Citroën & Concorde, La connexion française

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Manusia, selalu berevolusi menyesuaikan kondisi & keadaan. Tidak hanya dalam teknologi, namun juga dalam filosofi, keinginan & kebutuhan, yang setiap era pasti berubah-ubah. Apakah hal yang paling diinginkan anak berusia 16 tahun pada era 70an akan sama dengan sekarang? Tentu tidak. Dan evolusi itu juga terjadi dalam dunia transportasi…

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Sebagai contoh, coba kita lihat 2 mahakarya umat manusia dalam dunia transportasi : Aérospatiale-BAC Concorde serta rekan senegaranya, Citroën DS, yang sama-sama memberikan dampak luar biasa akan bagaimana manusia dalam melakukan kegiatan transportasi.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Ingatkah anda akan Concorde? Ya, sebuah ikon abad 20 dalam dunia transportasi & teknologi, karena menjadi pesawat penumpang publik yang mampu terbang lebih cepat dari kecepatan suara / Supersonik, bahkan mampu terbang secepat Mach 2.02, alias 2x lebih cepat dibanding suara serta pesawat lain!

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Memang, Concorde bukanlah pesawat penumpang pertama yang mampu terbang secepat itu, karena Tupolev Tu-144 “Charger” lebih dulu melakukannya. Namun, dibanding monster buatan Rusia itu, nama Concorde yang berarti “Harmoni” jauh lebih besar & dikenal karena publikasinya yang sangat luas.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Lalu, bagaimana dengan DS? Bagi penggemar otomotif, jika tidak ada mobil rancangan Flaminio Bertoni & André Lefèbvre ini, mungkin mobil penumpang dalam sektor desain, handling & kenyamanan mungkin tidak akan seperti hari ini. Bagaikan Michael Jordan & NBA, itulah DS.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Mengapa sebesar itu jasa DS? Tentu karena hal-hal yang dikandungnya. DS adalah inovator dalam banyak hal, yang pertama adalah desain. Pada era 60an, aerodinamika kendaraan penumpang bukanlah hal yang utama, namun DS melakukan revolusi dengan memakai desain aerodinamis demi mengejar efisiensi. Mungkin itu terjadi karena Lefèbure sebelumnya adalah insinyur dalam bidang aeronautika.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Desain yang aerodinamis nan indah itu disusupi dengan teknologi-teknologi yang sangat maju pada zamannya : Suspensi hidrolik, penggunaan cakram di roda depan, power steering, serta transmisi semi otomatik, semuanya makin menambah kesan mewah, nyaman & modern. Sedikit ekletik memang, namun bukankah Prancis adalah negara yang dicintai karena menjunjung tinggi nilai ekletik?

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Anda pasti bertanya, kenapa 2 ikon dalam bidangnya ini masuk dalam tema “The Forgotten One” di blog P2tM, sedangkan kedua-duanya sudah tercatat dalam sejarah sebagai sang inovator? Itu karena sekarang sudah minim terjadi inovasi-inovasi liar & berani seperti pada masa lalu, anda juga mengakuinya kan? Keuntungan lebih penting dibanding kemajuan, itulah mindset para pemain otomotif sekarang.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Untunglah, banyak pihak mulai sadar akan hal itu, dan melakukan perombakan dalam membuat produknya. Dalam hal dirgantara, nama Concorde mungkin sulit muncul kembali suksesornya, namun untuk mobil, telah muncul penerus DS yang memakai nama & dibuat oleh pihak yang sama pula, Citroën.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
DS generasi terbaru, memang sedikit berbeda dengan DS pertama. Jika generasi pertama hanya mengenal 2 model, yaitu ID & DS, maka DS generasi terbaru memiliki 3 varian : DS3 yang berbasis smallcar C3, DS4 sebagai varian medium, dan DS5 sebagai top-of-the-line, yang diharapkan mampu menggantikan karisma pendahulunya yang dibuat sejak tahun 1955 sampai 1975.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Mungkin P2tM terdengar seperti sales Citroën, namun jujur saja : Kehadiran DS5 sangat penting pada hari ini, seperti menghirup udara yang segar di perkotaan. Disaat pabrikan lain masih giat membuat mobil kelas-B untuk mencari keuntungan, PSA (aliansi dimana bergabung Citroën) kembali pada akar mereka : Membuat mobil inovatif yang unik & dicintai penggemarnya.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Coba lihat desainnya ; Kemarin-kemarin, hanya mobil Korea saja yang berani memakai desain futuristis pada mobil produksinya, dan hasilnya belum tentu cantik. Sedangkan DS5 dengan indah dibuat Citroën, yang meski tidak se-elegan DS, namun masih memiliki semangat yang sama dengan Concorde & DS : Desain Avant-garde.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Dibuat berbasis platform Peugeot 3008/5008, DS5 memiliki target konsumen yang sama dengan pendahulunya ; Orang yang menginginkan mobil mewah yang nyaman, canggih & berbeda dengan mobil lain, tanpa melupakan unsur stylish yang sudah sangat identik dengan produk Prancis.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Apakah DS5 sama-sama inovatif seperti DS & Concorde? Sepertinya prestasi lama tidak mungkin terulang, meskipun DS5 mengambil banyak poin penting dari 2 nama diatas, misalnya display dalam kabin yang terinspirasi kokpit pesawat, sampai atap yang terbagi dalam 3-bagian, yang kita sudah tahu, terinspirasi dari dunia Aeronautika.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Siapkah DS5 kembali mengulang romantika sang “Bidadari” yang berhasil dibangun oleh DS generasi pertama? Sepertinya ya. Dengan respon publik & fans Citroën yang positif, serta gelar “Family Car of the Year” yang dianugrahkan oleh majalah Top Gear, P2tM yakin DS5 pasti akan sukses.

Citroen Concorde pedal2themetal.wordpress.com
Yah, semoga tidak hanya Citroen saja yang kembali membuat produk yang mengingatkan kita pada era 70an yang sesak akan inovasi teknologi & liarnya ide serta nalar dalam membuat mobil, agar dunia kembali ingat, kalau mobil tidak hanya sekadar alat transportasi : It’s our pride, it’s our joy, it’s our way of life.

Sumber :

Citroen France
Laurent Nivalle

13 thoughts on “Citroën & Concorde, La connexion française

  1. lampu belakang jdi ngat ama new KIA Sportage.. 🙄
    siapa yg niru nih? kyknya citroen yg niru:mrgreen:

    btw blog ane uda berubah alamat jd emilioarmadasrg.wordpress.com..
    ga enak pake nama bokep trus:mrgreen:

  2. Pingback: Bagaimana Mini Mengubah Dunia Motorsport Part.2 : Mini’s Monte Carlo Marvelous Magic | Pedal 2 the Metal Autoblog

  3. Pingback: Drive & Levitate, Ketika Mobil & Pesawat Dalam 1 Frame | Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Citroën Méhari, The “F” Factor | Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s