Ken Prather VW Bus 1962, Full Metal Panic Picnic!

Ken Prather Superbus

Image Courtessy of lungstruck

Untuk memulai tema “Badass” di bulan ini, Pedal2theMetal akan menulis tentang sebuah mobil yang sangat-sangat spektakuler, karena menggabungkan (lebih terlihat memaksa sebenarnya!) sesuatu yang tidak lazim untuk mobil ini, Volkswagen Bus, dengan komposisi yang brutal & tepat guna untuk kebutuhan drag racing.

Huah!

Ken Prather VW Bus
Volkswagen Bus, atau yang lebih dikenal dengan nama “Kombi” (Kombinationskraftwagen) & Transporter, identik dengan mobil van berukuran besar & lega untuk kebutuhan keluarga. Namun, bagaimana jika mobil yang sering diasosiasikan dengan komunitas “Hippies” ini dirancang ulang untuk drag? Itulah keinginan Ken Prather, pemilik monster ini.

Ken Prather VW Bus
Ken, dari dulu menginginkan mobil drag hot-rod dengan konfigurasi mesin berada di tengah. Tiba-tiba muncul pikiran “kotor“, yaitu menggunakan basis Volkswagen Bus T1, dan digabungkan dengan elemen-elemen khas hot-rod drag, yaitu mesin V8 brutal, chop-top (pemangkasan tinggi atap mobil) serta detail-detail lainnya.

Ken Prather VW Bus
Dari luar, mungkin Bus ini terlihat kurang menarik, bisa jadi gara-gara warnanya yang tidak mentereng, Primer Grey. Namun jika melihat lebih jauh pada mobil yang sudah dipangkas atapnya sekitar 7″ ini seperti di knalpot di samping & ban raksasa khas drag, tentulah ini bukan Kombi biasa…

Ken Prather VW Bus
Seperti Pedal2theMetal katakan diatas, Ken (berada di kanan, bersama figur legendaris Bonnevile, Bob Pierson) ingin mobil drag berpenggerak MR. Berhubung ada “engine bay” cukup luas di kabin VW Bus, mengapa tidak menjebloskan mesin berukuran super besar khas mobil drag Pro-Street?

Ken Prather VW bus
Fuck yeah! Mesin Chevrolet V8 Small Block berkapasitas 5700cc dengan mudah menyelusup masuk dalam kabin Bus ini. Agar makin ganas, unit supercharger 6-71 dari Weiand bertengger tepat diatas mesin ini, sangar!

Ken Prather VW bus
Ciri khas hotrodding muncul, berkat pemasangan komponen-komponen dari mobil lain. Contohnya, transmisi full-manual 350 Automatic yang langsung dipasang menuju diferensial dari Ford. Gilanya, sistem penggerak itu tepat didalam frame khusus seperti swing arm raksasa, yang juga berfungsi sebagai suspensi belakang mobil ini. Edan!

Ken Prather VW Bus
Agar suhu mesin dengan 2 unit karburator Four Barrel dari Holley ini tetap terjaga, radiator cabutan dari truk Dodge dipasang, beserta 2 unit kipas berukuran 16″ & penyemprot air berkapasitas 5-gallon. Sangat hot-rod!

Ken Prather VW Bus
Velg yang dipilih Ken, adalah velg yang identik dengan dunia drag & muscle car, American Racing 5-Spokes, yang dibalut ban berukuran sangat lebar, 10″, cocok untuk menggambarkan betapa kuatnya tenaga mobil dengan header collector berukuran 4″ ini.

Ken Prather VW Bus
Elemen hot-rod lain juga ikut disematkan dalam kabin full-custom ini. Selain pemasangan indikator-indikator dari Auto Meter serta setir Sprint Car, jika mata anda teliti, maka anda pasti tertawa jika melihat pedal gas mobil ini. Yap, itu adalah sendok yang diambil dari dapur milik istri Ken, konyol!

Ken Prather VW Bus
Detail lain yang menunjukan betapa humorisnya Ken, tentulah pemasangan vas bunga custom ini…Unik, namun tetap Badass!

Ken Prather VW Bus
Berapa tenaga serta kecepatan maksimum mobil ini, Pedal2theMetal kurang mengetahuinya. Namun, jika melihat performa yang ditampilkan di video ini, serta pemakaian parasut sebagai rem darurat, tentulah Pedal2theMetal berpikir : “Ini adalah VW Kombi paling bajingan & garang di dunia!

Ken Prather VW Bus
Badass? For sure!

Sumber : Hotrod Magazine

11 thoughts on “Ken Prather VW Bus 1962, Full Metal Panic Picnic!

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s