Yamaha OX99-11, Supercar Paling Optimis & Potensial Dari Jepang

Yamaha OX99-11
*sebenarnya tulisan ini akan saya publish di blog ini, namun berhubung mobil ini juga memiliki reputasi legendaris, maka alangkah baiknya saya publish di Pedal2theMetal saja

Mungkin, nama OX99-11 sebagai sportcar pertama yang memakai nama Yamaha, pernah anda dengar, baik di forum-forum ataupun ratusan blog lain. Namun, Pedal2theMetal tetap ingin mengangkat akan nama sportcar ke-2 yang dibuat Yamaha ini, karena memiliki performa, spesifikasi serta sejarah yang misterius sekaligus legendaris, pas dengan tema Pedal2theMetal saat ini, yaitu JDM Legends!

Yamaha OX99-11

“Mobil buatan Yamaha?”
“Sportcar ke-2? Lalu yang pertama apa!”
“Supercar paling optimis & potensial dari Jepang? Lalu nama Skyline & Lexus LFA dikemanakan!?”

Yamaha OX99-11
Mungkin pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang akan muncul dipikiran anda. Pedal2theMetal sendiri, berpikiran seperti itu, sebelum mencari-cari info lebih dalam soal sportcar konsep ini. Dan, info-info yang didapat sangatlah mengejutkan! Oke, sebelum membaca lebih lanjut, lebih baik jika kita mengetahui sejarah OX99 dulu

Yamaha OX99-11

“Kau harus melakukan, apa yang kau pikir tidak dapat kau lakukan”
Eleanor Roosevelt

Pedal2theMetal rasa, kutipan dari istri Presiden Amerika, Franklin D. Roosevelt ini pas dengan motif Yamaha dalam pembuatan OX99-11. Ternyata, OX99-11 sebenarnya muncul karena Yamaha berkeinginan membuat sebuah supercar “sempurna” pertama, yang berbasis serta memakai teknologi-teknologi yang Yamaha berhasil dapat dari partisipasi Yamaha di Formula 1, cukup ambisius kan?

Yamaha OX99-11
Yap, Yamaha sebenarnya pernah mengikuti Formula 1 lho! Yamaha, bersama Zakspeed & Tyrell, pernah bekerja sama dalam membangun mesin Formula 1, pada tahun 1989 sampai tahun 1997. Mungkin, karena jarang menang, nama Yamaha kurang terkenal di publik soal mesin Formula 1, meskipun Zakspeed & Tyrell memakai jasa Damon Hill & Ukyo Katayama sebagai pembalapnya

Yamaha OX99-11
Salah satu mesin yang dibuat Yamaha yaitu mesin V12 dengan kode OX99 yang dibuat pada tahun 1991 bersama konstruktor mobil legendaris, Brabham, “menggelitik” batin para insinyur Yamaha, dan berpikir bahwa “Apakah mesin ini dapat dipakai di mobil jalan raya?

Yamaha OX Chassis
Awalnya, Yamaha memulai proyek OX99 bersama sebuah perusahaan dari Jerman. Sayang, hasil yang didapatkan, yaitu segelondong sasis berbahan alumunium, kurang memuaskan pihak Yamaha, karena kurang unik & berbeda dengan tren sportcar pada era 90an. Yamaha menginginkan sebuah sportcar yang memiliki imej yang sama dengan produk motornya : “Kencang & Berbeda Dengan Yang Lain

Toyota 2000GT
Apakah proyek ini akhirnya dihentikan? Ternyata tidak! Yamaha masih berambisi memiliki sportcar ke-2 yang berhasil direkayasa oleh mereka. Yang ke-2? Lalu yang pertama apa? Ternyata, sportcar sejati pertama Jepang, yaitu Toyota 2000GT! 2000GT sendiri awalnya dibangun oleh Yamaha, sebelum diambil alih oleh Toyota

Yamaha OX99-11
Akhirnya pada tahun 1992, Yamaha berhasil menemukan partner yang tepat dalam membangun sasis yang pas untuk menggendong mesin OX99. Partner itu adalah IAD, konsultan berspesialisasi di bidang otomotif dari Inggris, yang berpengalaman dalam membangun beberapa sportcar sukses, salah satunya adalah Mazda Miata

Yamaha OX99-11
Desain awal yang dijadikan proposal adalah sebuah sportcar single seater dengan pintu gullwing tunggal (ya, hanya 1!) dari IAD. Siapa desainernya? Ternyata adalah Takuya Yura! Bagi yang awam soal desain mobil balap, nama ini pasti kurang dikenal, karena Takuya Yura sendiri jarang mendesain mobil jalanan

Toyota 2000GT
Padahal, Takuya Yura yang sekarang menjabat sebagai presiden Mooncraft, konstruktor mobil balap terbaik di Jepang, adalah nama dibalik Mooncraft 紫電 (Shi-den), sang penghancur & penguasa kelas GT300 di Japan Super GT, yang dibuat berbasis sasis balap buatan Riley Technologies dari Amerika

Yamaha OX99-11
Kembali ke OX99, ada keunikan sendiri, terutama di pihak Yamaha-nya sendiri. Ternyata, divisi yang bertanggung-jawab akan pembuatan OX99 bukanlah divisi motorsport atau roda-2, melainkan divisi Sporting Goods/keperluan olahraga, dengan produk-produk seperti mesin Yacht, sampai stik golf! Aneh kan?

Yamaha OX99-11
Tim rahasia (proyek ini baru diketahui beberapa bulan kemudian saat launching oleh Yamaha) yang dibentuk Yamaha sendiri, berlokasi di Inggris, dan banyak memakai jasa-jasa profesional, seperti Robin Herd, manajer dari tim F1 March, Tino Belli, spesialis aerodinamika yang juga dari March, serta kru-kru yang sebelumnya berpengalaman membangun mobil balap kompetisi

Yamaha OX99-11
Akhirnya, IAD berhasil mewujudkan sebuah mobil prototip OX99. Konstruksinya cukup mencengangkan, yaitu memiliki sasis tabung berbahan karbon fiber yang dibuat oleh DPS Composite, single seater serta berwujud sangat pipih, mirip sekali dengan Formula 1

Yamaha OX99-11
Namun yang paling dahsyat, tentu saja di mesin OX99 ini sendiri. Mesin V12 berkapasitas 4500cc yang sama dengan yang dipakai tim Formula 1 Jordan pada musim 1992 ini, mampu memuntahkan tenaga sebesar 402hp. Kecil? Ingat bahwa mesin ini lebih “sopan” dibanding OX99 versi Formula 1, meski redline-nya cukup gila, 10.000rpm!

Yamaha OX99-11
IAD berhasil membuat 2 unit prototip yang lebih mendekati model final, dan mulai diluncurkan pada publik, sebagai bukti kemajuan teknologi Yamaha dalam mendesain mobil. Testing pun mulai dilakukan, salah satunya oleh mantan pembalap Formula 1, John Watson

Yamaha OX99-11
Sayangnya, setelah beberapa tahun ditangani oleh IAD, Yamaha merasa budget yang dibutuhkan oleh IAD terlalu besar. Akhirnya, proyek OX99 dicabut dari pihak IAD, dan Yamaha membuat tim khusus di Inggris, bernama Ypsilon Technologies sebagai konstruktor terbaru OX99

Yamaha OX99-11
Ypsilon Technologies, yang memakai beberapa kru tim balap Aston Martin, diberi tenggang waktu hanya 6 bulan dalam membuat OX99 sebagai mobil yang utuh, agar sesuai dengan rencana Yamaha yang meluncurkan mobil jalan raya pertama pada tahun 1994

Toyota 2000GT
Selain tenggang waktu, masalah lain muncul & lebih berbahaya : Krisis ekonomi yang melanda industri Jepang. Yamaha sendiri, akhirnya memutuskan menghentikan proyek ini, dan berencana menghidupkannya kembali pada tahun selanjutnya, dan akhirnya ditutup pada tahun 1994

Toyota 2000GT
Yamaha, sebenarnya mampu meluncurkan OX99 ke pasar, namun melihat harga yang ditawarkan Yamaha sebesar $800,000 (pada saat itu, mungkin bisa lebih dari 1,5 juta dollar pada tahun 2011), Yamaha merasa OX99 hanya akan menjadi sportcar dengan nasib yang flop, dan bisa menimbulkan kebangkrutan

Yamaha OX99-11
Padahal, Pedal2theMetal rasa, jika Yamaha mengambil resiko membangun OX99 sebagai mobil yang utuh & meluncurkannya, bisa jadi nama Mclaren F1 yang muncul beberapa tahun kemudian hanya akan menjadi bulan-bulanan OX99, yang sangat-sangatlah memiliki kesan & aura Formula 1 yang kental

Yamaha OX99-11
Dari 3 unit yang berhasil dibuat IAD & Ypsilon, ada 2 unit yang memiliki kabin dengan bentuk final, serta memiliki modifikasi-modifikasi seperti pemasangan jok ganda di belakang yang membuatnya menjadi mirip…

Yamaha OX99-11
…Jok tandem pesawat tempur! Gila memang konstruksinya, dan tentu saja kurang nyaman dipakai di jalan raya, tidak seperti Mclaren F1 yang sama-sama memakai konstruksi jok ditengah, namun masih memiliki ruang untuk kursi dibelakangnya

Yamaha OX99-11
2 unit OX99-11 yang memakai konstruksi jok ganda itu juga, merupakan sepasang OX99-11 yang bisa dinyalakan, bahkan dipakai di sirkuit & jalan raya. Namun, dengan jumlah yang sangatlah terbatas ini, tentu saja test drive atau sesi fotografi, sangatlah dibatasi oleh Yamaha

Yamaha OX99-11
Yah, mungkin memang nasib Yamaha memang hanya bisa mendesain mesin saja, seperti di banyak produk sport Toyota seperti Celica, Altezza RS200 atau Ford Taurus SHO. Atau mungkin saja, sama seperti 2000GT, setelah dirancang oleh Yamaha, prototip mobil itu dilanjutkan lagi oleh produsen lain

Yamaha OX99-11
Namun dari OX99-11, kita belajar bahwa membuat sportcar itu sulit, bahkan dengan pengalaman & bantuan profesional sekalipun, masih banyak faktor “X” lainnya, yang bisa menggagalkan produksi mobil itu, apalagi jika berambisi terlalu tinggi, yaitu membuat Formula 1 versi jalan raya!

Sumber Foto :

Macco Jiji Flickr Page
Luce Nagoya Automotive Museum

34 thoughts on “Yamaha OX99-11, Supercar Paling Optimis & Potensial Dari Jepang

  1. Pingback: Autech Zagato Stelvio, Mobil Jepang Modis Rancangan Butik Italia « Pedal 2 the Metal Autoblog

  2. ini yg ane tunggu2 pembahasan langsung dari ahlinya…jujur ane pertama tau nya nih mobil pertama versi jalan raya nya Yamaha..dan Yamaha setau ane cuman ikut andil bikin mesin di Toyota aja..ngk boil kesluruhan..trnyata..wohh..kerenn dah…

  3. Pingback: DOME Zero, Supercar Jepang Bernasib Seperti UFO! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  4. Pingback: Hasemi Motorsport Tomica DR30 Super Silhouette, The Red, BIG, BEAST! « Pedal 2 the Metal Autoblog

  5. Pingback: Toyota & Yamaha, Duet Maut Penghasil Mesin Sempurna « Pedal 2 the Metal Autoblog

  6. Pingback: Desember, The Forgotten One « Pedal 2 the Metal Autoblog

  7. Pingback: Jiotto Caspita, The Dark Side of The Moon « Pedal 2 the Metal Autoblog

Komentar? Feedback? Kritik? Tulis Saja Dibawah!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s