Mitsubishi Pajero Evolution, Hardcore JDM SUV!

Mitsubishi Pajero Evolution Pedal2theMetal
Nama Mitsubishi, selalu identik dengan sedan sport kencang, seperti Lancer & Galant. Namun, ada nama lain yang mengukuhkan nama Mitsubishi sebagai salah satu produsen mobil paling tangguh di dunia. Yap, itu adalah “ulah” Pajero. Nah, kali ini Pedal2theMetal akan menulis sedikit soal salah satu varian Pajero paling cadas, Evolution!

Pajero Evolution
Hah!? Pajero Evolution? Pedal2theMetal tebak, pasti anda akan berpikir bahwa Pajero Evolution merupakan varian High-Performance dari Pajero, sama seperti Lancer Evolution. Ya, Anda benar, Mitsubishi memang membuat Pajero Evolution sebagai varian khusus, dengan tujuan yang khusus pula…

Mitsubishi Pajero Paris Dakar
Sebenarnya sama juga seperti LanEvo, Pajero Evo sebenarnya merupakan varian Homologasi untuk memenuhi syarat dari kelas terbaru T3 di kejuaraan rally paling keras di dunia, Paris – Dakar yang dibuat pada bulan Oktober 1997.

Pajero Evolution
Apa kelebihan Pajero Evo dibanding Pajero generasi ke-2 biasa? Tentu pertama di sektor eksteriornya. Mitsubishi memasang bodykit khusus, serta mengganti beberapa panel body dengan Alumunium agar lebih ringan, agar lebih mudah dikendalikan di trek gravel atau tarmac.

Mitsubishi pajero evolution pedal2themetal
Yang paling mencolok, jelas fender flare besar yang menunjukan bahwa lebar roda Pajero Evo ini lebih lebar. Belum lagi banyak ventilasi-ventilasi di beberapa sudut body, roof spoiler unik serta parts yang tidak terlihat : Bash Guard berbahan alumunium yang bersembunyi dibalik bumper depannya.

Pajero Evolution
Berapa memang bobot yang berhasil direduksi oleh Mitsubishi? Total bobot Pajero Evo ini 1,8 ton. Angka yang besar memang jika dibandingkan dengan mobil lain, namun tentu lebih ringan dibanding Pajero SWB (Short Wheel Base) biasa.

Pajero Evolution
Namun Pedal2theMetal rasa, salah satu senjata rahasia Mitsubishi adalah yang berada dibalik kap mesin yang mirip dengan desain kap mesin LanEvo yang sama-sama memakai ventilasi ini!

Pajero Evolution
Mesin yang dipakai Pajero Evo, memang sama dengan mesin Pajero biasa, yaitu mesin V6 6G74 berkapasitas 3500cc DOHC. Namun jika diteliti lebih lanjut, ada teknologi mantap yang mampu menambah performa secara signifikan & spesial untuk Pajero Evo saja.

Pajero Evolution
Teknologi itu adalah MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing and Electronic Lift Control), yang membuat pergerakan 24-katupnya lebih presisi karena menyesuaikan dengan respon & kebutuhan mesin, yang otomatis menambah tenaga & torsi. Ngomong-ngomong, berapa figur tenaga maksimumnya? 260hp@6000rpm & torsi 326nm@4500rpm, cukup besar untuk ukuran SUV!


Dipadukan dengan transmisi Heavy Duty 5-percepatan (atau transmisi Aisin 4-percepatan) serta penggerak 4WD canggih Super Select, dijamin Pajero Evo sudah 90% siap untuk dipacu di trek off-road manapun! (10% lagi adalah mengganti ban dengan ukuran lebih besar, 32″ disarankan).


Suspensi yang dipilih Mitsubishi sendiri berbeda dengan Pajero biasa, yaitu Double Wishbone Independent di depan serta Multi-link IRS. Agar lebih tahan banting, komponen-komponennya menggunakan bahan alumunium. Oh iya, berapa topspeed Pajero Evo yang ini? 200km/h lebih.

Pajero Evo Interior
Interior Pajero Evo, Pedal2theMetal rasa sangat berbau “LanEvo“. Contohnya, pemasangan indikator-indikator khusus seperti voltase baterai, tekanan oli, kompas digital serta suhu. Jangan lupa tuas pengatur Super Select, serta…

Pajero Evo Recaro
…Jok Recaro semi-bucket! Mungkin berbeda dengan Recaro bucket bawaan LanEvo, namun tetap saja, sukses menambah kadar sporty & “Evolusi” pada Pajero Evo. Lagipula kapan lagi SUV yang dari sananya sudah memakai jok Recaro? Paling hanya Land Rover Defender, itupun untuk varian spesialnya, jadi Pajero Evo termasuk spesial.

Pajero Evolution
Berkat keunikan serta performa-nya yang impresif, nama Pajero Evo sekarang mulai dicari-cari oleh kolektor SUV atau Mitsubishi. Untunglah, Mitsubishi tidak hanya menjual SUV keren ini di Jepang saja, namun juga di-impor oleh beberapa pihak di Eropa & Australia. Namun, karena kuantitiasnya yang terbatas, tentu saja harganya cukup mahal, bisa lebih dari 500 juta rupiah!

Pajero Fuore Concept
Pada tahun 2001, Mitsubishi menggandeng konsultan desain dari Spanyol, Fuore Design, untuk mendesain Pajero Evolution baru. Sayang, Mitsubishi tidak mewujudkannya dalam produksi massal, namun menjadi basis desain untuk monster Rally Raid Mitsubishi lain, yaitu…

Image Courtessy of Pere Nubiola

…Pajero Montero Rally-Raid! Pajero Montero ini juga menjadi senjata terakhir Mitsubishi di arena Rally-Raid, sebelum digantikan oleh Mitsubishi Racing Lancer, yang lebih mirip Lancer Sportback dibanding Pajero.

Pajero Evolution pedal2themetal
Yah, mungkin Pajero Evo hanya akan menjadi salah satu dari mobil JDM Legendaris Mitsubishi, dan membuat para pemiliknya bangga (salah satunya Jackie Chan!), karena Pajero Evo milik mereka, mungkin adalah SUV paling keren, unik & ekslusif dari Jepang, jauh lebih top dibanding SUV High-Performance lain, termasuk Subaru Forester STi!

About RYHN.FRDS

Your dangerously addictive photographer. Excels at motography, riding crap bikes & cursing about it.

20 thoughts on “Mitsubishi Pajero Evolution, Hardcore JDM SUV!

  1. si batam ada 1 nih warna putih…
    hampir tiap hari ngeliat ni mobil… sering parkir di Nagoya Hill batam…

    klo yg ga ngeh pasti bakal mikir ini Pajero Mini ato Pajero io biasa.. ane sih uda tau lama klo ni mobil bukan mobil biasa, tp tmn2 yg pernah ngeliat bilang “ini namanya obsesi punya evo tapi ga kesampean, dikasi sayap2 norak di belakang, trus dikasi tulisan EVO.. kasian dia ya mamen”:mrgreen::mrgreen:

    • ho’oh… Lancer MIVEC disini cuma jadi mobil emak-emak ato bapak-bapak yang malas modif GLXi.. soalnya mivec full bodykit+panel dashboard digital+rear disc brake+velg 15.. jangan tanya apa arti sticker MIvec, bahkan pada awalnya mereka ga ngerti ngegunain transmisi tiptronicnya.. karena alasan terkuat buat beli mivec itu adalah Sun Roof:mrgreen:

      ujungnya nyisa pertanyaan, kenapa ni mobil lebi boros dari GLXi?

      *FYI harga Mivec bedanya ga sampe 5jt ama GLXi ane😆

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s