Game, Nostalgia, Dan Rasa Cinta. List Game Racing Favorit P2tM!

Daytona USA Arcade
Sewaktu kecil, ada 3 indikator jika kita akan menjadi pencinta otomotif :

1. Menyukai bermain mobil-mobilan

2. Menyukai membaca majalah, komik & buku dengan gambar mobil

3. Menyukai game balap bertema otomotif

Nah, meski sebenarnya sama-sama menarik, bermain mobil-mobilan & membaca komik bergambar mobil masih tidak sebanding serunya dibanding saat bermain game balap. Mengapa? Tentu, karena kita bisa merasakan langsung akan namanya mengontrol mobil & kecepatan. Tidak lupa akan menikmati saat menyalip serta kemenangan dari lomba & kompetisi game itu.

Kali ini Pedal2theMetal akan menulis beberapa game balap favorit yang membuat Pedal2theMetal menjadi tahu akan nikmatnya memandang & mengendarai mobil. Tidak semuanya baru, bahkan kebanyakan game lama dengan tampilan yang kuno…Namun, bukankah game yang keren itu adalah yang dapat kita nikmati, bukannya yang sangat realistis alias mirip asli seperti game zaman sekarang?

Out Run
Out Run Arcade
Publisher : SEGA
Platform : Arcade
Tahun : 1986
Keterangan : Perkenalan Pedal2theMetal akan dunia mengemudi mobil, muncul dari game ini. Game yang didesain oleh sosok “special one” Sega, Yu Suzuki, ini, sangat mengedepankan unsur kesenangan mengemudi, kecepatan & bersenang-senang. Intinya hanya satu : Injak pedal gas dalam-dalam, kemudikan Ferrari Testarossa anda dengan baik, dan enjoy the ride.
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Dulu, Pedal2theMetal bertanya-tanya, apa impian hidup kita? Jawabannya ternyata mudah : Mengemudikan Ferrari, ngebut melewati jalanan indah diseluruh dunia, dan ditemani wanita cantik disebelahnya. Itu semua bisa anda dapat di game ini!

Chase H.Q II / Super H.Q II
Chase HQ II
Publisher : Taito
Platform : Sega Genesis / Mega Drive 2
Tahun : 1992
Keterangan : Sequel dari Chase H.Q ini, benar-benar game yang sangat sulit namun menantang. Bayangkan, kita mengejar para penjahat menggunakan 3 mobil pilihan : SUV badak Chevrolet Suburban, truk fullsize Freightliner FLA 9664, serta sang legenda Ferrari F40! Mengejar penjahat memakai Ferrari F40? Ini baru namanya menarik!
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Gameplay yang sulit, kemampuan mobil untuk berjalan 2 roda jika menabrak batu, kecepatan tinggi, desktruktif, Ferrari F40. Game ini bagi Pedal2theMetal jauh lebih menarik dibanding NFS Hot Pursuit terbaru! Dijamin!

Top Gear II
Top Gear II
Publisher : Vic Tokai
Platform : Sega Genesis / Mega Drive 2
Tahun : 1994
Keterangan : Game ini awalnya terlihat membosankan : Hanya tersedia 1 tipe mobil. Lalu, berbeda dengan game balap retro lainnya, Top Gear II yang bukan termasuk franchise Top Gear BBC ini, memiliki efek kerusakan pada mobil, yang berpengaruh pada performa mobil. Namun…Ada faktor yang membuat game ini sangat menarik! Apakah itu?
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Pedal2theMetal ketagihan memainkannya, karena 2 hal : Tersedia 64 sirkuit (!) serta ada fitur kustomisasi (lebih tepatnya upgrade) mobil seperti memakai mesin & nitrogen baru, termasuk hal yang baru & menarik bagi anak berusia 8 tahun!

1000 Miglia, Great 1000 Miles Rally
1000 Miglia, Great 1000 Miles Rally
Publisher : Kaneko
Platform : Arcade
Tahun : 1994
Keterangan : Sekilas, game ini mungkin bagi yang belum memainkannya akan terlihat kuno, dan tidak menarik. Namun coba anda mainkan game yang berbasis dari rally legendaris ini, pasti anda kaget kalau efek yang ada di game ini benar-benar seperti kenyataan seperti mobil yang drifting, rusak, bahkan terbakar!
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Ingin merasakan menjadi seorang Stirling Moss? Coba mainkan game yang juga ada di versi Neo Geo ini! Anda bisa memakai 20 unit mobil balap legenda, mulai dari Ferrari, Alfa Romeo, Bugatti, sampai Porsche, semuanya dari era 50an. Coba anda mainkan, pasti anda akan bersemangat untuk menamatkannya, saking serunya!

Daytona USA
Daytona USA Arcade
Publisher : SEGA
Platform : Sega Saturn / Arcade / PC
Tahun : 1993 – 1994
Keterangan : Nama balapan Stock Car seperti NASCAR, termasuk terkenal di Indonesia, padahal kompetisinya sendiri sangat jarang diputar di televisi lokal. Lalu, mengapa NASCAR bisa terkenal? Itu karena video games, dan Daytona USA dengan sirkuit legendaris “Daytona USA Speedway” dengan ukiran Sonic Hedgehog ini adalah salah satu sebabnya!
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Apa perbedaan Daytona USA dibanding game arcade lainnya? Anda bisa memainkannya secara simultan dalam 1 sirkuit bersama 8 orang lain! Makanya banyak game center suka menyelenggarakan kompetisi balapan mobil ikonik “Hornet” ini. TOP!

Sega Rally Championship
Sega Rally Championship Arcade
Publisher : SEGA
Platform : Sega Saturn / Arcade / PC
Tahun : 1994 – 1995
Keterangan : Mungkin inilah game rally yang paling legendaris di dunia. Memiliki efek simulasi yang sangat realistis, mulai dari kontur sirkuit, pengaruh setir & pedal, serta efek getaran yang ada di versi arcade. Jangan anggap diri anda penggemar otomotif jika belum pernah memainkan game ini!
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Ingat ketika anda datang pertama kali ke Timezone atau Game Center? Anda melihat sebuah mesin dengan jok, setir & layar, dan melihat Lancia Delta Intergrale melawan Toyota Celica GT-Four (serta mobil spesial Lancia Stratos) saling bersaing? Dan selanjutnya, uang jajan anda akan habis untuk membeli koin untuk terus bermain…Itulah efek dahsyat dari game ini!

R4: Ridge Racer Type 4
R4: Ridge Racer Type 4
Publisher : Namco
Platform : Playstation 1
Tahun : 1998 – 1999
Keterangan : Ridge Racer adalah game balap yang menarik. Selain memiliki gameplay yang keren seperti drifting dengan cepat, grafiknya juga sangat menakjubkan, dengan puluhan sirkuit yang menantang serta mobil-mobil yang fantasi. Nah, RR4 memiliki 321 unit mobil yang untuk mendapatkannya, anda harus menyelesaikan game ini dengan seluruh tim, seluruh mobil, tanpa kalah / TOTAL WIN! Gila kan?
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Banyak faktor yang membuat RR4 menjadi game balap yang sempurna. Mulai dari grafis revolusioner gouraud shading pada polygon, gameplay yang panjang, menantang, serta tidak lupa sang maskot Reiko Nagase. Bahkan Ridge Racer generasi selanjutnya, tidak mampu menandingi karisma dari RR4 yang memiliki soundtrack Acid Jazz yang keren ini!

Need for Speed: Porsche Unleashed
Need For Speed Porsche Unleashed
Publisher : Electronic Arts
Platform : Playstation 1 / Windows
Tahun : 2000
Keterangan : Need For Speed adalah franchise game balap yang sudah memiliki puluhan seri. Namun, Porsche Unleashed-lah favorit Pedal2theMetal. Mengapa? Ini karena selain Pedal2theMetal sangat menyukai Porsche, game ini juga memiliki banyak kelebihan lain, mulai dari informasi ekstensif soal mobil, sampai sirkuit yang indah. Sangat menyenangkan memainkannya!
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Kapan lagi anda bisa mengemudikan seluruh tipe Porsche dari era 50an, sampai tahun 2000? Mulai dari 356, sampai 911 GT1, semuanya bisa anda pakai, dan kemudikan sepuas-puasnya di sirkuit yang mayoritas berlokasi di Eropa. Kapan lagi ya NFS membuat game dengan fokus 1 pabrikan lagi?

Gran Turismo 2
Gran Turismo 2
Publisher : Sony
Platform : Playstation 1
Tahun : 1999 – 2000
Keterangan : Konon, tim Polyphony Digital yang dikepalai oleh Kazunori Yamauchi, bekerja mati-matian dalam membuat game ini untuk dipasarkan pada Natal tahun 1999, bahkan dalam pembuatannya, para karyawannya hanya tinggal beberapa hari dirumah, dan sisanya masih di studio. Hasilnya? Sampai sekarang, GT adalah GAME BALAP TERBAIK UNTUK KONSOL. Sebuah prestasi yang membuat nama Sony makin melambung tinggi, dan salah satu judul terbaiknya adalah GT2.
Mengapa menjadi favorit Pedal2theMetal? : Apa? Anda masih bertanya apa kelebihan game ini? SEMUANYA. Mulai dari jumlah mobil yang sangat brutal (650 unit!), physics game yang realistis, kemampuan menyetting total mobil, sistem lisensi, soundtrack yang keren, sampai kemampuan hybrid dengan Gameshark (yang sampai sekarang masih diminati Pedal2theMetal!) Memang ada banyak glitch aneh di game ini, namun GT2 masih diakui sebagai salah satu game balap terhebat sepanjang masa. Sampai kapanpun.

Zeroyon Champ
Ya, itulah beberapa game retro favorit Pedal2theMetal. Memang zaman sekarang, game-game balap sudah berubah dari yang awalnya menawarkan kesenangan mengemudi virtual, menjadi simulator mengemudi mobil seutuhnya. Memang masih menantang, namun apakah anda senang memainkannya, sama seperti bermain Sega Rally? Biarkan anda masing-masing para pembaca yang menjawabnya…

Mungkin anda juga memiliki game favorit lain dari zaman dahulu? Tulis saja di pojok komentar dibawah, dan hidupkan kembali konsol tua anda di gudang, atau gunakan Emulator untuk memainkan kembali game-game diatas, dan siap-siaplah anda tersenyum akan efek nostalgia masa lalu anda!

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

24 thoughts on “Game, Nostalgia, Dan Rasa Cinta. List Game Racing Favorit P2tM!

  1. setuju ane sama om admin, GT2 is the best !!!
    tapi GT5 juga ga kalah keren lo om
    grafis, suara ,karakter handling dan mesin yang bisa bikin kita ngerasain sensasi naik BNR34 , JZA80 , FD3S sampe mobil2 keren kaya 787b , mazda furai , GT-ONE , dll
    sama yang paling menarik adalah kita diberi kebebasan mensetting mobil kita
    jad rindu ama merdunya suara 787b di GT5…….

    • Tentu aja GT5 jauh lebih keren, canggih, mentereng, grafisnya top, suaranya lebih merdu

      Tapi…

      Nostalgia akan pertama kali tahu arti & fungsi Camber, menyetting gearbox demi mendapatkan kecepatan maksimum, memilih pasang turbo Stage-2 atau Stage 4, bingung ingin memakai Racing modification demi downforce tinggi….Itulah yang bikin GT2 masih tetap berada dipuncah hati pemainnya….

      Susah memang menggantikan memori🙂

      • tul sekali hahaha , tapi tetep driving system paling bagus gt2 soalnya gt3 ada kaya stabilizer control di semua mobil yang bikin kurang asik😦
        ga bisa ngepot pake rem biasa yang diatur gila2an hahahaha
        dan game yang ga bisa tamat , soalnya kita akan selalu ngejar top speed tertinggi dan waktu tercepat hahaha

        • HELL YEAHHH

          Dari dulu sampe sekarang selalu cari hybrid yang bagus buat trek Midfield Raceway, dapet kombinasi sinting : Cusco Impreza + Enjin 22B + Turbo KKK dari Vector W8 = Hasilnya 51 detik hahaha😈

      • kalo saya sih hobby utak atik BNR34 hahaha
        kalo d midfield jagoan saya RUF ctr2 sport pake turbo stage 1 ama setting girbox n rem , rekor dulu kalo ga salah 50, 3 s

  2. wkwkw…idem, GT2 emang keren…itu seri GT yang bisa ane tamatin, yang GT1 ngga bisa , sulit hehehe…

    dari situ juga bisa belajar setting mobil, chamber, ratio gigi dll😀

    mantab dah, sayang yang GT3 ke atas lom bisa namatin, ngga punya konsolnya hehehe..:D

  3. paling berkesan ttp GT2… disitu bisa setting mobil sampe lumayan detail..
    NFS undergorund 2 juga bisa setting mobil sih. ada dyno.nya malah.. tp soal suspensi ga lengkap tuh.. gda toe, chamber, dll

    ini sekarang di laptop cuman main Most Wanted.. seru kejar2an ama polisi + mobilnya doang yg keren… setting2annya sih sampah… ga beda jauh ama GTA:mrgreen:

  4. ada satu lagi game dari ps2 yang ane suka
    OPTION tuning car battle
    (jepang)

    mobil2 nya kelas tuner semua
    untuk modifikasi kita bisa milih mau masukin ke bengkel mana
    ada uras,mine’s,hks,jun,top secret, dan bengkel2 terkenal jepang sonooo:mrgreen:

    pembalap2 yang kita lawan juga pembalap keren dari negeri jepang sono
    tarzan tu juga ada di game ini, kalo keichi tsuchiya ane lupa ad ato ga
    kayaknya sih ada

    pengen maen game ini tapi pees satu ane rusak😦

    untuk penggemar JDM kayak nya harus maen game ini deh😀

  5. Game balap jadul emang seru. Biarpun grafisnya gak bagus dibandingkan dengan game sekarang, tapi pengalaman yg didapatkan gak bisa dilupakan.
    Contohnya Top Gear II, meskipun susah menurut saya, tapi bikin saya ketagihan dan penasaran. Karena saya ingin tahu gimana rasanya kalo mobilnya pake mesin & parts paling mahal, terus track selanjutnya apa. Bahkan saya sampai bangun tengah malam utk mainin game ini padahal waktu itu saya masih umur 10 tahun hehehe…..
    Beda dengan game sekarang, biarpun grafisnya bagus tapi permainannya terkesan lebay, kayak need for speed series dkk. Meski demikian, ada sih game yg gak lebay seperti Gran Turismo & Forza.

  6. Bah itu saya banget😀
    Paling seneng dulu kalo diajak ke Plaza Senayan maen Daytona lawan bapak bapak sampe ber-8.
    GT 2 :matabelo: jaman SD maen di PS1. Awalnya ga ngerti kenapa ada 2 CD, taunya yang kedua buat main career. Escudo pikes peak😀
    Porsche unleashed juga dulu main di kompi, paling suka sama Porsche 952 taun 88″

    Artikel bagus mas😀

    • Ha, Porsche 952…Mobil jantan pembantai 911😀

      Makasih Mas Didot…Semoga nanti ada game yang kembali merangsang syaraf “Fun” lagi…Tidak seperti sekarang yang terlalu realistis😦

      • betuul. Game sekarang mayoritas lebih ke realitas bukan fun lagi *frustasi main drift di NFS shift 2*
        di NFS underground ngedrift masih “game” banget, beda di shift yang perfeksionis.
        Padahal kan tujuan main game kan having fun bukan bikin frustasi hahaha

        saya sih berharap punya konsol game initial D atau maximum tune yang ada di timezone😀

  7. Daytonaaaa….

    Game balap arcade favorit ane sepanjang masa…tapi ane masih lebih suka sequelnya yg ke dua…

    Itu foto terakhir game zero RR champ yah ?

  8. GT 2 hiks memori yg tak terlupakan,….

    Sampe ada temen bilang, seandainya bisa ga usah hidup real cuman mainin GT 2 ajA, wahahahaha

    Thx to admin…

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s