Steve McQueen, The King of Cool

McQueen Lotus Eleven Steve
Memberi julukan pada seseorang dengan istilah “Keren“, “Badass“, “Cool” atau “Cadas“, memang sulit. Bukan saja karena istilah-istilah itu tidak punya ketentuan khusus & spesifik untuk memberi label pada seseorang, namun juga karena memang orang-orang yang pantas mendapatkan julukan itu juga jarang ditemui.

McQueen Steve
Namun, kita semua (serta Pedal2theMetal!) setuju jika ada 5 lelaki di dunia yang semua orang akui, sebagai orang paling keren di dunia : Bruce Lee, James Dean, Chuck Norris, Clint Eastwood serta Steve McQueen. Mengapa? Pedal2theMetal tanya pada anda, APA HAL YANG TIDAK KEREN DARI 5 ORANG ITU? Tidak ada. 5 orang itu 100% keren, tanpa cela.

“I live for myself and I answer to nobody.”
Terrence Steven “Steve” McQueen

McQueen Steve
Lahir pada 24 Maret 1930 di Indiana, serta meninggal pada 7 November 7 1980, sudah lebih dari 3 dekade pria garang ini meninggalkan dunia. Namun sampai detik ini, pesona akan hidup & tingkahnya yang keras namun karismatik tetap sulit untuk dilupakan, atau lebih tepatnya tidak akan pernah terlupakan.

Jika anda tidak kenal sosok & reputasi lelaki yang dulu pernah masuk Marinir ini, Pedal2theMetal akan mendeskripsikannya secara gamblang :

McQueen Steve
Bayangkan seorang Johnny Depp. Lelaki yang keren kan? Nah, bayangkan pria yang mampu membuat Johnny Depp menjadi seperti seorang anak baik-baik & sopan, serta terlihat “culun“. Pria itu adalah Steve McQueen. Ia sangat keren. The King of Cool!

Karena Pedal2theMetal adalah blog bertema otomotif, maka kita akan bicara soal bagaimana hidup Steve & serta kecintaanya akan mobil, motor serta aspek-aspek yang melingkupinya, mulai dari balapan, film, sampai mobil-mobil koleksinya.

McQueen adalah seorang pencinta kecepatan, mobil & motor yang keren & kencang, serta benar-benar mencintainya, yang sulit untuk disaingi oleh artis penggemar mobil sejati seperti Jay Kay, bahkan penggemar mobil lainnya.

McQueen Steve XKSS
Kita bicara soal mobil koleksinya : Jaguar XKSS “Green Rat“. Mobil ini sebenarnya adalah mobil balap Le Mans Jaguar D-Type versi jalan raya. Dengan mesin XK sangar & bertenaga, desain indah dan hanya dibuat 16 unit, mobil ini adalah mobil favorit Steve McQueen. Tak hanya dikoleksi, ia juga sering memakainya di jalan raya.

McQueen Steve XKSS
Lalu, sebuah Ferrari 250 GT Lusso 1963 berwarna Chestnut Brown, yang terkenal karena photoshoot yang dilakukan oleh Steve McQueen bersama model terkenal, Peggy Moffitt. Banyak yang beranggapan, kalau mobil dengan mesin V12 ini adalah mobil dengan desain terbaik dari Ferrari. Membuat Ferrari Enzo milik Nicolas Cage terlihat seperti mobil biasa & pasaran…

McQueen Porsche
Porsche, adalah merek kesukaan Steve. Tercatat ia pernah memiliki beberapa Porsche, mulai dari Porsche 356 Speedster, sampai Porsche 911S Coupe 1969 yang sekarang dimiliki oleh anaknya, Chad McQueen. Sama seperti mobil-mobil lainnya, semua Porsche ini rutin ia pakai di jalan raya, tentunya dengan kecepatan yang tinggi!

Koleksi lainnya adalah 3 unit mobil balap legendaris yaitu Porsche 917, Porsche 908 and Ferrari 512. Ketiga-tiganya adalah mobil balap yang menjadi “aktor” dalam film McQueen yang tak kalah legendaris, Le Mans, yang dibuat pada tahun 1971.

Le Mans menceritakan kisah perjuangan Michael Delaney, pembalap Porsche dari Amerika, yang ingin mengalahkan Erich Stahler, musuh terbesarnya, yang merupakan pembalap utama dari Ferrari, dalam arena Le Mans tahun 1970, yang dikenal sebagai musim “Battle of the Titans” karena persaingan antar pabrikan sangatlah ketat.

McQueen Le Mans

“Racing is life… everything before and after is just waiting.”
Michael Delaney – Le Mans

Bicara soal film Le Mans, film ini diakui sebagai salah satu film bertema balapan yang paling realistis, karena minim komunikasi, hanya suara mesin balap yang menggelegar & kecepatan serta intensitas antara Michael & Porsche 908 serta Porsche 917 “Kurzheck“, melawan Erich & Ferrari 512 “Coda Lunga.” Sangat dianjurkan untuk anda tonton!

Bullitt Mustang
Ford Mustang GT 390 “Bullit.” Mungin inilah mobil yang sangat kontradiktif. Mengapa? Ini karena selain mobil ini diakui sebagai mobil yang sangat pas dengan imej McQueen yang liar & keras, mobil berwarna Dark Highland Green ini juga sudah dimodifikasi agar sesuai dengan gaya mengemudi McQueen.

Mustang McQueen Signature
Sayang, mobil yang juga dibuat reproduksinya oleh Ford pada Mustang generasi kelima ini, tidak pernah dimiliki oleh Steve, karena pemiliknya tidak mau menjualnya dengan harga berapapun. Untunglah, McQueen Racing LLC, perusahaan milik Chad McQueen, bekerja sama dengan Estate Gateway Classic Mustang membuat versi replikanya, berbasis Mustang 1968 dengan mesin Roush V8 bertenaga 450hp.


Mengapa mobil ini sangat legendaris? Coba lihat aksi McQueen mengejar Dodge Charger di film Bullit pada tahun 1968 ini. Jika anda sudah kagum melihat aksi kejar-kejaran Vin Diesel & Paul Walker di film Fast & Furious yang penuh efek & polesan komputer, maka siap-siap kagum dengan video ini. Sangat badass!


Saking besarnya nama McQueen & Mustang, Ford memakai footage Bullitt serta film lainnya, untuk dimasukan dalam iklan Mustang ini. Memang, tidak semua aksi stunt di Bullitt dilakukan oleh McQueen, namun berkat McQueen-lah, Mustang & Pony Car makin diakui sebagai mobil Amerika terbaik, dari tenaga, desain sampai suaranya.

Buggy McQueen Signature

“I’m not sure whether I’m an actor who races or a racer who acts.”

McQueen memang seorang pencinta kecepatan. Tak hanya memiliki mobil balap, ia juga memakainya di arena kompetisi profesional. Ia pernah mengikuti beragam kompetisi off-road seperti Baja 1000, Mint 400, sampai Elsinore Grand Prix. Nama McQueen bahkan masuk dalam Off-road Motorsports Hall of Fame di tahun 1978, serta Motorcycle Hall of Fame pada tahun 1999.

Sebring 12 hours McQueen
Namun, prestasi paling legendaris dari McQueen adalah ketika ia menjadi juara lomba ketahanan Sebring 12 Jam di kelas 3 liter pada tahun 1970 bersama Porsche 908/02. Yang menarik, ia hanya tertinggal waktu 23 detik untuk menjadi juara keseluruhan dibanding Mario Andretti, pembalap legenda Amerika & Ferrari 512S. Padahal, McQueen tidak dalam kondisi sempurna, karena kakinya cedera karena kecelakaan bermotor 2 minggu sebelumnya!

Sebring 12 hours McQueen
McQueen ternyata juga adalah pemegang paten dari Bucket Seat Shell, yang anda bisa cek disini sebagai buktinya. Ini karena aksi kejar-kejaran yang dilakukan oleh McQueen & Bud Ekins (stuntman film legendaris) membutuhkan posisi duduk yang ergonomis. Keren!

Jaguar McQueen XKSS
Dengan hidupnya yang pendek, yaitu sekitar 50 tahun karena kanker Mesothelioma, McQueen berhasil memperlihatkan pada dunia, kalau dialah definisi terbaik dari julukan “Cool.” Mulai dari koleksi mobil yang hebat, karir akting & balapan yang cemerlang, dikelilingi harta & wanita, serta dikenang sampai akhir masa. Sedikit aktor bisa mencapai level “keren” yang sama dengan McQueen.

“When I believe in something, I fight like hell for it.”

Steve McQueen, The King of Cool.

Sumber :

Steve McQueen
McQueen Online

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

12 thoughts on “Steve McQueen, The King of Cool

      • saya juga menduga. nih mcQueen yg jadi inspirasi pilem cars yaa…

        btw badassss cara nyetirnya, kelihatan skill-nya bgt ( pas belok )
        dan arena-nya woooww… downhilll—kalau saat ini mungkin jadi saingan-nya
        monster nakajima…

        • Hehehehehehe….Yah, tapi kayaknya McQueen gak ngerti dia memakai Suzuki pikes peak yang penuh indikator & teknologi gitu, lha dia jago nyetirnya cuman mobil-mobil era 60 & 70an aja😆

  1. king of super cool!!!
    orang ini keren, tapi karakternya lebih kental sebagai ‘anti hero’, beda sama Brad Pitt ato Johny Depp…kalo mereka berasa kek bocah2…hahahaha….
    sebenernya Steve mau ngelakuin adegan stuntnya sendiri (The Getaway, Bullitt), tapi dilarang sama produsernya..takut kenapa2..akhirnya adegan stunt diserahkan pada Bud Ekins..sohibnya sendiri…

    • Iya, Produsernya taku kenapa-napa sama aktor termahal pada masanya….Waktu Le Mans juga, McQueen pengen pake 917K, sayang dianggap terlalu brutal (dan memang mobil balap terbrutal sampai saat ini) untuk dikendalikan McQueen, jadi wee McQueen pakai 908 saja….

    • aktor besar holywood jaman sekarang ngga ada yg kayak dia lagi ya??paling jadi aktor n koleksi2 motor ato mobilnya doang…walopun beberapa dipake harian kek Tom Cruise sama Prad Pitt..tapi ngga ada yg sampe ikutan kompetisi kayak McQueen…

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s