Renault 5 Alpine Group.2, A Little Things That Matters…

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally

Little things make the difference. Everyone is well prepared in the big things, but only the winners perfect the little things.
Paul “Bear” Bryant

Tahu arti kutipan diatas para pembaca Pedal2theMetal? Yeah, pemenang adalah yang mempersiapkan hal-hal kecil yang detail dengan baik, seperti preparasi sampai yang terpenting : Mental pemenang. Apakah dengan mempersiapkan hal yang kecil namun tidak remeh ini, kita dapat menjadi…ehm, pemenang?

Pedal2theMetal akan mengulas sebuah mobil balap rally legendaris, yang diharapkan, menjadi inspirasi bahwa : Kau dapat menjadi pemenang jika kau siap menjadi pemenang, siapapun engkau, sekecil apapun engkau. This is Renault 5 Alpine / Gordini Group.2 story.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Pada era 80an, nama kompetisi rally sangatlah bergengsi. Kompetitif, keras & penuh kehormatan, membuat banyak pabrikan mencoba menggapai gelar kemenangan dengan cara apapun. Mulai dari membuat mobil spesial seperti Lancia Stratos, sampai membuat “Works car” seperti Ford Escort RS1800. Hard to compete? Indeed.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Salah satu raksasa otomotif Eropa, Renault, juga memiliki niat besar untuk menjadi pemenangnya. Namun, meski memiliki sumber daya yang cukup kuat, Renault masih belum memiliki mobil yang kompetitif di arena rally internasional. Solusi Renault? Modifikasi mobil yang ada, menjadi luar biasa!

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Uhm, luar biasa? Sebenarnya tidak terlalu spesial jika melihat Alpine (Gordini untuk pasar Inggris). Sekilas, hanya hatchback normal yang diberi perangkat khas rally kelas Group.2, misalnya lampu tambahan CIBIE, fender flare yang dipasang untuk melindungi roda berukuran 13”-nya. Diremehkan oleh awal kemunculannya oleh pihak lain? Bisa jadi.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Renault Sport, divisi balap yang ditugasi meningkatkan performa mobil desain Michel Boué ini tentu tidak hanya menambah kosmetik, namun juga otot yang terkandung didalamnya. 5 yang sudah sangat ringan, dihilangkan bagian-bagian yang dianggap tidak perlu, tanpa alpa untuk menambah rigiditasnya. Bobot akhir? 900kg.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Selanjutnya bagian terpenting : Mesin. Renault Sport sebenarnya bisa saja mengorder mesin spesial seperti misalnya flat-six atau dilengkapi turbocharger bertekanan tinggi. Tapi hal itu (belum) dianggap sesuatu yang penting, karena konsep awal dari proyek ini bukanlah monster liar segala cuaca, namun sebuah senjata mungil yang mudah dikendalikan oleh siapapun.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Terhitung tidak banyak modifikasi di mesin “Sierra” 4-silinder OHV berkapasitas 1400cc ini. Selain parts-parts yang lebih kuat, Renault Sport hanya memakai karburator ganda Weber, yang diharapkan mampu mengolah dengan baik tenaga sebesar 140-150hp, tidak jauh dibanding 5 Alpine standar, yang tercatat menyemburkan tenaga maksimum 92hp.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Kabin juga tidak dirombak secara besar-besaran. Moderat & simple, sekilas tidak berbeda jauh dengan varian jalanannya, termasuk transmisi 5-percepatan bawaan 5 Alpine. Jean Ragnotti & Guy Fréquelin, pilot mobil ini, pasti dapat leluasa berkreasi di “dapur”, tanpa harus merasa terintimidasi seperti kabin mobil rally era 80an lain yang sempit & rumit.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Tidak ada mesin buas dibelakang jok, tidak ada pipa besar untuk memasok udara pada turbocharger, tidak ada rollbar kompleks agar mobil lebih stabil. Just a simple balance hatchback to scream its engine, in every surfaces. Ekspektasi Renault tidak besar memang, namun bukan berarti mereka tidak berjuang menjadi pemenang.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Tim simpel dengan mobil mungil. That’s how French do their thing. Tidak seperti tim dari Italia seperti Fiat & Lancia yang glamor dan penuh aura “We’re the best”, Renault cenderung lebih fokus pada bagaimana kreasi mereka berlari dengan maksimum.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Hasilnya diluar perkiraan. Di rally Monte Carlo tahun 1978, tim Renault seakan-akan mengulangi sejarah “Lalat kecil pembunuh raksasa” Mini di tahun 1964, 1965 & 1967. Di Group.2 yang diisi mobil canggih seperti Fiat 131 Abarth, 5 Alpine memperlihatkan pada dunia akan keajaiban dari sesuatu yang kecil!

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Mulai dari stage salju yang membutuhkan torsi optimum agar melaju dengan lancar…

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
…lalu menuju lintasan tarmac naik-turun-siang-malam yang membutuhkan konsentrasi & ketrampilan khusus untuk melahapnya dengan lancar…

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
…sampai garis finish. Tim Renault seakan-akan tidak percaya mereka berhasil merenggut podium ke-2 & 3, mengalahkan tim lain dengan mobil yang lebih kuat! Tidak menjadi juara pertama memang, tapi siapa peduli? Menjadi juara 1 memang hebat, namun mengalahkan mobil kuat dengan mobil yang diremehkan? Sangat-sangat hebat!

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Porsche 911 Carrera diapit 2 hatchback Prancis? Dunia terkejut? Jelas! Jean Ragnotti & Guy Fréquelin benar-benar menjadi pahlawan Renault, Prancis & pemilik 5, karena mereka berhasil menjuarai salah satu kompetisi terberat bagi mobil, rally.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Untuk merayakan prestasi legendaris itu, Renault meluncurkan 5 Alpine edisi Monte Carlo, dengan skema warna mirip dengan versi rally-nya : Kuning pada body atas, merah dibawah, dengan atap hitam. Bisa jadi anda anggap mobil ini memiliki warna khas restoran franchise dari Amerika Serikat, tapi bukan, ini adalah sebuah penghargaan akan prestasi spesial. Sangat spesial.

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Beberapa tahun kemudian, disaat kelas Group.B muncul sebagai kelas tertinggi di rally dunia, Renault meluncurkan 5 Turbo yang radikal, karena memakai konfigurasi MR dan sangat berbeda jauh dengan versi jalanannya. Tapi dengan mobil kontroversial ini, Jean Ragnotti kembali berhasil menguasai Monte Carlo, kali ini menjadi juara 1!

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally
Tapi…Pedal2theMetal anggap kemenangan ke-2 & 3 dari 5 Alpine Grup.2 lebih spesial, karena tanpa senjata paling kuat, mereka membuktikan dengan preparasi & mental juara, mereka bisa menjadi pemenang. Oh, Pedal2theMetal jadi teringat (lagi) akan kutipan indah :

Renault 5 Le Alpine Group 2 Rally

Semua orang dilahirkan menjadi pemenang, tinggal kembali pada diri anda sendiri; Apakah anda ingin & siap menjadi pemenang?

Sejak dari hal kecil, sperma, sampai pertama kali membuka mata melihat dunia, kita sudah ditakdirkan menjadi pemenang. Tidak peduli apakah anda cacat, merasa kurang & inferior, asalkan anda berjuang dengan keras serta melakukan persiapan menjadi pemenang dengan baik, Pedal2theMetal rasa tidak mungkin anda tidak menjadi pemenang. Renault sudah membuktikan hal itu bersama 5 Alpine Group.2 , now it’s your turn, Pedal2theMetal readers.

Good night, and thanks for reading!

Sumber :

Renault Sport France
Renault Classic

15 thoughts on “Renault 5 Alpine Group.2, A Little Things That Matters…

  1. we want group B back hahaha
    kecil kecil cabe rawit ni mobil
    tapi patut diakui dalam balapan torque n power is not everything, yang paling mematikan justru balance
    ditunggu tulisan berikutnya ya hahaha

  2. Bahas Renault 5 turbo n kembaran beda ibu bapaknya (Peugeot 205 T16) dunk brooo. sekalian Lancia 037 (dulu klo liat gambarnya 037, gw kira itu Ferrari di ajak rally)

  3. really really cool gan, nice article….(sering sering posting ye gan!)
    bagaikan “daud” mengalahkan para “goliath”
    di tunggu pembahasan mobil-mobil rally legendaris nya ya gan (tambah penasaran)

  4. apa penerusnya renault 5 alpine malah renaultsport twingo gordini yahh?? kok kayaknya kurang spicy hehehe:mrgreen:
    ingetnya malah yang versi turbo, sayang sudah tidak ada penerusnya sejak renaultsport clio V6 diskontiyu. Padahal di kubu eropa cuma doi dan focus rs aja yang bisa menyaingi kedigdayaan lanevo…..😦

  5. Pingback: Bagaimana Mini Mengubah Dunia Motorsport Part.2 : Mini’s Monte Carlo Marvelous Magic | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s