Jimenez Novia W16, Le Diable Rouge

Jimenez Novia W16
Salah satu postingan Pedal2theMetal yang sering dibaca, adalah tentang Yamaha OX99-11. Mungkin, banyak orang yang penasaran pada supercar misterius buatan salah satu pabrikan mobil & alat musik terbesar di dunia dari Jepang ini ini.

Hmmm….Bagaimana kalau jika ada seseorang yang membuat supercar “Yamaha” buatannya sendiri? Pasti badass!

Jimenez Novia W16
Novia, lebih lengkapnya adalah Novia W16. Itulah nama supercar “Yamaha” yang dibuat oleh Ramon Jiménez, seorang pria berkebangsaan Prancis. Ramon, rupanya berkeinginan membuat supercar versi dia sendiri, dengan komposisi terbaik menurutnya. Terdengar menarik kan?

Jimenez Novia W16
Ramon Jiménez, yang merupakan mantan pembalap motor ini, memperkenalkan Novia (yang berarti kekasih dalam bahasa Spanyol) W16 pada pameran Paris Autoshow 1994. Publik kaget karena Novia W16, sangat-sangat beraroma motor Yamaha. Kok bisa?

Jimenez Novia W16
Ternyata, itu karena mesin yang digunakan! Ramon, dengan latar belakang seorang pengagum kekuatan mesin motor, rupanya memasangkan 4 unit mesin Yamaha FZR 1000! Yeah, kuartet mesin 4 silinder dengan 5-katup masing-masing silinder dengan teknologi EXUP, digabungkan dalam 1 unit mesin! Pedal2theMetal kurang mengetahui bagaimana sistem kerjanya.

Namun membaca dari berbagai sumber, Ramon dikatakan membuat mesin dengan kapasitas total 4200cc ini memiliki konfigurasi “W”, sama seperti Bugatti Veyron & Bentley Hunaudières yang sama-sama memakai konfigurasi mesin W16. Namun, rupanya mesin custom ini, memakai sistem crankcase & crankshaft yang terpusat pada 1 unit. Hmmm, aneh juga ya?

Jimenez Novia W16
Dikatakan, mesin W16 ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 560hp@10.000rpm & torsi 432nm@7500rpm. Pedal2theMetal rasa angka itu realistis, karena tenaga maksimum FZR 1000 tahun 1994 adalah 145hp@10.000rpm, dan jika dikalikan empat, ya sekitar 580hp.

Jimenez Novia W16
Mesin yang diletakan dibelakang pengemudi itu, digabungkan dengan transmisi Hewland 5-percepatan yang dirancang cocok untuk pemakaian dalam kota, serta desain body ringan berbobot 890kg yang Pedal2theMetal lihat, sepertinya berbasis dari sang iblis sirkuit era 70an, Porsche 917. Terlihat dari garis body, lampu, sampai detail-detail lainnya.

Jimenez Novia W16
Performanya sendiri belum pernah dites secara independen. Namun pihak Jimenez mengatakan kalau mobil ini mampu berakserasi 0-96km/h hanya dalam waktu 3 detik, serta topspeed maksimum sebesar 380km/h! Oh iya, konsep mesin motor yang digabungkan ternyata masih dianggap efektif. Buktinya si dewa akselerasi, Ariel Atom 500, yang menggunakan 2 unit mesin Suzuki Hayabusa yang digabungkan dalam 1 mesin.

Jimenez Novia W16
Bicara soal interior, Pedal2theMetal tidak bisa berkata banyak. Ini karena foto-foto serta publikasi Novia W16 yang jarang diekspos media. Sekilas, kabinnya terlihat sederhana, karena hanya memakai indikator-indikator yang penting, dan sepertinya cukup lapang mengingat ukuran mobil ini yang kompak (4,1m x 1,9m x 1,1m)

Jimenez Novia W16
Jujur saja, ide Novia W16 (minus desain body yang kuno) sebenarnya menarik, apalagi ide mesin W16 yang berasal dari motor. Sayang, Jiménez tidak mampu mencari investor yang mau mendanai proyek mobil yang konon akan dijual sebesar $350.000 ini, membuat Jimenez Motor hanya membuat 1 unit prototip, yang sekarang entah bagaimana kabarnya…

Jimenez Novia W16
Yah, setidaknya Ramon Jiménez membuktikan dirinya sebagai seorang total badass, dengan berani membuat supercar dengan visinya sendiri, yang dipadukan dengan ide-ide yang bombastis & memiliki performa sadis. Membuat Pedal2theMetal menjuluki Jimenez Novia W16 sesuai judul : Le Diable Rouge, alias Sang Iblis Merah!

5 thoughts on “Jimenez Novia W16, Le Diable Rouge

  1. Pingback: Jiotto Caspita, The Dark Side of The Moon « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s