Daihatsu Charade DeTomaso 926R 1985, Mobil Kecil Dengan Impian Raksasa

Daihatsu Charade De Tomaso 926R
Pedal2theMetal sangat menyukai era 70an & 80an. Mengapa? Ini karena di 2 era itu, banyak inovasi-inovasi dari pabrikan mobil, baik dari Amerika, Eropa & Jepang. Namun, tidak seperti era modern, pada saat itu para produsen mobil juga senang melakukan inovasi yang “Sinting“.

Salah satunya adalah ini, Charade DeTomaso 926R, yang Pedal2theMetal rasa adalah mobil Daihatsu paling gila & menggebrak! Bagaimana kisahnya? Baca artikel ini selengkapnya!

Charade Turbo

Image Courtessy of Jack Roberts@Flickr

Bagi yang menyukai hot hatch dari Jepang, pasti hapal dengan Charade Turbo. Yep, varian yang tersedia di Charade generasi ke-2 (G11) serta generasi ke-3 (G100) ini memang termasuk dahsyat. Bayangkan, Daihatsu Charade yang identik dengan mobil irit & lamban, berubah menjadi monster kecil yang mampu memangsa mobil berukuran lebih besar! Tentu ini berkat mesin baru CB60 yang dipasang turbo IHI (yang sangat kecil ukurannya!)

Daihatsu Charade De Tomaso 926R
Nah, di versi JDM sendiri, ada varian bernama DeTomaso Charade 926 Turbo (atau Bianca?) yang merupakan versi homologasi untuk kejuaraan rally Grup B. Hatchback yang hanya dibuat 200 unit ini memakai mesin CB60 yang awalnya memiliki kapasitas 993cc, disunat menjadi 926cc agar sesuai dengan regulasi kelas 1300cc.

Daihatsu Charade De Tomaso 926R
Namun, Daihatsu masih kurang puas akan 926 Turbo. Pada tahun 1985, Daihatsu memperkenalkan varian homologasi baru di Tokyo Auto Show bernama 926R yang sangat menggemparkan! Bagaimana tidak, dengan desain widebody yang cukup spektakuler, 926R bisa dibilang jawaban Jepang akan Renault 5 Turbo!

Daihatsu Charade De Tomaso 926R
Yeah, sama seperti 5 Turbo, Daihatsu merancang 926R dengan konfigurasi mesin MR, alias posisi mesin ditengah! Tujuannya tentu agar pembagian bobot yang lebih merata, serta meminimalisir hilangnya momen inersia. Daihatsu memang benar-benar bernafsu memiliki monster Rally Grup.B!

Daihatsu Charade De Tomaso 926R
Coba lihat eksteriornya, sangat “Italia” sekali! Selain disusupi banyak inlet & ventilasi demi mendinginkan mesin seperti supercar era 80an, 926R juga banyak memakai parts-parts dari Italia, seperti spion Vitaloni, fog lamp dari Carello serta tentu saja velg berukuran 15x6JJ dari Campagnolo yang dibalut ban Pirelli P700.

Daihatsu Charade DeTomaso 926R
Mesin yang dipakai 926R, adalah mesin CB70 Turbo Twincam 12 katup. Namun, dilakukan beberapa modifikasi seperti ECU baru serta tekanan turbo yang dinaikan, agar tenaga yang dihasilkan makin besar, menjadi lebih dari 120hp@6500rpm serta torsi 147nm@3500rpm.

Kecil? Ingat bobot mobil yang memakai transmisi manual 5-percepatan ini, hanya 800kg! Tentu saja, agar pengendaliannya makin stabil & responsif, suspensi yang baik merupakan hal yang mutlak. Daihatsu memilih model Double Wishbone dengan per tipe coilover di ke-empat rodanya.

926 Turbo Interior
Untuk interiornya, Pedal2theMetal rasa 926R masih lebih “beradab” dibanding mobil homologasi Grup.B lainnya. Coba perhatikan kabinnya yang memakai lapisan suede berwarna abu-abu dengan detail-detail berwarna merah yang menyelimuti jok, dashboard & door trim, keren!

Agar lebih sporty & memiliki cita-rasa “Italia” seperti eksteriornya, Daihatsu juga memasang parts-parts aftermarket dari merek-merek terkenal seperti setir dengan lapisan kulit berdiameter 350mm serta shift knob & pedal dari Momo, dan indikator dari Veglia. Oh iya, 926R tidak memakai AC & Audio, agar bobot bersihnya tetap di angka 800kg.

Daihatsu Charade De Tomaso 926R
Apakah Daihatsu sukses dalam mendesain 926R? Tentu saja! Bahkan, Daihatsu melakukan serangkaian pengetesan pada media-media otomotif, yang semuanya memberikan hasil yang positif, terutama di sektor pengendalian, sama seperti versi basis-nya, 926 Turbo yang cukup sukses di arena rally.

Daihatsu Charade De Tomaso 926R
Sayang, pada tahun 1986, terjadi tragedi-tragedi kecelakaan di Grup.B yang bahkan merenggut banyak nyawa pembalap & penonton, karena regulasi yang membebaskan tim membuat monster yang berbahaya & mengerikan. Ini membuat FIA memaksa menghentikan kejuaraan Grup.B pada tahun 1987, dan Daihatsu akhirnya menutup program 926R, dan mewariksan mesin CB70 yang akhirnya dipasang di Charade Turbo selanjutnya, G100 GTi.

Daihatsu Charade DeTomaso G200

Image Courtessy of John Lloyd@Flickr

Apakah kerjasama Daihatsu & DeTomaso berakhir? Ternyata tidak! DeTomaso kembali membantu mendesain Charade GTi generasi ke-4 (G200), dengan memasang camshaft balap, bodykit baru, jok Recaro, setir Nardi Torino dan ban Pirelli. Dengan tenaga sebesar 124hp untuk model JDM & 105hp untuk pasar ekspor, Charade G200 DeTomaso termasuk sukses, karena dibuat sekitar 120.000 unit!

TRD Yaris TSCC
Namun, tentu saja publik (termasuk Pedal2theMetal!) masih menantikan monster kecil dari Daihatsu seperti 926R. Mungkin, setelah Daihatsu memiliki varian terbaru Charade berbasis Toyota Yaris, mereka akan kembali membuat gebrakan baru, seperti misalnya Yaris TScc racikan RaMoNVicious ini!

52 thoughts on “Daihatsu Charade DeTomaso 926R 1985, Mobil Kecil Dengan Impian Raksasa

  1. waaa….
    selain Mucle car, saya juga suka mobil2 legend dari taun 80-an..rata2 model kendaraan dari taun 80an berasa dari dunia lain:mrgreen: selain emang performa-nya juga top…

    • Mmmm….

      Kayaknya 926R deh, PWr lebih gede, penggerak MR lebih minim kehilangan tenaga, belum lagi handlingnya yang lebih responsif 926R

      Swift yang JWRC aja kalah kok ama Seeker Estilo EG6😯

  2. Ngomong2 soal Charade, jadi ingat dulu mobil ayah saya sekitar tahun 1986 (waktu sy msh umur 1 tahun) adalah charade merah mirip seperti yg ada di foto nomor 2 (namun tentu saja versi non-turbo, hehehe).

  3. Pingback: Rod Millen Motorsports Celica Unlimited, The Emperor of Pikes Peak « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. saya punya mobil charade tahun 85 mobil itu pemberian kakak saya sebelum tsunami, saya pusing mau diapain dijual sayang karena saya sudah janji utk tidak menjual, sblm kakak saya wafat. karena saat ini mobil tsb punya masalah diroda depan bannya suka aus . saya sudah sering mengganti ban, perbaiki boljoint, pada waktu melakukan sporing dan balansing selalu masalahnya itu itu saja. saya jadi pusing. tolong dibantu

  5. wah mantab topik nya….
    Black G11 ku emang sahabat setia ku….banyak orang menyepelekan charade, mungkin modelnya katrok,,,tapi mereka lom tw siapa charade itu sebenarnya….mobil sederhana tapi mempesona, dan perkasa…hheheheheheheh……hidup charade Black G11….kan ku jaga dirimu….selalu….

  6. Pingback: SiMotuba berubah jadi Daihatsu Charade 926 R Detomaso wannabe.. | yudibatang personal blog

  7. Waahahahaha.. mantap ni artikel haha, saya juga fans berat mobil taun 70 ampe 90 bro!, apalagi mobil ini sepupunye si starlet gt turbo ya mas.. , sayang skarang mobil udah gapernah experimen2 lg.. mainya hybrid ama electronic motor.. T.T, gara2 polusi udara hehe.

  8. selamat malam semuanya,sya punya charade G11 84 ada kendala di Nakel roda kiri patah ada yang tahu ga dimana saya hrs mendapatkan Nakel copoptan.terima kasih

  9. jika agan agan punya Nakel charade 84 tlong info kenomor 087882337678.terima kasih saudara saudaraku pecinta Charade

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s