HATEM Motorsport BMW 120d Coupe “1M”, Law & Order

HATEM BMW 120d 1M
Pajak. Ah, sebuah kata yang sangat mengusik batin penggemar otomotif, terutama di negara-negara seperti Asia, Afrika & Eropa Timur. Bayangkan, harga sebuah Mitsubishi LanEvo X GSR di Inggris berkisar di angka 422 juta, dikarenakan pajak di Indonesia, harga yang harus dibayar penggemarnya adalah 1,2M! Membuat banyak orang mengurungkan niatnya memiliki sedan 4-pintu pembantai supercar ini…

BMW 1M
Now take a look to this little beauty, 1M. Anggota keluarga terkecil “M-Performance” dari BMW ini, merupakan pilihan banyak high-performance purist. Why? Coba lihat figur spesifikasinya : RWD, Kompak, mesin 6-silinder twin-turbo bertenaga 335hp@5900rpm & 450nm@4500rpm, dengan bobot bersih 1.495kg. Akselerasi? 0-96kmh hanya 4,7 detik. Top!

BMW 1M
Sayangnya, 1M yang meneruskan tongkat baton small & light performance sedan BMW seperti 2002 & M3 E30 meski menjadi mobil M-Performance paling “murah“, namun karena pajak di beberapa negara, harganya sangat melonjak tingi. Di Mesir, dengan pajak mobil impor berkapasitas diatas 2000cc mencapai 300%, harga 1M yang di Amerika dipatok $50.000, di Mesir menjadi $150.000. Sangat-Tidak-Masuk-Akal!

HATEM BMW 120d 1M
Namun racun mematikan 1M sulit untuk dipadamkan, membuat salah satu pemilik BMW 120d Coupe (E82 versi Diesel) bekerja sama dengan HATEM Motorsport Egypt mencoba membuat 1M yang lebih “rasional“. Pekerjaan pertama? Eksterior ditelanjangi dulu, untuk mentransformasinya menjadi (mirip) 1M.

HATEM BMW 120d 1M
Seperti kebanyakan member Girlsband K-Pop, agar berubah menjadi lebih cantik, wajah adalah hal pertama yang harus dioperasi & dipermak. Bumper 1M serta area pendinginan radiator yang lebih lebar & besar dipasang dengan mudah tanpa modifikasi berarti.

HATEM BMW 120d 1M
Selanjutnya, seluruh panel body dari 1M menggantikan panel bawaan 120D. Meski lebih lebar, rupanya modifikasi ini justru meringankan bobot totalnya menjadi 35kg lebih ringan. HATEM sendiri memodifikasi fender belakang 120d untuk melebarkan ruang suspensi yang kelak akan digantikan suspensi bawaan 1M. Total pengerjaan eksteriornya memakan waktu 4-minggu.

HATEM BMW 120d 1M
Jadi, sampai sini Pedal2theMetal hanya menulis soal transformasi 120d menjadi 1M. Boring! Hey-hey, tunggu dulu, highlight tulisan ini bukanlah soal transformasi menjadi 1M, melainkan apa yang dibenamkan HATEM kedalam ruang mesinnya : The hardcore V8 4000cc, BMW S65 dari M3 E92! Mesin ini dipilih karena selain belum pernah dilakukan untuk E82 & 1M, iming-iming tenaga & torsi lebih besar serta tanpa turbo-lag seperi 1M membuat HATEM makin bersemangat untuk melakukannya!

HATEM BMW 120d 1M
HATEM cukup menemui kendala dalam memasang mesin bertenaga 414hp@8300rpm kedalam ruang mesin E82. Yang pertama adalah panel bumper 1M yang lebih pendek dibanding E92. Lalu, kelistrikan mesin S65 & E82 yang jelas-jelas berbeda. Banyak ubahan custom dilakukan HATEM agar seluruh kelistrikan seperti lampu, kaca & iDrive khas BMW dapat berfungsi.


Akhirnya, setelah 3-4 minggu penuh perjuangan, HATEM berhasil menghidupkan proyek engine-swap ini dengan sukses. Hampir seluruh fungsi kelistrikan mobil yang sekarang memakai ECU Siemens MS bawaan E92 dapat digunakan tanpa masalah. Satu-satunya problem adalah knalpot, karena sasis & panel bawah 120d yang berbeda dengan 1M.


Solusinya? Get a custom exhaust! Melodi yang dihasilkan knalpot custom HATEM & mesin V8 N/A sendiri…Ahh, it’s a real “music” for car enthusiast! HATEM sendiri berhasil memasang transmisi 6-percepatan dari 1M, meski mereka mengatakan tidak mustahil untuk memakai transmisi 7-percepatan DKG dari E92!

HATEM BMW 120d 1M
Agar kuat menahan gempuran tenaganya, HATEM tidak memilih perangkat rem bawaan 1M yang dikenal kurang bagus, apalagi untuk menahan mesin S65. Akhirnya perangkat rem raksasa dengan kaliper 8-piston dari D2 dipasang & bersembunyi dibalik velg 19″ 359M dari 1M. Menjaga aura “Sleeper“? Mungkin.

HATEM BMW 120d 1M
Next project adalah melakukan final touch. Warna Alpine White khas 1M & M3 tetap dipakai, namun khusus untuk atapnya, HATEM memilih cat hitam high gloss agar terlihat mirip dengan E92 yang memakai atap dari karbon fiber. Nice, karena untuk mobil yang dibuat terbatas sampai Juni 2012, parts ekslusif seperti itu harusnya dilakukan M-Motorsport…

HATEM BMW 120d 1M
Setelah memakan waktu 2 bulan untuk proyek yang cukup fantastis ini, HATEM rupanya tidak puas berhasil membuat 1M versi “ekonomis” untuk Mesir (rupanya mereka “hanya” menghabiskan dana sebesar $45.000 untuk proyek ini, tetap jauh lebih murah dibanding membeli 1M), mereka ingin menurunkan mobil ini dalam kompetisi drift profesional di region UAE / Uni Emirat Arab.


Why drift? Mengapa tidak kompetisi sirkuit seperti Time Attack misalnya? Well, selain terlihat menarik jika melihat sebuah 1M menggoyangkan bokong seksinya demi asap & angle, coba lihat video diatas, 1M paling binal mungkin kesan yang muncul di pikiran Pedal2theMetal! Yap, karakter oversteer yang dihasilkan dari wheelbase pendek & mesin V8 bertenaga tinggi memang cocok untuk kebutuhan drifting.

HATEM BMW 120d 1M
The conclusion is? Coba anda pikirkan dulu sebelum membeli mobil baru, terutama varian high-performance. Daripada menghabiskan uang banyak, kenapa tidak mengambil jalur alternatif seperti modifikasi untuk mendapatkan hal yang serupa? Meski, well…Pedal2theMetal rasa HATEM bukan mau membuat 1M “murah“, tapi “The Real 1M that should created by BMW“. Mad props to them!

Sumber : 1addicts

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

20 thoughts on “HATEM Motorsport BMW 120d Coupe “1M”, Law & Order

  1. yg kyk gini kan uda sering diterapin ama org indonesia, tp totalitasnya itu yang kurang… finishing ancur lah, cat kualitas murahan… kesannya maksa😈

    mau Evo murah, ya modif aja GLXi jadi Evo… di kampus ane aja ada 3-4 evo jadi2an dengan model Evo VI, VII, VIII… Evo dengan rem belakang tromol tentunya:mrgreen:

      • mungkin malah lebih ganas daripada black seriesnya amg.

        sebenarnya banyak mobil bmw yg engine swap, contohnya spt 1M ini juga, mungkin karena orinya M-series memang gak pernah jor-joran tenaga, yang penting sensasi mengemudi😀

        tapi yah namanya juga hitam diatas putih, maklum belum pernah nyoba M-series mzbro. Tapi kalo lihat komparasi M-series lawan AMG dan RS kayaknya selalu menang klo gak runner up ….

  2. ternyata orang mesir ga kalah edan ya sama orang jepun dan amrik hahaha
    penasaran ni kapan ada tuner house sekaliber hatem di indo , ato malah uda ada cuman ane gtw ya??

    • Untuk BMW…Dunno, tapi GAR Power, Shift Engineering, KS Nusa, REV, Sigma Speed-nya Om Sholeh itu adalah tuner kaliber Dunia di Indonesia🙂

      Terutama Sigma Speed, dari zaman Soeharto sampai SBY dikenal top, terutama rally & sirkuit😀

  3. Ada tuh orang Jakarta yg pernah konversi total Lancer GLXi 93 jadi Evo 1. Coba aja search tridnya di mod.com di bagian show-off Mitsubishi. Dia jelasin semua tuh proses modifikasinya dari awal sampe ampir jadi, gatau tapi skrg masih update ga tuh, gw udah ga pernah buka lagi soalnya😀

    Paling keren yg pas dia jejelin gardan belakang original Evo, sampe bobok lantai mobilnya segala demi pasang itu gardan. Top abis.

    • That’s whole lotta dedication & passion!

      Jika dihitung secara rasional, sebenarnya aksi konversi seberat & setotal itu tidak masuk akal…But, that’s magic of tuning a car eh?🙂

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s