Ferrari 456 GT, The (Unforgettable) Forgotten Horse

Ferrari 456
Salah satu produk dari Ferrari masuk dalam list “The Forgotten One” oleh Pedal2theMetal!? Bagaimana bisa? Ferrari adalah salah satu merek produk terkuat di dunia & setiap aktivitas dari pabrik di Maranello-nya pasti menjadi berita dimana-mana. Bagaimana bisa mobil ini terlupakan? Mengapa?

Ferrari 456
Apa yang membuat 456 terlupakan? Mungkin karena konsep awal dari mobil dengan tipe GT (Grand Tourismo) ini yang berbeda dengan produk-produk Ferrari pada era-nya, misalnya 512 Testarossa yang ekstravagan, kencang & spektakuler, sedangkan 456 memiliki kelasnya tersendiri.

Ferrari 456
Sudah lama Ferrari tidak memiliki mobil GT “Berlinetta” dengan konfigurasi penumpang 2+2 serta posisi mesin berada di depan. Terakhir kali Maranello menghasilkan mobil dengan konfigurasi yang sama adalah GT legendaris, 365 GTB/4 “Daytona yang berakhir produksinya pada tahun 1976.

Ferrari 456
Pininfarina mendesain 456 menggunakan formula yang sama dengan Daytona : Bonnet panjang, mesin berada di depan, sasis spaceframe berbahan baja tubular, serta suspensi independen di semua roda. Tidak lupa lampu pop-up, yang membuat 456 menjadi Ferrari terakhir dengan model lampu itu.

Ferrari 456
Kombinasi itu diakui oleh para “Ferrari Cognoscenti” (pakar Ferrari) sebagai kombinasi terbaik untuk Ferrari. Ditambah desain indah & abadi dari Pininfarina, tentu saja 456 yang memiliki bobot 1690kg ini menjadi GT yang menakjubkan. Anda tidak setuju? Lihat gambar dibawah…

Ferrari 456
Indah bukan? Mungkin kiasan yang tepat untuk menggambarkan desain 456 adalah “Tenang & Menghanyutkan.” Garis-garis halus, lampu pop-up, bonnet panjang, serta detail-detail yang bersih & tidak berlebihan. Semua bersinergis untuk menghasilkan sebuah mobil dengan aura “kalem“.

Ferrari 456
Itulah yang membuat 456 sempurna untuk dikemudikan setiap hari, tidak seperti Ferrari “favorit publik” lain yang terlalu mencolok. Bayangkan jika anda mengemudikan 430 Scuderia hanya untuk membeli sebungkus rokok, pasti akan memancing perhatian banyak orang!

Ferrari 456
Mengapa 456 dinilai sempurna oleh penggemar Ferrari sejati? Yang pertama adalah mesin. Oke, konfigurasi FR tidak semenarik konfigurasi MR khas supercar Ferrari. Namun, 456 punya senjata klasik Ferrari : Mesin V12. Ferrari & V12 itu seperti wine & usia penyimpanannya…

Ferrari 456
Ya, anda bisa membuat wine tanpa harus lama menunggu. Tapi, makin lama wine disimpan, makin meningkat pula kualitasnya. Mesin V12 berkapasitas 5500cc milik 456 ini Pedal2theMetal rasa mirip Wine “Nebbiolo” yang sudah disimpan lebih dari 30 tahun, yang diakui sebagai wine terbaik dari Italia.

Ferrari 456
Mesin indah ini sebenarnya bukan mesin baru, karena dikembangkan dari mesin Dino V6 & ditambahkan teknologi baru seperti manajemen mesin Bosch Motronic 2.7. Meski dari konstruksi tua, mesin dengan kode F116B ini memiliki tenaga cukup besar ; 442hp@6250rpm & torsi 550nm@4500rpm.

Ferrari 456
Dilengkapi transmisi manual 6-percepatan (untuk GTA memakai 4-percepatan otomatis dari FF-Ricardo,) 456 GT mampu berakselerasi 0-100km/h dalam waktu 5,2 detik serta topspeed 300km/h. Pada eranya, 456 menjadi mobil terkuat Ferrari selain F40, meskipun performanya sekarang terlihat biasa…

Ferrari 456
Lagipula, 456 dirancang oleh Ferrari bukan sebagai supercar yang brutal serta buas seperti F40. Keunggulan utama mobil favorit Michael Schumacher untuk berkendara ini adalah kabinnya lapang & nyaman karena dirancang lebih mengutamakan kenyamanan dibanding ergonomi khas supercar.

Ferrari 456
Interiornya juga kuat akan aura elegan & karismatik karena seluruh bagian kabinnya dilapisi kulit Connolly yang mewah. Khusus untuk varian GT, Ferrari masih mempertahankan tuas transmisi-nya yang bernuansa Ferrari klasik

Ferrari 456
Konfigurasi 2+2 dari 456 juga tidak seperti Porsche 911 yang memiliki ruang penumpang yang sempit. Sebagai testamen, media Autocar pada pengetesan 456 berkomentar : “Whether you look at it, sit in it or drive it, it all adds up to one simple fact: The 456 is the greatest grand tourer the world has ever seen.”

Ferrari 456
Tidak lupa, agar kemampuan turing-nya makin besar, bagasinya pun dibuat selapang mungkin. Pininfarina sendiri pada tahun 1995 membuat 7 unit 456 Estate “Speciale Venice,” yang nanti akan Pedal2theMetal ulas karena sejarah & keunikannya.

Ferrari 456
Sekarang, mengapa 456 terasa terlupakan meski memiliki kelebihan-kelebihan yang cukup signifikan dibanding Ferrari lainnya? Simpel ;

“It has been 20 years since we had a car like this at Ferrari, I don’t think it will bring speculators back to our order books — this is not a car for them.”
Luca Cordero di Montezemolo

Sang pimpinan Ferrari sekalipun berkata kalau 456 bukan magnet perhatian. 456 tidak seperti Ferrari lain, karena 456 ditujukan untuk penggemar Ferrari tradisional yang lebih menyukai konsep klasik Ferrari : Grand Tourer nyaman yang tenang, nikmat dikendarai & tidak berlebihan. Membuat 456 tidak diekspos publik karena…Ya, tidak menjual.

Ferrari 456
Penerusnya, 612 Scaglieti, juga bernasib yang sama : Terlupakan, meski tidak pantas untuk dilupakan. Bagaimana nasib FF nanti? Mungkin sebagai patokan, kita lihat saja masa produksi mobil-mobil Grand Touring Ferrari : 612 Scaglieti = 7 tahun, 456 = 11 tahun.

Ferrari 456
Poin-poin diatas cukup untuk membuktikan kalau meski jarang diketahui, GT dari Ferrari merupakan pilihan terbaik bagi fans Ferrari yang sejati (dan rasional.) Ya, mereka, khususnya 456 memang terlupakan, namun bagi yang mengetahui bagaimana nikmatnya turing bersama GT dari Ferrari, pasti akan memilih 456 “tua” ini dibanding 458 terbaru sekalipun…

19 thoughts on “Ferrari 456 GT, The (Unforgettable) Forgotten Horse

    • Wah, bener banget Mas Murry….

      308 Mondial yang sering disebut Ferrari “murah” saja masih terhitung mahal buat kita, itupun katanya cita-rata Ferrari-nya terlalu minim, mirip Bir Bintang ZERO😆

    • Yes! 456 probably the most amazing Grand Touring car ever. Smooth & elegant, even compared to a newer Maserati GranTurismo.

      I had check your blog, and God…Italian Best GT are getting so much love in Japan!

      Are your 456 is the Rosso Scuderia one? That’s the best color for 456!

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s