McLaren MP4-12C & Dunia Modifikasi, Bisakah?

McLaren MP4-12C High Sport Special
MP4-12C adalah sebuah kesempurnaan. Sempurna? Jika kita berdebat soal estetika & performanya, mungkin muncul ribuan argumen, seperti “458 Italia lebih kuat aura supercarnya!” atau “Gallardo lebih kejam Bung!“. Ya, tapi coba lihat pencapaian & komentar para tester yang mencoba mahakarya dari Frank Stephenson ini : Semua tertuju pada satu jawaban; MP4-12C adalah mobil yang sempurna, dengan menggabungkan unsur fungsionalitas & ekslusivitas.

McLaren MP4-12C Bespoke Special
Salah satu visi McLaren Automotive, adalah selalu mengerjakan segalanya secara total & sempurna. Dari F1 yang sampai sekarang tetap menakjubkan, sampai SLR McLaren yang sudah menjadi “Modern Classic“, pabrikan yang bermarkas di Woking, Inggris ini selalu menjadi sorotan publik dunia otomotif. They are the perfect team for making the perfect car. Termasuk MP4-12C? Bisa jadi.

The answer is, can it modified? Pedal2theMetal akan mencoba memberikan beberapa contoh modifikasi supercar ini, Okay, let’s check them!

McLaren Special Operations Division MP4-12C Bespoke
McLaren MP4-12C High Sport Special
Salah satu MP4-12C yang pertama kali dimodifikasi, tentu berasal dari divisi tuning resmi McLaren sendiri. Diperkenalkan di acara bergengsi Pebble Beach Concours d’Elegance, ada 2 versi MP4-12C dari mereka. Yang pertama, adalah MP4-12C diatas yang berwarna Volcano Orange khas McLaren.


Sekilas hanya velg “Diamond Cut” & atap hitam saja ubahan mereka. Ehm, jika anda teliti, maka anda akan menemukan kalau sirip-sirip di body & velg, ventilasi mesin & dek belakang, sampai wiper menggunakan karbon fiber. An A-Quality carbon fiber, dari pabrik yang sama McLaren memproduksi mobil balap Formula 1 mereka. Damn…

McLaren MP4-12C High Sport Special
Lalu, bagaimana MP4-12C lainnya dari divisi itu? Sebuah MP4-12C berwarna krom. Norak! Ya, tapi jika menganggap cat ini sama dengan mobil hasil acara Pimp My Ride, maka anda bukanlah penggemar McLaren & dunia balap, karena cat krom ini adalah cat spesial dari AkzoNobel Sikkens, yang juga dipakai di tim McLaren Formula 1 karena ringan & menambah aerodinamika. Sayang, MP4-12C serta opsi catnya tidak dijual, karena menjadi rahasia & hak ekslusif tim McLaren F1…

McLaren Special Operations Division MP4-12C High Sport
McLaren MP4-12C High Sport Special
Jika pemakaian material karbon & cat eksentrik bukan selera anda, mungkin MP4-12C High Sport bisa menarik perhatian anda. Ubahannya termasuk serius jika dibandingkan versi Bespoke, seperti kit aerodinamika berbasis dari MP4-12C GT3, seperti bumper depan-belakang, wing spoiler, dan ya…Velg baru. Dan semuanya bukan hanya menambah estetika saja, it’s McLaren, guys! Salah satu pakar aerodinamika terbaik di dunia!

McLaren MP4-12C High Sport Special
Untuk apa memang penambahan aerodinamis MP4-12C yang sudah sangat baik? Itu karena ada peningkatan tenaga cukup signifikan pada High Sport! Dengan tambahan 75hp pada mesin V8 3800cc Twin-Turbo, bukan sekedar pemanis saja kalau MP4-12C ini bangga disematkan nama “High Sport“. Memang, tidak sekeren emblem “Superleggera” atau “Scuderia” khas saingannya, tapi tambahan 75hp di MP4-12C? It’s gonna spectacular!

McLaren MP4-12C High Sport Special
Menarik memang melihat High Sport ini. Sebuah MP4-12C yang dimodifikasi secara ekstensif dengan resmi oleh McLaren sendiri. Hampir tidak ada kekurangannya, kecuali satu…McLaren Special Operations Division hanya membuat 5 unit High Sport saja, yang semuanya sudah laku dibeli dengan harga yang tidak diketahui. Terlalu ekslusif? Itulah ciri khas McLaren sejak era F1. Untunglah, ada tuner lain yang berani memodifikasi MP4-12C, misalnya :

Wheelsandmore Toxique Evil
Wheelsandmore MP4-12C
Wheelsandmore, merupakan tuner dari Jerman yang sudah aktif memodifikasi supercar sejak tahun 1999. Ciri khas mereka, sesuai namanya : Awali dari velg, lalu bagian-bagian lainnya. Dan bagusnya, sisi fungsionalitasnya tetap terjaga. Bagaimana dengan MP4-12C yang diberi nama cukup menyeramkan ini? Let’s roll.

Wheelsandmore MP4-12C
Nama yang berarti “Iblis Beracun” dipakai karena berkat modifikasi ECU & knalpot baru, ada peningkatan tenaga dengan total mencapai 666hp, angka yang identik dengan satanisme! Tapi tidak usah gentar, dengan ubahan suspensi baru yang menurut klaim mereka meningkatkan stabilitas & responsivitas, bisa jadi kita bisa memanfaatkan “iblis” ini untuk menghancurkan kuda & banteng Italia itu!

Wheelsandmore MP4-12C
Meski memiliki figur performa menyeramkan, eksteriornya malah nyaman untuk dipandang. Itu berkat penurunan suspensi sekitar 25mm, dan velg forged 6Sporz² dengan finishing custom sesuai pesanan baik material sampai finishingnya. Best part? Justru stripping Wheelsandmore yang membujur mengikuti arah pengemudi, khas mobil balap era 70an. Me gusta!

Gemballa MP4-12C GT
Gemballa MP4-12C GT
Gemballa GmbH, semenjak proyek MIG-U1 & ditinggalkan oleh Uwe Gemballa, semakin berani untuk merambah pasar lain, jika sebelumnya mereka ekslusif memodifikasi Porsche saja. Dan, tidak ada mobil lain yang pantas dimodifikasi dengan semangat Uwe Gemballa sebagai inovator, selain McLaren MP4-12C. Apa saja ubahannya?

Gemballa MP4-12C GT
Sebenarnya tidak banyak menurut Pedal2theMetal. Selain bumper baru, detail-detail spoiler & velg, terhitung minim ubahan lain yang berarti. Kecuali pada bagian interiornya, yang memakai konsep warna yang sama dengan Mirage GT. Soal pemilihan warna, Gemballa memilih warna ini karena mereka juga memakai warna biru untuk tim balap GT3 mereka, yang memakai MP4-12C GT3. Mungkin identitas Gemballa “Reborn” adalah warna biru?

Gemballa MP4-12C GT
Mungkin Gemballa masih menyimpan rencana lain untuk GT yang memakai velg ukuran 20″ didepan & 21″ dibelakang ini, karena masih terasa minim kesan “Gemballa” yang dikenal ekstrim dalam dunia modifikasi supercar. Dan, dengan pengalaman mengikuti balap profesional Grand Touring, mungkin nanti ubahan mesin GT akan mengacu pada mobil balap itu, hasilnya pasti dahsyat!

Hamann Motorsports memoR
Hamann Memor MP4-12C
Akhirnya, MP4-12C yang dimodifikasi secara ekstrim! Ah, tidak terasa ekstrim memang, tapi terhitung berani dibandingkan contoh-contoh diatas. Dengan pemakaian widebody kit & wing spoiler berbahan karbon yang dicat hitam, memoR yang dibuat secara terbatas ini menjadi mirip MP4-12C GT3, sangar! Best mod? Roofscoop. Yeah, memoR sekilas mirip kakaknya, F1. Coba anda bandingkan!

Hamann Memor MP4-12C
Anehnya, meski dari eksterior terlihat kejam & sangat high-performance, Hamann Motorsports tidak memodifikasi sektor mesinnya. Eh? Padahal kalau melihat ubahan-ubahannya (termasuk velg 21″ UNIQUE FORGED II atau EDITION RACE), bobot memoR cukup meningkat, sehingga membutuhkan dorongan tenaga lebih besar. Poser? Entahlah…

Hamann Memor MP4-12C
Setidaknya, dengan desain widebody, spoiler, paintjob & pemakaian knalpot 3-ujung (sebelumnya hanya 2), orang lain akan gentar dalam menyalip memoR, meski ya…Jika (alm) Richard Hamann masih hidup, mungkin dia akan memodifikasi memoR lebih brutal lagi!

FAB Design MP4-12C Terso
FAB Design MP4-12C Terso
Yup, another extreme MP4-12C, yay! Roland Rysanek, pimpinan dari FAB Design dikenal dengan desain-desain yang…sulit dicerna publik (Daripada disebut jelek? Modifikasi itu karya seni yang tiap orang punya deskripsi sendiri!) Untunglah Terso yang ubahannya mirip dengan memoR (Widebody, roofscop, wing spoiler) cukup enak dilihat, meski sekilas Pedal2theMetal rasa mirip Artega GT yang diperbesar…

FAB Design MP4-12C Terso
Tidak hanya eksteriornya, interiornya-pun memakai tema yang sama : Futuristis. Rumah modifikasi yang bermarkas di Swiss ini memakai lapisan papan atas seperti kulit & serat karbon untuk menyelimuti kabinn Terso. Nice touch, terutama pemasangan LED yang membuat kabin Terso seperti dalam film TRON!

FAB Design MP4-12C Terso
Ada kelebihan Terso jika dibandingkan memoR. FAB Design memodifikasi mesinnya! Dengan tenaga 680hp yang dihasilkan dari ubahan ECU & knalpot spesial, Terso dapat lebih cepat dalam berakselerasi (0-100km/h hanya 3 detik) dan hebatnya, ubahan eksteriornya menambah aerodinamika & downforce sehingga pengemudinya bisa mencapai topspeed sampai 343km/h, top! Meski FAB Design Terso bukan yang paling ekstrim saat ini, karena :

Mansory MP4-12C
Mansory MP4-12C
Mansory…Yeah, pengamat modifikasi pasti langsung menutup mata mereka. Okay, Kourosh Mansory dikenal dengan kreasi “vulgar” & sangat “Dubai-ish“, karena terlalu mengumbar material super mahal seperti karbon, emas, kulit, dan warna-warna terlalu mencolok. Eits, itu dulu. Beberapa kreasi Mansory juga sedap dipandang, dan beberapa sudah diulas oleh Pedal2theMetal, seperti Siracusa & Cormeum. Bagaimana dengan MP4-12C ini?

Mansory MP4-12C
Ciri khas Mansory masih terasa kuat memang, dengan pemakaian material karbon yang bertebaran dimana-mana, mulai dari di widebody yang lebih lebar 60mm, air splitter, diffuser, serta sayap belakangnya. Kabin? Okay, not Pedal2theMetal taste, tapi cukup menarik juga, karena satu tema (warna) dengan eksteriornya. Kesan Pedal2theMetal? Kok jadi teringat iklan Oreo & gadis cilik yang tiba-tiba terkenal itu…

Mansory MP4-12C
Tampang berotot tentu harus dibuktikan kredibilitasnya dengan performa di jalan. Mansory, mengikuti jejak tuner lain, dengan melakukan ubahan pada ECU & Knalpot 4-larasnya. Hasilnya? 670hp & torsi 675nm, dengan topspeed maksimum 353km/h. Menjadikan gubahan tuner dari Jerman yang sekarang menjadi partner Lotus ini diakui Pedal2theMetal sebagai the most extreme street MP4-12C! Sayangnya, akan muncul :

Hennessey Performance MP4-12C HPE800
Hennessey Performance MP4-12C HPE800
Beri mobil apapun kepada Hennessey Performance yang bermarkas di Texas, Amerika ini. Dijamin siap memuntahkan tenaga sangat luar biasa! Sebenarnya, HPE800 ini masih berupa konsep, tapi hasil akhirnya patut kita tunggu. Terutama pemasangan kit twin-turbo yang bisa anda tebak, membuat anda dapat merasakan lecutan tambahan 200hp langsung dibelakang punggung anda!

Hennessey Performance MP4-12C HPE800
Meski memiliki mesin angker, eksterior HPE800 masih cukup “subtle“, kecuali saat melihat bokong dengan diffuser besar-nya menyemburkan api dari knalpot 4-laras yang jujur, terlihat primitif namun sangat garang! Tidak ada keterangan lain dari Hennessey Performance, tapi dengan konsep ini saja, banyak pemilik MP4-12C & modifikator lain tidak sabar akan kehadirannya, karena pasti siap membuat kehebohan!

McLaren MP4-12C High Sport Special
So, what’s your favorite, Pedal2theMetal readers? Dunia tuning memang menyimpan jutaan opsi & potensi, dan akan terus berkembang sampai kapanpun. Sekalipun untuk mobil paling sempurna, para tuner akan mencari celah untuk diolah, entah akan menambah performa, estetika, atau justru malah menguranginya. It’s okay, karena bukankah itu seni dari modifikasi? Membuat impresi & ekspresi. Itulah modifikasi.

McLaren MP4-12C High Sport Special
Hmmm…Jika disuruh memilih, maka Pedal2theMetal akan memilih High Sport dari McLaren Special Operations Division. Alasannya? Ini adalah tuning resmi dari pihak McLaren, sehingga performa & kualitasnya dapat dipertanggung-jawabkan, dan dibuat sangat ekslusif. What a killer combination! Sayang, hanya 5 unit…Dan bisa jadi, 5 unit itu dimiliki oleh 1 orang saja…

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

10 thoughts on “McLaren MP4-12C & Dunia Modifikasi, Bisakah?

  1. gile om mclaren hahaha akhir2 ini lg dmn ama 12c nh ga tw knp… mclaren 12c can am mna nh hehehe… gallardo nama & aurany sangar tp mesinny gede bgt tp HP msh klah ama 458 … sayang w kurang dmen ama revv ny mclaren ga ad serem2ny coba klo mesinny mcL naturally aspirated non turbo pasti tambah kren

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s