Toyota & Yamaha, Duet Maut Penghasil Mesin Sempurna

TRD Yamaha Logo Toyota
Kemarin, ada yang bertanya pada Pedal2theMetal kalau blog ini “Toyota-minded“. Banyak ulasan-ulasan tentang merek mobil terbesar di dunia ini dalam blog kecil & sederhana ini. Ya, mau bagaimana lagi? Pedal2theMetal memiliki mobil Toyota, dan sudah dikenal oleh publik kalau produk Toyota memiliki mesin yang hebat.

Dari mesin N/A yang tangguh sampai mesin turbo yang ganas, semuanya diracik oleh para insinyur Toyota dengan sempurna, dan tentu saja tidak lupa akan teknologi yang dikandungnya, misalnya VVTL-i. Dan beberapa mesin terbaik dari Toyota, dirancang bersama Yamaha.

Yamaha Logo
Yamaha? Pabrikan motor & alat musik dengan logo 3 garpu tala itu? Meski pernah membuat supercar OX99-11 & mengikuti Formula 1, nama Yamaha memang kurang dikenal oleh orang awam kalau mereka mampu membuat mesin mobil yang bagus…

Oke, yang pertama kita ulas, adalah mengapa Toyota memilih Yamaha sebagai partner dalam membuat mesin mereka? Alasannya karena dulu, Toyota-lah yang membantu menyelesaikan proyek 2000GT dari Yamaha, yang awalnya ditawarkan pada Nissan. Lalu dimulailah kerjasama 2 merek ini dalam membangun mesin.

Bagaimana cara mengetahui kalau mesin Toyota dibuat bersama Yamaha? Simpel : Mesin itu rata-rata memiliki huruf “G” dalam kode mesinnya, seperti 4A-GE, dan lain-lain. Meski tidak semua mesin racikan Yamaha memakai huruf G dan belum tentu mesin dengan kode G dibuat bersama Yamaha, namun ciri khas-nya ya huruf G itu. Nah, ayo kita mengenal beberapa mesin-mesin racikan Toyota & Yamaha!

3M

Toyota 2000GT 3M Engine

Image courtessy of dutchct

Mesin 6-silinder segaris ini adalah varian lebih spesial dari 2M, mesin pertama racikan Toyota & Yamaha yang dipakai oleh Toyota 2000GT. Berbeda dengan 2M, 3M memakai konfigurasi DOHC serta oil sump berbahan alumunium. Tidak lupa andalan Yamaha, yaitu head spesial berbahan alumunium & katup dengan sudut 79°. Hasilnya? 150@6600rpm serta torsi 177nm@5000rpm. Bukan angka yang kecil untuk tahun 1966!

18R-G
Toyota 18R-G Engine
Mesin berkapasitas 2000cc yang dibuat pada tahun 1973 sampai 1982 ini, adalah pengganti dari 8R-G, yang juga sama-sama dirancang oleh Yamaha. Selain tersedia dalam versi injeksi & karburator Solex, mesin ini juga dipakai dalam varian TRD dengan nama 152E, dan juga dipakai dalam kejuaraan rally Grup.4 serta Grup.5 seperti Tom’s Corolla G5.

2T-G
Toyota 2T-G Engine
2T-G yang dipakai oleh Carina serta Corolla Levin E20 sampai E70 ini, merupakan mesin yang dijagokan Toyota untuk kapasitas 1600cc. Ada versi balap dari 2T-G dengan nama NOVA, yang berkapasitas 2000cc. Mesin bertenaga 170ps ini, digunakan dalam mobil balap Formula 3 serta Formula Pasifik.

4A-GE

4A-GE AE86 Engine

Image courtessy of project_ep82

Siapa yang tidak kenal mesin 4-silinder legendaris ini? Banyak mobil sport Toyota memakai mesin yang dikenal memiliki kompresi tinggi serta memakai ITB ini. Mulai dari AE86, AE92, MR2 AW11, Celica T160, sampai Formula Atlantic, sudah merasakan raungan mesin yang memiliki generasi dengan 20-katup bernama “Silvertop” & “Blacktop” ini.

4T-GTE
Toyota 4T-GTE Engine
Mesin berbasis dari 3T-GTE yang juga dibuat Yamaha ini, adalah mesin spesial dari TRD untuk kejuaraan lomba WRC Grup.B yang dipasang pada mobil homologasi Celica GT-TS (TA64). Dalam versi balap IMSA GTO, mesin dengan turbocharger K27 dari KKK ini siap memuntahkan tenaga sebesar 592hp@8000rpm! Untuk varian jalan rayanya sendiri, cukup 177hp saja…

3S-GE
3S-GE Altezza Engine Toyota
Mesin ini dibuat Toyota bersama Yamaha untuk membuat mesin berkapasitas 2000cc yang ringan namun bertenaga tinggi. Dikenal dengan tulisan BEAMS (Breakthrough Engine with Advanced Mechanism System), dan memiliki 5 generasi, serta terpasang pada beragam mobil, mulai dari Celica, Altezza sampai RAV4. Meski berakhir produksinya pada berhentinya produksi Altezza RS200, mesin ini masih diakui sebagai mesin N/A 4-silinder terbaik di dunia.

3S-GTE
3S-GTE Engine Toyota
Bayangkan mesin 3S-GE yang sudah berpotensi tinggi, diturunkan kompresinya dan dipasang unit turbo. Tarraaaa…Muncullah 3S-GTE! Mesin ini dikenal sebagai mesin 4-silinder spesial untuk varian high-performance Toyota, dari Celica GT-Four, MR2 SW20, sampai Caldina GT memakai mesin favorit Hiromu Naruse ini. Smoky Nagata juga memakai mesin ringan ini untuk Top Secret Supra GT300-nya juga lho!

1JZ-GTE
1JZ-GTE Toyota Engine
Varian 2500cc dari keluarga mesin JZ ini, awalnya terlihat mudah rusak, terutama di turbo berbahan keramiknya. Namun, untuk generasi ke-2, masalah ini sudah ditanggulangi. Dipasang di mobil sport-tourer Toyota, seperti Supra MK.III, sampai Soarer & keluarga sedan “X” (Chaser/Cresta/Mark II). Mesin ini juga menjadi basis untuk sang “Tank Baja“, 2JZ-GTE, yang meski tidak dibuat oleh Yamaha, namun masih memakai desain & parts-parts dari Yamaha.

2ZZ-GE
Toyota 2ZZ-GE Engine
Merupakan mesin yang memiliki banyak jenis tenaga, dan juga mobil yang memakainya. Mulai dari Celica, Corolla, sampai Lotus Elise, Exige & 2-Eleven juga memakai mesin yang memiliki varian dengan supercharger ini. Meski tidak setangguh mesin-mesin diatas, namun 2ZZ-GE diakui sebagai mesin ringan yang bertenaga serta efisien.

2UR-GSE

Lexus IS-F Engine

Image courtessy of Price|Photography

Mesin V8 berkapasitas 5000cc ini sebenarnya adalah modifikasi dari 1UR-FSE dari Lexus LS460. Namun, Yamaha melakukan banyak modifikasi berbasis teknologi Formula 1, mulai dari intake manifold berbahan alumunium, head cylinder khas Yamaha, serta katup intake berbahan titanium. Hasilnya? Mesin yang dipakai Lexus IS-F ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 417hp@6600rpm serta torsi 505nm@5200. Sangar!

1LR-GUE
Lexus LFA Engine
GUE? Mesin buatan orang Betawi? Bukan…Mesin V10 ini adalah mesin road-version Toyota/Lexus tercanggih & termahal saat ini. Menggunakan bahan-bahan elit seperti alumunium, magnesium & titanium, mesin ini memiliki ukuran yang kompak, bahkan lebih kecil dari mesin V8. Tentu anda sudah menebak mobil apa yang beruntung memakai mesin ini…Yeah, LFA.

Image courtessy of kertong

Sebenarnya, masih ada mesin-mesin Toyota lain yang dibuat & dirancang oleh Yamaha. Misalnya 2TZ-FE / FTE yang dipakai oleh Toyota Estima / Previa. Yah, setidaknya dengan list diatas, kita tahu kalau kombinasi Toyota & Yamaha (yang saling memiliki saham dimasing-masing perusahaan) memang kombinasi yang cocok & serasi untuk membuat mesin dengan performa tinggi, bahkan mungkin sempurna!

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

22 thoughts on “Toyota & Yamaha, Duet Maut Penghasil Mesin Sempurna

  1. 1 lagi mesin yamaha M1 generasi pertama(sebelum crossplank crankshaft) tuh mesin paling powerful tapi liar n ga ada yang bisa mengendalikannya. Carlos checa ndiri bilang ‘ M1 motor yg mengerikan, saat kau memaksanya meraung tinggi kau akan di lemparkannya dari jok tanpa ampun ‘. Makanya M1 gen 1 ga bisa menang krn pembalapnya ga pernah brani gas full xixixixi

  2. M1 gen 1 dirancang bareng toyota n krn ga pernah menang, yamaha pernah mengancam toyota akan mengembangkan mesin dg saingan toyota. Tp toyota ngancam balik akan mencabut cmua sahamnya di yamaha, akhirnya ga jadi n rukun kembali

    • bukan gitu gan, kalo mesin asli rancangan Yamaha sendiri😀
      M1 generasi pertama gak kompetitif karena masih pake karburator, terus Yamaha minta bantuan ECU dari Toyota buat ngembangin Injeksi, sebelum pake ECU dari Magneti Marelli seperti sekarang😀

  3. Kalau sumber, wah aku dulu baca tentang M1 2002 di tabloid motorplus tahun 2002. Sdangkan perkataan carlos checa itu ada di otobiografi valentino rossi…

  4. Pingback: David Brooks Fensport Starlet KP62, An Invictus Hatchback | Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Fensport Celica GT4 X, Farewell The All-Around Assassinator… | Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. sayang aja motor yamaha tidak di bantu oleh toyota.. hanya yamaha r1 yg di bantu, dan mesin yamaha r1 mirip 4a-GZE yg dohc 5 klep… kebayang motor” bebek yamaha dohc 5 klep.. sadiss

  7. keren infonya gan😀
    Yamaha kalo mau bikin mobil lagi bagusnya fokus di mobil listrik aja, sepertinya lebih menjanjikan karena saingannya masih sedikit

  8. Ini buat pra fansboy yg udah terlalu pintar n ngelantur.
    Yamaha itu pabrikan dengan skala besar (konglomerasi) bukan hanya bermain pada mesin dan sepeda motor saja. Tapi sampai ke alat musik plus perangkat elektroniknya yg sudah mendunia n bernama besar, mesin genset, power boating, marine engine, hingga mesin pemurni air pun ada yang bermerek Yamaha. Bahkan seperti yang telah dijelaskan di atas, helikopter R50 itu bisa mereka buat. Ini merupakan helikopter tanpa awak digunakan untuk keperluan industri pertanian (bisa sebagai penyemprot hama) dan lingkungan hidup. Honda hanya bermain di mobil dan motor dn membut produk multi price yg sgt banyak fariannya tujuan untuk dpat laba yg besar krn bermain di sektor lain ga berani krn udah banyak yg nguasai pasar n sgt ahli sperti yamaha. Mkanya Honda sgt menonjol terutama pada sektor sepeda motor dn brusha mati2an memenangkan pasar krn ya itu, cuma di sektor itu mreka bsa n mreka miliki. klau di sektor lain ga ada nyali atau ga mampu.

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s