RE-Amemiya GReddy VI-AZ1, Born as Elf, Raised like a Giant

RE Amemiya GReddy AZ-1
Ah, lagi-lagi Pedal2theMetal mengulas salah satu kreasi RE-Amemiya…Hmmm, tidak apa-apa kan? Lagipula, tidak ada nama yang lebih besar dibanding RE-Amemiya dalam dunia modifikasi Wankel-Rotary. Untuk itulah, Pedal2theMetal akan mengulas kreasi mereka yang paling ajaib, menantang, sekaligus mendebarkan.

RE Amemiya GReddy AZ-1
Thinking outside the box, merupakan mantra yang kuat efeknya, untuk membuat tuner paling old-school & tradisional sekalipun akan membuat mahakarya yang menggebrak. Jika anda adalah seorang tuner papan atas Mazda, platform apa yang akan anda pakai untuk berkreasi? RX-7? RX-8? Demio? Bagaimana kalau AZ-1?

RE Amemiya GReddy AZ-1
Meskipun dibuat untuk kebutuhan jalanan, Mazda pada tahun 1989 pernah membuat konsep balap dari AZ-1, bernama AZ-550 Sports Type-C. Desain dari Toshiko Hirai yang terinspirasi mobil balap Grup.C itu menghipnotis banyak orang, termasuk Ama-san. Membuat ia berpikir : “Hey, mobil konsep itu mesti diwujudkan olehku, tentu dengan citarasa ala RE-Amemiya!

RE Amemiya GReddy AZ-1
Hasilnya, setelah beberapa tahun untuk riset, Ama-san memperkenalkan bayi terbarunya, RE-Amemiya GReddy VI-AZ1 di Tokyo Auto Salon 1996. Nama VI / Enam sendiri menandakan kalau sudah 6 kali RE-Amemiya & GReedy menjadi mitra dalam membuat mobil demo.

RE Amemiya GReddy AZ-1
Publik TAS tersentak akan kehadiran mobil ini. Dengan bentuk body yang benar-benar berubah dibanding AZ-1 standar, GReddy VI-AZ1 yang menggunakan lampu dari Raybrig ini bahkan bukan saja interpretasi Ama-san akan AZ-550 Type-C, namun membuatnya lebih stylish & unik.

RE Amemiya GReddy AZ-1
Mengganti mesin Suzuki 3-silinder turbo dari Mazda Carol tentu saja hal yang mutlak. Pilihan Ama-san? Tentu saja Wankel-Rotary! Ama-san memilih mesin dahsyat 20B Triple-Rotor dari Eunos Cosmo. Figur tenaganya tidak disertakan, namun melihat tenaga maksimum 20B yang berkisar di angka 300hp serta torsi 407nm, rasio tenaga & bobot VI-AZ1 tentunya sangatlah besar!

RE Amemiya GReddy AZ-1
Bayangkan jika anda berada dalam kabin AZ-1 yang memakai suspensi Bilstein dari Porsche 962 untuk mengemudikan monster kecil ini di jalan, tentu saja menegangkan, meskipun kabinnya sudah diperkuat oleh roll-bar untuk menambah rigid mobil ini.

RE Amemiya GReddy AZ-1
Perhatikan detail-detail kabin VI-AZ1. Sangatlah rapih, mulai dari panel dashboard berbahan wet carbon, pemasangan head unit Carrozzeria / Pionner, sampai indikator STACK. Ama-san tidak hanya memodifikasi, ia ingin membuat makhluk baru, OEM-Style.

RE Amemiya GReddy AZ-1
Pedal2theMetal hanya bisa berkata : Epik! Biarpun berbasis dari mobil kecil, namun ditangan Ama-san, VI-AZ1 yang Pedal2theMetal lihat mirip McLaren F1 ini bertransformasi menjadi supercar kecil, dengan kemampuan yang siap melumat mobil yang lebih kuat & besar!

RE Amemiya GReddy AZ-1
Tapi Ama-san masih belum puas pada monster kecilnya. Ditahun 2000, VI-AZ1 kembali dirombak. Konsep aslinya tetap sama, namun pada inkarnasi yang memakai cat berwarna Cygnus White ini, VI-AZ1 terlihat lebih “racy” berkat penambahan beberapa parts.

RE Amemiya GReddy AZ-1
Parts-partsnya antara lain bumper baru dengan desain baru, yang ditambahkan canard agar lebih aerodinamis. Lainnya? Tentu saja wing spoiler yang menandakan kalau Ama-san serius menjadikan VI-AZ1 menjadi penguasa sirkuit!

RE Amemiya GReddy AZ-1
Ubahan dibagian mesin sepertinya masih tetap sama. Namun ada perubahan seperti rem Brembo dari Ferrari F50, yang bersembunyi dibalik velg (sepertinya) Desmond Regamaster, menggantikan kombinasi Brembo Ferrari F40 & Work VS-KF sebelumnya.

RE Amemiya GReddy AZ-1
Exhaust system juga diganti. Dari yang sebelumnya memakai twin-tail, kali ini single-tail RE-Amemiya Dolphin yang moncongnya mengarah kebawah dipasang. Meski tidak gaya, tapi setidaknya lebih cocok & efektif untuk mesin 20B.

RE Amemiya GReddy AZ-1
Kondisi RE-Amemiya GReddy VI-AZ1 sekarang sudah bukan ditangan Ama-san lagi, namun dibeli oleh seorang kustomer RE-Amemiya, dan sering diperlihatkan kepada umum, mulai dari Daikoku Futo, sampai acara-acara Wankel-Rotary seperti 7-7-7 day. Nasib yang baik memang, meskipun jujur saja, Pedal2theMetal menantikan Dorikin & NOB mencoba menaklukan trek Touge & Tsukuba dengan VI-AZ1. Now that’s exciting!

Sumber : RE-Amemiya

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

10 thoughts on “RE-Amemiya GReddy VI-AZ1, Born as Elf, Raised like a Giant

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s