Test Drive Mobil. Apa Yang Mesti Anda Lakukan?

Anime Driving Car

Image courtessy of YamatoMutsuki

Kemarin, pacar saya bertanya, bagaimana caranya untuk mengetes mobil baru, alias test drive? Soalnya dia berencana mengantar adiknya untuk membeli mobil baru. Hmmm, Pedal2theMetal jadi berencana untuk menulis beberapa tips berguna, dan tindakan-tindakan apa saja yang mesti kita lakukan selama melakukan test drive mobil. Check it out!

Test drive mobil, mau bekas atau baru, sangatlah krusial dalam menentukan dalam memilih mobil. Kenapa? Tentu saja, dengan mencoba mengendarainya, kita bisa tahu karakter & rasa dalam mengemudikan mobil tersebut. Bukankah mobil dibuat untuk dikendarai dengan nyaman & sesuai dengan keinginan kita?

Jika anda berminat untuk meminang mobil bekas, alangkah baiknya jika anda membaca postingan ini dahulu, sebelum mengetes mobil. Jika sudah, nah, inilah metode yang tepat untuk test drive / mengetes mobil, menurut Pedal2theMetal :

1. Kenali keinginan & kebutuhan anda dahulu.
Nissan Juke GTR
Sebelum mencoba, mengendarai & membeli mobil, anda harus tahu keinginan & kebutuhan anda dahulu. Misalnya anda ingin sebuah mobil kompak nyaman, maka anda seharusnya mengetes mobil dengan tipe & spesifikasi yang sesuai dengan keinginan anda itu. Jangan sampai anda ingin compact car, malah mengetes Nissan GT-R. Akan terlihat sangat konyol bukan? Nah, setelah anda tahu keinginan & kebutuhan anda, saatnya menuju :

2. Pelajari spesifikasi mobil yang akan anda tes.
Toyota Alphard Specs
Zaman modern ini, konsumen kendaraan roda-4 dituntut menjadi pembeli yang pintar. Salah satunya mampu membaca spesifikasi mobil, seperti melihat kapasitas serta jumlah tenaga maksimum mesin, sistem penggerak, rasio gearbox, fasilitas, dimensi, serta teknlogi yang dikandung mobil itu. Caranya? Dengan meminta brosur mobil dari sang penjual, atau melihat situs-situs yang terpercaya. Jika anda kurang paham, coba tanyakan pada teman & kolega anda yang mengerti, karena spesifikasi menentukan performa mobil itu!

3. Sesuaikan spesifikasi & trim, dengan kemampuan anda.
Honda Jazz Fit Model
Maksudnya, jika anda kurang begitu mahir mengendarai mobil yang canggih & rumit, bertenaga besar & sulit dikendalikan, jangan paksa diri anda untuk mencobanya, meskipun mobil itu memenuhi syarat anda. Jangan sampai seorang pemula, malah membeli mobil yang sulit dikendalikannya. Setelah menyesuaikan spesifikasi & kemampuan anda, saatnya lanjut ke :

4. Perhatikan eksterior & interior, serta bagasi mobil sebelum mencoba.

Test Drive Mobil

Image courtessy of dmartynkin

Lihat desain bodinya, dari depan, samping & belakang, apakah anda menyukainya? Anda tidak mau kan, membeli mobil dengan desain yang tidak sesuai dengan selera & kepribadian anda? Lalu, coba duduk di jok mobilnya, baik untuk pengemudi & penumpang, nyalakan fitur-fiturnya seperti AC, jok elektris, foglamp, GPS, dan lain-lain. Buka bagasinya, apakah lapang sesuai klaim atau tidak. Kenyamanan mengendarai mobil sangat penting, agar anda betah mengendarainya.

5. Pilih dealer & penjual mobil yang terpercaya.

Toyota Showroom Dealer Japan Omori

Image courtessy of ykanazawa1999

Terkadang, ada penjual yang sedikit “licik” dalam menjual daganganya. Baik dari menghilangkan beberapa fitur, atau kondisi mobil yang ditutupi belangnya. Coba anda tanyakan reputasinya pada orang lain, baik dari internet atau forum-forum, agar anda tidak dibohongi dealer & penjual mobil, dan hanya terpesona pada kesan pertama & kecantikan SPG-nya saja…

Nah, itu adalah 5 trik yang anda mesti lakukan sebelum melakukan test drive pada mobil. Sebenarnya masih banyak sih, namun menurut Pedal2theMetal, 5 hal itu sudah cukup untuk memantapkan diri anda untuk melakukan test drive pada mobil. Dan selanjutnya, inilah yang anda lakukan sewaktu test drive mobil. Yuk ah kita lanjutkan!

6. Siapkan SIM, KTP & tanda pengenal anda, sebelum melakukan administrasi pada dealer.
FIA Racing License
Ini biasanya dilakukan oleh dealer mobil baru. Kebanyakan mereka membutuhkan SIM & tanda pengenal calon pembeli, sebelum test drive mobil mereka. Jika anda tidak memiliki SIM, mungkin anda bisa menyuruh orang lain yang anda percaya, dan memiliki karakter mengemudi yang sama dengan anda, agar mengetes mobil yang anda mau.

7. Sesuaikan posisi mengemudi yang paling nyaman bagi anda.

Test Drive Mobil

Image courtessy of look_into_my_eye

Saat masuk ke kabin, atur dulu posisi setir,jok & spion yang paling ergonomis & nyaman bagi anda. Jangan lupa, lihat area blindspot yang muncul di mobil, dan bagaimana mengatasinya, seperti dengan mengatur spion atau menyalakan kamera & sensor parkir. Jika tidak, maka dijamin anda akan kerepotan nanti dalam mencoba mobil, dan impresi yang akan anda dapatkan adalah rasa tidak nyaman…Anda tidak mau seperti itu kan?

8. Lihat kondisi jalan tes yang akan anda tempuh.

Peugeot 308

Image courtessy of Akis Kev

Dealer mobil baru, biasanya sudah menyiapkan rute test drive, yang mencakup hampir seluruh kondisi mengemudi di jalanan, seperti lurus & datar, menanjak, berkelok-kelok, sampai macet & berlubang. Jika tidak, anda bisa mensimulasikan kondisi itu, dalam test drive. Caranya? Ya anda bayangkan saja di kepala anda kondisi itu, seperti macet & berkelok-kelok. Kecuali menanjak, karena susah dibayangkan hehehe…

9. Kendarai mobil test drive dengan normal, namun waspada.
Jaguar Drift
Jangan mengetes mobil dengan ugal-ugalan & sembarangan. Kecuali tipe mengemudi anda seperti itu, mengemudi ugal-ugalan itu berpotensi menutupi kondisi mobil, karena anda tidak awas akan performa aslinya. Namun, jangan pula anda mengetes mobil dengan sangat hati-hati, lambat & perlahan-lahan…Anda tidak akan tahu performa mobil itu! Intinya adalah mengemudi dengan normal seperti biasa, namun anda tetap memperhatikan kondisi mobil, baik di kaki-kaki, mesin & kabin.

10. Nyalakan & test fitur mobil, sewaktu berjalan.

BMW Car Navigation Jakarta GPS

Image courtessy of Shanghai Daddy

Jika di spesifikasi tertera fitur “iPod docking“, tancapkan iPod anda dan dengarkan suaranya. Nyalakan AC & heater, ketika mobil melaju, apakah dingin & hangat? Apakah menjangkau sampai belakang? Jika ada ABS, EBD & Stability Control, coba anda rem & liuk-liukan mobil, agar teknologi itu aktif. Anda harus mendapatkan apa yang anda bayar sesuai spesifikasi, jangan membayar apa yang tidak ada dalam spesifikasi…

Dan yang terakhir…

11. Sebelum mencoba mobil itu sendiri, baca dahulu review & test drive dari media yang terpercaya.
Autobild Indonesia
Coba anda baca dahulu hasil test dari yang profesional di bidang ini, dan anda lihat hasilnya. Jangan lupa sesuaikan diri anda & sang pengetes, karena tidak semua pengemudi memiliki karakteristik yang sama. Hal ini mesti anda lakukan, agar anda memiliki patokan dalam mengetes mobil. Mudah kan?

Lexus IS circuit
Nah, itulah beberapa trik dalam melakukan test drive mobil baru atau bekas. Jika anda melakukannya seluruh trik diatas dengan benar, dijamin anda kemungkinan besar akan menemukan mobil impian yang anda cari-cari. Memang, ada kekurangan disana-sini di artikel ini, atau anda para pembaca mau menambahkan tips lain? Tulis saja di pojok komentar dibawah!

BTW, Pedal2theMetal jadi ingin melakukan test drive mobil baru juga nih…Pihak dealer ada yang mau meminjamkan?

7 thoughts on “Test Drive Mobil. Apa Yang Mesti Anda Lakukan?

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s