Scoot Sports 4RE RX-7 FD3S, Street Quad Stunner

Scoot Sports RX-7
Bicara soal Wankel-Rotary, tentu kita semua setuju, kalau masterpiece dari seluruh mobil pemakai mesin itu adalah Mazda RX-7 FD3S. Sleek, stylish & sharp handling. Membuat FD3S mencatatkan namanya dalam sejarah supercar dunia, sebagai salah satu mobil terbaik, baik dalam poin desain & performa.

Scoot Sports RX-7
Sayang, meski dinilai jauh lebih baik dibanding penerusnya, RX-8, Mazda menghentikan produksi RX-7 pada tahun 2002, dan terhitung hanya 68.589 unit RX-7 FD3S, cukup jauh jika dibandingkan total produksi RX-8 yang menembus angka 186.632 unit pada tahun 2011.

Scoot Sports RX-7
Hal ini membuat banyak pihak menghidupkan legenda “RX-7” versi mereka sendiri, terutama oleh tuner-tuner dari Jepang, mulai dari RE-Amemiya, Fujita Engineering, dan yang kali ini diulas Pedal2theMetal : Scoot Sports.

Scoot Sports RX-7
Jika melihat contoh-contoh yang sudah ada, seperti RE-Amemiya AC037 yang terinspirasi Porsche 911, atau AFFLUX dari Fujita Engineering yang mirip akan desain ganas TVR Sagaris, kita dapat mengenali tujuan mereka semua : Membuat RX-7 memiliki desain ala sportcar Eropa.

Scoot Sports RX-7
Hidekazu Koseki, presiden dari Scoot Sports juga berpikiran sama. Namun jika contoh-contoh diatas masih mempertahankan desain curvy bawaan RX-7 FD3S, maka Koseki-san mengambil jalur lebih ekstrem, yaitu merombak total semua sisi, sehingga menjadi wujud yang baru.

Scoot Sports RX-7
Bekerja sama dengan Tamon Shouji dari rumah desain papan atas Tamon Design yang dikenal akan desain yang kontroversial & spektakuler, Koseki-san memilih kit TDC-057, yang kuat akan kesan supercar Eropa, terutama Callaway C12 yang berbasis Chevrolet Corvette.

Scoot Sports RX-7
Memang, masih terasa aura FD3S karena masih dipertahankannya lampu (fixed) serta kap mesin dari Scoot. Namun, kesan “Euro” & futuristik masih lebih kuat dalam sosok 4RE yang berbobot 1300kg ini, karena pemasangan pintu model gunting. It’s so 2000’s Euro car eh?

Scoot Sports RX-7
Meskipun cukup ekstrim, jangan tanya kapabilitas kit dari Tamon Design. Meskipun tanpa wing spoiler, Shouji-san mengklaim kalau TDC-057 aman dipakai dalam kecepatan tinggi, melebihi 300km/h sekalipun, karena TDC-057 didesain untuk maniak topspeed, Wangan.

Scoot Sports RX-7
Tapi, dari seluruh bagian 4RE, Koseki-san paling mengedepankan bagian mesinnya. Mengapa? Sudah anda tebak bukan, kalau RX-7 yang memakai manajemen mesin Apex’i Power FC ini meski memiliki desain yang indah, sebenarnya menyimpan mesin monster, Quad-Rotor!

Scoot Sports RX-7
Terinspirasi dari pahlawan Le Mans dari Jepang, Mazda 787B, Koseki-san yang merupakan mantan engineer suspensi di tim-tim F1 & F3 ini membuat mesin R26B Quad-Rotor versinya sendiri : 2 unit 12A dari RX-7 FC3S, digabungkan dalam 1 unit.

Scoot Sports RX-7
Riset yang dilakukan oleh Koseki-san selama 2 tahun, akhirnya menghasilkan kit Quad-Rotor yang sempurna, dapat dipakai di jalan raya, tanpa melupakan keganasan Quad-Rotor yang menguasai Le Mans di tahun 1991.


Berapa tenaga maksimum mesin ini? Konon ketika Koseki-san pertama memperkenalkannya, 4RE mampu memuntahkan tenaga sebesar 690hp. Sinting! Bahkan, redline-nya juga sangat tinggi, mencapai 11.000rpm, membuat suara mesinnya lebih mirip motor dibanding mobil dalam video ini!


Koseki-san sendiri “menjinakan” 4RE, agar mobil yang awalnya dibuat untuk konsumsi Wangan ini mampu dipakai di trek Touge, dengan tenaga maksimum 350hp@8000rpm. Lebih kecil & sopan memang, namun tetap sama-sama responsif.

Scoot Sports RX-7
Kecepatan maksimum 4RE, belum pernah di-test langsung, namun jika melihat “sarang” mesin ini sebelumnya, Scoot / RE-Amemiya AD GT, yang mampu mencetak topspeed lebih dari 320km/h, sepertinya 4RE siap melampauinya.

Scoot Sports RX-7
Detail-detail 4RE sangatlah impresif untuk ukuran mobil demo. Mulai dari tutup tangki bensin 70 liter ala Formula 3 yang dipindahkan ke pillar B, sampai…

Scoot Sports RX-7
…Interiornya yang tidak terkesan “tuner car.” Perhatikan speedometer yang dipakai, yaitu Defi SSC. Scoot merupakan pihak pertama yang mendapatkan speedometer canggih itu, sebelum dilempar ke pasaran oleh Nippon-Seiki Japan!

Scoot Sports RX-7
Menyamakan dengan kabinnya, Koseki-san tidak memasang tangki terpisah seperti ATL. Ruang belakangnya masih sama dengan FD3S standar, agar tidak menyulitkan dalam dipakai sehari-hari.

Scoot Sports RX-7
Banyak memang konsep-konsep para tuner dalam mewujudkan RX-7 modern. Namun menurut Pedal2theMetal, 4RE dari Scoot Sports merupakan yang paling menawan, karena menggabungkan paras eksotik, mesin ganas, namun tetap nyaman dipakai sehari-hari.

Scoot Sports RX-7
Berminat memiliki Scoot Sports 4RE? Silahkan saja, asal siap akan harga yang ditawarkan oleh Koseki-san : Lebih dari $105.000. Harga yang “ekonomis” sebenarnya, untuk memiliki RX-7 terbaru, dengan desain & teknologi yang mampu melampaui seluruh RX-7 street-legal di dunia…

Sumber : Scoot Sports Japan

15 thoughts on “Scoot Sports 4RE RX-7 FD3S, Street Quad Stunner

  1. mesinya FC3S kan 13B om kalau ngak salah bukan 12A, mesin quad rotor 26B ini kalau ngak salah banyak dipake drag race di australi tenaga memang dibawah chevy V8 kaya LS7 tapi bobotnya yg ringan jadi lebih unggul..

    • Saya juga berpikiran begitu, karena 12A itu jatahnya SA / Generasi pertama. Tapi setelah saya kontak Koseki-san via FB, jawabannya kenapa dia bilang dari FC3S, karena isi housingnya rupanya pakai Ẽfini / Infini, alias RX-7 FC3S, jadi ya…12A dari Scoot Sports itu bisa disebut dari FC3S juga😀

      LS7 memang bertenaga lebih besar dibanding Quad-Rotor, namun responsivitas dari rotary sulit untuk dihadang, dan tentu saja efektif buat Drag🙂

    • Quad-Rotor yang dipakai Koseki-san, memiliki kapasitas 2300cc, lebih tepatnya 2292cc.

      Ada yang berbasis 13B, kapasitasnya 2616cc, tapi lebih berat & rumit, sehingga kurang cocok untuk pemakaian sehari-hari. Katanya si monster Time-Attack Revolution FD3S tahun depan mau pakai mesin monster itu😀

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s