Honda Acty Crawler 6 x 6, Alam Bukanlah Halangan

Honda Acty Crawler
Jepang memang negara yang unik. Jujur saja ya, Pedal2theMetal lihat (terutama di sektor teknologi & otomotifnya,) Jepang rutin membuat barang-barang yang terlalu segmented, bahkan secara kasar bisa dibilang aneh & “kurang kerjaan.” Seakan-akan mereka tidak peduli apakah itu menguntungkan atau tidak, yang penting rancang – buat – jual. As simple as that.

Honda Acty Crawler
Misalnya lineup Kei Car JDM, Pedal2theMetal contohkan Honda : Mulai dari Beat, roadster sporty dengan konfigurasi mesin MR, sampai kabriolet ekonomis City, kedua-duanya bukanlah produk yang menguntungkan bagi pabrikan, namun Honda berani membuatnya. Lalu muncul Acty Crawler…

Honda Acty Crawler
Yeah, sebuah pickup yang dikombinasikan dengan…Roda all-terrain ala traktor Caterpillar! Kurang aneh? Lihat mesin yang dipakai Acty : E07A SOHC 3-silinder segaris berkapasitas 660cc, yang dikombinasikan dengan penggerak M-AWD / Mid AWD, alias sama dengan Bugatti Veyron atau Lamborghini Aventador. A little badass huh?

Honda TN360 Snowler
Ide tidak lazim namun nyata ini, bukanlah hal baru bagi Honda. Pendahulu Acty, TN360 yang memakai mesin lebih kecil dibanding Acty juga memiliki opsi pemasangan “Snowler,” lengkap dengan pemasangan ski di roda depan, dengan menambah biaya 55% dari harga mobil. Kei Car untuk Antartika? Bisa jadi.

Honda Acty Crawler
Ngomong-ngomong, apa kelebihan & kekurangan dari Crawler / Snowler? Yang jelas mobilitas mobil lebih luas, terutama di medan berat seperti salju, yang menjadi tujuan Honda dari pembuatan Crawler, apalagi ada opsi AWD untuk mobil yang juga tersedia dalam varian van ini.

Kekurangannya? Dengan mesin hanya 3-silinder Injeksi bertenaga 37.5hp@5500rpm & torsi 54nm@4500rpm, performa Acty Crawler lebih baik jangan ditanyakan : Akselerasi diatas 20 detik, topspeed tidak lebih dari 45km/h. Ah, lagipula buat apa ngebut di jalanan bersalju, jika anda bisa terus melaju tanpa harus memasang rantai ban seperti mobil lain…

Honda Acty Crawler
Melihat kabin Acty Crawler, tidak jauh berbeda dengan Kei Car low-en lainnya ; Hanya peralatan standar interior untuk mobil 4 musim seperti heater. Bahkan tuas transfercase khas mobil AWD saja tidak ada. Sederhana sekali.

Honda Acty Crawler
…Dan headrest mobil dengan transmisi manual 4-percepatan ini benar-benar “paten” sekali bukan? Penggerak boleh sama dengan Veyron, namun kenyamanan & kemewahan kabin? Nah…

Honda Acty Crawler
Jadi, mengapa “tank baja” Honda ini masuk dalam kategori “The Forgotten One?” Coba lihat line-up Kei Car hari ini, apakah ada yang seberani Acty Crawler? Tidak ada, karena sekarang pabrikan mobil lebih mengutamakan keuntungan dibandingkan keinginan konsumen, termasuk Honda, yang semenjak ditinggalkan Soichiro Honda, lineup low-end-nya tidak seberani seperti dulu…

Sumber : eBay Motors

16 thoughts on “Honda Acty Crawler 6 x 6, Alam Bukanlah Halangan

  1. Jepang memang negara yang unik. Jujur saja ya, Pedal2theMetal lihat (terutama di sektor teknologi & otomotifnya,) Jepang rutin membuat barang-barang yang terlalu segmented, bahkan secara kasar bisa dibilang aneh & “kurang kerjaan.” Tapi di Indonesia??? Dkeruk aja duit nya, tapi kita hny dapat seri low end, jual mahal bgt (yaaah walaupun karena pajak jg sich)

  2. betulss bgt,
    saya pernah diajak kesana (ceile….sok gaya)

    mobil2nya canggih2…
    dibawah 1000cc sudah pakai standar kemanan yg tinggi
    kalo model jip sudah pasti pakai 4WD semua
    plus injeksiiii…

    keren bgt plus ngiler saya

    pick up aja yg cc-nya kecil juga 4WD

    gile benerrrr

    • Yeahhhh….Daripada muluk-muluk bikin sportcar atau sedan mewah & SUV canggih, Indonesia lebih baik fokus bikin kei car yang top kayak di Jepang aja. Efisien & ekonomis…Pasti menguntungkan!😀

  3. pengen lagi ni, keicar 4wd dipasarkan kembali di Indonesia, terakhir cuman suzuki Jimny, padahal versi terbarunya masih dijual di jepang JDM atau pajero jr, bakalan lebih laku dari pada city car….

  4. masukan Gan, kalo AWD memang gak perlu transfercase untuk low gear, karena dari sononya memang All Wheel Drive, yang memang aktif selalu keempat rodanya beda dengan 4WD yang dilengkapi low gear sehingga perlu “case” khusus untuk menampung sistem transfernya …

    nice brief …

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s