pat Moss-Carlsson dalam kejuaraan Tulip Rally di Belanda, pada tahun 1962. Selanjutnya, Rauno “The Professor Rally” Aaltonen dalam rally Monte Carlo pada tahun 1963. Dan itu bukan akhir dari perjuangan Mini & rally, melainkan awal dari sebuah kisah legendaris…

Mini Cooper Motorsports
Pada tahun 1964, tim Mini Cooper dari Inggris kembali menurunkan skuad mereka, Rauno Aaltonen, Paddy Hopkirk, Timo Mäkinen dalam kejuaraan rally Monte Carlo, mengalahkan kompetitor terberatnya, Eric Carlsson & SAAB 96-nya, yang notabene suami dari Pat-Moss, juara Mini terawal dalam dunia rally! Bagaimana bisa Mini menang?

Mini Cooper Motorsports
Yang pertama, konsep ringan & gesit Mini, sebenarnya sudah terbukti ampuh dalam dunia rally, diawali dari kesuksesan Panhard PL 17 memenangkan Monte Carlo pada tahun 1961. Mini mendominasi kejuaraan Monte Carlo sejak tahun 1964 sampai 1967. Kecuali pada tahun 1966, karena mereka didiskualifikasi karena alasan yang…Tunggu saja kisahnya di Pedal2theMetal nanti!

Mini Cooper Motorsports
Setelah kemenangan “Nyamuk kecil pembunuh raksasa” di Monte Carlo, entah mengapa nama Mini tidak begitu aktif kembali dalam dunia balap. Sebenarnya nama Mini masih cukup terdengar pada era 70an & 80an, seperti kemenangannya dalam BTCC, atau banyaknya pemilik Mini yang memacu mobilnya dalam sirkuit, agar semangat pemenang “Car of the Century” oleh majalah Autocar ini terus terngiang menggema di dunia.

Bagaimana kisah Mini Cooper & rally Monte Carlo pada tahun 1966, dan kelanjutan kisah Mini & Dunia Motorsport? Tunggu saja besok di Pedal2theMetal!

19 thoughts on “Bagaimana Mini Mengubah Dunia Motorsport Part.1

  1. nice car,
    pingin punya satu buat harian
    tp mesin diganti made in japan 1000cc saja
    cuman mo nyari kok syusyah ya…
    —btw thanks artikelnya mas Reihan

    • iya mas, di youtube banyak mini wagon swap motorcycle engine
      seperti hayabusa,R1,fireblade,dll
      sayang di indonesia tidak pernah terlihat…
      gak bisa bayangin (light weight+crazy power)

      • Saya pernah lihat video Mini & Hayabusa = Minibusa = Supercar assassin😈

        Yang jadi masalahnya itu reinforced-nya sih. Sasis selentur & semungil Mini, memang butuh banyak modifikasi agar kuat membopong mesin metal…Dan modifikasi rangka itu adalah ilmu hitam, alias beresiko tinggi tapi berkhasiat😀

  2. mini cooper, salah satu legenda british superlight yang masih menggelora. Walau cooper baru dan sekarang terkesan turunan kayaknya rohnya cooper lama tidak ditemukan di cooper baru. malah nyasar ke daihatsu mira a.k.a daihatsu ceria😆
    padahal lahan bisnis segar plus senjata makan tuan buat fiat “gope” kalo bmw bikin the real rover mini cooper.

      • memang beda kelas tapi karakternya bawa cooper lama nyaris sama dengan mira. Kalau apa yang dilakukan bimmer kepada mini saat ini sudah tepat, tapi kalo bimmer bisa membuat reborn rover mini cooper, baru namanya ISTIMEWA.

        mungkin malah seperti fans service piaggio yang tetap menghadirkan vespa PX di saat lainnya sudah modern dan 4T hehe….

  3. inilah yg namanya kecil2 cabe rawit, ketika di sirkuit bentuknya emang ga mengintimidasi lawan, tp hasil akhirnya bener2 bikin lawan shock therapy! hehehehehehe…buat pedal to the metal tetap semangat memberikan berita2 otomotif lg dong, pedal to the metal salah satu blog favorit ane!, oh iya skali2 ulas dong tentang corolla all new! hihihihihi

  4. yang terlintas di pikiran ogut kalo liat mini = Mr. Bean!

    eh tadi gue liat taft kebo narik metro mini mogok loh #gapenting

  5. Pingback: Bagaimana Mini Mengubah Dunia Motorsport Part.2 : Mini’s Monte Carlo Marvelous Magic | Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Fensport Celica GT4 X, Farewell The All-Around Assassinator… | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s