Alfa Romeo Corse 164 ProCar, The Sleeping Giant

Alfa Romeo 164 Procar
Pedal2theMetal, adalah fans dari Alfa Romeo. Meski belum pernah memiliki satupun mobil berlogo ular ini, Pedal2theMetal masih tetap berpikir kalau Alfa Romeo, adalah pabrikan mobil terbaik di dunia, baik soal desain, performa, serta tentunya…Sejarahnya yang kaya akan tradisi.

Nah, kali ini Pedal2theMetal akan mengulas Alfa Romeo, yang sesuai dengan tema Pedal2theMetal bulan ini : Badass. Apa produk Alfa Romeo yang paling badass menurut Pedal2theMetal?

Alfa Romeo 164 Procar
Pedal2theMetal perkenalkan Alfa Romeo 164 ProCar, yang menjadi salah satu “Ultimate Sleeper“, alias mobil dengan eksterior yang terlihat biasa namun menyimpan performa brutal, bersama Ford Transit “XJ220” ini. Memangnya mengapa sedan 4-pintu ini bisa menjadi mobil luar biasa? Ayo kita cari tahu!

Alfa Romeo 164 Procar
Mobil super cadas ini adalah buah dari pemikiran Alfa Corse, divisi motorsport dari Alfa Romeo, serta Bernie Ecclestone, yang pada saat itu menjabat sebagai bos dari FOCA (Formula One Constructors Association). Bernie, yang dulu pernah memakai mesin Alfa Romeo dalam tim Brabham miliknya, berkeinginan menghidupkan kembali kompetisi ProCar.

ProCar sendiri dulu adalah kompetisi balapan dengan peserta dari juara berbagai kompetisi internasional seperti Formula 1, WSC, sampai ETCC. Agar menarik, mobil yang digunakan hanya 1 jenis, yaitu BMW M1. Nah, Alfa Romeo yang dulu membeli Motor Racing Developments, pemilik dari Brabham, ingin membuat kompetisi ProCar baru pada tahun 1988 dan menggunakan basis Alfa Romeo 164.

Alfa Romeo 164 Procar
Mengapa Pedal2theMetal sebut mobil ini super cadas & Ultimate Sleeper? Ini karena konstruksi mobil ini benar-benar jauh dari eksterior luarnya yang sangat standar. Alfa Corse, membuat mobil ini memiliki siluet yang sama dengan 164, namun dibalik body monokok-nya tersimpan mesin & teknologi dari…

Alfa Romeo 164 Procar
…Mobil Formula 1 Ligier! Spesifikasi-nya sangat hebat, mulai dari sasis monokok berbahan campuran aluminum-Nomex dengan konstruksi sarang lebah yang diperkuat dengan bahan karbon-kevlar, sampai body yang berbahan sama. Agar siluetnya sama dengan 164 biasa, Alfa Corse tetap memakai parts bawaan 164, mulai dari spion sampai lampu. Yang ditambah hanyalah wing spoiler belakang.

Alfa Romeo 164 Procar
Namun, bagian paling mengerikan adalah mesin. Sama seperti eksteriornya yang memakai konstruksi Formula 1, mesin yang dipakai juga sama persis. Mesin V10 berkapasitas 3500cc ini dibuat dengan spesifikasi Formula 1, dengan tenaga sebesar 620hp@13.300rpm(!) & torsi 380nm@9500rpm, sangat dahsyat bukan?

Alfa Romeo 164 Procar
Mesin sinting ini diletakan tepat dibelakang pengemudi, yang membuat mobil dengan bobot hanya 750kg in, berubah sistem penggeraknya menjadi sama seperti Formula 1 yaitu MR. Bayangkan, mesin Formula 1 yang berteriak sangat keras, berada dibelakang anda. Pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan!


Ngomong-ngomong, se-badass apakah performanya? Akselerasi 0-96km/h hanya 2,4 detik, 0-400m hanya butuh waktu 9,7 detik, serta topspeed 340km/h. SUPER BADASS! Tidak percaya? Buktikan dengan memutar video diatas, dengan pengemudi Riccardo Patrese!

Alfa Romeo 164 Procar
Sangar bukan? Bayangkan menggunakan mobil ini di jalan tol, membantai ratusan supercar eksotis lain hanya dengan sedan “standar” ini, pasti mereka akan kaget karena disalip oleh mobil sedan yang dari luar malah lebih mirip taksi dibanding supercar!

Alfa Romeo 164 Procar
Agar bisa berhenti dengan baik, Alfa Corse memasang perangkat yang…Lagi-lagi anda bisa tebak : Kaliper monoblok multi piston dengan piringan cakram karbon-fiber yang sama dengan Formula 1. Roda yang dipakai juga sama, yaitu velg 17″ single-lug yang dibalut ban slick dari Michelin.

Alfa Romeo 164 Procar
Meski memiliki senjata-senjata yang menggiurkan, kekurangan dari mobil ini adalah harganya. Berbeda dengan M1 ProCar yang hanya memakan biaya $60.000, Alfa Romeo Corse 164 ProCar ini jauh lebih mahal, sekitar 6 x lipat, lebih tepatnya $350.000. Biaya yang sangat tinggi ditahun 1987 karena dengan biaya sebesar itu, anda mampu menjalankan tim Formula 1 profesional!

Alfa Romeo 164 Procar
Karena biaya yang mahal itulah, para tim yang berminat mengikuti kejuaraan ProCar mulai mengurungkan niatnya. Membuat Alfa Corse hanya membuat 1 unit contoh, yang sekarang menghuni museum Alfa Romeo di Italia, dan hanya dikeluarkan pada saat eksibisi tertentu saja.

Sayang ya, padahal ide sinting ini, pasti sangat menarik jika dilaksanakan. Bayangkan puluhan mobil sedan dengan tampilan standar, namun mampu dipacu 90% otentik mirip Formula 1, pasti keren & badass!

Sumber :

Alfisiti Alfa Romeo Community
Archivio Storico Alfa Romeo

9 thoughts on “Alfa Romeo Corse 164 ProCar, The Sleeping Giant

    • Bodynya dipasang kayak F1 Pak, jadi kayak Tamiya, bisa lepas sebagian…itupun diikat pakai klem karbon, pasti kuat

      Saya lihat di Videonya, kayaknya anteng aja….padahal secara aerodinamika kelihatan kurang (gak ada diffuser, chin spoiler, atau GT Wing)

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s