Hotrod Magazine x Nelson Supercars Chevrolet Camaro 1973 “Project F-Bomb”, Sang Pemusnah Massal!

Project F-Bomb Camaro
Yep, inilah tulisan terakhir Pedal2theMetal untuk menutup tema “Badass” di bulan September. Seperti yang Pedal2theMetal janjikan, mobil yang akan diulas kali ini, adalah mobil paling badass yang Pedal2theMetal pernah ketahui…Mengapa? Karena apa? Milik siapa? Penasaran?

Project F-Bomb Camaro

“This is a true 1,500 hp we hope to drive every day and race on the dragstrip, in top-speed events, and on road courses. This’ll be one twin-turbo small-block that’s more than just set dressing.”
David Freiburger – Hot Rod Magazine

Ciri-ciri mobil yang “Badass” sendiri, sudah Pedal2theMetal utarakan dalam prolog ini. Dan Pedal2theMetal akan perlihatkan semua ciri-ciri & karakteristik mobil badass, yang terkandung dalam Chevrolet Camaro generasi ke-2, produksi tahun 1973 ini.

Project F-Bomb Camaro
Camaro mega cadas ini, adalah milik David Freiburger, Chief Editor dari majalah Hot Rod Magazine, yang terkenal suka membuat proyek-proyek brutal. Ide David sebenarnya simpel : Camaro yang tidak basa-basi, namun hardcore untuk pemakaian drag race, jalan tol, road-course, dan tetap bisa dipakai dijalan raya, meski tidak street legal.

Project F-Bomb Camaro
F-Bomb, pertama kali diperkenalkan pada show SEMA (Specialty Equipment Market Association) 2006 di Las Vegas, Nevada. Mengapa dinamakan F-Bomb? Ini karena Camaro yang dibeli seharga $800 ini, ketika selesai sampai ke NRE (Nelson Racing Engine), terlihat seperti peluru kendali balistik legendaris, Scud!

Project F-Bomb Camaro
Mungkin ini dari cat “F’ing Green” powder coated dengan finishing satin pekat yang dikerjakan dengan sempurna oleh Scott Carpenter dari Nelson Supercars, serta grafis bom ala Perang Dunia ke-2, yang dikerjakan oleh Paul Adams dari Anarchy Graphics, yang membuat kesan “Sang Penghancur” makin kuat.

Project F-Bomb Camaro
Terlihat sangat garang bukan? Oh iya, setelah Pedal2theMetal cek di situs resmi Nelson Supercars, ternyata Camaro ini adalah produk pertama mereka, dengan memakai kode #001. Nelson Supercars sendiri, adalah proyek dari Tom Nelson, pemilik dari NRE & Scott Carpenter, builder papan atas dari Scott’s Customs, yang membuat paket mobil muscle car super, dengan unit mesin dari NRE. Pasti mantap!

Project F-Bomb Camaro
Namun, hal paling badass menurut Pedal2theMetal, adalah mesin yang berada dibalik radiator Ron Davis ini. Bahkan, menurut Pedal2theMetal, dengan kekuatan mesin racikan NRE ini, seorang Bumblebee yang juga sama-sama berbasis dari Camaro 2nd gen juga tidak akan berani macam-macam dengan F-Bomb! Memangnya, mesin apa yang ditanamkan NRE?

Project F-Bomb Camaro
Ternyata “hanya” sebuah mesin V8 Small Block 406ci / 6653.1cc dengan 2 unit turbo. Namun, banyak modifikasi spesial yang dilakukan oleh Tom Nelson agar mesin ini mampu memuntahkan tenaga yang ditargetkan : 1.500hp! Apa saja itu?

Project F-Bomb Camaro
Yang pertama, adalah memakai ECU Electormotive Total Engine Control TEC3r, turbo custom racikan Rick Head dari Innovative Turbo Systems, 2 unit fuel pump Aeromotive, injektor berkekuatan 83lb/jam dari Deeds, serta throttle body dari BBK. Hasilnya? Dengan bensin oktan 91, tenaga yang dihasilkan mesin ini adalah sekitar 1.000hp & torsi 1218.85nm, semuanya dibawah 6000rpm!

Project F-Bomb Camaro
Karena masih dibawah target, Nelson lalu mengatur ulang ECU, mengganti injektor Deeds dengan yang lebih kuat (160lb/jam), serta memakai bahan bakar balap dengan oktan 110. Tenaga maksimum langsung melonjak sampai 1502hp, serta torsi 1354nm dengan rpm yang sama dengan hasil diatas! Membuat Camaro ini mampu burnout tanpa memakai rem!


Lihat di video ini : Burnout sepanjang 1000 kaki dengan enteng! Tenaga 1500hp memang bukan isapan jempol belaka!

Project F-Bomb Camaro
Masuk ke interiornya, David tidak menginginkan kabin yang sangat spartan seperi mobil balap. Masih terpasang banyak parts bawaan Camaro, dan hanya ditambahkan shifter TCI Outlaw untuk menggerakan transmisi TCI Pro-X Powerglide, jok drag dari Kirkey serta…

Project F-Bomb Camaro
…Setir dengan grafis ala scope senapan pesawat, yang baru saja melumat pesawat musuh! Sangat badass bukan? Benar-benar memperkuat kesan kalau Camaro ini memang dibuat untuk membantai ribuan mobil lain, baik yang lebih kuat, atau yang lebih mahal!

Project F-Bomb Camaro
Tidak percaya? Lihat bagaimana Camaro dengan suspensi racikan John Calvert dari Calvert Racing ini, membantai sebuah Ferrari 360 Modena yang juga sudah dimodifikasi. Kombinasi mobil & pengemudi yang badass, tentunya tidak pernah takut akan tantangan mobil apapun bukan?

Project F-Bomb Camaro
Berbekal mesin NRE yang ganas, sasis rigid racikan Nick Miserendino dari Red Zone Race Fabrication, dan suspensi papan atas, Camaro ini tanpa pandang bulu, mempermalukan supercar kebanggan Ferrari era 2000an ini, dengan mudah…

Project F-Bomb Camaro
Dengan tenaga raksasa, sistem pengereman juga wajib ditingkatkan. Tim Hot Rod Magazine sendiri bekerja sama dengan produsen rem terkenal, Wilwood, dengan memasang perangkat cakram Wilwood Dynalite forged empat-piston kaliper, yang menjepit piringan sebesar 10,75″ didepan & 11,75″ dibelakang. Meski rem utamanya adalah unit parasut dibelakang…

Project F-Bomb Camaro
Akibat mengeluarkan tenaga super maksimal, ban Mickey Thompson yang membalut velg ET Drags “W” (W berarti Extra Wide)anodized black 15″ yang juga dari Mickey Thompson, ternyata tidak kuat membendung ledakan tenaga mesin…Benar-benar gila kan?


Meski begitu, Camaro ini masih mampu dipakai dijalan raya, yang tentu saja…Siap meneror jalanan yang dilalui oleh David, dimanapun ia berada! Bugatti Veyron? Bring it on!

Project F-Bomb Camaro
Mesin badass, yang dibenamkan ke sasis badass, dan ditutupi dengan body Camaro “Super Hugger” yang memang dari sananya sudah badass. Cocok kan, jika Pedal2theMetal menulis mobil yang juga menjadi bintang “Fast & Furious” bersama Vin Diesel ini sebagai “Grand Finale” dari tema Badass di bulan September?

Yeah, this Camaro is a 100% real BADASS!

*ingin memiliki replika F-Bomb yang dipakai dalam Fast & Furious dengan harga hanya $39,998? Klik ini!

Sumber :

Hot Rod Magazine
Nelson Racing Engine

14 thoughts on “Hotrod Magazine x Nelson Supercars Chevrolet Camaro 1973 “Project F-Bomb”, Sang Pemusnah Massal!

    • Yang beres nyelusup via terowongan kayak curut itu kan?

      Favorit saya tuh di film….ya cuman itu, ditubrukin ama si gundul….mungkin karena cuman replika & tenaganya cuman 350hp😆

  1. mantapp.. ini mobil cocoknya jad mobil operasional gangster..😆

    itu transmisi cara kerjanya gimana yah? kurang ngerti ama cara kerja transmisi mobil2 muscle ini.,

    • Sama dengan transmisi automatik sebenarnya🙂

      Cuman berbeda dengan transmisi automatik biasa, kalo versi drag misalnya yang berbasis Powerglide, cuman 3-4 biji, rasionya super mini, gak rapet, serta sangat-sangat konvensional, alias kagak pake teknik sulap kayak Tiptronic, SMG & DSG

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s